header marita’s palace

Cara Melamar Kerja di Indomaret Selama Masa Pandemi, Terbaru!

Konten [Tampil]
cara melamar kerja di Indomaret terbaru 2021
Cara melamar kerja di Indomaret tetap menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Apalagi sejak pandemi di mana banyak orang yang di-PHK. Indomaret selalu menjadi tujuan sebagai incaran mata pencaharian. Dianggapnya kerja di salah satu bisnis retail terbesar ini cukup mudah karena hanya melayani pembeli. Namun apakah pekerjaan di Indomaret semudah itu?

Kenapa Melamar Kerja di Indomaret?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, yuk cari tahu siapa sih sebenarnya di balik kesuksesan Indomaret. Ternyata oh ternyata Indomaret merupakan bagian dari salah satu perusahaan besar di Indonesia.

Memulai bisnis dari hulu ke hilir, diawali dari berdirinya PT. Indofood Sukses Makmur sebagai perusahaan manufaktur. Lalu kemudian mendirikan PT. Indomarco Adi Prima sebagai perusahaan distributor. Tak berhenti sampai di situ, selanjutnya PT. Indomarco Prismatama pun didirikan sebagai perusahaan rantai ritel yang terhubung langsung dengan konsumen.

Nah, Indomaret berada di bawah PT. Indomarco Prismatama. Jadi, kalau ditanya apa keuntungan melamar kerja di Indomaret, bukan soalan job descriptionnya mudah dijalankan. Tapi siapa yang nggak mau jadi bagian perusahaan terbesar di negeri ini kan?

Lagian ini melamar kerja di Indomaret nggak melulu melamar jadi pramuniaga lo. Ada banyak lowongan pekerjaan lain yang tersedia. Kalau di area toko, biasanya ada lowongan sebagai pramuniaga, kasir dan kepala toko. Sedangkan di bagian distributor, ada lowongan sebagai manajer, driver dan bidang lainnya.

Apalagi kalau kita melamar pekerjaan untuk kantor pusat Indomaret, semakin beragam lagi pilihan pekerjaan yang ditawarkan. Dari UX Writer sampai Web Programmer. Tentunya membutuhkan spesifikasi dan syarat tertentu ya. Jadi, mulai penasaran nggak nih bagaimana cara melamar kerja di Indomaret?

Tata Cara Melamar Kerja di Indomaret

Sebelum pandemi, Indomaret biasanya menerima lamaran pekerjaan dalam beberapa macam bentuk, misalnya:
  • Lamaran yang dikirim langsung ke toko terdekat
  • Lamaran yang dikirim lewat PO BOX
  • Lamaran yang diproses secara online
Akan tetapi sejak pandemi bergulir di negeri ini, untuk ikut serta dalam menjalankan protokol kesehatan yang berlaku, Indomaret Group tak lagi menerima lamaran langsung ataupun yang dikirim lewat PO BOX. Semua lamaran diproses secara online lewat website officialnya. Yuk, kita cari tahu langkah-langkahnya.
situs official indomaret group
  • Buka situs https://career.indomaretgroup.com/, kita akan masuk ke beranda berupa landing page yang memperlihatkan slider beberapa info singkat tentang lowongan pekerjaan tersedia.
  • Untuk melihat lowongan kerja secara lengkap, klik menu “Daftar Lowongan Kerja” atau “Job Vacancy”, segera setelah itu akan tampil beberapa lowongan yang tersedia di Indomaret Group, antara lain:
    • Internship - Berpeluang untuk memiliki pengalaman kerja bagi mahasiswa dari universitas terkemuka. Boleh mendaftar bagi mahasiswa semester 5 keatas untuk jenjang pendidikan D4/S1, memiliki IPK min. 3.00.
    • Management Development Program (MDP) - Program akselerasi yang mempersiapkan lulusan baru untuk tingkat manajerial di berbagai departemen/unit bisnis lain di Indomaret Group. Untuk lulusan S1, berusia maksimal 25 tahun. Untuk yang lulus atau sedang menjalani S2, usia maksimal saat mendaftar yaitu 27 tahun, dan memiliki IPK minimal 3.00.
    • Management Development Program Specialist - Pekerjaan spesialis untuk jurusan tertentu seperti teknologi informasi, desain visual, dll. Syarat dan spesifikasi sama dengan MDP.
    • Professional - Tersedia untuk kalian yang memiliki pengalaman kerja terhadap lowongan pekerjaan yang tersedia di Indomaret Group. Adapun persyaratannya yaitu memiliki pengalaman kerja lebih dari 2 tahun di bidang yang akan dilamar. Usia maksimal saat mendaftar 35 tahun.
    • Supervisor Trainee Program - Program percepatan karir bagi lulusan baru menuju level Supervisor dalam waktu 1 tahun di berbagai departemen / unit bisnis lain di Indomaret Group. Jika kalian memiliki pendidikan dengan jenjang D3 dengan jurusan Teknik Sipil / Mesin / Listrik atau jenjang D4 / S1 semua jurusan, berusia maksimal 27 tahun dan ber-IPK minimal 2.50, cuzz deh coba peruntungan di sini.
    • Staff - Kok nggak ada lowongan buat lulusan SMA/ SMK? Tenang, ada kok kesempatan untuk memulai pengalaman berkarir buat kalian yang lulusan SMA/ SMK sampai dengan D3 di berbagai departemen dan unit bisnis Indomaret Group.
jenis lowongan kerja indomaret group
  • Nah, tiap-tiap bidang di atas memiliki sub bidangnya masing-masing. Tinggal klik saja lowongan yang diincar dan kalian akan dapat informasi lebih lanjut untuk tata cara melamar kerja lebih lanjut. Klik “Apply”.
  • Sesaat setelah itu akan muncul form yang harus diisi berupa data diri, pengalaman kerja, dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan. Kalian juga harus menyiapkan foto diri dan CV untuk diunggah di form tersebut.
melamar kerja online di indomaret
  • Oya, untuk tempat tesnya bisa memilih lokasi terdekat dengan tempat tinggal kalian lo. Enak kan? Setelah semua bagian form diisi, segera aja klik “Kirim Lamaran”. Jika lamaran kita diterima, kalian akan dihubungi HRD Indomaret Group lewat email/ WA berisi kesediaan untuk mengikuti tes psikotes dan wawancara.
  • Khusus untuk lowongan di bidang internship dan staff, kalian akan diarahkan untuk memilih penempatan yang diinginkan. Jika ada lowongan yang tersedia, akan muncul jenis lowongannya dan bisa di-apply langsung lewat web. Namun jika belum ada lowongan tersedia, hanya akan ada informasi alamat mana yang bisa didatangi atau dikirimi lamaran secara langsung. 
jenis lowongan pekerjaan indomaret
Jika kalian memenuhi syarat, tahapan selanjutnya yaitu menjalani training selama dua bulan. Saat training inilah, kalian akan dibekali beberapa hal yang harus dikuasai sebelum terjun ke pekerjaan yang akan dilakoni.

Di sinilah kalian akan tahu bahwa setiap pekerjaan memiliki kesulitannya masing-masing. Menjadi pramuniaga, kasir, kepala toko, driver ataupun level manajerial memiliki job description yang sama pentingnya. Tidak ada pekerjaan yang lebih mudah atau lebih sulit.

Masa-masa training akan membuka mata kalian bahwa semua pekerjaan itu berharga. Maka tak perlu minder dengan pekerjaan yang dilakoni. Jalani saja dengan semangat dan disiplin tinggi. Tidak akan ada usaha yang sia-sia. Siapa tahu awalnya jadi pramuniaga Indomaret, ke depannya bisa punya cabang Indomaret sendiri?

So, sudah tahu kan cara melamar kerja di Indomaret? Selamat mencoba dan good luck, pals! Semoga Allah meridhoi usaha kalian dan segera mendapatkan pekerjaan yang tepat. Aamiin.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment