Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi, Saatnya Bonding Time dengan Dunia Bunbun

Konten [Tampil]
manfaat membacakan buku untuk bayi
Manfaat membacakan buku untuk bayi sudah kurasakan sejak Kak Ifa, si anak sulung, lahir ke dunia. Kak Ifa sudah kukenalkan pada buku sejak dini. Karena dia, aku juga rajin hunting buku, hingga akhirnya bisa membuat perpustakaan mini di rumah.

Ketika dik Affan lahir, mengenalkan asyiknya kegiatan membaca buku jadi lebih mudah untukku. Pertama, karena koleksi buku yang kami miliki sudah cukup beragam. Berbeda ketika Kak Ifa masih baby, kami masih harus membeli buku-buku untuk bayi dan anak sedikit demi sedikit.

Kedua, Kak Ifa menjadi role model yang istimewa bagi adiknya. Ia sering melihat kakaknya berdekatan dengan buku, entah membaca sendiri, dibacakan olehku atau ayahnya, ataupun sekadar bermain-main dengan buku.
mendekatkan buku pada keseharian anak
Ya, buku di rumahku tak hanya jadi sesuatu yang dibaca. Buku bisa ditumpuk dan dirangkai sedemikian rupa jadi kereta ataupun rumah boneka. Seru kan?

Hal tersebut menjadi pemandangan menarik untuk dik Affan sejak lahir. Sehingga meski intensitas kegiatan membacakan buku untuk Affan jauh lebih sedikit dibandingkan ketika kakaknya masih bayi, buku telah menjadi sesuatu yang istimewa buat dirinya. Bahkan sekarang dia sudah mulai bisa meminta kepadaku untuk membelikan buku yang diinginkannya.

7 Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi

Mengenalkan buku pada anak sejak bayi telah menjadi concern utamaku sebagai seorang ibu. Sebagai orang yang cukup suka membaca, aku tahu betapa pentingnya hobi membaca bagi kehidupan. Buku bisa membawa kita terbang jauh melampaui imajinasi, juga membawakan banyak wawasan-wawasan baru yang akan memperkaya diri.

Mewariskan hobi membaca semacam sebuah kewajiban buatku. Dulu ibu telah mengenalkanku betapa magisnya buku dan kegiatan membaca, hingga aku sering lupa waktu dibuatnya. Kini saatnya aku meneruskan hobi itu kepada anak-anak.

Tak hanya itu, aku juga ingin ambil bagian dalam meningkatkan minat baca di negeri ini. Pada tahun 2016, data yang didapatkan oleh World’s Most Literate Nation menyatakan bahwa Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara. Bahkan urutan minat baca orang Indonesia lebh rendah daripada Thailand dan Malaysia.Menyedihkan banget kan, pals?
bisakan membaca buku sejak bayi?
Selain membelikan buku untuk anak-anak, aku juga aktif berbagi informasi tentang pentingnya kegiatan membaca bagi anak. Sayangnya masih banyak orang tua yang menyepelekan hal ini. Bahkan tak sedikit yang berkata harga buku anak mahal.

Lucunya tak sedikit pula orang tua yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membelikan gadget pada anak. Padahal harga gadget dengan buku mahalan mana hayo? Bahkan asosiasi dokter anak dunia sendiri sudah menyatakan bahwa sebaiknya anak 0 - 2 tahun lebih baik tidak terpapar layar. Daripada mengenalkan layar gadget sejak dini, membaca adalah salah satu cara stimulasi otak anak yang terbaik.

Semakin dini kita mengenalkan buku pada anak, tentu saja manfaatnya akan lebih terasa. Mungkin akan ada pertanyaan, kenapa buku harus dikenalkan sejak bayi, padahal bayi belum bisa membaca? Nah, yuk kita cari tahu apa sih manfaat membaca buku cerita anak dari sejak bayi?

1. Bonding Time antara Anak dan Orang Tua

Bayi yang baru lahir masih beradaptasi dengan dunia luar. Sebelumnya ia merasa nyaman berada di perut ibunya. Ketika ia dibawa keluar dari rahim sang ibu, bayi mendengar suara-suara baru, melihat dengan samar hal-hal baru.

Coba bayangkan jika kita menjadi bayi yang baru lahir, pasti rasanya bingung juga takut. Ia butuh rasa nyaman sehingga tak lagi merasa khawatir berada dalam suasana yang baru. Dengan rajin membacakan buku kepada bayi, bayi perlahan akan mengenal suara ibu dan ayahnya.
membaca buku sebagai sarana bonding
Semakin sering bayi dibacakan buku, semakin sering ia berdekatan dengan kedua orang tuanya. Sambil membacakan buku, kita bisa sembari menggenggam jemarinya yang mungil, juga memberikan respon pada ekspresinya saat dibacakan. Lama-lama ikatan emosional antara bayi dan orang tua akan semakin erat.

Bahkan sampai Kak Ifa sudah SD dan bisa baca sendiri, ia masih suka dibacakan cerita lo. Karena ia tahu momen-momen dibacakan cerita sama ayah bundanya adalah saat-saat yang menyenangkan.

Sekarang lebih ramai lagi, karena dik Affan suka berebut minta dibacain juga. Apalagi kalau mereka tidak seiya sekata. Kak Ifa maunya baca buku A, dik Affan minta buku B. Begitulah keseruan di rumah setiap hari, hehe.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak bayi akan terstimulasi dengan baik jika kita sering membacakan buku untuknya. Kemampuan bahasa bayi juga akan lebih cepat meningkat daripada anak-anak yang tak pernah dikenalkan dengan kegiatan membaca.

Manfaat tersebut bukan sekadar isapan jempol lo, bahkan sudah diteliti dengan khusus dalam riset berjudul Early Reading Matters: Long-term Impacts of Shared Bookreading with Infants and Toddlers on Language and Literacy Outcomes oleh Departemen Pediatri, Fakultas Kedokteran, New York University (NYU).

Bayi yang sudah dikenalkan dengan kegiatan membaca buku akan memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak. Kemampuan membacanya juga akan cepat meningkat hingga empat tahun kemudian, sebelum mereka memulai sekolah dasar.

3. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Siapa sih yang tidak ingin memiliki anak yang cerdas dan disiplin? Nah, ternyata membacakan buku adalah salah satu cara untuk membentuk hal tersebut. Bayi yang dibiasakan terlibat kegiatan membaca akan belajar mengembangkan kemampuan berkonsentrasi. Saat kita membacakan buku pada bayi, ia harus menyimak halaman demi halaman.

Secara tidak langsung bayi juga belajar disiplin dari aktivitas membaca. Ia tahu bahwa tidak boleh terburu-buru membaca halaman selanjutnya, jika belum menyelesaikan membaca di halaman sebelumnya.

Informasi penting terkait hubungan antara membaca dengan kecerdasan dan kedisiplinan tersebut disampaikan oleh Dinah Castro, seorang pendidik di Cornell Cooperative Extension.

4. Membangun Keterampilan Mendengar

Pendengaran bayi 1 bulan sudah cukup baik. Bahkan sejak di dalam kandungan pun, pendengaran adalah salah satu indra yang sudah berfungsi baik. Semakin sering kita mengajak janin mengobrol, semakin aktif juga kan gerakannya?

Begitu juga dengan bayi yang sudah lahir ke dunia. Semakin sering ia mendengarkan suara ayah ibunya membaca, keterampilan mendengarnya akan terstimulasi dengan semakin baik.
manfaat membaca buku sejak bayi

5. Mengenalkan Emosi dan Ekspresi

Kecerdasan sudah seharusnya bersifat holistik. Tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara emosional. Membaca bisa melatih kecerdasan emosi anak sejak bayi.

