header marita’s palace

3 Langkah Jitu Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Konten [Tampil]
menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang
Punya gigi berlubang itu nggak enak banget, siapa yang mengalaminya? Toss dulu sama aku! Selain bikin nyeri, gigi berlubang bisa banget menghasilkan bau mulut. Nggak enak banget kan, pals? Lagi asyik ngobrol sama orang, eh tiba-tiba muka doi berubah gara-gara bau naga yang keluar dari mulut kita. Duh, rasanya malu setinggi gunung. Makanya aku lagi mau cari tahu bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang.

Cara-cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang

Setelah mengumpulkan berbagai literatur, aku menemukan 3 tips ampuh untuk dadah bye-bye sama bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang. Karena aku nggak mau happy sendirian, aku bagikan tips tersebut buat teman-teman kongkow juga ya.

1. Cegah Sebelum Muncul

Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Siapa yang sering banget mendengar kalimat tersebut. Bisa dibilang itu adalah kalimat lama yang biasa disampaikan oleh bapak ibu kita saat menasehati anak-anaknya agar tidak malas menjaga kesehatan. Salah satunya kesehatan gigi.

Nah, ternyata dalam proses mencegah terjadinya bau mulut karena gigi berlubang, ada 5 langkah pencegahan yang bisa dilakukan, sebagai berikut:
cara mencegah bau mulut
  • Sikat gigi dengan benar. Selama ini aku nggak tahu kalau ada teknik menggosok gigi yang tepat. Baru belajar tekniknya sekitar satu atau dua tahun ini saat temanku yang seorang dokter gigi mengisi materi tentang kesehatan mulut. Selain itu kita juga harus pintar-pintar memilih pasta gigi. Penting memilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Kalau favoritku sampai detik ini masih Pepsodent, kalau kalian apa, pals?
  • Ganti sikat gigi secara rutin. Perihal ini aku juga sering kebablasan. Harusnya diganti 2 atau 3 bulan sekali, eh aku sering banget ganti kalau bulu-bulu sikatnya sudah njepat ke sana ke mari.
  • Rutin periksa 6 bulan sekali. Lagi-lagi langkah pencegahan yang satu ini hampir nggak pernah kulakukan. Seringnya aku ke dokter gigi ya kalau punya keluhan dengan gigi dan mulut. Padahal harusnya kondisi gigi dicek setiap 6 bulan sekali, biar kalau ada kerusakan bisa segera diatasi dan tidak jadi menahun.
  • Makan sehat. Makanan yang mengandung banyak kimia bisa menyebabkan bau mulut. Makanya jika kita menemukan bau mulut lain dari biasanya, coba ingat dan catat jenis makanan apa yang baru kita masukkan ke dalam perut.
  • Stop isap nikotin. Merokok juga punya pengaruh yang tak baik bagi kesehatan gigi dan mulut. Selain bisa memengaruhi warga gigi dan mulut, rokok juga bisa membuat mulut berbau kecut. Makanya, stop merokok sekarang untuk kesehatan gigi mulut lebih paripurna.

2. Kenali Penyebabnya

Jika upaya pencegahan sudah dilakukan sebaik mungkin, tetapi bau mulut tetaplah muncul. Pastikan kita kenali dulu penyebab kehadiran si bau tersebut. Apakah bau mulutnya benar-benar karena gigi berlubang, atau malah disebabkan oleh hal lainnya, seperti:
mengenali penyebab bau mulut
  • Gangguan pencernaan. Bagi teman-teman kongkow yang memiliki asam lambung, asam yang naik ke mulut bisa menyebabkan bau tak sedap.
  • Sinusitis. Adanya lendir kental yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan bisa mengakibatkan bau yang tak sedap keluar dari mulut kita. Maka saat mengalami bau mulut, pastikan apakah kita memiliki sinusitis?
  • Xerostomia. Istilah ini cukup asing di telingaku, bagaimana denganmu, pals? Ternyata istilah ini mengacu pada kondisi mulut kering karena kurangnya air liur. Biasanya terjadi karena sedang mengalami sakit flu atau efek dari obat-obatan tertentu.

3. Singkirkan Bau Mulutnya

Setelah mengetahui apa penyebab bau mulut yang ternyata tidak hanya dihasilkan dari gigi berlubang, kini saatnya kita mencari tahu bagaimana menyingkirkan bau tersebut.
cara mengatasi bau mulut
  • Banyak minum air putih. Sering mengonsumsi air putih bisa membantu mengusir bakteri dari dalam mulut dan gigi. Jika bakteri hilang, bau mulut pun tak lagi menyerang.
  • Sedia mouthwash. Selain rutin menggosok gigi, sebaiknya kombinasikan juga dengan penggunaan mouthwash. Berkumur dengan moutwash tidak hanya memberikan efek segar pada mulut, tapi juga efektif membasmi kuman dan bakteri yang bersembunyi di dalam lubang-lubang gigi.
  • Permen penolong terbaik. Nah, jika dirasa sedang berada dalam sebuah meeting yang penting, tapi tak pede dengan bau naga, sediakan selalu permen di dalam tas. Permen bisa menjadi penolong di saat-saat genting. Akan lebih baik lagi jika permen yang dipilih adalah rasa mint. Pilihan lainnya yaitu permen karet yang mengandung xylitol. Dijamin setelah mengunyah permen dengan rasa tersebut, mulut jadi segar dan terasa dingin.
  • Konsumsi buah atau sayur penghilang bau. Selain permen, alternatif lain yaitu mengonsumsi buah atau sayur yang bisa menghilangkan bau, misal lemon, jeruk, dan peterseli. Hindari pula buah dan sayur yang memicu bau menyengat dari mulut, misal Nangka, bawang, durian, dsb.
  • Melakukan perawatan gigi. Jika langkah-langkah yang sebelumnya lebih pada bagaimana menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang secara sementara, melakukan perawatan gigi adalah alternatif pamungkas. Untuk melakukan perawatan ini, kita harus datang ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan, agar dokter bisa memberikan perawatan yang dibutuhkan, seperti membersihkan gigi dengan dental floss (benang gigi), menambal gigi, pemasangan crown gigi, perawatan saluran akar gigi dan pencabutan gigi.
Hmm, sepertinya sih aku sudah pada tahap harus segera periksa ke dokter gigi deh, pals. Soalnya lubang gigiku sudah sedemikian parah. Selain itu nggak cuma di satu gigi, yang kulihat sih ada tiga gigi yang lubangnya sudah besar. Tentu saja sangat merepotkan saat sedang mengunyah makanan. Karena makanan jadi sering tertinggal di lubang tersebut.

Nggak hanya bikin mulut bau naga, tetapi juga menghasilkan nyeri yang berlipat-lipat kalau sisa makanan yang terjebak di lubang tak segera dikeluarkan. Bener-bener nggak enak ya punya gigi berlubang tuh. Gara-gara waktu kecil malas gosok gigi, akibatnya gini deh. Bisa jadi cerita buat anak-anakku nih biar agar rajin menggosok giginya, biar nggak kek emaknya gini, hehe.

Buat kalian yang punya tips lain untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, boleh banget lo tulis di kolom komentar. Jadi bisa menambah perbendaharaan tips buatku. Akhir kata, yuk jaga gigi kita, jangan sampai bolong dan bau mulut.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment