Asyiknya Ngabubookread Bareng 10 Buku Barunya Falcon Publishing

ngabubookread bareng falcon publishing
Ngabubookread adalah salah satu cara menunggu waktu berbuka dengan asyik dan penuh manfaat. Berasal dari gabungan kata ngabuburit, book dan read, tentu sudah bisa menebak kan apa maksudnya?
Yoyoy, baca buku dong!
Ba’da ashar bisa dibilang waktu kritis ya. Mau olahraga sore, udah lemes. Mau rebahan, nanti bablas ketiduran, padahal kan nggak baik tidur sore-sore. Tapi kalau nggak melakukan apa-apa, tambah terasa deh perut melilitnya.
Nah, membaca buku adalah alternatif paling kece untuk mengalihkan rasa lapar yang sudah mencapai ujungnya. Dijamin deh, kalau udah pegang buku, waktu berasa super cepat. Baru juga menyelesaikan satu bab, eh azan maghrib sudah berkumandang dari masjid.

Kalau nggak ingat bahwa menyegerakan berbuka adalah hal yang dicintai Allah, pasti pengennya mau nerusin baca buku deh. Apalagi kalau baca 10 buku terbaru dari Falcon Publishing ini:
  1. Filosofi Endog, genre non fiksi, ditulis oleh Chef Arnold Poernomo
  2. Gadis Pramugari, genre fiksi, a novel by Annastasia Anderson
  3. Haru Mahameru, genre fiksi bertema misteri, karya Balakarsa
  4. Jodoh Sang Superstar, genre fiksi, sebuah novel besutan Santy Diliana
  5. Istri Kedua Gus, genre fiksi, sebuah karya ciamik dari Anisa AE
  6. Kekasih Semusim, genre fiksi, novel kece by Dini Fitria
  7. Nawaitu Cinta, Percaya Aku Ada Untukmu, genre non fiksi, sebuah buku motivasi hidup bertema rumah tangga dari Natta Reza
  8. Sang Javas Kecebong Kesayangan, Komik lucu dari Kaesang
  9. Si Juki Anak Kosan Vol. 1, Komik besutan Pionicon
  10. Warkop DKI Kartun, by Indro
Dari 10 judul buku di atas, mana yang langsung memikat hati, pals?

Bersyukur aku mendapat kesempatan menjadi first reader dari kesepuluh buku tersebut. Dan semuanya menarik! Asli, nggak bohong. Aku sampai perlu dua hari untuk memilih mana ya yang akan kuulas lebih dahulu.

Ngabubookread Singkat 3 Judul Pemikat Hati

Akhirnya setelah merenung selama dua hari, aku pilih tiga judul dulu deh buat diulas lebih dalam. Mau tahu apa saja judul pilihanku?

1. Filosofi Endog (Resep Hidup Ala Chef Arnold)

Kalau ada yang mengira buku ini adalah kumpulan resep berbahan dasar telur, ho ho ho, Anda salah besar, kawans! Buku ini bergenre non fiksi, tepatnya bertema motivasi. Di sini kita akan mendapat banyak pencerahan tentang cara memandang hidup. Tentunya dari kaca mata chef Arnold ya, pals.

Di sini juga ada beberapa kisah hidup yang akan dibagikan oleh Chef Arnold. Banyak yang mengira kalau Chef Arnold selalu hidup mudah karena dilahirkan dari keluarga yang berbeda, nggak paham tentang arti perjuangan.

Apa kalian salah satu yang berpikiran seperti itu?

Maka artinya buku ini cocok banget untuk diadopsi. Sebuah kisah menarik dibagikan oleh Chef yang terkenal galak dan julid ini, yaitu ketika ia memulai bisnis restorannya di Australia. Doi sempat nggak berani pulang saking malunya sama sang istri karena nggak bawa uang dalam jumlah yang layak.
filosofi endog by Chef Arnold
Awalnya chef Arnold nggak mau melibatkan istri dalam urusan kerjaan, tapi kemudian hal itu diralatnya. Setelah ia berusaha mendengarkan sang istri, bisnisnya justru perlahan membaik. Makanya kemudian dia memberikan tips buat para suami, “Dengerin istri!”
Justru setelah saya bisa menyesuaikan dan mau membuka diri, semua jadi terasa ringan dan lancar. Kami kerja sama, memberikan input, istri membantu urusan marketing, dan lain-lain. Pelan-pelan usaha saya pun mulai ramai. Semua karena dengerin istri!
Buku ini terdiri dari 41 bagian. Wuih banyak ya? Tapi jangan takut bosan. Chef Arnold menuliskan bagian demi bagian dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Udah berasa kaya dengar doi lagi ngomong di Master Chef atau Youtube Channel-nya gitu.

Baca buku dari Chef Arnold ini kek lagi diajak ngobrol dari hati ke hati, tapi nggak diceramahi. Benar-benar sebuah buku motivasi hidup yang lengkap. Nggak hanya tentang bagaimana memulai bisnis, tapi juga tentang berumahtangga dan jangan keblinger sama sosial media.

Pastinya Filosofi Endog cocok dibaca oleh siapa saja yang butuh pencerahan hidup, yang sedang merasa galau dalam hidupnya, atau yang cuma mau tahu aja gimana Chef Arnold memasak kata-kata, wkwk.

Oh ya, di buku ini kalian bakal banyak ketemu dengan quote-quote yang anti mainstream. Misalnya kek gini nih;
Jadilah seperti endog godog, bukan kentang.
Penasaran maksud dari quote tersebut? Cuzz lah grab and read the book!

Judul: Filosof Endog - Resep Hidup ala Chef Arnold
Penulis: Arnold Poernomo
Penyunting: Putri Nurnitasari
Ilustrasi isi dan sampul: Alam Taslim (igorsatumangkok)
Layout isi: Abdul M
Penerbit: PT Falcon Interactive
Cetakan pertama, April 2021
ISBN: 978-602-6714-70-1

2. Istri Kedua Gus

Sejujurnya aku tuh agak alergi sama hal-hal yang berkaitan dengan istri kedua, poligami dan sejenisnya. Maklum ada trauma terkait kehidupan di masa remaja. Namun entah mengapa ada beberapa novel yang mengangkat tema tersebut dengan cukup menarik. Novel karya mbak Anisa AE ini salah satunya.

Istri Kedua Gus menceritakan kisah cinta yang terjalin antara Gus Azzam, Ning Miftah - istri pertamanya, dan Khoirun Nisa - istri kedua. Diceritakan bahwa Gus Azzam dan Ning Miftah adalah anak dari dua pemilik pesantren besar di daerah Jawa Timur.

Sebagaimana umumnya di lingkup pesantren, kedua orang ini akhirnya dijodohkan. Ning Miftah tak menolak perjodohan tersebut, karena jauh di lubuk hati, Gus Azzam memang laki-laki yang sejak dulu dicintainya.

Berbeda dengan Ning Miftah, Gus Azzam awalnya menolak perjodohan tersebut. Alasannya cukup jelas, Ning Miftah bukanlah perempuan yang mengisi hatinya. Sayangnya penolakan Gus Azzam tidak diterima oleh para orang tua. Apalagi ternyata rencana pernikahan sudah sangat matang.

Undangan sudah dibuat, katering sudah dipesan, bahkan kabar perjodohan antara dua pesantren telah terdengar di seluruh penjuru kota. Apa jadinya jika dibatalkan?

Gus Azzam akhirnya mengalah. Ia mau menerima perjodohan tersebut dengan syarat diperbolehkan poligami. Hmmm, pasti sampai sini emak-emak langsung melotot ya matanya. Sambil ngedumel sepanjang rel kereta, wkwk.
istri kedua gus by Anisa Ae
Singkat cerita, pernikahan antara Gus Azzam dan Ning Miftah akhirnya dilangsungkan. Sesuai syarat yang diminta, dua minggu setelah pernikahan pertamanya, ia langsung melamar pujaan hatinya.

Saat kita tahu sosok yang mencuri hati Gus Azzam, di sinilah kita akan makin penasaran dengan jalan ceritanya. Khoirun Nisa, gadis yang dijadikan istri kedua Gus Azzam, dikenal sebagai gadis yang memiliki kekurangan fisik.

Seluruh warga desa di tempat Nisa tinggal pastinya terkaget-kaget mendengar kabar bahwa akan ada seorang Gus yang melamar Nisa. Banyak yang berkasak-kusuk di belakang.

“Itu matanya masih sehat, kan?”

“Hush! Ora ilok!”


Sosok Nisa di buku ini adalah gambaran perempuan yang meski teraniaya, namun membuktikan bahwa ia bisa bangkit dari keterpurukannya.

Seperti apakah cara Nisa bangkit? Jadi apa sih sebenarnya alasan mengapa Gus Azzam menikahi Nisa, padahal istri pertamanya jauh lebih cantik dan berasal dari keluarga berpengaruh? Lalu bagaimanakah pernikahan Gus Azzam, Ning Miftah, dan Nisa, akankah berjalan mulus?

Jawabannya hanya akan didapatkan saat teman-teman kongkow membaca buku ini. Pastinya dari novel ketiga mbak Anisa AE ini, kita bisa belajar bahwa tak selamanya istri kedua itu sosok yang buruk hatinya. Tidak selamanya istri kedua hadir untuk merebut kebahagiaan istri pertama. Justru ada kalanya istri kedua adalah pihak yang teraniaya.

Judul: Istri Kedua Gus
Penulis: Anisa AE
Penyunting: Falcon Publishing
Ilustrasi sampul: Aqsho Zulhida
Penata Letak: Abdul.M
Penerbit: PT Falcon
Cetakan pertama, April 2021
ISBN: 978-602-6714-64-0

3. Kekasih Semusim

Buat teman-teman kongkow yang suka novel romance tapi ada bumbu-bumbu sejarah, maka novel keempat mbak Dini Fitria ini pilihan bacaan terbaik. Di novel yang mengambil latar kota Praha ini, kita juga akan disuguhi dengan deskripsi yang sangat detil dari tempat demi tempat di Eropa Timur.

Hanya dengan membacanya kita seakan sedang melancong ke tempat-tempat yang diceritakan. Mbak Dini benar-benar mampu membangun suasana dengan sangat apik.

Di sini kita nggak hanya akan diajak untuk menikmati romansa antara Kanaya dan Reno. Namun juga bagaimana serunya love-hate relationship antara Kanaya dan Nina, ibunya. Selain itu, hal paling menarik adalah saat para pembaca diajak untuk menelusuri sejarah tentang para tokoh yang tidak bisa pulang ke negeri tercinta karena terlanjur dicap sebagai pengkhianat NKRI.
kwikku fest bersama Dini Fitria
Eyang Yono, tokoh yang muncul dalam novel ini bukanlah tokoh rekaan lo. Sosok ini benar-benar ada dan masih hidup. Bahkan beberapa waktu lalu saat mbak Dini Fitria live dari Kwikku Fest, Eyang Yono pun dihadirkan.
Ya, maka berdamailah dengan dirimu. Mendendam itu mudah, tetapi memaafkan jauh lebih baik.
Nina adalah seorang single mom yang tangguh. Dikarenakan kisahnya di masa lalu, ia bersikap sangat over protektif kepada putri semata wayangnya, Kanaya. Nina selalu wanti-wanti agar Kanaya fokus pada pendidikannya, dan tak perlu buang-buang waktu berpacaran.

Sikap ibunya yang keras ini seringkali membuat Kanaya jengah. Jauh di lubuk hatinya, ia sangat merindukan sosok laki-laki yang bisa mengayominya. Hingga Reno datang di dalam hidup Kanaya. Semua impiannya tentang laki-laki ada di dalam Reno.

Ia tak hanya mendapat seorang kekasih yang memanjakan, namun sekaligus teman yang asyik diajak ngobrol dan juga sosok guardian angel sebagaimana seorang ayah pada anak perempuannya. Usia Reno yang tak lagi muda menjadi sebuah permasalahan tersendiri.
kekasih semusim by Dini Fitria
Nama Kanaya sebagai seorang influencer ternama mulai tercoreng. Beredar kabar burung bahwa Kanaya mendapatkan segala kemewahan yang kini melekat padanya dikarenakan ada sugar daddy yang menyokongnya. Kedua sahabat sekaligus partner kerjanya, Abi dan Cindy, sudah berusaha menegur Kanaya agar berhati-hati.

Kanaya percaya Reno tidak seperti yang disangkakan oleh orang-orang. Kanaya juga merasa ia tak seperti yang ditudingkan. Ia mencoba selow, meski pening juga membaca komentar-komentar buruk di media sosial.

Namun masalah besar sesungguhnya bukanlah hal tersebut. Ada benang merah yang tak bisa dielakkan antara Reno, Nina dan Kanaya. Apa jadinya saat Nina tahu bahwa putrinya menjalin hubungan dengan Reno? Apa pula hubungan Eyang Yono dengan ketiga tokoh utama di novel ini?

Yuk, ngabubookread novel kece ini bareng aku!
“Jangan pernah menitipkan mimpi atau benci kepada anak cucumu. Karena mereka memiliki takdir dan garis nasibnya sendiri. (A Quote by Dini Fitria).”
Judul: Kekasih Semusim
Penulis: Dini Fitria
Penyunting: Jia Effendie
Ilustrasi sampul: Aqsho Zulhida
Penata Letak: Abdul.M
Penerbit: PT Falcon
Cetakan pertama, April 2021
ISBN: 978-602-6714-63-3

Cara Mendapatkan 10 Buku Terbaru Falcon Publishing

Apakah ulasan singkat dari tiga buku terbaru Falcon Publishing di atas mampu membuat teman-teman kongkow penasaran? Atau malah tertarik sama 7 judul buku lainnya?

Aku pun juga pengen banget kok baca keseluruhan cerita Gadis Pramugari, Jodoh Sang Superstar, dan Haru Mahameru. Buat yang penasaran juga sepertiku, langsung saja ikutan PO-nya nggak pakai lama. Waktu PO terbatas, hanya berlangsung dari tanggal 25 - 30 April 2021.
let's ngabubookread with Falcon Publishing
Keuntungan yang didapat jika ikut PO:
  • Free ongkir
  • Bonus tanda tangan penulis (hanya untuk edisi terbatas)
  • Free voucher berlangganan KLIK FILM selama dua bulan untuk setiap pembelian
Wuih, mantap kan manfaat yang bisa didapat? Jadi tunggu apa lagi, segera serbu toko-toko online yang bekerjasama dengan Falcon Publishing atau yang nggak mau rempong, bisa langsung klik “ngabubookread yuk!”

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

42 comments

  1. Mbaa, dari 10 uda baca 3 aja. Mantaapp ahh..
    Ditunggu review lengkap ke 10 bukunya yg lainn 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belom sama sekali heheh, tp baca sinopsisnya semuanya menarik. Jd gak sabar pengen baca terbitan Falcon ini

      Delete
  2. pilihan-pilihan bukunya bikin gemesh. Ada chef Arnold sama putra pak Presiden juga ternyata. Yang paling bikin penasaran bukunya Nata Reza nih, Nawaitu Cinta

    Sepertinya akan menjadi teman yang asyik sembari menunggu magrib nih

    ReplyDelete
  3. Pertama baca langsung tertarik sama Filosofi endog. Bisa pesen di Mb Marita nggak wkwk. Yg tulidan mb Dini kayaknya worthed juga ya dibaca. Bagus2 euy, beneran bukunya bagus, apa karena yg ngulas pinter ya? Hehe

    ReplyDelete
  4. Wah, lengkap banget ulasannya. Jadi penasaran banget pengen baca Filosofi Endog . Pengen belajar juga dari chef arnold

    ReplyDelete
  5. Penasaran sama istri kedua juga Mba Marita, walaupun aku sebenarnya agak gak suka baca kisah model begitu hehe

    ReplyDelete
  6. Hampir sama ya pilihan kita, tapi saya skip yang istri kedua Gus. Pilihan saya jatuh ke nawaitu cinta. ini bisa dibaca online gak ya? Saya dah kesulitan baca buku karena belum punya kacamata lagi buat silindris saya.

    ReplyDelete
  7. Judulnya keren-keren, apalagi yang istri kedua gus hihi jadi keluar pertanyaan kok judulnya gini sih hehe

    Filosofi endog ternyata gak cuma cerita kuliner ada bumbu rumah tangganya pula. Jadi kudu dengerin istri hehe

    ReplyDelete
  8. Dari dulu penasaran dengan bisnis kuliner Chef Arnold ini sih. Trs bolak balik dia selalu membuat endog sbg kuliner kebanggaannya. Ternyata ada filosofi hidup dr endog ini ya kak. Aku mau pesen ah. Soalnya berkaitan banget dgn hidupku yang pgn juga usaha kuliner.

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen baca bukunya chef Arnold. Judul buku lainnya juga seru semua. Tapi buku bacaanku masih banyak yg belum dibaca

    ReplyDelete
  10. Aaaa sukak semua buku baru terbitan Falcon Publishing, baca review nya aja sudah bikin penasaran isi dari buku tersebut. Semoga saya bisa mmebeli dan membaca semua bukunya. Amiin.

    ReplyDelete
  11. Biasanya aktivitas sore hari saya habiskan nonton youtube sambil rebahan. Kalau ada rekomendasi buku bagus kek gini, rasanya jadi penasaran gimana sih ngabuburit sambil baca buku.

    Saya paling penasaran sama buku filosofi endog. Bisa aja memilih judul yang unik dan bikin penasaran. Apalagi isinya pasti sarat makna menghadapi kehidupan....

    ReplyDelete
  12. Penasaran sama buku warkop yang dikomikin, plus si juki dan kekasih semusim. Dini kan piawai nulis fiksi.

    ReplyDelete
  13. Aku penasaran banget sama buku Filosofi endog karya Chef Arnold. Secara, aku tu salah satu fans-nya. Terus suka pas dia ngolah endog gitu. Meski buku ini bukan tentang resep dari telur, melainkan kisah perjalanan hidupnya, jadi semakin menarik untuk dibaca. Mau banget nih.

    ReplyDelete
  14. Aih, akhirnya ada rekomendasi buku yang bisa jadi teman akhir minggu nih. Jadi bisa dapet free ongkir juga yah kalo pesen sekarang

    ReplyDelete
  15. memanfaatkan waktu menunggu waktu berbuka memang enaknya membaca buku, baik buku wishlist baru atau buku yang sudah lama ditimbun hahaha. aku baru tau dong kalau chef arnold ada punya buku, penasaran juga isinya kayagimana

    ReplyDelete
  16. Wah, saya baru tahu soal in, Mbak Marita. Dan saya langsung kepincut dengan Haru Mahameru. Soalnya saya suka ganre misteri. Apalagi kalau ini memang settingnya gunung Semeru atau lokalitas. Kalau PO, banyak keuntungannya lagi, termasuk free ongkir.

    ReplyDelete
  17. Waktu acara kwikku daku ikut nonton beberapa penulisnya. Nah dari 10 rekomendasi novelnya daku penasaran yang nomor 1, 6, 7, 9,10. Dari judul sama penulisnya jadi ingin baca juga lengkapnya.

    ReplyDelete
  18. ada 3 buku falcon yg pengen aku baca:
    1. filosofi endog karyanya chef arnold
    2. nawaitu cinta karyanya natta reza
    3. istri kedua gus yang ceritanya bakalan bikin bapeeer

    ReplyDelete
  19. Pilih Warkop DKI Kartun, penasaran ceritanya kayak gimana ya. Apakah seseru cerita kalau nonton di televisi? Penasaran nih.

    ReplyDelete
  20. Dapat kesempatan baca 10 buku itu Mbak? Ya ampun asik bener! Aku belum baca satu pun bukunya, aih jadi pengen. Apalagi bukunya chef Arnold ya, seruuu kayanya.

    ReplyDelete
  21. Wah ada Chef Arnold di Falcon Publishing. Pengen banget baca bukunya. Soalnya aku juga ngefans sama adiknya Chef Reynold. Dan aku sering ikuti juga sih bisnis dessert bar mereka di Australia dari IG nya. Jadi pengen tau perjalanan bisnisnya gimana. Mana tau bisa jadi inspirasi bisa buka dessert bar sendiri. uhuy!!

    ReplyDelete
  22. Waah, tema bukunya bagus-bagus semua ya, Mbak Asyik sekali bisa menunggu waktunya berbuka sambil membaca buku-buku yang bagus

    ReplyDelete
  23. Aku suka dengan cerita Chef Arnold yang mau mendengarkan istrim dari situ malah awa mulanya mulai maju ya karena ada kerjasama. Seru banget nih ngabubookread falcon sama terbitan buku barunya

    ReplyDelete
  24. selain Filosofi Endog, penasaran juga nih dengan buku Istri Kedua Gus, walau jujur sama dengan Mbak, saya juga gak suka cerita tentang poligami sebenarnya, tapi baca sinopsisnya jadi penasaran juga gimana nih kisah mereka, ada apa sih bisa sampai nikah lagi.
    hyaa sayang ya POnya udah berakhir, jadi harga normal dong ini *mamakdoyandiskon :D

    ReplyDelete
  25. Istri Kedua Gus itu sempat ngikutin waktu masih diposting Mbak Anisa di FBnya. Abis itu pindah ke blog atau web gitu udah nggak baca lalgi. Sekarang udah diterbitkan jadi buku yaaa. Kayanaya aku naksirnya sama Filosofi Endognya Chef Arnold deh. Asik nih buat bacaan menunggu buka puasa.

    ReplyDelete
  26. Sepertinya kekasih semusim juga menarik ya....ada flashback juga alurnya biasanya jadi bikin tambah greget

    ReplyDelete
  27. Artha Nugraha Jonar05 May, 2021

    Dari semua buku ini, aku paling penasaran dengan buku yang berjudul Filosogi Endog yang ditulis Chef Arnold. Judulnya menggoda banget, hahaha. Ternyata telur ya ada filosofinya ya.

    ReplyDelete
  28. Jadi kangen baca buku sambil nunggu waktu magrib.. Sekarang aku jarang me time baca buku soalnya harus ngurus 2 balita, ehhehe. Tapi ga salah kali ya, coba order buku dulu. Baca sinopsis nya kok kayaknya seru seru ya

    ReplyDelete
  29. Aaaaksss....ada buku Chef Arnold. Pengen bacaaaa..... Hihi... Aku penggemar Chef Arnold, suka baca twitnya juga, walaupun tetep aja sih nggak jadi jago masak :D

    ReplyDelete
  30. Tos, aku juga suka Filosofi Endog! Chef Arnold yang terlihat suka ngegas dan julid ternyata asyik juga pas nulis buku. Penasaran juga sama Sang Javas dan Si Juki buat anak-anak. Falcon paham nih kebutuhan pembaca pas pandemi, ga usah ke mana-mana karena ga bisa mudik, jadi baca buku aja bareng keluarga.

    ReplyDelete
  31. Penasaran banget sama bukunya chef arnold, kebayang diajak ngobrol sama sang chef melalui buku

    ReplyDelete
  32. Kadang sore-sore kalau udh kelar masak bingung mau ngapain sekarang semenjak ada buku falcon aku baca buku terus, mau ngabisin cerita istro kedua, Gus

    ReplyDelete
  33. Apakah ulasan singkat dari tiga buku terbaru Falcon Publishing di atas mampu membuat teman-teman kongkow penasaran? Atau malah tertarik sama 7 judul buku lainnya?


    keren aku suka sama ulasannya....jadi penasaran buat baca semua bukunya nih.....

    ReplyDelete
  34. Selain ngabuburide, ngabuburead juga mantap loh.

    Aku biasanya baca novel di wattpad atau buku fisik. Nah ini kebetulan baru aja beli novel dari penulis favorit

    ReplyDelete
  35. Kreatif nih yang Kekasih Semusim banyak merchandise lucunya bisa ditiru buat bukuku nanti. .

    ReplyDelete
  36. Bun Ririt, yang sama kita dua loh hehehhe ... asik agak sama nih selera kita
    seru yang filosofi Endog, yang Istri Keua gus bikin gemes dan sebel wkwkwk

    ReplyDelete
  37. Cakep cakep buku bukunya ya. Jadi tambah penasaran nih

    ReplyDelete
  38. Ke seluruhan buku2 rekomendasi Falcon ini bagus-bagus menurutku. Nyaris semuanya pingin dibaca duluan krn seru seru.. covernya menarik, dan ide ceritanya juga lumayan ya

    ReplyDelete
  39. Aku paling tertarik sama buku Filosofi Endog, Mbak.
    Kayaknya memang asyik ya ngabuburit sambil baca buku. Sayangnya udah lama rasanya aku gak baca buku, hiks. Skrg sore2 tuh mau me time susah. Biasanya malah riweuh

    ReplyDelete
  40. Kalau bukunya oke - oke begini memang seru yaaa mba. Aku juga ngga sabar pengen baca langsuung semuanyaa

    ReplyDelete
  41. pengen baca Nawaitu Cinta 😍😍 aku juga ngabuburit nya baca buku, habis itu bikin ulasannya di blog hahahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email