Kok bisa? Iya dong. Lewat ekspresi yang kita tunjukkan ketika membacakan buku, bayi akan mengenal berbagai macam emosi. Selain itu dari beragam cerita yang kita bacakan pada bayi, ia akan belajar bagaimana menghadapi bermacam-macam kondisi dan bagaimana cara meresponnya dengan emosi yang tepat.

6. Memberikan Informasi tentang Dunia Sekitar

Bayi juga akan mendapatkan pengalaman baru lewat kegiatan membaca bersama ibu dan ayahnya. Dalam prosesnya, ia akan mengenal berbagai macam bentuk, warna, huruf, angka, dan beragam cerita. Hal ini akan mampu menumbuhkan sel-sel di dalam otaknya. Semakin banyak sinapsis otak yang terhubung, semakin cerdas bayi kita.

Tak hanya itu pengalaman tersebut juga akan membuatnya lebih mengenal dunia sekitar. Tentang siapa dirinya, mana ayah ibunya, siapa yang menciptakannya dan banyak lagi pengalaman-pengalaman istimewa lainnya yang akan tercipta.

7. Menumbuhkan Kebiasaan Membaca

Semakin rutin kita mendekatkan anak dengan buku dan kegiatan membaca, anak akan tahu betapa mengasyikkannya hal tersebut. Hingga nanti akan terus terbawa sampai ia tumbuh besar. Saat sekolah, ia tak akan menganggap bahwa buku dan membaca adalah hal yang membosankan. Justru ia akan tahu bahwa buku adalah gudangnya ilmu dan pintu menuju ke mana saja.

Cara Membacakan Buku pada Bayi

Setelah tahu 7 manfaat membacakan buku untuk bayi di atas, apakah teman-teman kongkow semakin semangat atau justru bingung?

Tak sedikit orang tua, khususnya para ibu, yang bilang seperti ini, “Aku sudah berusaha membacakan buku untuk anakku, tapi dia sama sekali tidak tertarik. Gimana dong?” Adakah yang memiliki pengalaman serupa? Jika ada ini tips untuk kalian.
cara membacakan buku untuk bayi

1. Alokasikan Waktu dan Lakukan dengan Rutin

Sebaiknya membaca buku ada waktunya tersendiri, bukan hanya menunggu waktu luang. Misalnya, biasakan anak membaca di pagi hari, menjelang tidur siang dan menjelang tidur malam. Membaca buku di pagi hari bisa menjadi pembuka aktivitas hariannya. Sementara membaca sebelum bayi tidur bisa menjadi proses yang menenangkan. Harapannya bayi akan tidur lebih lelap.

Selain mengalokasikan waktu, hal terpenting lainnya adalah melakukan kegiatan tersebut secara rutin. Hal ini juga sekaligus mengajarkan anak tentang waktu dan kedisiplinan. Ia lama-lama akan hafal kapan jamnya membaca buku.

Affan sudah hafal, setiap jam bobo malam datang. Ia langsung membawa beberapa buku ke dalam kamar dan minta dibacakan. “Mau yang ini, terus ini sama ini ya, Bun.”

Oya, kalau awalnya anak belum merespon dengan baik, jangan langsung menyerah, pals. Namanya juga tahap mengenalkan, harus dilakukan beberapa kali hingga anak menemukan keasyikan tersendiri.

2. Letakkan Buku Menghadap Bayi

Letakkan sisi yang dibaca menghadap bayi, sehingga bayi bisa melihat isi bukunya. Hal ini akan menstimulasi otak anak dengan optimal. Jadi, saat kita membaca buku, bayi jangan dilihatkan sisi sampulnya saja ya, pals.

3. Read Aloud

Membaca dengan metode read aloud juga akan membantu anak mengembangkan lebih banyak kosa kata dan belajar tentang susunan bahasa. Kedua hal tersebut adalah dasar untuk belajar skill membaca. Selain itu gunakan bermacam-macam ekspresi dan suara saat membaca. Hal ini akan membuat anak lebih konsentrasi dan tidak lekas bosan.

