header marita’s palace

7 Jasa Daycare Tembalang Semarang Terbaik dan Terpercaya

Konten [Tampil]
jasa daycare tembalang semarang
Jasa daycare Tembalang Semarang saat ini jadi hal yang paling sering kucari. Bukan apa-apa, keinginanku untuk bisa bekerja kantoran lagi semakin membesar sejak pandemi menyerang. Mungkin bisa jadi karena suntuk terus-terusan berada di rumah. Semua kegiatan, termasuk blogger gathering, dialihkan menjadi online. Tiba-tiba kok kepikiran kayanya seru kalau nanti selesai pandemi bisa ngantor lagi.

Meski belum pasti, nggak ada salahnya kan mencari informasi jasa daycare. Siapa tahu suatu hari dibutuhkan. Adakah teman-teman kongkow yang membutuhkan informasi ini? Sini mendekat.

Tips Memilih Jasa Daycare Terbaik dan Terpercaya

Sebagai pasangan muda yang mengasuh anak sendirian, aku dan suami butuh support system saat sebuah kondisi mengharuskan untuk tak bisa mengajak anak ke sebuah lokasi kegiatan. Pada 2012, istilah daycare belum terlalu ramah di telingaku.

Sebenarnya aku tak punya niat resign. Berhubung susah sekali mencari pengasuh bayi, akhirnya mau tak mau aku harus resign. Baru di tahun 2015, aku berkenalan dengan salah seorang teman sekomunitas yang ternyata mengelola jasa penitipan anak.

Lokasinya pun tak terlalu jauh dari rumah. Sejak saat itu, tiap kali aku harus menghadiri blogger event, atau ngedate barang sebentar sama ayahnya anak-anak, aku mempercayakan anakku ke tempat tersebut.

Berdasarkan pengalaman menggunakan jasa daycare sejak si kakak berusia tiga tahun, hingga kini si adik hampir lima tahun, aku punya beberapa tips yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan teman-teman kongkow dalam menetapkan pilihan:
tips memilih daycare

1. Kenali Pemiliknya

Ada baiknya jika kita mengenal pemilik daycare terlebih dahulu. Tahu karakternya serta visi misinya dalam membangun jasa penitipan anak. Apakah hanya sekadar untuk bisnis atau punya misi pendidikan tertentu. Mungkin kita bisa membuat janji temu untuk berbincang agar mengenal lebih dalam sang pemilik.

2. Survey Lokasi

Lokasi daycare menjadi pertimbangan kuat sebelum kita say yes. Meski kita cocok dengan konsep pendidikannya, tapi kalau lokasinya terlampau jauh untuk anak, apalagi buat bayi dan balita, kasihan juga kan? Mereka jadi capek di jalan.

Pikirkan juga transportasi menuju ke lokasi. Jika teman-teman kongkow menggunakan transportasi yang nyaman untuk pulang-pergi, mungkin lokasi bisa jadi diskip untuk bahan pertimbangan.

Selain masalah jarak, kita juga harus tahu fasilitas kamar, kasur, kamar mandi, jenis mainan dan hal-hal lainnya. Apalagi di masa new normal, kita tentu saja perlu tahu bagaimana pihak daycare melaksanakan protokol kesehatan.

Apakah ada pembatasan jumlah siswa, apakah kamarnya selalu dibersihkan dengan disinfektan, apakah pengasuhnya menggunakan prokes yang baik?

3. Cari Tahu Sistem Pendidikan

Kita harus tahu dong apa saja kegiatan yang didapatkan anak selama kita menitipkan mereka di daycare. Aku sendiri lebih senang memilih daycare yang anak-anaknya diajarkan mengaji, membaca buku, dan tidak melulu diajak menonton TV.

Cari tahu juga usia pengasuh dan kualitasnya. Bagaimanapun mereka nantinya yang akan menjadi ‘ibu’ bagi anak-anak kita. Tentu kita nggak mau dong meninggalkan anak-anak pada orang-orang yang kurang kompetensinya.

Anak-anak juga biasanya sangat jujur. Saat mereka nyaman dengan daycare tersebut, mereka akan menyambut kita dengan penuh bahagia dan menceritakan kegiatan apa saja yang dilakukannya. Jika anak merasa tak nyaman, biasanya ia akan merasa ketakutan dan enggan kembali ke lokasi pada hari berikutnya.

4. Biaya

Tentu saja beda fasilitas akan menghasilkan perbedaan biaya. Oleh karenanya penting untuk membandingkan antara satu daycare dengan daycare lainnya sebelum mengambil keputusan. Kita juga perlu menanyakan apakah biayanya sudah termasuk makan siang dan snack anak, serta alat belajar.

5. Sistem Penitipan

Biasanya layanan penitipan anak menyediakan jasa harian dan bulanan. Namun tidak semua daycare menerima layanan harian. Karena anak-anak yang tidak biasa dititipkan biasanya akan lebih cranky. Makanya untuk menghindari kondisi tersebut, beberapa daycare hanya menerima layanan penitipan bulanan.

7 Jasa Daycare Tembalang Semarang Beserta Alamatnya

Nah, setelah kubagikan tips memilih jasa penitipan anak terbaik, kini saatnya akan kubagikan beberapa pilihan daycare di wilayah Kecamatan Tembalang, Semarang.
tempat penitipan anak tembalang semarang

1. Griya Asik

Ini adalah daycare langgananku sejak kak Ifa berusia 3 tahun, lanjut menitipkan Affan sejak dia berusia 6 bulan. Aku cocok dengan daycare ini karena sudah kenal dengan pemiliknya. Jadi, lebih klik aja di hati.

Alamat: Jl. Emerald Asri Utama, Meteseh, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50271

Nomor HP: 0812-2544-0925

2. Maryam Qonita

Aku sempat hampir menitipkan anak-anak di sini saat Griya Asik sedang penuh. Namun di menit terakhir, ternyata masih ada kuota buat anak-anak, jadi akhirnya belum sempat merasakan layanan di Maryam Qonita.

Hanya saja aku sih yakin kualitasnya insya Allah oke karena pemiliknya adalah salah satu ustazah Ifa di sekolah. Teman-teman suamiku juga banyak yang menitipkan anaknya di sini. Testimoni mereka sih kualitasnya bagus dan harganya terjangkau.

Alamat: Jl. Afa III No.16, Sendangmulyo, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50272

Nomor HP: 0813-2529-8876

3. Permata Hati

Buat yang tinggal di area Sambiroto, daycare ini bisa jadi pilihan. Dari fotonya sih kulihat bersih dan bagus fasilitasnya. Ada yang pernah menggunakan jasa penitipan anak di sini? Ayo bagi ceritanya.

Alamat: Jalan Bukit Cendana Perum Panorama Hilltop No.Kav.17 Sambiroto Kecamatan Tembalang Kota Semarang Jawa Tengah 50276

No HP: 0878-3266-5715

Website: https://daycarepermatahati.business.site/

4. Tifani

Mlipir dikit ke area Kedungmundu, ada daycare yang ulasannya cukup banyak nih di Google Maps. Mungkin bisa disurvey dulu.

Alamat: Jl. Amposari Timur No.1, RT.05/RW.03, Kedungmundu, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273

No HP: 0815-6524-461

5. Taman Pelangi

Cari penitipan anak yang sekaligus ada PAUDnya? Taman Pelangi bisa jadi opsi nih.

Alamat: Ruko Kampoeng Semawis Blok A/21 Jalan Semawis Raya Kedungmundu Kecamatan Tembalang Kota Semarang Jawa Tengah 50273

No HP: 0821-3351-8955

Website: https://kb-tpa-taman-pelangi.business.site/

6. Qurrota’Ayun Islamic Daycare

Dari Semawis, kita naik-naik lagi ke area Bulusan. Siapa tahu ada yang butuh info daycare di wilayah ini, aku pun baru tahu lo. Silakan bisa disurvey dan ditengok dulu lokasinya.

Alamat: Blok J, no 7, Villa Tembalang, Bulusan, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50277

No HP: +628156611042

7. Amanah

Meski nama perumahannya ada unsur-unsur Tembalangnya, sebenarnya kecamatannya sudah masuk Banyumanik nih. Boleh lah jadi alternatif buat teman-teman kongkow yang cari daycare di area ini.

Alamat: Perumahan Tembalang pesona Asri blok D no 19, keramas, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50278

No HP: 0853-2706-6126

Website: https://taman-penitipan-anak-amanah-daycare.business.site/

Buat teman-teman kongkow yang belum pernah menitipkan anak di daycare, pasti merasa deg-degan. Bahkan meski sudah memilih jasa daycare yang paling klik di hati. Memang bukan hal mudah meninggalkan anak pada orang baru, namun yakinlah Allah sebaik-baiknya penjaga.

Untuk mengurangi rasa deg-degan dan khawatir berlebihan, sounding anak jauh-jauh hari saat kita akan menitipkannya di daycare. Biasanya aku bilang ke anak-anak seperti ini, “Bunda, besok harus harus kerja/ belajar. Adik sekolah di Griya Asik ya.”

Aku akan sounding hal itu berulangkali meski anak terlihat tidak mendengarkan, yakin deh dia tahu kok. Jangan berekspektasi terlalu tinggi bahwa saat kita membawa ke penitipan anak, si anak akan langsung mau dipegang pengasuh dan salim pada kita. Hal yang wajar kok saat anak-anak menangis ketika kita berpamitan. Itu artinya koneksi kita dan anak masih oke.

Namun kuatkanlah hati. Jangan sekali-kali kembali ke ruangan dan menggendong anak berharap akan segera tenang. Yang ada nanti si anak akan terus menangis sebagai kekekalan ikhtiarnya. Sebagai orang tua kita harus tegas dan teguh, percayakan pada pengasuhnya.

Kalau nggak yakin, begitu kita keluar dari lokasi daycare, coba hubungi pengasuh dan tanyakan kondisi anak. 85% anak berhenti menangis begitu orangtuanya tak lagi nampak. Ya, memang gitu cara mereka cari perhatian. Semakin kita ragu-ragu, semakin anak akan susah dilepas.

So, selamat menemukan jasa daycare Tembalang Semarang, pals. Semoga ketemu yang cocok dan pas di hati. Kalau kalian punya info tambahan tentang penitipan anak di wilayah Tembalang, boleh lo share di kolom komentar.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment