header marita’s palace

Lowongan Kerja Medan Untuk Jurusan Elektronika

Konten [Tampil]
lowongan kerja medan untuk jurusan elektronika
Jurusan elektro atau yang juga disebut dengan teknik eletronika adalah sebuah jurusan yang mempelajari cara mendesain dan mengaplikasikan komponen ataupun sistem yang memanfatkan energi listrik, elektronika, dan elektromagnetik.

Jurusan ini mempunyai banyak cabang program studi. Sehingga, lulusan yang dihasilkan juga kian bertambah.

Apalagi, jurusan elektronika tidak hanya ada pada jenjang perkuliahan saja, melainkan di jenjang pendidikan SMK (Sekolah Menegah Kejuruan) juga mempunyai jurusan yang sama.

Atas faktor inilah, persaingan dalam mencari pekerjaan antara lulusan baik itu sarjana dan siswa yang berasal dari jurusan elektronika dapat dibilang hampir setara.

Karena biasa kedua jenjang ini telah memiliki ilmu teori dan praktek yang hampir sama, walaupun pada kenyataannya cakupan ilmu seorang sarjana pasti lebih luas.

Persaingan dalam mencari pekerjaan dari jurusan elektronika ini juga dapat ditemukan di Kota Medan yang merupakan salah satu kota industri di Indonesia.

Oleh karena itu, para pelamar harus mempunyai strategi yang tepat agar dapat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan skill serta ilmunya.

Beberapa Jenis Lowongan Kerja Medan untuk Jurusan Elektronika  

Berikut di bawah ini terdapat ulasan mengenai lowongan pekerjaan Medan yang tepat untuk jurusan elektronika :

Pegawai BUMN

Seorang lulusan dari jurusan elektronika dapat mendaftar menjadi pegawai dari perusahaan BUMN.

Perusahaan yang biasa membuka untuk lulusan jurusan ini adalah PLN yang bergerak di bidang energi. Hal ini dikarenakan lulusan elektronika juga mempelajari ilmu yang berkaitan dengan dunia kelistrikan.

Sehingga dirasa lebih mampu untuk dipercaya menjalankan tugas sebagai teknisi dengan baik. Karena bekerja di BUMN, tentu para calon pegawai harus melewati serangkaian tes.

Nantinya, jika berhasil direkrut biaya yang akan didapatkan berkisar 3-10 juta.

Tenaga Pengajar

Walaupun berlatar belakang jurusan teknik, lulusan jurusan elektronika juga diperbolehkan untuk mendaftar sebagai tenaga pengajar. Baik itu sebagai guru SMA/SMK, maupun sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi.

Biasanya, untuk jurusan elektronika yang menjadi guru akan ditempatkan pada jurusan yang sama, atau bisa juga menjadi guru fisika.

Untuk gaji, seorang lulusan elektronika yang menjadi guru akan diberikan upah sekitar 2-3 juta. Sedangkan pada tenaga pengajar dosen akan mendapatkan gaji sekitar 5-8 juta (belum termasuk tunjangan).

Project Engineer

Pada banyak industri, seorang lulusan jurusan elektronika sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi project engineer. Pada posisi ini nantinya kamu dituntut untuk bisa menggabungkan antara engineer dan manajemen dalam satu proyek.

Tentu ini bukan hal yang mudah dan membutuhkan skill khusus, oleh karena itu untuk profesi ini diberikan gaji yang cukup tinggi. Seorang project engineer rata-rata diberi upah dalam sebulan sekitar 3-5 juta.

Electrical Engineer

Electrical engineer adalah profesi yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan industri di berbagai daerah termasuk di Kota Medan.

Profesi yang satu ini mempunyai banyak sebutan, hal itu karena di beberapa perusahaan tugas dari masing-masing sebutan itu juga berbeda.

Namun, pada intinya seorang electrical engineer bertanggung jawab dan mempunyai tugas dari mulai mendesign alur kelistrikan hingga melakukan maintenance dalam sistem alat-alat perusahaan.

Menjadi seorang electrical engineer dapat memperoleh gaji yang kompetitif, terhitung rata-rata perbulannya sekitar 10 juta.

Software Developer

Menjadi software developer tidak hanya terbatas untuk tamatan informatika saja, lulusan dari elektronika juga bisa mendaftar untuk posisi ini.

Karena pada pendidikannya, jurusan elektronika juga diajarkan tentang mempelajari dan mengelola bahasa pemrograman pada perangkat lunak.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment