header marita’s palace

7 Ide Cermin di Ruang Tamu Sempit untuk Tampilan Lebih Luas

Konten [Tampil]
ide cermin di ruang tamu sempit untuk tampilan lebih luas
Cermin di ruang tamu sempit adalah sebuah jalan ninja bagi siapapun yang ingin memiliki tampilan lebih luas. Namun hal tersebut bukan berarti mudah dilakukan. Memilih jenis yang tepat adalah hal yang menantang,

Nah, kali ini aku mau berbagi cara yang strategis dan kreatif agar bisa membuat ruang tamu sempit tampak lebih luas dan lapang. 7 ide cermin di ruang tamu sempit berikut dijamin akan memberikan kejutan dan inspirasi tersendiri buat teman-teman kongkow. Penasaran?

Cermin di Ruang Tamu Sempit Bawa Tampilan dan Dekorasi yang Unik

Sepertinya teman-teman kongkow sudah nggak sabar ya untuk mengetahui seperti apakah 7 cara yang sangat cerdik untuk menghias ruang tamu sempit dengan cermin nan inspiratif? Cuzz kita kepoin satu per satu ide yang aku kumpulkan dari website Michael Helwig Interiors.
Dekor Ruang Tamu Sederhana dengan Cermin di Balik Perabotan

1. Dekor Ruang Tamu Sederhana dengan Cermin di Balik Perabotan

Coba letakkan cermin besar di belakang sofa atau kursi yang ada di ruang tamu, lihatlah perubahan besar apa yang akan kita dapatkan. Ruang tamu yang tadinya sempit dan kecil, menjadi lebih luas. Nggak hanya itu, ruangan jadi terlihat lebih terbuka.

Penempatan cermin di balik perabotan ruang tamu yang sempit mampu memberikan kesan dua kali lebih luas.
Cermin Hias Ruang Tamu Minimalis di Belakang Sumber Cahaya

2. Cermin Hias Ruang Tamu Minimalis di Belakang Sumber Cahaya

Jika teman-teman kongkow memiliki ruang tamu dengan desain minimalis, coba tempatkan cermin di belakang sumber cahaya seperti lampu meja, floor lamp ataupun tempat lilin. Kalian perlu tahu bahwa tujuan dari cermin hias yang diletakkan di belakang sumber cahaya seperti ini adalah untuk memantulkan cahaya kembali ke dalam ruangan.

Keberadaan cahaya, baik yang alami atau buatan, akan membantu ruangan tampak lebih luas. Saat cahaya menyusup ke sudut atau menyoroti dinding, ruangan akan terasa lebih luas secara instan. Cermin di belakang sumber cahaya memiliki fungsi yang hampir sama dengan kehadiran jendela tambahan di ruang tamu kecil.
cermin di dalam lemari untuk visual lebih luas

3. Letakkan Cermin Di Bagian Belakang Rak Atau Lemari Kaca Depan

Jika teman-teman kongkow mencari cara yang menarik untuk menciptakan kesan yang luas, atau memantulkan cahaya dengan cara yang menarik, coba tempatkan rak di ruang tamu yang dilengkapi dengan cermin di sisi dalam.

Misalnya nih, rak tersebut memiliki ukuran kedalaman 10 inci. Saat kita meletakkan cermin di bagian dalam rak, ukuran kedalamannya akan terasa bertambah dua kali lipat menjadi 20 inci. Dampaknya pada ruangan tentu saja kesan yang lebih luas. Cara ini adalah salah satu tipuan mata yang bekerja dengan fantastis!
Dekor Ruang Tamu Sempit dengan Cermin Kustom

4. Dekor Ruang Tamu Sempit dengan Cermin Kustom sebagai Fokus pada Dinding

Alih-alih memasang wallpaper atau mengecat warna berbeda untuk memberikan fokus pada dinding, letakkan cermin di seluruh dinding. Kemudian tempatkan furnitur ruang tamu di depan cermin tersebut.

Perlakukan dinding seperti dinding pada umumnya, dan cermin secara ajaib akan membuat ruangan terasa lebih luas. Untuk ide ini, akan lebih baik jika cermin yang dipilih adalah desain yang antik. Kita juga bisa menggunakan cermin kuno dengan warna keperakan, lalu buat efek pada kaca agar terlihat berasap untuk memberikan ilusi yang lebih magis.

Ide dekorasi dengan cermin ini akan memberikan efek reflektif dan membuat ruang terasa jauh lebih menarik. Setuju nggak, pals?
Buat Galeri Seni pada Dinding dengan Berbagai Ukuran dan Bentuk Cermin

5. Buat Galeri Seni pada Dinding dengan Berbagai Ukuran dan Bentuk Cermin

Selain menghasilkan tampilan yang lebih luas, menata berbagai ukuran dan bentuk cermin pada salah satu sisi dinding ruang tamu sempit kita akan menghasilkan desain boho yang estetik. Teman-teman kongkow bisa berekspresi dan bereksplorasi dalam pemilihan cermin.

Perbedaan bentuk dan ukuran cermin akan menghasilkan kesan yang berbeda pula pada tampilan ruang tamu. Kita bisa saja mendapatkan ruang tamu dengan desain boho, klasik, modern ataupun industri.

Intinya, kehadiran berbagai jenis cermin pada dinding bergaya galeri tidak hanya mampu memantulkan cahaya dan menciptakan kedalaman ruangan, tetapi juga akan menambah sentuhan artistik pada setiap ruang tamu kecil.
Gunakan Furnitur Cermin pada Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x4

6. Gunakan Furnitur Cermin pada Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x4

Meletakkan perabot besar pada ruang tamu yang sempit bisa jadi hal yang kita hindari. Hal tersebut bisa memberikan kesan penuh pada ruangan. Namun terkadang kita juga membutuhkan kehadiran furnitur dengan ukuran besar sebagai tempat penyimpanan.

Nah, agar perabot besar tersebut tidak memberikan kesan penuh pada ruangan, pilihlah jenis bufet yang terbuat dari cermin. Perabotan yang memiliki cermin di setiap sisinya akan memberikan kesan transparan. Pantulan ruang yang dihasilkan oleh cermin tersebut akan menghasilkan efek luas yang unik dan artistik.
cermin lengkung sebagai pembatas ruangan

7. Buatlah Tipuan Mata dengan Cermin Lengkung yang Terlihat Seperti Pintu

Jika saat ini teman-teman kongkow sedang dalam proses merenovasi rumah. Cobalah menerapkan ide istimewa ini pada ruang tamu sempit kalian. Caranya yaitu, tempatkan cermin di antara dua ruangan.

Kalian akan terkesima dengan efek yang dihasilkan. Selain bisa digunakan sebagai pembatas ruangan, cermin akan memberikan tipuan mata seolah-olah itu adalah pintu masuk ke ruangan lain. Akan lebih baik jika memilih cermin tanpa bingkai sehingga bayangan yang terpantul di dalamnya semakin menegaskan kedalaman yang dihasilkan.

Ini adalah pandangan yang sangat menarik tentang cermin lantai di ruang tamu. Tentu saja, ini adalah cermin yang fungsional, tetapi benar-benar menyenangkan dengan menipu Anda agar berpikir bahwa itu adalah pintu masuk ke ruangan lain. Saya suka bagaimana itu tanpa bingkai dan ada bayangan terintegrasi yang meniru kedalaman.

Itulah 7 ide cermin di ruang tamu sempit yang berhasil aku kumpulkan. Tentunya masih ada banyak ide lainnya. Hanya saja menurutku 7 ide di atas yang paling unik, menarik dan inspiratif. Kalau teman-teman kongkow butuh ide-ide lainnya terkait cermin di dalam ruangan tertentu pada bagian rumah, silakan tinggalkan komentar ya.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Wah keren banget cerminnya simple, tapi mewah bisa banget dicoba untuk desain di rumah nih kayaknya.

    ReplyDelete

Post a Comment