MaritaPalace

Sop Ikan Nila Kuah Kuning, Caraku Mendobrak Zona Nyaman

sop ikan nila kuah kuning
Postingan ini adalah self appreciation karena aku berhasil memasak sop ikan nila kuah kuning. Buat yang sudah mengenalku lama, pasti tahu banget kalau aku termasuk golongan ibu yang paranoid sama dapur.

Kalau dibilang nggak bisa masak, sebenarnya nggak juga. Meskipun nggak setiap hari memasak, tapi setidaknya sop buatanku masih mampu menggoyang lidah anggota keluarga. Hanya saja jika ditanya apakah aku menikmati detik demi detik berada di dapur, dengan tegas aku menjawab NO. Aku lebih memilih disuruh menulis 10 artikel daripada harus berlama-lama di dapur.

Namun karena aku sadar diri kalau jajan terus bisa bikin kantong bolong, aku pun mulai memupuk niat tulus di dalam hati untuk belajar memasak lebih giat. Salah satunya dengan mengunduh dan menginstall aplikasi cookpad.

Lumayan lah yang dulunya hanya bisa masak orak-arik telur, sop sosis, sayur bayam dan bobor kangkung, kini perlahan mulai berani bikin ayam ungkep. Aku juga beberapa kali memraktekkan bikin kue kukus, hasil dari recook resep di cookpad. Meski tak selalu tiap recook berhasil, tapi dengan karakterku yang kompetitif, aku selalu berusaha mencoba sampai berhasil.

Nah, resep terbaru yang kuintip dari cookpad adalah sop nila kuah kuning. Berawal dari kebosananku masak ayam, tempe, tahu dan telur, aku mulai memberanikan diri bereksperimen dengan ikan. Kebetulan sebelumnya aku baru saja jajan sop ikan nila dan rasanya seger mantep, pengen juga bisa bikin sendiri di rumah.

Saat belanja di Tumbasin, cuzz deh aku order ikan nila. Tanpa menunggu lama, aku memasak ikan tersebut begitu kurir mengantarnya ke rumah. Berhasilkah masakanku?

Resep Sop Ikan Nila kuah Kuning

Iih, kok teman-teman kongkow sekepo itu sih. Pasti banyak yang mengira aku gagal ya recook resepnya? Atau malah ada yang mendoakanku berhasil, biar semakin semangat masak ke depannya?

Duh, makasih banyak lo buat yang kirim doa, hihi. It means a lot to me.

Cuzz lah, tanpa berpanjang lebar lagi, aku mau bagikan dulu resep untuk bikin sop ikan nilanya. Aku ambil dari resepnya Mbak Sofy di Cookpad.

Bahan-bahan:

bahan sop ikan
  • 2 ekor ikan nila ukuran sedang, tapi saat itu aku dapatnya 3 ekor nila ukuran kecil. Oh ya, biar bumbu cepat merasuk, belah menjadi 2 atau 3 bagian per ikannya. Karena ikan nila yang kudapat ukurannya kecil, jadi kubagi 2 bagian saja.
  • 1 buah jeruk nipis.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • 1 buah wortel, kalau mau ditambah ya nggak apa-apa. Terutama kalau punya anak yang hobi makan wortel. Dipotong dadu ya biar manis.
  • 2 buah kentang. Sama kaya wortelnya, dipotong dadu juga ya.

Bahan pelengkap:

  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas yang digeprek
  • 1 batang serai, jangan lupa digeprek

Topping:

  • 2 buah tomat yang dipotong dadu
  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • 2 batang daun seledri, diiris tipis juga ya
  • Cabe rawit utuh sesuai selera
  • 2 sendok teh air asam jawa
Berhubung waktu belanja aku lupa order daun bawang dan daun seledri, aku skip dua bahan ini. Untuk air asam jawa, aku ganti dengan memasukkan dua biji asam jawa langsung ke kuahnya. Sementara untuk cabe rawit aku nggak pakai ya, maklum masak sekalian buat anak-anak, jadi menghindari yang pedas-pedas.

Bumbu halus:

bumbu halus untuk sop
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 1/2 sendok teh gula
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sdt kaldu jamur non MSG, atau yang mau pakai penyedap rasa favorit masing-masing ya silakan.

Langkah-langkah:

  1. Pertama-tama, tentu saja cuci ikan terlebih dahulu. Lalu kucuri jeruk nipis beserta garam. Aduk rata dan diamkan. Langkah ini merupakan proses untuk menghilangkan bau amis di tubuh ikan.
  2. Ambil bahan-bahan untuk bumbu halus. Uleg atau blender hingga lembut. Kemudian tumis bumbu halus tersebut bersama bahan pelengkap. Setelah wangi, tambahkan air sesuai selera. Sebaiknya sih jangan terlalu banyak, agar rasanya tidak hambar.
  3. Saat kuah sudah mendidih, masukkan wortel dan kentang sampe setengah matang. Jangan sampai kematangan, karena bisa menghilangkan vitamin dari dalam kentang dan wortelanya. Lalu tuangkan air asam jawa.
  4. Setelah itu masukkan ikan dan masak hingga matang.
  5. Ketika air sudah meletup-letup, jangan matikan apinya dulu, masukkan bahan toppingnya agar masakan terlihat cantik dan menarik. Aduk-aduk dan lakukan tes rasa. Jika sudah sesuai selera, matikan api dan sop ikan nila bumbu kuning siap dihidangkan deh.
Inilah penampakan dari sop ikan nila bikinanku. Gimana, pals.. not bad lah ya? Soal rasa juga alhamdulillah cukup enak kok.
sop ikan nila
Kekurangannya cuma satu, ukuran ikan nilanya terlalu kecil, jadi kurang mantep aja rasanya. Besok-besok kalau belanja ikan lagi, pesan ke kurirnya untuk beliin yang ukuran sedang deh.

Beginilah ceritaku mendobrak zona nyaman di dunia perdapuran. Doakan agar aku semakin semangat masak ya. Aku juga turut mendoakan buat teman-teman yang senasib denganku, semoga bisa terlecut keinginan untuk belajar masak. Jangan lupa apresiasi diri sendiri saat berhasil memasak resep yang buat kita terlihat susah.

Btw, kalau teman-teman kongkow sudah pernah masak sop ikan nila kuah kuning belum? Di rumah teman-teman, resep apa nih yang jadi favorit seluruh keluarga? Happy cooking and eating, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

11 comments

  1. SOP ikan nila kuah kuning lebih segar dimakan dibanding nila goreng atau balado nila menurutku kak.
    Aku juga suka masak begini biar anak-anak lebih sehat. Makan ikan tanpa minyak juga baik buat ptsng menjelang berumur kayak kita ya.. wkwkwk.
    Enaknya Cookpad, kita bisa cari berbagai macam resep ya kak.

    ReplyDelete
  2. Ini masakan kesukaan suami saya selama dia di Kupang dulu bertugas mba. Hehehe. Masakan khas di Kupang ini, sop ikan kuah kuning. Seger dan endeussss banget.

    ReplyDelete
  3. yaa.. memang penampakannya segar sekali lho mba...
    aku mau lahh nanti recook resepmu....
    Gak susah bahannya didapat.

    ReplyDelete
  4. glek, sampe nelen ludah aku mba, laper kebayang enak tuh sop ikan pake nasi panas hahaha, mau cb ahhh resepnya dipraktekkin nanti

    ReplyDelete
  5. Belum pernah masak soup ikan. Ikan biasa kami bakar, pepes atau digoreng saja lalu dihidangkan bersama lalap sambal. Mantap....

    ReplyDelete
  6. Menu masakan ikan favorit saya mbak ...duh jadi pengen coba bikin resep soup ikan nila ikan kuah kuning seger kayak nya ya mbak

    ReplyDelete
  7. Wah mau juga ah, eksekusi resepnya
    Mbak Marita aku pernah denger ada yg membedakan antara bisa masak dengan pandai masak. So bisa masak buat suami dan anak itu sudah alhamdulillah kok hehe

    ReplyDelete
  8. Sop ikan ini kalau tak pandai mengolah bisa amis yaa mbaa. Aku mau cobain aahh. Jarang2 banget aku ngesop pakai ikann juga

    ReplyDelete
  9. Selama ini kalo ikan nila aku taunya cuma enak dibakar dan dibikin gulai kepala ikan. Ini bisa jadi masukan buat recook resep SOP tapi seger banget karena dikasih asam Jawa ya mba. Wuiiih ngilerrr deh aku

    ReplyDelete
  10. Wah, resepnya praktis dan mudah dipraktekin nih. kebetulan saya suka masak ikan setiap hari Minggu. thank mbak sudah kasih rekomendasi menu yang nikmat.

    ReplyDelete
  11. Wahhh selamat mbak. Aku termasuk yang menyemangati biar semakin semangat masak ke depannya. Seumur-umur aku belum pernah nyoba sup ikan nila, apalagi masaknya. Ohh... jadi kentang dan wortelnya yang dimasak duluan sebelum ikan gitu ya mbak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email