header marita’s palace

5 Tanda Suami Tidak Mencintai Istri, Adakah Cara Mengatasinya?

Konten [Tampil]
5 tanda suami tidak mencintai istri
Merasa aneh karena perilaku suami terasa dingin, berbeda dengan sebelumnya? Eits, hati-hati. Itu adalah salah satu tanda suami tidak mencintai istri lo. Kalau sudah mulai ada tanda-tanda seperti itu, jangan dibiarkan terlalu lama, pals. Takutnya semakin runyam dan membahayakan pernikahan.

Yuk kita kenali lebih jauh apa lagi yang tanda lainnya, dan bagaimana cara mengatasi jika tanda-tanda itu kita temukan dalam diri pasangan?

Apakah 5 Tanda Suami Tidak Mencintai Istri Ini Ada Pada Pasangan?

Cinta adalah perasaan. Perasaan yang tulus biasanya akan mengalir lewat perilaku, tatapan dan kata-kata. Ketika suami tidak lagi mencintai istri, bisa jadi ada beberapa tanda ini yang akan muncul:

1. Tidak Pernah Menatap Mata

Suami akan bersikap acuh. Dia tak lagi mau menatap mata kita. Dia mungkin lebih memilih menunduk, melihat layar gadget atau TV. Menghindari tatapan mata dilakukannya agar kita tak mampu membaca apa yang ada di dalam dirinya.

2. Menghindari Obrolan

Apakah suami mulai menghindari saat kita akan memulai obrolan? Entah beralasan dengan capek atau sedang ada kerjaan. Dia akan menghindari kita dengan berbagai cara, agar tak ada kesempatan untuk berduaan. Kalaupun akhirnya ngobrol, ia akan menanggapinya dengan malas.

3. Tidak Melakukan Hubungan Seks

Seks biasanya adalah hal yang tak pernah dihindari oleh pria. Tetapi ketika ia mulai menghindari berhubungan seksual dengan istrinya, tampaknya ada sesuatu yang sedang disembunyikannya. Eits, jangan su’uzon dulu. Nggak selalu karena ia sudah punya wanita idaman lain (WIL) lo.

4. Lebih Menikmati Waktu di Luar Rumah

Suami semakin sering pulang telat dengan alasan lembur kerja. Atau yang dulunya nggak suka nongkrong di poskamlling, tiba-tiba rajin nongkrong. Atau semakin sibuk dengan gadgetnya, hingga tak ada waktu untuk berbincang dan berkegiatan bersama.

5. Menjawab “Aku Juga” Ketika Istri Menyatakan Cinta

Ketika biasanya kita saling menyatakan cinta, dan tiba-tiba suami tak lagi melakukan hal tersebut. Bisa jadi tanda suami tidak lagi mencintai kita. Atau biasanya menghindari dengan menjawab “Aku juga” ketika kita berkata, “I love u” atau sejenisnya.

Tentu saja tidak semua tanda tersebut bisa digeneralisir ya. Kita juga harus melihat kebiasaan sebelumnya. Jika sebelumnya memang sudah cuek, bisa jadi karena typical suami yang seperti itu. Oleh karenanya sebagai istri kita nggak boleh langsung menjustifikasi, harus dianalisis lebih dalam. Kalau perlu temui konselor untuk penanganan lebih tepat.

7 Cara Mengembalikan Rasa Sayang Seorang Pria

Nah, ketika hasil analisa kita sudah membuahkan hasil dan ternyata memang suami telah berubah. Kita perlu melakukan 7 cara ini untuk mengembalikan rasa sayang suami kepada kita.

1. Cari Tahu Alasannya

Hal yang terpenting adalah mencari tahu alasan di balik sikap dingin suami. Tidak selalu sikapnya dikarenakan ada pelakor ya, pals. Bisa jadi karena suami sedang bosan, suami sedang ada masalah di kantor, suami sedang mengidap suatu penyakit dan tak ingin membuat kita khawatir, atau malah karena ada kesalahan yang kita lakukan.

Bisa jadi ada kesalahan kita yang menurutnya sangat fatal, tetapi dia tidak sampai hati mengatakannya. Lalu dia memilih untuk menyimpannya sendiri. Kita perlu tahu alasannya untuk bisa menemukan solusi terbaik dari kondisi tersebut.

2. Bicarakan Masalah dengan Kepala Dingin

Setelah alasan di balik sikap dinginnya kita ketahui, saatnya untuk ngobrol dari hati ke hati. Jika perlu datang ke konselor atau hadirkan penengah yang bisa adil. Apapun masalahnya, tanyakan kepada suami bagaimana kelanjutan pernikahannya.

3. Hormati Pilihan Suami

Cara menghadapi suami yang tidak cinta lagi yaitu dengan menghormati pilihannya saat ini. Mungkin suami masih butuh waktu untuk memikirkan semuanya dengan menyendiri, biarkan saja. Semakin kita tekan, semakin ia merasa enggan.

Berikan ia waktu sampai ia merasa siap untuk berbicara. Yakinlah jika suami masih berniat untuk mempertahankan rumah tangga, maka ia akan berusaha sekuat tenaga mencari solusi terbaik. Ketika ia dihormati dan dihargai atas pilihannya, ia akan merasa dibutuhkan dan perlahan akan kembali mencintai kita.

4. Katakan Kita Masih Mencintainya

Apapun alasan yang menyebabkan suami kehilangan rasa cintanya, yakinkan dirinya bahwa kita masih mencintainya. Jika memang perubahan sikapnya dikarenakan kesalahan kita, minta maaflah secara tulus dan buktikan bahwa kita akan berubah.

Saat suami melihat niat dan bukti perubahan kita, suami perlahan akan kembali menghadirkan kasih sayangnya kembali.

5. Berikan Kejutan Tak Terduga

Tak perlu menunggu suami untuk memberi, berikan ia kejutan tak terduga. Kejutan bisa menyemarakkan kondisi yang mungkin terasa canggung dan kaku. Mencairkan hati yang membeku bukan dengan kebekuan pula, namun tetesilah dengan kasih sayang yang tulis.

6. Buatkan Makanan Favorit

Katanya cinta bisa hadir dari perut, coba hidangkan makanan favorit yang mungkin telah lama tak kita sajikan untuknya. Siapa tahu cita rasa makanan favorit itu bisa menghadirkan cinta yang telah hilang.

7. Lakukan Perjalanan Singkat Berdua

Bisa jadi rasa cinta itu memudar karena terlampau sibuk dengan aktivitas masing-masing. Kenapa tidak agendakan perjalanan singkat berdua, siapa tahu asmara akan kembali menggelora?

Harapanku sih semoga tanda suami tidak mencintai istri tak ditemukan di diri pasangan ya. Pokoknya doaku semua pembaca Marita’s Palace selalu sakinah mawaddah warohmah bersama pasangannya, aaamiin.

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Hemm ini nih yang perlu diperhatikan saat suami mulai dingin dan sikapnya berubah, terima kasih Mbak lengkap banget infonya.

    ReplyDelete

Post a Comment