header marita’s palace

Ruangbelajar by Ruangguru, Cara Asyik Jadi Madrasah Pertama buat Anak

Konten [Tampil]
ruangbelajar by ruangguru
Ruangbelajar by Ruangguru bagaikan oase di tengah padang pasir. Salah satu hal yang mungkin terasa berat bagi sebagian besar orangtua di masa pandemi adalah diberlakukannya PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Kehadiran layanan belajar online terbaik tersebut menjadi bantuan terbaik bagi para orangtua yang ingin mendampingi putra-putrinya belajar dengan lebih asyik.

Tantangan kita sebagai orangtua untuk generasi zaman now semakin besar. Menjadi madrasah pertama dan utama bagi anak-anak di era digital tentu saja butuh bekal yang lebih mantap. Apalagi anak-anak zaman now lebih kritis, nggak bisa dong orangtuanya cuma modal dengkul.
Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu.
Pastinya kalimat tersebut tak lagi asing di telinga teman-teman kongkow kan? Sebuah wejangan indah dari Ali bin Abi Thalib, salah satu sahabat sekaligus menantu Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam terkait pengasuhan anak.
tips bijak menggunakan gadget
Nggak bisa dipungkiri kehadiran gadget dan internet menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Jangankan anak-anak, wong bapak ibunya pun juga demen to megang gadget lama-lama? Beragam konten menarik bisa diakses oleh anak-anak lewat gadget dengan bantuan internet.

Menghindarkan anak-anak dari gadget dan internet secara total jelas hal yang tak mungkin. Zamannya sudah berbeda, kita nggak bisa mendidik anak-anak menggunakan metode konvensional. Mau nggak mau harus mengikuti perkembangan zaman. Apalagi saat PJJ seperti ini, mau tak mau anak-anak mengakses internet lebih sering.

Oleh karenanya dibutuhkan kebijakan yang tepat dari orangtua agar masa-masa PJJ tidak membawa dampak buruk bagi anak. Salah satu caranya yaitu dengan memberlakukan 3D dalam penggunaan gadget dan akses internet;
  • Dibutuhkan
  • Didampingi
  • Dipinjamkan
Informasi lebih lengkap tentang 3D, bisa teman-teman kongkow baca dalam artikel lamaku tentang Gadget untuk Anak.

Berkenalan dengan Ruangbelajar by Ruangguru

Dengan menyebarnya virus Covid-19 jenis baru akhir-akhir ini, mau tak mau rencana diselenggarakan tatap muka secara offline akan ditunda. Tentu kita nggak bisa dong mengambil resiko terjadinya penularan corona ke anak-anak? Apalagi virus jenis baru ini denger-denger lebih banyak menyerang anak-anak.

Melihat kondisi tersebut, mau nggak mau aku mulai mencari-cari aplikasi belajar yang bisa membantuku mendampingi anak belajar dengan cara asyik. Bersyukurnya di era digital seperti sekarang, aplikasi semacam itu sangat menjamur. Tinggal mau pilih yang mana nih.

Meskipun sekarang alternatif aplikasi belajar online sudah sangat banyak, aku tak bisa berhenti jatuh hati pada startup bidang pendidikan yang pertama kali hadir di Indonesia. Apalagi kalau bukan Ruangguru?
Didirikan sejak tahun 2014, PT Ruang Raya Indonesia lewat aplikasi Ruangguru kini telah berkembang menjadi perusahaan teknologi terbesar di bidang pendidikan. Layanan belajar online ini telah memiliki 22juta pengguna yang siap dilayani oleh 300ribu guru. Tercatat ada 100 mata pelajaran yang bisa diakses lewat aplikasi ini. Mantap kan, pals?

Bahkan Ruangguru telah bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia. Segala macam penghargaan telah diraihnya. Maka tak heran kan kalau Ruangguru digadang-gadang sebagai aplikasi belajar online terbaik?

Big thanks to Belva Devara dan Iman Usman yang telah membidani kelahiran layanan belajar online ini. Kini keduanya telah berhasil masuk ke dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun, melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor teknologi konsumen di Asia. Di tahun 2019, dua anak muda Indonesia penuh inspirasi ini mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young. Give applause to them, pals.

Tahun 2021 adalah tahun ketujuh bagi aplikasi yang memiliki misi untuk menyediakan dan memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas melalui teknologi untuk semua siswa, kapan saja dan di mana saja. Dalam perkembangannya, Ruangguru telah memiliki 11 produk terbaik sebagai berikut:
  • Ruangbelajar
  • Ruangkerja
  • Brain Academy Online
  • Ruanguji
  • Ruangkelas
  • Skill Academy
  • Ruangles
  • Ruangbaca
  • Ruanglesonline
  • Roboguru
  • dan yang paling gres, ada English Academy
Kali ini aku akan mengajak teman-teman kongkow untuk berkenalan lebih lanjut dengan Ruangbelajar by Ruangguru. Sebuah sub aplikasi persembahan dari Ruangguru yang kuyakini bisa membantuku menjadi madrasah pertama yang asyik bagi anakku di masa PJJ.
memilih aplikasi belajar online
Kalau ditanyai memang harus ya pakai aplikasi untuk mendampingi anak-anak belajar? Tentu saja aku nggak bisa mengharuskan, setiap orang tua pastinya punya pilihan dan kebijakannya masing-masing.

Selain mencoba menerapkan apa yang menjadi pesan dari Ali bin Abi Thalib yang sudah kutuliskan di awal, aku juga mencoba memahami anakku yang hampir setiap hari melihat ayah bundanya banyak bekerja di dunia digital. Gadget dan internet adalah dua hal yang tidak bisa kami hindari di rumah, dan anak-anakku sangat familiar dengan keduanya. Mereka juga selalu tertarik untuk mengulik beragam aplikasi yang bisa mereka akses lewat HP dan laptop ayah bundanya.

Ketertarikan tersebut membuatku mantap mengenalkan Ruangbelajar bagi anak-anak, khususnya bagi si sulung yang sudah bersekolah. Daripada install aplikasi game yang bisa memberikan banyak dampak buruk, mendingan install aplikasi belajar online kan?

Alasan Memilih Ruangbelajar

Alasan utama memilih Ruangbelajar telah kujabarkan panjang kali lebar di atas. Namun tak hanya itu, ada alasan-alasan lain mengapa aku memilih layanan belajar online dari Ruangguru ini sebagai partnerku dalam mendampingi si sulung mendapatkan tambahan pendidikan selain dari sekolahnya. Mau tahu apa saja alasan tersebut?
layanan belajar online terbaik

1. Konten Lengkap

Ruangbelajar memiliki konten pendidikan super lengkap untuk segala jenjang pendidikan, dari 1 SD sampai 12 SMA IPA dan IPS. Konten yang ada di aplikasi belajar dari Ruangguru ini disajikan dalam bentuk yang beragam:

  • Video Belajar
Ada ribuan video belajar dan pembahasan soal yang disajikan dalam animasi yang menarik. Membuat sesi belajar menjadi lebih asyik. Pesan pembelajaran juga lebih mudah dipahami oleh anak-anak. Apalagi durasi video tak lama, hanya sekitar 10-15 menit. Cocok buat anak-anak yang cepat teralihkan fokusnya. Mau lihat salah satu contoh videonya?
Untuk para pejuang kuota, jangan khawatir bakalan bokek, karena video-video yang ada di aplikasi ini bisa diunduh dan ditonton lagi di lain kesempatan. Asyik kan?

  • Latihan Soal dan Pembahasan
Untuk mengetahui seberapa paham anak terhadap materi yang diberikan, Ruangbelajar juga menyediakan belasan ribu latihan soal. Latihan topik tersedia dari tingkat kesulitan mudah hingga soal - soal HOTS (High Order Thinking Skill). Nilai bisa langsung keluar usai anak mengerjakan soal-soalnya.

Tersedia pula pembahasan di setiap soal, sehingga membantu anak semakin memahami poin-poin yang belum dimengerti. Tak hanya itu, ada juga persiapan ujian masuk universitas (SBMPTN dan STAN). Cocok buat buah hati teman-teman kongkow yang sudah duduk di bangku SMA kelas XII.

  • Rangkuman/ Infografis Modul Bimbel
Tak hanya memiliki beragam konten, pengembang dari aplikasi ini nampaknya memahami sekali dunianya anak-anak digital. Game menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari dunia mereka. Oleh karenanya, konten pembelajaran di Ruangbelajar dihadirkan dalam model gamifikasi yang sangat aktraktif.

Ada beragam misi yang harus anak-anak selesaikan. Tentu saja hal ini akan membuat anak-anak tertantang kan? Daripada kecanduan game, mending bikin anak kecanduan belajar kan?

Di setiap akhir misi, anak-anak disuguhi infografis yang kece sebagai rangkuman materi yang sudah dipelajari. Rangkuman ini bisa diunduh dan dibaca ulang saat anak membutuhkannya.
Tidak hanya materi belajar bagi anak, Ruangbelajar by Ruangguru juga menyediakan materi belajar bagi para guru yang ingin meningkatkan kualitas cara mengajarnya. Materi ini juga bisa dibaca oleh para orangtua yang ingin bertransformasi sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya lo. Apalagi PJJ sepertinya masih akan terus berlanjut di tahun ajaran baru ini. Tentunya kita butuh bekal agar lebih siap menjadi guru bagi anak-anak kan?

2. Terpercaya

Sebagai aplikasi belajar yang hadir pertama kali di Indonesia, nggak heran jika banyak pengguna percaya pada Ruangguru. Saat ini tercatat ada 10 juta siswa di Indonesia yang telah merasakan layanan terbaiknya. Bahkan tingkat kepuasan pengguna mencapai 96%. Kalau nggak percaya, cuzz meluncur saja ke Google Play Store atau App Store, ada banyak ribuan ulasan baik dari para pengguna.

Nih, aku tunjukin beberapa:
testimoni ruangguru, aplikasi belajar online

3. Berkualitas dan Sesuai Kurikulum

Jangan khawatir dengan isi konten yang disajikan oleh layanan belajar online ini. Seluruh konten yang ada di dalam aplikasi tersebut telah mengikuti Kurikulum Nasional (KTSP, K-13, dan K-13 Revisi). Konten-kontennya juga tak main-main lo dibuatnya. Disusun langsung oleh lebih dari 50 Master Teacher berpengalaman.

Menjadi Master Teacher di Ruangguru ini nggak main-main lo. Harus melewati banyak tes yang bobotnya tinggi. Aku bisa bilang begini karena pernah merasakan seleksi tahap pertama menjadi Master Teacher di aplikasi tersebut. Nggak main-main isi tesnya, pals. TOP banget.

4. Biaya Terjangkau

harga berlangganan ruangguru
Ngobrolin soal harga, sudah jadi rahasia umum kalau Ruangguru telah dinilai sebagai aplikasi belajar online termurah. Berlangganan Ruangbelajar 10x lebih murah daripada bimbel biasa. Apalagi dengan kemudahan dan keunggulan yang nggak bisa didapat dari bimbel biasa; belajar di mana saja, kapan saja, dan sesuai kebutuhan setiap anak. Nggak hanya itu aja, setiap bulannya juga selalu ada promo menarik lo.

5. Aplikasi Tersedia dalam versi Mobile dan Dekstop

Aplikasi Ruangguru bisa diunduh dan diinstal baik di HP ataupun di laptop. Untuk tampilan yang lebih lebar, belajar dengan versi dekstop tentu lebih nyaman. Sementara dari segi kemudahan akses, versi mobile jauh lebih unggul. Tenang saja satu akun bisa dibuka di versi mobile dan desktop kok.

Untuk instalasi aplikasi versi dekstop bisa ikuti langkah-langkah berikut ya:
cara instalasi ruangguru di dekstop
Dengan adanya 5 alasan di atas, sekarang teman-teman kongkow udah paham kan kenapa aku menjatuhkan pilihanku kepada Ruangbelajar bu Ruangguru?

Fitur-fitur Menarik di Ruangbelajar

Setelah mengetahui alasan-alasan mengapa layanan belajar online yang satu ini layak menjadi partner bagi seluruh orang tua di Indonesia pada masa PJJ, aku akan mengajak teman-teman kongkow touring dan mengenal lebih dalam tentang fitur-fitur yang ada di Ruangbelajar:

1. Ruangguru PET

Seperti yang aku ceritakan di bagian konten, bahwasanya Ruangguru mengadopsi gamifikasi dalam mengembangkan aplikasinya. Salah satu fitur yang bakal bikin anak-anak betah berlama-lama di aplikasi ini adalah kehadiran PET yang akan menjadi teman belajar seru bagi mereka.

Ada tiga tokoh yang memiliki filosofi karakternya masing-masing; Modo The Giant Dragon yang ambisius dan cekatan, Candra The Bird of Paradise yang senang berpetualang, dan Harry The Diamond Tiger yang tangguh, pemberani namun sekaligus tenang dan bijaksana.
Ruangguru PET
Untuk bisa mengakses fitur teman belajar, kita harus memperbarui aplikasi Ruangguru ke versi terbaru. Setelah itu klik teman belajar, pilih salah satu karakter, kemudian tetaskan telur. Setiap karakter akan bisa berevolusi. Semakin cepat misi diselesaikan setiap pekannya, pengguna akan mendapat elemen evolusi yang berbeda-beda. Bisa dibayangkan bagaimana anak-anak akan tertantang dengan konsep ini kan?

Melalui fitur PET, anak-anak juga bisa belajar konsep evolusi dengan lebih cepat, menarik dan mudah dipahami tentunya. Oya, di sini anak-anak juga akan belajar mengenai emosi. Modo, Candra dan Harry akan menunjukkan emosi senang, sakit dan sedih sesuai dengan prestasi yang mereka raih. 

2. Ruangguru Adventure

Gamifikasi di Ruangguru nggak berhenti di PET saja. Anak-anak akan diajak untuk berpetualang lewat setiap sesi belajar yang dilakukannya. Berikut keseruan-keseruan yang bisa didapatkan lewat petualangan di aplikasi belajar online terbaik yang satu ini:
  • Custom Avatar - Anak-anak akan diajak untuk mengumpulkan gold yang bisa digunakan untuk memilih outfit kece bagi avatarnya.
  • Mystery Box - Sudah berasa main game beneran deh, tiap hari ada kotak misteri yang akan menghadirkan item-item gratis untuk keseruan sesi petualangan berikutnya.
  • Naik Level - Semakin sering si anak belajar, semakin cepat ia naik level. Dengan sistem ini diharapkan anak-anak jadi lebih rajin belajar. Apalagi setiap mereka naik level akan mendapatkan XP dan gold. Semakin banyak XP yang dikumpulkan, anak-anak bisa meraih peringkat 1 di leaderboard.
konsep gamifikasi di ruangbelajar
Cara untuk bikin level up gampang banget kok, anak-anak hanya perlu nonton video pembelajaran setiap hari, kerjakan latihan-latihan soal yang diberikan dan baca rangkuman agar lebih memahami materi yang sedang dipelajari.
Di sinilah tugas orangtua untuk mendampingi anak agar mereka tidak hanya belajar demi naik level semata, akan tetapi juga mampu memaknai tujuan belajar itu sendiri.

3. Jadwal Belajar

Tak hanya seru, Ruangbelajar by Ruangguru juga melatih kemandirian sekaligus kedisiplinan anak. Lewat fitur jadwal belajar, anak bisa mengatur sendiri mata pelajaran, durasi belajar, jam belajar dan hari belajar sesuai keinginan mereka.

Di sini anak-anak belajar untuk mengelola jadwal yang paling ideal buat mereka. Anak-anak juga bisa mengubah jadwal jika dirasa dalam prosesnya kurang efektif atau terlalu padat. Secara nggak langsung mereka belajar bertanggungjawab kan?

Fitur ini juga dilengkapi dengan notifikasi yang akan mengingatkan anak pada jadwal yang telah mereka susun. Jadi nggak ada kata lupa belajar lagi bersama Ruangguru. Tengok info di bawah ini untuk cara membuat jadwal belajar:
cara membuat jadwal belajar ruangguru

4. Asah Otak

Fitur lain yang tak kalah seru adalah Asah Otak. Cocok buat anak-anak yang hobi menyelesaikan teka-teki. Melalui fitur ini, anak-anak akan diuji pemahamannya dengan cara menjawab berbagai macam pertanyaan yang telah disediakan.
fitur asah otak ruangbelajar
Di akhir sesi, Ruangguru akan memberikan rekomendasi video belajar pada materi yang masih perlu diasah lebih lanjut. Fitur ini bertujuan agar anak belajar dengan lebih terarah dan memahami kekurangan dirinya yang masih harus ditingkatkan lagi.

5. Bank Soal

Fitur ini langsung bisa kita lihat begitu membuka dashboard aplikasi Ruangguru. Bank Soal adalah fitur yang berisi kumpulan soal terlengkap, bertujuan untuk menyiapkan anak-anak menuju ujian. Semacam try out online gitu deh.

Ada beragam jenis paket soal yang tersedia, mulai dari soal-soal latihan UTS dan UAS tiap semester genap dan ganjil, UN, bahkan SBMPTN. Masing-masing paket terdapat 40-50 soal dan diberikan waktu pengerjaan dengan kisaran antara 1,5 jam-2 jam.
bank soal ruangbelajar
Sama seperti latihan topik, soal-soal yang ada di Bank Soal juga dilengkapi dengan pembahasan. Tak hanya itu, soal-soal yang terdapat di Ruangguru kini juga dapat diunduh, dicetak, dan dikerjakan langsung di kertas.

6. Laporan Belajar

Ruangguru nggak hanya menyajikan materi yang seru dan mudah dimengerti. Aplikasi belajar online terbaik ini juga memberikan laporan hasil belajar secara lengkap. Laporan ini berfungsi untuk memantau perkembangan belajar anak, analisis latihan bab, sampai rekomendasi misi yang cocok untuk meningkatkan prestasi anak! Canggih banget, kan?
laporan belajar di ruangguru
Bagi anak yang sudah memiliki gadget sendiri, orang tua tetap bisa kok memantau laporan belajarnya. Caranya tinggal kirim pesan saja ke WA Ruangguru di 0815-7820-0000, lalu ketikkan RAPOR ANAK. Nggak lama, laporan belajar akan muncul deh.
Jangan lupa lo untuk memberikan apresiasi kepada anak untuk usaha belajar yang telah dilakukannya. Apresiasi dari orang tua bisa meningkatkan kepercayaan diri anak, sehingga mereka bisa terus termotivasi untuk belajar.
Tak hanya enam fitur di atas, di bulan Juli 2021 akan hadir dua fitur baru yang tentunya nggak kalah menarik dari fitur-fitur yang sudah ada, yaitu Adapto dan Konsep Kilat. Wuih, bikin penasaran nih kejutan apa lagi yang bakal dihadirkan oleh Ruangguru untuk keluarga Indonesia.

Konsep Kilat sendiri sebenarnya bukan fitur yang benar-benar baru, mungkin akan ada update dari fitur yang sudah ada. Fitur Konsep Kilat sebelumnya bertujuan agar anak-anak lebih siap menghadapi UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer). Berisi video pembahasan konsep utama materi, contoh soal dan trik mengerjakan UTBK.

Dari hasil ulasan yang aku lihat di Playstore, banyak siswa memuji fitur ini karena memudahkan mereka dalam memahami materi-materi pembelajaran dengan lebih cepat. Mungkin ke depannya Konsep Kilat akan dikembangkan pada semua jenjang kelas dan materi pelajaran. Kita tunggu saja kabar terbarunya ya.

Sementara Adapto adalah sebuah fitur yang dibuat berdasarkan memahami perkembangan belajar anak yang berbeda-beda. Ada anak yang perkembangannya cepat, ada pula yang lebih lambat. Ruangbelajar by Ruangguru ingin mengakomodasi hal tersebut dengan memberikan soal dan pilihan jawaban berdasarkan kemampuan anak. Selain itu akan disediakan rekomendasi video belajar yang berbeda-beda antara satu anak dengan anak lainnya, sesuai dengan perkembangan masing-masing.
quote ruangguru
Menelusuri aplikasi belajar online terbaik di negeri ini, aku semakin nggak sabar untuk belajar bareng anak dengan lebih seru dan menyenangkan di tahun ajaran baru ini. Buat teman-teman kongkow yang tertarik mengenai Ruangbelajar ataupun produk lain dari Ruangguru, bisa mengunjungi website dan media sosialnya untuk informasi lebih lengkap:

Website Ruangguru: https://ruangguru.com/
Instagram Ruangguru: https://www.instagram.com/ruangguru
Youtube Ruangguru: https://www.youtube.com/c/RuangGuru/

Semoga informasi tentang Ruangbelajar by Ruangguru ini bermanfaat. Selamat membersamai ananda, pals. Jangan lupa untuk tetap semangat dan bahagia ya, karena anak-anak yang bahagia lahir dari asuhan orangtua yang berbahagia. Sampai jumpa di celotehku berikutnya.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

13 comments

  1. Ruang belajar memang solusi untuk siswa manapun dan pastinya membantu banget dalam proses pembelajaran daring.

    ReplyDelete
  2. Asyik banget belajar dengan ruang guru apalagi ada video pembelajaran yang mudah dipahami, membantu sekali saat pembelajaran daring seperti ini.

    ReplyDelete
  3. Ruang guru memang solusi banget saat pembelajaran daring apalagi aksesnya mudah banget, terima kasih reviewnya.

    ReplyDelete
  4. Ruang guru memang yang terbaik komplit dan sesuai untuk kalangan siswa apapun.

    ReplyDelete
  5. Komplit banget di ruang guru, memang tidak diragukan lagi aplikasi ini membantu dalam segala situasi belajar.

    ReplyDelete
  6. Inovasi ruangguru makin hari makin kece aja. anka-anak jadi nggak bosen belajar on line. Materi sekolah ditunjang dengan dengan ruang guru akan menambah referensi pengetahuan setiap anak

    ReplyDelete
  7. Kalau dulu bimbel tuh ada jadwalnya ini mah enak banget bisa belajar kapan aja dimana aja ya mba. Mana bisa bebas atur jadwal. Kalau dulu mah ngikutin dari bimbelnya dan kadang kebagian jadwal kosongnya malem.

    ReplyDelete
  8. Baca tulisan Pak Martin sudah bikin tertarik pengen nyoba ruang guru, baca tulisan ini tambah pengen nyoba, asik banget ya konsep belajar anak2 pake ini

    ReplyDelete
  9. Wah cukup terjangkau biaya bimber di ruangbelajar by ruang guru. Ini membantu orangtua banget yang menghadapi pjj. Dan entah kapan akan bisa masuk sekolah lagi.

    ReplyDelete
  10. Zaman sekarang mau belajar apa saja ada dan mudah. Jadi saat PJJ gini ngebantu banget ya, anak-anak jadi lebih kaya wawasan. Keren banget ini.

    ReplyDelete
  11. keren banget ruang guru ini, anakku baru mau 5 tahun udah bilang "ibu, nanti aku belajarnya mau sama ruang guru aja yaa" wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Lengkap selengkap lengkapnya nih ruang guru ya mbaaa... Makin keren dan semakin banyak yg me dapat manfaat dari ruang guru ini

    ReplyDelete
  13. Makin bersemangat nih untuk merekomendasikan Ruangguru untuk penunjang belajar adekku dan ponakan ponakanku.

    ReplyDelete

Post a Comment