header marita’s palace

Tips Lulus CPNS, Lakukan 7 Cara Jitu Ini dan Lihat Hasilnya!

Konten [Tampil]
7 tips lulus cpns
Sudah tahu belum, pals, kalau penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2021 sudah mulai dibuka? Pastinya nggak sedikit yang mulai berbondong-bondong untuk mengikuti tahapan seleksinya kan? Nah, kali ini aku mau berbagi tips lulus CPNS buat teman-teman kongkow yang kali ini sedang berupaya mengikuti rangkaian seleksinya.

7 Tips Lulus CPNS

Kalau ditanya apakah aku pernah mengikuti seleksi CPNS, jawabannya sudah pernah. Kalau nggak salah, aku pernah mengikutinya 2 atau 3 kali. Namun karena memang aku bukanlah CPNS oriented, setelah gagal ketiga kalinya, mulai nggak semangat sih ikut-ikut tes CPNS.

Memang sih ya, menjadi PNS atau yang sekarang lebih sering disebut dengan ASN (Aparatur Sipil Negara) memang menggiurkan. Mendapat gaji bulanan yang cukup banyak, belum lagi tunjangan ini dan itu, serta masih mendapatkan pensiunan, siapa yang nggak mau kan?

Banyak yang bilang PNS adalah cara hidup dengan aman dan nyaman. Maka nggak sedikit saat penerimaan CPNS dibuka, ratusan ribu orang mendaftar demi mengubah nasib. Nah, biar teman-teman kongkow nggak mengalami kegagalan yang kurasakan, cobain deh 7 tips lulus CPNS yang kurangkum dari hasil obrolanku dengan para sahabat yang berhasil menjadi PNS.

1. Perhatikan Jadwal Pendaftaran

Salah satu kesalahan besarku adalah sering telat masalah jadwal pendaftaran. Iya, tingkat kepoku tentang kapan tes CPNS digelar tuh kurang banget. Alhasil, aku selalu menyesal kemudian. Lalu tahu-tahu umurku udah nggak bisa lagi buat daftar CPNS.

Makanya buat teman-teman kongkow yang memang pengen banget jadi CPNS, jangan lupa untuk mengikuti instagram @bkngoidofficial dan @kemenpanrb untuk mendapat informasi terupdate terkait CPNS. Sekarang ini pendaftaran CPNS juga sudah terpusat pada satu pintu, pada situs https://sscasn.bkn.go.id/. Cuzz langsung kepoin, pals!
timeline pendaftaran CPNS 2021
Oya, untuk mengantisipasi situs yang gagal diakses karena ramai dikunjungi, sebaiknya pilih malam hari untuk melakukan pendaftaran. Biasanya di malam hari, situs nggak begitu ramai pengunjung, sehingga proses pendaftaran bisa lebih lancar.

Jangan lupa untuk menyiapkan persyaratan yang diminta terlebih dahulu. Sehingga saat proses pendaftaran online, bisa langsung mengisi isian yang ada. Saat butuh upload dokumen, juga semua sudah siap.

2. Perbanyak Latihan Soal

Practice makes perfect kata orang bijak. Kita bisa perbanyak latihan soal dengan cara membeli buku-buku bank soal tes CPNS di toko buku. Berhubung lagi PPKM darurat, dan kesusahan buat pergi-pergi, jangan khawatir, sekarang sudah ada banyak kok soal-soal CPNS yang bisa dicari secara online.

Coba deh cari dengan kata kunci tryout CPNS, pasti keluar banyak banget. Nggak kalah sama hasil pencarian tryout SBMPTN. Membuktikan kalau cari tempat kuliah dan cari kerja itu adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, hehe.

Bahkan soal-soal CPNS ada juga yang dibuat dalam bentuk aplikasi. Buat yang gaya belajarnya visual, bisa juga mencari tips lulus CPNS lewat video-video YouTube. Cuzz lah pilih mana yang paling cocok buat kalian ya.

3. Kenali Jenis-jenis Soal

Jangan lupa untuk cari tahu ada jenis soal apa aja dalam tes CPNS, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Menjawab soal-soal tes CPNS nggak hanya harus tepat, kecepatan juga menjadi tolok ukur kelulusan. Itulah kenapa semakin sering berlatih soal-soal sejenis, bisa membuat kita jadi lebih lancar mengerjakan tes, terutama untuk jenis TIU.

Sementara untuk TWK, teman-teman perlu banyak belajar tentang Pancasila, undang-undang dan penerapannya dalam keseharian. Semacam tes PPKn saat sekolah atau P4 zaman dulu kala ya. Untuk TKP, saat mengerjakannya kita harus menempatkan diri sebagai seorang ASN yang memiliki integritas terhadap profesinya.

4. Sharing dengan Orang Lain

Jika punya sahabat atau kerabat yang sudah berhasil menaklukkan tes CPNS, ada baiknya kita banyak-banyak belajar dari mereka. Pengalaman mereka bisa menjadi guru terbaik buat teman-teman kongkow dalam menjalani proses seleksi kali ini.

Begitu juga buat kalian yang pernah gagal, jangan patah semangat sepertiku ya, pals. Evaluasi kegagalan di proses seleksi sebelumnya dan perbaiki faktor-faktor penyebabnya agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

5. Memilih Instansi yang Sepi Peminat

Terkadang hidup memang nggak bisa ideal, pals. Kalau kata orang-orang yang sudah sukses, nggak selamanya kita harus mengejar passion. Apalagi kalau memang butuh duit, ada kalanya kita harus melepas dulu passion kita demi dapat pekerjaan yang layak.

Jika memang ngebet banget jadi ASN, demi mengubah nasib keluarga, misalnya. Tips lulus CPNS terjitu adalah memilih instansi yang sepi peminatnya. Semakin sedikit orang yang menginginkan tempat tersebut, peluang keberhasilan kita lebih tinggi. Karena sedikit pesaing kan?

6. Manajemen Waktu

Bukan hanya saat sudah kerja, agar semakin besar peluang lulus seleksi CPNS, teman-teman kongkow harus pintar-pintar mengelola waktu. Bahkan sejak tahap persiapan.

Dimulai dengan mengalokasikan waktu untuk berlatih soal-soal. Bahkan kalian bisa ikut tryout CPNS biar kek lagi tes sungguhan. Melakukan tryout bisa menjadi catatan tersendiri bagaimana tingkat keberhasilan dalam mengerjakan tes. Apakah jawaban kita untuk soal-soal yang diberikan sudah tepat, juga mengukur kecepatan kita dalam menjawab soal-soal tes.

Saat hari H tiba, jika tes dilakukan secara offline. Jangan mepet-mepet berangkatnya, pals. Kita harus cari tahu lokasi tes dan jarak antara lokasi tes dengan rumah kita. Hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi.

Sebaiknya jangan datang terlambat agar nggak kemrungsung. Bahkan kalau bisa datang lebih awal, biar kita bisa sedikit santai dan mengurangi ketegangan dalam mengerjakan soal. Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan ya.
cara jitu lulus asn

7. Berdoa

At last but not least, tugas kita sebagai manusia hanyalah berikhtiar sebaiknya, sementara masalah hasil ditentukan oleh Allah SWT. Maka ketika semua usaha sudah kita lakukan, hal terpenting adalah berdoa agar diberikan kemudahan dalam proses seleksi CPNS.

Jangan lupa minta doa pada orangtua, eyang, kerabat dan sahabat. Kita nggak tahu doa mana yang akan dikabulkan. Semakin banyak doa yang dipanjatkan, insya Allah peluang lulus CPNS semakin besar.

Namun kalaupun nantinya ditakdirkan untuk belum lolos di seleksi kali ini. Jangan menyerah, pals. Selama umur masih nyampe, coba lagi di seleksi-seleksi berikutnya. Jika kok sampai mentok usianya sepertiku, belum juga bisa lolos CPNS, ya berarti takdir terbaik kita bukan menjadi ASN. Jangan bersedih, karena Allah paling tahu apa yang paling baik buat hamba-hambaNya.

Semoga 7 tips lulus CPNS di atas membantu. Semangat dan semoga beruntung buat semua teman kongkow yang sedang berproses. Semoga Allah meridhoi ikhtiar kalian dan mengabulkan doa-doamu ya, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment