header marita’s palace

3 Cara Melamar Kerja di KFC Mudah dan Transparan!

Konten [Tampil]
cara melamar kerja di KFC offline dan online
Sewaktu kuliah aku sempat penasaran bagaimana cara melamar kerja di KFC. Saat itu sudah banyak teman-temanku yang bekerja sambilan, salah satunya di resto cepat saji yang gedungnya didominasi warna merah tersebut. Aku sempat berpikir sepertinya seru ya kalau kerja di KFC, siapa tahu setiap pulang kerja bisa membawa ayam goreng kriuk-kriuk kesukaan. Hihi, sederhana banget ya pikiranku?

Namun rasa penasaran itu semakin menipis dengan bertambahnya waktu. Pada akhirnya aku juga memiliki kerja sambilan di sela-sela waktu kuliah. Hanya saja bukan jadi pegawai restoran apapun, tetapi melakoni kerjaan menjadi tutor Bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan yang kumiliki.

Nah, saat kondisi masih kurang ramah kantong seperti sekarang. Mencari pekerjaan yang halal bisa jadi hal sulit. Akan tetapi jika kita berusaha pasti akan selalu ada jalan. Buat teman-teman kongkow yang membutuhkan informasi mengenai cara melamar kerja di KFC, cuzz baca lebih lanjut ya!

Alasan Melamar Kerja di KFC

Restauran cepat saji yang dibuat oleh Kolonel Sanders ini memang begitu akrab di telinga. Jauh sebelum kedatangan produk-produk sejenis, KFC telah mampu mencuri hati. Ayam goreng kriuk terasa berbeda dan naik kelas jika dimakan atau dibeli dari KFC.

Aku ingat sekali saat masih SD, aku berasa sangat keren dan beruntung ketika bisa menikmati ayam goreng KFC. Maklum bapak dan ibuku tak setiap hari membelikanku ayam goreng kriuk tersebut. Bahkan setahun sekali saja sangat jarang.

Hingga suatu hari aku diajak ibu ke gerai KFC di kota kami. Di sana aku melihat salah seorang guru honorer yang bekerja di sekolah ibu bekerja sambilan menjadi kru di KFC. Melihat beliau mengenakan seragam KFC, terlihat sangat keren. Aku jadi sempat punya cita-cita untuk bekerja di sana.

Rasa-rasanya bisa melayani orang penuh senyuman untuk mendapatkan makanan kesukaan adalah pekerjaan yang membahagiakan. Ya, pastinya ada banyak alasan mengapa orang melamar kerja di KFC.

Ada yang mungkin sepertiku, karena pengalaman masa kecil yang sangat membekas di hati. Atau ya karena memang kondisi yang memang membutuhkan biaya hidup tak sedikit. Segala pekerjaan selama itu halal siap dilakoni, termasuk menjadi kru restauran.

Apalagi restaurannya nggak kaleng-kaleng. Bisnis franchise tingkat global yang keuntungan tiap tahunnya masih bisa diunggulkan. Kalau kalian yang punya keinginan kerja di KFC, punya alasan apa?

3 Cara Melamar Kerja di KFC

Nah, setelah tahu apa alasan di balik kita melamar kerja di restauran ayam goreng kriuk ini, saatnya yuk cari tahu bagaimana cara melamar kerja di sana. Ternyata nih menurut penelusuran yang kulakukan ada 3 cara yang bisa dilakukan:

Melamar Kerja dengan Datang Langsung ke Gerai KFC

Untuk posisi-posisi tertentu, karyawan KFC memang mensyaratkan memiliki ijazah sarjana. Khususnya di posisi-posisi strategis, seperti manager atau kepala restauran. Namun buat kalian yang baru lulus SMK atau SMA, jangan bersedih. Tetap bisa kok melamar kerja di resto ini.

Tentu saja lowongan yang tersedia untuk lulusan SMA/ SMK berbeda dengan pemilik gelar sarjana ya. Biasanya sih dipekerjakan sebagai kru restoran. Tapi tak mengapa, jika kinerja kalian bagus. Ada lo kemungkinan jenjang karirnya meningkat.

Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melamar kerja di KFC:
  • Pria/ wanita
  • Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 160cm
  • Berusia tak lebih dari 24 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/ SMK sederajat
  • Memiliki minat yang tinggi untuk bekerja di restoran
  • Memiliki sifat pantang menyerah dan mau bekerja keras
  • Bersedia kerja shift
  • Siap untuk ditempatkan di restoran mana saja yang sedang membutuhkan kru
  • Dapat bekerja sama dengan tim
  • Memiliki kejujuran yang tinggi
Jika kalian memenuhi syarat-syarat di atas, langsung saja siapkan berkas-berkas di bawah ini. Lalu datang langsung ke gerai KFC terdekat. Kalian bisa memberikan lamaran tersebut kepada manager atau kepala gerai.

Adapun dokumen pendukung yang wajib dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja:
  • Pas foto berukuran 3×4 berwarna
  • Fotokopi ijazah SMA 1 lembar
  • 1 lembar fotokopi KTP
  • 1 lembar fotokopi KK
  • Surat keterangan belum menikah dari RT/ RW
  • Surat keterangan sehat dokter
  • Fotokopi bukti telah divaksin
Surat lamaran bisa diketik ataupun ditulis tangan. Sebaiknya buat surat lamaran yang personal agar bagian HRD meliriknya. Jika lamaran sudah diserahkan ke manager atau kepala resto, tunggu saja informasi apakah lamaran kalian bisa diproses. Oya, jangan lupa cantumkan nomor telepon/ WA yang bisa dihubungi. Semoga kabar baik segera datang ya.

Melamar Kerja di KFC secara Online lewat Situs Resmi

Selain melamar dengan datang langsung ke gerai, kalian juga bisa melamar menjadi kru restoran lewat situs resmi KFC. Caranya berikut ini:
  1. Buka situs resmi KFC yang beralamat di https://kfcku.com.
  2. Setelah masuk ke beranda, kalian langsung cari menu “Karir” yang terletak di bagian pojok kanan atas. Jika membuka browser lewat Smartphone, klik tanda garis 3 di sebelah pojok kanan atas, lalu scroll ke bawah sampai mentok. Nanti ada tulisan “Aarir”, cuzz deh langsung diklik.
  3. Tunggu barang sebentar, nanti kalian segera diarahkan ke halaman yang berisi lowongan kerja. Jika saat itu pilihan pekerjaan yang muncul tidak sesuai dengan kriteria kalian, klik saja “tampilkan semua lowongan”.
  4. Nah, semua lowongan muncul deh. Saatnya untuk memilih posisi dan lokasi kerja yang paling cocok dengan teman-teman kongkow. Oya, jangan lupa untuk cek terlebih dulu tanggal berakhirnya lowongan. Nggak lucu kan kalau kalian apply lamaran ke lowongan yang sudah ditutup?
  5. Selanjutnya kalian bakalan diarahkan ke halaman yang memuat tugas, syarat dan ketentuan serta dan dokumen yang diperlukan untuk memroses lamaran. Jika semuanya sudah kalian siapkan sebelumnya, cuzz klik “Lamar Sekarang”.
  6. Agar lamaran yang dikirim bisa masuk, jangan lupa untuk log in terlebih dahulu. Apabila kalian belum memiliki akun, pilih yang “Daftar Sekarang” ya.
  7. Jika sudah berhasil membuat akun, segera isi semua formulir yang diminta. Isilah dengan data yang sebenar dan sejujurnya. Kemudian simpan. Alhamdulillah, lamaran kerja online telah dilakukan. Semoga segera dapat kabar baik!

Melamar Kerja di KFC secara Online lewat Pihak Ketiga

Melamar kerja di KFC secara online juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun cara ini cukup rawan penipuan. Sebaiknya sih pilih situs pihak ketiga yang sudah terpercaya, misal Jobstreet. Cara melamar di Jobstreet untuk lowongan KFC yaitu sebagai berikut:
  1. Buka situs resmi jobstreet yang bisa diakses di www.jobstreet.co.id.
  2. Klik tombol pencarian, kemudian ketik KFC. Pilih kota tempat tinggal kalian, lalu pilih posisi atau spesialisasi pekerjaan yang kalian inginkan. Kalau tidak punya ketentuan apapun, cukup klik “Tampilkan Semua Spesialisasi Pekerjaan”, lalu tekan ok.
  3. Dalam sekejap akan ditampilkan berbagai macam jenis lowongan di KFC yang sedang kosong, beserta lokasi kerja, syarat, dokumen, dan benefit yang akan didapatkan.
  4. Klik pada salah satu posisi yang kalian minati.
  5. Sesaat akan memuat informasi terkait posisi tersebut. Jika kalian merasa klik dengan pekerjaan itu, di tekan “Lamar Sekarang”.
  6. Jika sebelumnya kalian sudah punya akun di JobStreet, tinggal kirim lamaran. Tetapi jika belum, buat akun dulu ya.
  7. Setelah membuat akun, kalian akan diarahkan untuk mengisi beberapa formulir terkait data diri, pendidikan, pengalaman kerja, gaji yang diinginkan dan diminta untuk mengunggah CV terbaru. Jika semua dokumen yang diminta JobStreet sudah terpenuhi, cuzz segera kembali lamar pekerjaan yang tadi sudah diincar.
  8. Jika lamaran kalian diterima, akan ada informasi yang dikirim lewat email dari perusahaan yang berisi undangan interview.
Nah, tata cara melamar kerja di KFC secara online tersebut juga bisa diterapkan saat kalian mencari pekerjaan lain di JobStreet ya. Semoga bermanfaat dan segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan! Good luck!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment