header marita’s palace

11 Ide Dekor Ruang Tamu Sempit untuk Tampilan Emejing

Konten [Tampil]
ide dekor ruang tamu sempit
Ide dekor ruang tamu sempit pasti jadi hal yang banyak dicari. Terutama bagi para penghuni RSS alias rumah sangat sederhana. Nah, aku termasuk salah satu penghuni rumah tipe tersebut, pals. Ada yang samaan nggak? Beruntungnya aku memang bukan typical orang yang suka punya banyak barang. Jadi ya sampai saat ini masih cukup puas dengan dekor ruang tamu sederhana yang kumiliki, hehe.

Saatnya Aplikasikan 11 Ide Dekor Ruang Tamu Sempit!

Jika ada teman-teman kongkow yang punya masalah sama denganku, nggak perllu bersedih hati. Dengan beberapa trik yang kudapatkan dari berbagai sumber, kita bisa kok memiliki dekor ruang tamu sederhana. Mau tahu apa saja trik tersebut? Check these out!

1. Sebaiknya Gunakan Warna Putih atau Pastel di Dinding

Jika ukuran ruang tamu kita kecil, ternyata nih menurut para ahli sebaiknya warna dinding nggak perlu dicat macem-macem. Warna terbaik adalah putih atau warna-warna pastel. Warna putih akan memberikan kesan luas pada ruangan yang sempit. Waduw, salah nih. Rumahku kucat biru. La gimana dong, aku suka soalnya, hehe.

2. Letakkan Perabot Multi Fungsi

Trik yang kedua yaitu, pilih perabot yang punya fungsi lebih dari satu. Misal, sofabed, meja yang jika dibuka bisa digunakan sebagai storage, atau rak buku yang bisa sekalian jadi penyekat ruangan.

3. Optimalkan Luas dengan Penggunaan Cermin

Selanjutnya adalah letakkan cermin di ruang tamu untuk mendapatkan tampilan lebih luas. Jika butuh ide, bisa tengok postingan cermin di ruang tamu sempit ya.

4. Taruh Karpet dengan Ukuran Besar

Daripada meletakkan karpet kecil, ternyata karpet berukuran besar jauh lebih bisa memberi kesan luas di ruang tamu sempit. Karpet polos cukup aman sebagai dekor, tetapi jika suka bercorak pun tak masalah. Semakin berani, justru lebih stand out.

5. Maksimalkan Fungsi Dinding

Ketika lantai tak bisa memuat banyak perabot, maka optimalkan kegunaan dinding. Kita bisa meletakkan beberapa dekorasi atau mengubah dinding menjadi permanent storage. Mana yang paling klik di hati saja lah.

6. Perhatikan Tata Letak

Pilih sofa yang panjang atau sofa berbentuk L. Tambahkan bantal pada sofa. Daripada menggunakan coffee table atau meja samping, ganti dengan menggunakan rak panjang yang tinggi.

Singkirkan barang yang tak perlu. Daripada furnitur kecil-kecil, lebih baik letakkan perabot dengan ukuran besar tapi stand out. Daripada kecil-kecil tapi malah memberikan kesan ramai dan nggak rapi.
inspirasi ruang tamu sempit

7. Gunakan Warna dan Bahan Terbaik untuk Aksesoris

Jika teman-teman kongkow suka meletakkan furnitur kayu. Cat berwarna terang jauh lebih disarankan daripada menggunakan cat gelap. Selain itu, gunakan warna furnitur yang senada dengan dinding agar terlihat lebih luas.

Meletakkan meja berbahan kaca atau akrilik juga salah satu tips dekor ruang tamu sempit. Selanjutnya, pertimbangkan untuk memberikan aksesoris berwarna emas. Aksesoris tersebut bisa jadi spotlight tersendiri di sebuah ruang tamu yang sempit.

8. Maksimalkan Cahaya yang Masuk dengan Jendela Besar

Jika saat ini rumah sedang dalam tahap dibangun atau direnovasi, ada baiknya mempertimbangkan untuk gunakan jendela berukuran besar. Semakin besar jendela, semakin maksimal cahaya yang bisa didapat. Cahaya yang banyak akan memberikan kesan luas.

9. Letakkan Indoor Plants

Agar ruang tamu terasa lebih hidup, letakkan tanaman hijau. Teman-teman kongkow bisa pilih jenis tanaman yang cocok ditempatkan di dalam ruangan ya. Selain sebagai dekor, tanaman hijau juga membantu sirkulasi udara agar lebih lancar.

10. Jangan Salah Pilih Gorden!

Hal terpenting saat memiliki ruang tamu kecil adalah tentang tata cahaya. Semakin bagus tata cahayanya, maka ruang tersebut akan terkesan lebih luas. Penggunaan tirai atau gorden ternyata bisa membantu kita dalam menghasilkan ruangan yang terlihat luas.

Caranya yaitu dengan memilih desain dan warna selaras dengan dinding atau lantai. Selain karena estetika, warna senada bisa memberikan kesan lebih luas. Lalu, gantung tirai lebih tinggi dari seharusnya juga salah satu cara agar ruang tamu sempit jadi tampak luas.

11. Tonjolkan Bagian Atap

Jika kita memiliki rumah yang kecil, sebaiknya langit-langit didesain tinggi untuk memberikan kesan luas dan lapang. Untuk semakin memaksimalkan tampilan, pasang lampu gantung atau tirai berukuran ekstra panjang dari ujung langit-langit hingga menjulur ke lantai.

Atau kita bisa meletakkan rak buku yang tingginya mencapai langit-langit. Atau bisa juga meletakkan dekorasi lain yang bisa dipasang di bagian atas ruangan.

Itulah sedikit yang bisa aku bagikan terkait dekor ruang tamu sempit, semoga membantu teman-teman kongkow yang punya masalah sama ya. Next, aku akan berbagi tentang desain ruang tamu sempit memanjang. Ingatin aku kalau kelupaan ya. See you, pals.

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment