header marita’s palace

Membuat Desain Dapur Kecil Ukuran 2x2 M Tampak Luas, Bisakah?

Konten [Tampil]
membuat desain dapur kecil ukuran 2x2 m
Memiliki rumah dengan luas 5x12 M membuatku harus pintar-pintar menata ruangan. Berhubung aku tak suka memasak, desain dapur kecil ukuran 2x2 M sepertinya sudah cukup memadai. Namun bagaimana ya agar semua kebutuhan dapur bisa ditempatkan dengan optimal?

Akhirnya aku berseluncur dari artikel satu ke lainnya untuk mendapat inspirasi mengenai desain dapur kecil sederhana. Aku mendapatkan banyak insight dari beberapa artikel yang kubaca. Adakah teman-teman yang mungkin juga sedang kebingungan menata dapur berukuran kecil? Semoga tips berikut ini bisa membantu ya.

Tips Memaksimalkan Desain Dapur Kecil Ukuran 2x2 M

Memiliki dapur kecil minimalis adalah impianku. Aku tak begitu suka dapur yang terlalu besar. Selain karena tak suka memasak, sepertinya akan lebih baik jika ruangan yang lebih luas digunakan untuk aktivitas bersama.

Namun ternyata membuat dapur berukuran kecil juga tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan, termasuk menyingkirkan beberapa barang yang tak dibutuhkan. Selain itu memindah lokasi dapur juga perlu beberapa persiapan.

Terkait dapur kecil ukuran 2x2 M, memang dari sisi ekonomis kita bisa menekan banyak biaya. Akan tetapi penting untuk mempertimbangkan persyaratan spesifik dari tempat tersebut. Bahan yang digunakan juga harus benar-benar dipilih, mempertimbangkan adanya fakta perbedaan suhu dan tingkat kelembaban di dapur. Interior yang dipilih juga harus mampu memberikan refleksi dalam hal perluasan visual sehingga dapur bisa terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Adapun beberapa ide yang bisa diterapkan dalam dapur berukuran kecil yaitu:

1. Dapur Sudut atau Dapur Lurus

Di apartemen kecil biasanya memasang dapur sudut atau lurus. Kita bisa mempertimbangkan opsi tersebut untuk diterapkan di rumah. Caranya yaitu dengan memilih furnitur yang diletakkan dalam satu garis di sepanjang dinding.

Untuk mengoptimalkan ruang, unit dapur bisa dikombinasikan dengan meja kerja dan dilengkapi dengan peralatan built-in. Tidak hanya nyaman, tetapi juga menghasilkan visual yang indah.

2-2,5 meter bagi pemilik dapur yang senang memasak bisa jadi terasa kurang luas. Oleh karenanya perlu memperhitungkan setiap hal kecil dan menciptakan sudut yang nyaman untuk melakukan pekerjaan memasak.

2. Hindari Meletakkan Kulkas dan Furnitur pada Baris yang Sama

Jika kita meletakkan lemari es di sepanjang dinding kerja, kita akan kehabisan tempat. Akan lebih baik jika kulkas diletakkan di sisi yang lebih sempit, dan area memasak serta mencuci piring di area yang lebih lebar.

3. Memilih Furniture Built-in

Ide bagus untuk pemilik dapur kecil tunggal dan keluarga kecil yaitu memilih lemari es dengan desain kompak yang built-in di bawah bagian atas meja dapur. Kita tetap bisa memiliki lemari es, sekaligus tetapi mendapatkan area kerja yang nyaman. Tentu saja untuk sebagian keluarga dengan anggota yang lebih banyak, opsi ini tidak akan berhasil.
ide desain dapur kecil ukuran 2x2 m

4. Pilih Kompor dengan Ukuran Lebih Kecil

Jika saat ini kita menggunakan kompor dengan empat tungku, kita bisa menggantinya dengan kompor satu atau dua tunggu. Gunakan kompor sesuai kebutuhan. Jika tidak semua tungku digunakan, buat apa terlalu banyak tungku kan?

Semakin kecil ukuran kompor yang digunakan, semakin banyak area kerja yang bisa kita dapatkan. Kita jadi punya area lebih luas untuk memotong dan mempersiapkan bumbu.

Jika suka baking, alih-alih oven, kita bisa meletakkan oven microwave yang memiliki fungsi lebih banyak. Jika ukurannya terlalu besar, pilih yang model built-in, maka kita akan mendapatkan ruang tambahan untuk peralatan dapur di atas kompor.

5. Gunakan Meja Lipat

Di dapur berukuran 2x2 meter, kita bisa menggunakan meja makan yang bisa dilipat dan dipasang di dinding. Kita bisa membuka dan lepaskan sesuai kebutuhan. Beli juga kursi dengan model foldable, kita bisa lipat dan gantung di dinding saat tidak digunakan.

6. Optimalkan Penggunaan Dinding

Menggunakan bagian atas dinding di dapur kecil adalah suatu keharusan. Gantung sebanyak mungkin lemari dinding yang terbuat dari bahan ringan. Hal ini tidak hanya menyediakan ruang penyimpanan tambahan, tetapi juga membuat struktur menjadi ringan dan memperluas dinding secara visual.

7. Perhatikan Penggunaan Aksesoris

Cobalah untuk meninggalkan pintu jenis ayun pada lemari dapur karena akan menyita banyak ruang saat dibuka. Untuk lemari bagian bawah, pilih jenis pintu dengan model tarikan. Sementara untuk lemari atas, gunakan pintu dengan model yang bisa diangkat. Solusi semacam itu jauh lebih cocok dengan ruang kecil.

Pada dapur kecil, garis lurus sangat penting. Hal Ini bisa berupa garis-garis pada wallpaper, tirai dengan model vertikal lurus, dll. Penggunaan lantai berlapis yang diletakkan secara diagonal juga akan memperluas ruangan secara visual.

Selain itu dapur kecil, dalam desain interior yang menggunakan gloss dan kaca, bisa membangkitkan perasaan ringan dan lapang.

Apakah tips terkait desain dapur kecil ukuran 2x2 m cukup membantu, pals? Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di celotehku berikutnya.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Wah ini nih yang buat dapur terlihat stylish dan praktis apalagi dalam ukuran minimalis, terima kasih, Mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment