header marita’s palace

9 Jenis Ciput Wajib Punya, Dari Anti Pusing Sampai Anti Budek

Konten [Tampil]
jenis ciput wajib punya
Jenis ciput kian beragam seiring berkembangnya fashion hijab di tanah air. Sebagai negara yang memiliki penduduk dengan mayoritas beragama Islam, hijab dan printilannya memang menjadi salah satu ladang bisnis yang manis.

Kalau dulu dalaman jilbab hanya berupa kain dengan pet yang ditalikan di bawah rambut, kini ragam ciput semakin banyak modelnya. Sampai kadang bingung mau memilih yang mana.

Apa Itu Ciput?

Meski sudah menjadi istilah umum di kalangan hijaber, ternyata masih ada yang bertanya-tanya apa itu ciput. Buat yang belum tahu aja nih, ciput adalah dalaman hijab atau bahasa kerennya inner hijab yang memiliki fungsi untuk dasaran sebelum menggunakan hijab atau kerudung.

Namun fungsi dasar tersebut mulai berkembang. Ciput sudah menjadi tren fashion tersendiri. Memilih ciput yang pas dengan bentuk wajah dan jenis kerudung yang dikenakan bisa membuat kita lebih stylish.
apa itu ciput dan fungsinya

Kenapa Harus Memakai Ciput?

Ada beberapa orang yang nggak terlalu nyaman memakai ciput. Beberapa bilang kepala terasa sesak, rambut jadi lebih sering rontok dan pengap, memang sih soal selera ya. Anak perempuanku pun sampai sekarang masih kurang suka pakai ciput.
 
Padahal ada beberapa tujuan dan alasan mengapa sebaiknya mengenakan ciput sebelum memakai kerudung, mau tahu?
  • Lebih Nyaman - Dengan memakai ciput sebelum mengenakan kerudung, kita jadi lebih nyaman beraktivitas seharian. Nggak perlu resah apakah hijabnya menerawang, nggak perlu resah rambut jadi keluar-keluar. Kalau kita nyaman, jadi lebih pede kan?
  • Lebih Gampang Styling Hijab - Jika kita pakai kerudung langsung di atas rambut, biasanya menatanya jadi lebih susah. Gampang mlenyot ke kanan dan ke kiri. Belum lagi kalau kena angin. Terutama jika rambut kita termasuk jenis yang halus, tambah susah lagi deh nata hijabnya. Dengan menggunakan ciput, berkreasi dengan aneka model hijab jadi lebih mudah.
  • Menjaga Rambut Agar Tetap di Tempatnya - Pernah nggak mengalami pakai kerudung baru beberapa menit rambut sudah ke mana-mana? Makanya dipakaiin ciput dulu, biar rambutnya tetap terjaga di tempatnya. Nggak lari-lari, hehe.
  • Kerudung Rapi Lebih Lama - Nah, kalau rambutnya ‘dikurung’ pakai ciput, alhasil tatanan kerudung pun jadi lebih rapi. Beraktivitas berjam-jam pun lebih nyaman dan nggak khawatir jadi modal-madul.
  • Menunjang Fashion Style Hijab - Sekarang ini ciput sudah jadi fashion item yang nggak bisa ditinggalkan. Kita bisa makin stylish dengan memilih ciput yang tepat. Jadi enaknya pilih jenis ciput yang mana ya?

9 Jenis Ciput yang Harus Ada di Rumah

Aku sendiri nggak mengoleksi banyak ciput di rumah, hanya memilih beberapa jenis yang cocok di wajah dan menyesuaikan kebutuhan. Namun setelah melakukan riset, ternyata setidaknya ada 9 jenis ciput yang kini beredar di pasaran lo. Yuk kita cari tahu satu per satu.
ciput rajut dan lainnya

1. Ciput Anpus

Pernah denger jenis ciput ini? Anpus merupakan singkatan dari anti pusing. Kebanyakan jenisnya terbuat dari ciput rajut dikarenakan mudah melar dan tidak sesak di kepala. Hanya saja harus hati-hati memilih ciput berbahan rajut. Ada beberapa yang setelah melar, setelah dicuci nggak balik ke ukuran aslinya. Jadi ketika dipakai lagi, malah jadi kedodoran. Pilih yang kualitasnya oke ya. Bikin nggak pusing tapi juga tetap awet.

2. Ciput Bandana

Sebagaimana layaknya bandana, hanya saja penampangnya lebih lebar. Jika digunakan, akan ada lubang. Cocok buat yang memiliki rambut tebal. Ciput bandana saat ini muncul bermacam variasi, ada yang variasi satu warna, variasi two tone alias memiliki dua sisi dengan warna berbeda dan variasi four tone yang setiap sisinya memiliki dua warna berbeda, sehingga ada 4 warna yang bisa digunakan bergantian.

Bandana dengan model two tone dan four tone ini cocok buat kita yang mau berhemat. Nggak perlu beli banyak ciput, sudah punya banyak warna deh. Kalau teman-teman kongkow suka nggak nih pakai ciput jenis ini?

3. Ciput Pet/ Pad

Jenis ciput ini memudahkan kita saat mengenakan kerudung segi empat, sehingga bagian atas kerudung jadi lebih rapi. Memiliki model berbentuk topi di depannya. Ada yang berupa kupluk, ada juga yang modelnya harus diikat di bagian belakang.
ciput ninja dan lainnya

4. Ciput Ninja

Ciput yang mulai hits ketika fashion hijab sudah menjadi tren tersendiri. Semacam kerudung bergo hanya ukurannya lebih pendek. Ciput ini menutupi bagian kepala dan leher, biasanya digunakan untuk mereka yang suka memakai kerudung dengan aneka style. Bisa juga dipakai saat kerudung segi empat atau pashmina yang dipilih berjenis tipis dan agak menerawang.

5. Ciput Antem

Ini adalah ciput yang paling banyak dicari saat ini, apalagi sejak pandemi dan menobatkan diri jadi tim rebahan, wkwk. Siapa hayo yang pipinya jadi makin tembem? Nah, ciput antem ini punya jurus anti tembem. Modelnya mirip ciput ninja, tapi punya fitur untuk menutupi bagian pipi untuk menghadirkan kesan tirus.

6. Ciput Sanggul/ Cepol

Berdesain seperti kupluk, tapi di bagian belakang ada tambahan sanggul/ cepol untuk memberi efek tinggi saat digunakan. Biasanya dipakai oleh hijaber yang berambut pendek, tapi ingin memberi kesan bervolume pada kerudungnya.

Ciput ini punya dua varian, ada yang cepolnya bisa dilepas, ada juga yang tidak. Namun ada beberapa ulama yang tidak menganjurkan jenis ciput ini karena ditakutkan seperti punuk unta. Tahu kan salah satu kerudung syar’i adalah tidak menyerupai punuk unta.
ciput risty dan lainnya

7. Ciput Risty

Pertama kali dikenalkan ke khalayak luas oleh Risty Tagor, makanya ciput jenis ini sering dinamai dengan Ciput Risty. Jenis ciput ini memiliki aksen kerut di bagian depan, sehingga menghasilkan kesan yang manis dan feminin. Cocok dipakai di acara formal.

8. Ciput Anti Budek

Salah satu masalah yang sering muncul saat menggunakan ciput adalah telinga menjadi sakit karena tertekan. Atau ada beberapa pula yang mengalami masalah pendengaran alias menjadi budek karena ciput menutup bagian telinga.

Muncullah ciput jenis anti budek ini, agar pemakainya tetap nyaman meski mengenakan ciput. Ciput ini memiliki lubang di bagian telinga. Unik deh. Ada yang pakai ciput anti budek?

9. Ciput Arab

Sederhananya disebut dengan ciput kupluk. Harganya murah meriah, jangan dibandingkan dengan harga ciput Uniqlo ya. Kenapa bisa murah? Karena biasanya diproduksi dari kain sisa pembuatan jilbab. Meski murah, ciput Arab ini termasuk yang paling nyaman dipakai lo.

Nah, sekarang sudah tahu kan beragam jenis ciput yang bisa dipilih? Di antara kesembilan jenis di atas, mana favorit kalian, pals? Kalau aku sih tetep yang nomor satu ciput anpus dong! Oh ya, buat kalian yang lagi cari ciput rajut berkualitas atau varian ciput lainnya, bisa tengok di Lapak Geulis ya.

Apa sih Lapak Geulis? Di sini kalian bisa menemukan beragam jenis ciput dan kerudung produksi dari C Geulis. Fyi, harga ciput C Geulis sangat terjangkau. Mulai dari Rp25.000 dengan kualitas oke punya. Kalau mau lebih hemat, beli 1 KG sekalian. Cuzz borong sekarang juga, biar bisa kembaran sama aku!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

5 comments

  1. Wah ini nih penolong untuk hijabers, tapi cari yang nyaman dan ga ribet dipakai itu susah, jadi udah tahu nih, thanks, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Hijab licin dan rambut keluar mulu emang solusinya cuma ciput, tapi jarang nemu yang nyaman dan sesuai :)

    ReplyDelete
  3. Ini nih yang selalu dicari-cari kalau ada masalah sama hijab dan rambut, hemm tapi baru tahu nih ada macam-macam jenisnya.

    ReplyDelete
  4. Wow harus ada 9, memang beragam jenisnya sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan hijab sih gak heran.

    ReplyDelete
  5. Bener sih ini wajib ada di rumah karena selalu dicari sampai ujung dunia kalau nemu pun ga cocok ini itu dan yang lainnya :) harus stok kayaknya

    ReplyDelete

Post a Comment