header marita’s palace

4 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Saat Isolasi Covid-19

Konten [Tampil]
cara meningkatkan imunitas tubuh
Meningkatkan imunitas tubuh sepertinya jadi agenda utama dalam satu setengah tahun terakhir. Virus corona yang sedang menjadi penyakit berbahaya saat ini, membuat semua orang di dunia cemas akan virus ini. Datangnya virus secara tiba tiba membuat dunia melakukan perubahan yang besar, yang kita kenal dengan new normal. Semua kegiatan aktivitas dibatasi, mulai dari kegiatan sekolah dari rumah, bekerja di rumah, tidak adanya event, dan kegiatan sosial lainnya.

Virus ini bekerja secara cepat, yang dapat mengganggu daya tahan tubuh. Penyebarannya juga sangat cepat, dari satu orang ke orang lainnya melalui udara, sentuhan tangan, dan juga berdekatan dengan yang sedang ada virus corona ditubuhnya. Kita diwajibkan untuk tes secara berkala, apakah dalam tubuh ada virus corona atau gejalanya.

Jika kita positif covid, maka salah satu cara untuk membuat kita terpisah dengan orang lainnya dengan isolasi mandiri. Isolasi di sini berarti tidak berdekatan dengan orang lain, agar virus tidak menyebar secara luas. Isolasi sendiri bisa dilakukan secara mandiri atau di rumah sendiri, maupun isolasi di tempat lain seperti rumah sakit, ataupun rumah-rumah yang disediakan khusus isolasi covid.

Meningkatkan Imunitas Tubuh Ketika Sedang Isolasi Covid

Pentingnya menghadirkan kesadaran untuk mengkonsumsi vitamin saat sedang positive covid, terutama ketika isolasi mandiri di rumah. Saat isolasi di rumah, kita tidak bisa mengecek dengan alat bantu seperti di rumah sakit, yang bisa kita lakukan hanya mengontrol nafas agar tetap teratur, dan tetap bisa melakukan kegiatan seperti biasanya.

Beda halnya jika sedang positif covid dan dirawat di rumah sakit, kesehatan tubuh selalu dikontrol oleh dokter. Orang yang menderita covid biasanya diawali dengan gejala batuk, pilek, sesak nafas, hilangnya indra penciuman, hingga lemahnya tubuh untuk bergerak.

Untuk itu, memperbanyak minum vitamin adalah hal yang sangat dianjurkan, untuk memulihkan dan menyembuhkan dari gejala covid, seperti mengkonsumsi rhea health tone. Ada beragam cara lain yang bisa diterapkan ketika isolasi dirumah, seperti:
tips tingkatkan imun tubuh

1. Istirahat

Memang orang yang sedang positif covid harus istirahat total. Istirahat dari bekerja dan melakukan aktivitas di luar ruangan. Gunakan waktu istirahat ini dengan memperbaiki pola tidur, seperti tidur siang dan juga tidur malam minimal 7 jam.

Ketika sedang lelah, dan daya tahan tubuh menurun, maka istirahat menjadi cara terampuh untuk mengembalikan stamina yang telah hilang. Tidur yang cukup juga membuat sel darah mengalir lancar. Jika diperlukan, gunakan diffuser untuk aromaterapi di dalam kamar. Fungsi dari diffuser ini untuk membuat ruangan tenang, harum dan menghilangkan kuman.

2. Minum Obat

Meskipun hanya melakukan isolasi mandiri di rumah, kita harus tetap mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Obat tersebut untuk mengurangi gejala covid yang menyerang, misalnya sakit kepala, hilangnya penciuman. Bahkan sekalipun kita tak bergejala, namun hasil PCR menyebutkan kalau kita positif, akan lebih baik jika dibantu dengan obat-obatan.

3. Makan Buah dan Sayur

Perbanyak makan buah dan sayur, terutama makan buah lemon. Buah lemon dikenal sebagai buah yang kaya vitamin. Saking tingginya vitamin c di dalam lemon, bisa menyembuhkan kita dari gejala covid yang menyerang. Konsumsi buah dan sayur juga membuat tubuh terlihat segar dan awet muda.

4. Minum Vitamin

Dari daftar obat yang diberikan oleh dokter ketika sedang covid, biasanya ada juga yang berbentuk vitamin. Karena penderita covid memang harus mengonsumsi banyak vitamin. Bisa juga kita konsumsi rhea health tone, yang mudah dikonsumsi dan dibawa ke manapun saat kita pergi. Suplemen makanan yang dihasilkan dari rhea health tone, mampu menguatkan sistem imun dan melindungi dari serangan penyakit.

Jika ingin tetap terjaga dari virus corona, jangan lupa lakukan protokol kesehatannya ya, pals. Kita juga harus mengurangi berkumpul dengan orang banyak. Apabila tidak terlalu penting untuk keluar rumah, lebih baik tetap di rumah saja untuk melindungi diri dan juga orang lain, dari bahaya virus covid.

Saat ini sedang berjalan PPKM Darurat untuk wilayah Jawa - Bali. Sebaiknya perhatikan aturan yang diberlakukan. Sebagai warga negara yang baik, ikuti saja aturan tersebut ya, pals. Katanya pengen covid segera berlalu, maka hayuklah patuh pada anjuran pemerintah.

Kalau ada yang tanya kenapa negara lain banyak yang sudah menuju bebas Covid-19, kok Indonesia malah memberlakukan PPKM darurat. Negara lain sudah hampir menuju herd immunity, pals. Sementara Indonesia kalau mau mencapai herd immunity, jumlah orang yang sudah divaksin atau pernah mengalami covid harus sudah mencapai 160jutaan. Sementara dari data yang ada, baru mencapai 44jutaan.

Makanya, ayok lah biar herd immunity segera tercapai, ikuti protokol kesehatan, segera daftar dan ikut vaksin. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh dengan cara banyak mengonsumsi makanan sehat dan vitamin ya. Salam sehat dan semangat semuanya!

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

6 comments

  1. Simple banget, cuma perlu melakukan langkah hidup sehat daripada bingung cari minuman yang menambah imunitas tubuh nih.

    ReplyDelete
  2. Wah, mantap banget nih tipsnya patut dicoba, tapi ditambah minum minuman yang meningkatkan imunitas juga boleh nih.

    ReplyDelete
  3. Mudah banget diterapkan untuk isolasi mandiri saat mandiri seperti ini.

    ReplyDelete
  4. Mantul banget tipsnya, empat cara ini efisien banget buat diterapin.

    ReplyDelete
  5. Mantap nih untuk dicoba caranya sederhana pula, tidak ribet, terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  6. kalau saya tetap berolahraga di luar rumah :) joging misalnya

    ReplyDelete

Post a Comment