4. Biarkan Bayi Memegang Buku

Selain menghadapkan sisi buku yang dibaca ke arah bayi, biarkan bayi memegang buku dan mengeksplornya. Proses memegang ini juga salah satu cara belajar dan stimulasi otak lo. Bayi akan mengenal beragam tekstur. Selain itu ia juga bisa belajar bagaimana cara memegang buku dengan bahan yang berbeda.

5. Fokus, Jangan Disambi

Saat membaca buku untuk anak, orang tua harus fokus. Jangan disambi dengan membalas chat Whatsapp. TV dan suara lain yang bisa mengganggu, sebaiknya dimatikan terlebih dahulu. Hal ini agar anak fokus pada buku yang sedang dibaca.

Jangan lupa untuk memberikan respon saat bayi mengeluarkan ekspresi-ekspresi tertentu ketika kita sedang membaca. Respon kita sangat berarti lo untuk baby.

6. Jaga Kebersihan Buku

Anak bayi kan masih suka mengemut segala barang yang dipegangnya. Maka hal yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan buku.

7. Jadilah Role Model

At last but not least, banyak orang tua berpikir bahwa membacakan buku saja sudah cukup. Hoho, tentu tidak. Selain rutin membacakan buku, kita juga harus bisa memberikan teladan kepada anak. Masa anaknya diminta baca buku, sementara mereka tak pernah sekalipun melihat kita membaca?

Nanti saat bayi sudah bisa ngomong, proteslah dia, “Kenapa aku harus baca buku, bunda aja nggak pernah baca buku.” Hehe, nggak mau kan diprotes demikian?

Tips Memilih Buku Cerita untuk Bayi

Sebenarnya masih ada satu tips lagi terkait cara membaca buku untuk bayi, yaitu memilih buku yang tepat sesuai usia. Namun dikarenakan ada beberapa hal yang harus diketahui, aku menuliskan poin ini dalam bagian tersendiri.

Memang apa saja sih pertimbangan dalam memilih buku untuk bayi? Check these out!
tips memilih buku untuk bayi

1. Jenis Buku

Buku bayi baru lahir tentu saja berbeda dengan buku untuk bayi usia 6 bulan ke atas dan balita. Oleh karenanya banyak ahli yang menyarankan agar membeli buku jenis soft book, buku bantal atau buku-buku yang berbahan kain.

Buku jenis board book juga aman untuk bayi, asal pilih yang ukurannya tidak terlalu besar dan ujungnya tumpul. Board book juga bisa awet hingga bertahun-tahun ke depan asal dirawat dengan baik.

2. Warna

Untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya pilih buku yang memiliki warna-warna kontras. Penglihatan bayi masih samar-samar, dengan memilih warna yang kontras, bayi akan lebih menangkap isi buku dengan lebih baik.

3. Pelajari Kontennya

Jangan lupa sebelum membeli buku, cek dulu isi bacaannya. Apakah aman untuk dibacakan ke anak. Sebaiknya untuk bayi, pilih buku dengan gambar-gambar yang besar dengan kalimat yang tak terlalu banyak.

4. Harga

Masalah harga ini relatif ya, pals. Ada beberapa buku yang dibanderol dengan harga cukup tinggi, tapi laris manis di pasaran karena memang terkenal awet. Nah, buat teman-teman kongkow yang butuh rekomendasi buku dengan harga terjangkau. Lanjutin bacanya ya.

Review Buku Cerita Anak Dunia Bunbun

Ada yang mengenal Watiek Ideo? Kali ini aku akan merekomendasikan salah satu buku karyanya. Buat teman-teman kongkow yang sudah sering membelikan buku untuk anak, nama beliau pasti sudah tidak asing.

Penulis buku anak yang telah menghasilkan ratusan karya ini sangat produktif. Bahkan saat pandemi mulai menghantam bumi, mbak Watiek langsung gercep bikin buku-buku sederhana untuk mengenalkan tentang corona dan protokol kesehatan kepada anak. Buku-buku ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan versi e-booknya bisa didapat dengan cuma-cuma.

Watiek Ideo memiliki nama asli Solikhatul Fatonah Kurniawati. Penulis yang merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga ini lahir di Lumajang, 29 April 1982. Beliau sudah suka menulis sejak anak-anak.

Ketika ia melahirkan putri pertamanya, kecintaannya pada buku anak semakin besar. Satu demi satu buku anak pun lahir dari tangannya. Salah satu yang terkenal adalah Kisah Kota Kita dan Aku Anak Berani. Dua buku ini sudah ada di perpustakaan keluarga kami, lo.
buku cerita anak Dunia Bunbun Watiek Iedo
Selain produktif menulis, mbak Watiek Ideo juga mengadakan berbagai pelatihan menulis untuk anak. Tak berhenti di situ, beliau juga mengembangkan Kelas Impian, di dalamnya ada banyak kegiatan positif. Anak-anak bisa mengenal berbagai macam permainan tradisional, juga mengenal aneka profesi langsung dari narasumbernya.

Sebagai kelanjutan dari buku Kisah Kota Kita, mbak Watiek juga menggelar pertunjukan Wayang Kota di berbagai tempat. Pertunjukan ini langsung dimainkan oleh anak-anak di rumah baca.

Luar biasa memang portfolio yang dimiliki oleh mbak Watiek. Buku-buku yang dibuatnya selalu memiliki kekhasan tersendiri, yaitu bahasanya yang sederhana dan gambar-gambarnya yang menarik. Buat teman-teman kongkow yang baru mau mulai mengenalkan buku ke anak, aku akan rekomendasikan buku terbaru dari Watiek Iedo. Judulnya yaitu Buku Cerita Anak Dunia Bunbun. Buku ini terdiri dari dua seri, yaitu Seri Kebiasaan Baik dan Seri Bermain Aman.

Buku ini mengangkat tokoh bernama Bunbun. Dengan cerita yang mudah dipahami serta gambar yang menarik, anak-anak pasti akan jatuh cinta dengan dua buku ini. Seri Kebiasaan Baik mengangkat cerita tentang Ayo, Rapikan Mainanmu. Sementara Seri Bermain Aman mengangkat tema tentang Bermain Bersama.

Ilustrasi dari buku ini dibuat dengan apik oleh Diva Stefina. Warna-warnanya dipilih sedemikian rupa agar anak tak bosan dengan isi bukunya. Tak hanya itu, buku ini juga akan mengajarkan si kecil nilai-nilai baik sedari dini. Oya, agar kegiatan membaca lebih asyik, buku Dunia Bunbun ini disertai dengan bonus stiker lucu. Stiker ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas anak.

Selain Bunbun, ada beberapa karakter lainnya di buku ini. Anak bisa belajar tentang perbedaan karakter dan jenis-jenis benda yang diceritakan. Hmm, kira-kira pengalaman menarik apa ya yang akan didapatkan anak bersama Bunbun?
bonding time seru asyik dengan Dunia Bunbun
Aku terbantu sekali dengan buku Dunia Bunbun yang berjudul Ayo, Rapikan Mainanmu. Affan tuh punya hobi menyebarkan mainannya ke seluruh penjuru rumah. Lalu kalau sudah selesai mainan dan diminta merapikan mainannya, ia langsung punya segudang alasan untuk menghindari tugas tersebut. “Duh, aku capek nih…” Lalu dia pura-pura lemas. Tak jarang ia langsung ke kamar dan rebahan.

Nah, sejak aku ceritakan si Bunbun yang suka merapikan mainan. Affan langsung terinspirasi dan nggak lagi menolak kalau diajak beberes legonya yang berceceran di mana-mana.

Buku ini cocok dibacakan pada bayi berusia 6 bulan ke atas. Namun akan lebih baik juga jika dibacakan sejak janin masih ada dalam kandungan lo. Jadi nanti saat baby lahir, dia lebih cepat mengenal si Bunbun dan teman-temannya, hehe. Karena bukan termasuk jenis board book, jika diberikan pada bayi di bawah 6 bulan, tentu harus didampingi ya, pals.

Wah, sudah penasaran sama harganya ya? Oke deh, sini aku bisikin. Kedua seri buku ini bisa didapatkan dalam paket seharga Rp 89.000,-. Tuh kan terjangkau banget?

Ssst, kalian juga bisa dapatkan buku ini secara gratis lo! Mau? Caranya gampang kok, cukup dengan membeli Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit. 100 pembeli pertama bisa mendapat salah satu bukunya dengan gratis. Wow, menarik!

Jika teman-teman kongkow ingin membaca informasi lebih lengkap mengenai manfaat membaca buku untuk bayi, bisa cari tahu di Dunia Bunbun Mama’s Choice.


Tentang Irish Bella’s Baby Essential Kit

Sekalian saja biar teman-teman kongkow nggak penasaran, aku mau mengenalkan sedikit tentang Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit. Sejak Juni 2021 lalu, Irish Bella resmi menjadi CMO (Chief of Mama Officer)-nya Mama’s Choice. Sebagai CMO, Irish memiliki peran sebagai jembatan penghubung antara aspirasi dan kebutuhan para ibu muda dengan inovasi yang ditawarkan dari Mama’s Choice.

Dari situ lahirlah paket istimewa bernama Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit ini, pals. Berisi perawatan lengkap dari kuman, ruam dan kolik. Kalau sudah punya paket ini di rumah, para ibu bisa #KurangiWorry karena bayi akan lebih tenang dan nyaman.

Lewat paket bundling ini, Irish Bella dan Mama’s Choice mengangkat tema #TenangkanMama. Hal ini terlihat dari 3 produk yang ada dalam paketnya yaitu;
  • 1 pcs Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash
  • 1 pcs Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil
  • 1 pcs Mama’s Choice Baby Rash Cream
Mama's Choice Irish Bella's Baby Essential Kit
Dengan tiga produk tersebut, para ibu bisa memandikan bayi dengan Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash dengan Natural Bubble-Rich yang aman. Lalu sebelum memakai baju, lakukan pijat ILU dengan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil. Tahap selanjutnya, oleskan Mama’s Choice Baby Rash Cream sebelum memakai popok untuk menghindarkan bayi dari ruam yang bisa membuat tidak nyaman. Atau jika bayi sedang mengalami ruam, oleskan pada area yang ruam.

Setelah bayi mendapatkan sentuhan dari tiga produk Mama’s Choice tersebut, bayi akan merasa lebih tenang dan nyaman. Jika bayi tenang dan nyaman, tentu ibunya juga merasa hal yang sama kan?

Produk-produk Mama’s Choice sudah terbukti kualitasnya. Meski termasuk brand baru, tetapi tak sedikit yang mengacungkan jempol pada Mama’s Choice. Lalu kenapa sih kita perlu memilih Irish Bella’s Baby Essential Kit?
  • Pertama, harganya jauh lebih hemat. Daripada beli satuan, membelinya dalam bentuk paket bisa menghemat banyak lo. Apalagi masih dapat hadiah 1 buku cerita anak Dunia Bunbun. Tumpah-tumpah deh hematnya.
  • Kedua, produk-produk ini praktis saat dibawa bepergian.
  • Ketiga, wanginya lembut karena tidak mengandung tambahan parfum
  • Keempat, kita bisa lebih tenang karena produk ini terbuat dari bahan-bahan alami dan natural. Biasanya nih sabun dan sampo bayi memiliki kandungan Sulfate (SLS/SLES) yang bisa menyebabkan alergi, iritasi, dan kemerahan pada kulit bayi yang sensitif. Namun Mama’s Choice berbeda. Semua produknya bebas dari toksin dan aman untuk kulit sensitif.
Mau tahu apa saja kandungan yang ada dalam produk Mama’s Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit?
  • Nutmeg Oil berfungsi untuk meredakan gangguan pencernaan, kram perut, atau nyeri pada bayi.
  • Lavender Oil untuk membantu menenangkan bayi yang menangis, dan mengurangi gejala kolik.
  • Chamomile Oil, dapat memberikan relaksasi, dan membuat bayi tidur lebih tenang.
  • Centella Asiatica mampu meredakan ruam dan kemerahan pada kulit sensitif bayi.
  • Rosemary Extract sebagai antibakterial alami yang efektif melawan kuman dan bakteri.
  • Sweet Almond memberikan nutrisi pada kulit bayi dan melembabkannya.
  • Chamomile Extract, berperan untuk melindungi kulit bayi yang sensitif dari iritasi dan alergi.
  • Sugar Maple Extract, memberikan kelembaban dan menjaga elastisitas kulit.
  • Lavender Extract menghadirkan aroma alami yang menenangkan dan mengharumkan ruangan sepanjang hari.
Kandungannya beneran nggak kaleng-kaleng ya? Aku sudah membayangkan sih betapa nyamannya para bayi yang dirawat dengan produk-produk istimewa ini. Pasti tenang, nyaman dan bahagia. Apalagi kalau ditunjang dengan bonding time lewat kegiatan membaca buku Dunia Bunbun. Kehangatan dan ikatan yang kuat akan hadir di dalam keluarga, sehingga anak lebih tenang dan aman meski di rumah saja.
Produk Mama's Choice dan manfaatnya
Untuk info produk lainnya dari Mama’s Choice, kunjungi websitenya di https://mamaschoice.id/ dan Instagram officialnya @mamaschoiceid.

So, jangan sia-siakan kesempatan ini, pals! Kapan lagi nih bisa beli produk untuk bayi yang berkualitas oke, masih dapat hadiah buku cerita yang menarik pula? Bisa untuk diri sendiri, ataupun dijadikan hampers untuk teman atau saudara yang baru saja melahirkan. Buat teman-teman kongkow yang sudah nggak sabar untuk membeli paket istimewa ini, dapatkan Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit lebih hemat di sini!

Setelah paket Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit sampai ke rumah, jangan lupa langsung ceritakan Dunia Bunbun dan segera rasakan manfaat membacakan buku untuk bayi. Selamat menciptakan bonding time dengan bayi dan anak-anak, have fun!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

47 comments

  1. Wah baru tahu manfaatnya, apalagi buat bayi ini bisa membantu stimulasi berbicaca, tapi jarang membacakan buku untuk si kecil karena lelah dan tidak sempat :)

    ReplyDelete
  2. Dibacakan dongeng sebelum tidur menjadi hal yang dinantikan anak apalagi pas orang tua seharian kerja pasti mereka gak sabar

    ReplyDelete
  3. Kebiasaan ini sudah ada sejak zaman nenek moyang, ya, setiap anak mau tidur dibacakan dongeng apalagi nyoba sendiri ngelakuin itu seneng banget

    ReplyDelete
  4. Tidak diragukan memang manfaat membaca yang luar biasa terutama bagi lansia bisa membantu konsentrasi dan mencegah pikun katanya, sebab mampu meningkatkan kinerja otak

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran juga sama bukunya. Anak-anak pasti suka nih. Btw anakku juga pakai produknya mamaschoice.

    ReplyDelete
  6. Cocok nie, anakku juga lagi demen banget minta bacain buku. Dan baca prilaku dik Affan, aku kok kayak mirroring anak sendiri sih. Kayaknya beli mama's choice Irish Bella’s Baby Essential kit biar manfaatnya dobel nih.

    ReplyDelete
  7. Wah boleh juga nih bukunya. Buku bayi bisa buat kado juga ya kak

    ReplyDelete
  8. Kyaaa jaman Affan kecil menggemaskan ya, udah suka buku dari kecil karena sering dibacaain pas bayi. Mau gini juga ah tar kalau hamil hehehe soalnya emaknya juga suka membaca. Buku mba Watiek emang keren banget bun, aku juga sering baca via gramedia digital, biasanya beliau kolab ama mba Nindia Maya.

    ReplyDelete
  9. Wah jadi mupeng sama bukunya huhuhu.

    Emang betul, daya tarik buku bagi anak usia dini adalah gambar yg memikat hati.

    Tapi aku juga suka sih hehehe dasar orang visual hihihi.

    Packagingnya unik ya mbak..
    Agak gede jadi keliatan wah..
    Buat kado bisa banget ini.

    Mama choice ini dipakai beberapa temanku juga. Meski aku sendiri blum pernah nyoba tapi pengen juga sih..
    Mengingat masih punha baby jiga biar #tenangkanmama nya kerasa di aku juga 😀

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, kegiatan membaca msh jadi favorit sama si kecil ;) keren yaa Mama Choice kini makin lengkap produknya ;) Jd gak bingung lg dari bumil busui sama ke baby dan anak-anak sekarang semua aman dan nyaman ;)

    ReplyDelete
  11. senengnya udah baca baca dari kecil
    aku dulu juga terbiasa baca dari kecil mbak, jadinya sampe sekarang ya demen baca. cuman kadang kalau baca buku novel udah ga sebebas dulu lagi waktunya

    ReplyDelete
  12. Waah ternyata dengan membacakan buku pada bayi memiliki manfaat yg banyak ya mbak. Bayi lebih peka dan terbiasa dengan buku. Kelak nanti sudah bisa membaca pun akan terbiasa membaca buku sebagai hobinya

    ReplyDelete
  13. ... daaan masih banyak orangtua yang beranggapan bahwa bayi masih engga butuh buku karena usianya masih terlalu kecil.
    Hatiku langsung mak kratak..kratak.. dengernya.

    ReplyDelete
  14. Sepakat deh Mba. Menularkan kebiasaan membaca buku itu perlu dimulai mumpung usia anak masih kecil.

    Wah Mama's Choice ngasih bundling produk berhadiah bukunya Mbak Watiek Ideo? Beneran nih? Mauuuuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiii bikin mupeng nih ya paketnya Mama’s Choice ini jadi pengen punyaa juga biar makin lengkap koleksi buku si kecil nih hehee

      Delete
  15. Saya yang sempat kek gini hanya sama sulung mbak, dan diapun kini yang paling senang baca. Dulu suka minta dibeliin buku. Kalau anak ke dua sekarang dah SMP, tak anjurin ikut eskul jurnalistik, biar kek emaknya bisa ngeblog. btw mbak watiek edo emang panutan buat para penulis buku anak-anak ya. Bukunya ddah banyak banget.

    ReplyDelete
  16. Aku nih yg belum telaten bacain buku buat anak. Hrs diperbaiki lg nih biar anak2 bisa lebih suka baca. Btw, baru tahu nih beli produk Mama's Choice dpt hadiah buku. Berarti mama"s Choice emang peduli nih sama tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  17. Anakq juga aq pakein produk dari mama's choice ini mbak, emang produknya bagus banget dan recomended

    ReplyDelete
  18. membacakan bayi buku juga punya banyak manfaat ya mbak
    nggak hanya bonding aja, tapi baik untuk tumbuh kembang anak
    asik ya bisa dapat hadiah buku dari Mama's Choice

    ReplyDelete
  19. Penasaran deh mba sama bukunyaa hihi..
    ISya juga suka bangett dibacain buku meskipun sampe berbusa2 aku ayo ajaa sih wkwk.
    Btw mamas choice sekarang kerenn bisa merambah ke buku anak jugaa

    ReplyDelete
  20. Oh jadi itu paketnya Irish bella ya mbak. Produknya mewakili mamah muda banget yaa..


    Aku ngebayangin tiap malam rumah mba Karina rame nih. Anak anak pada minta didongeng, rebutan buku, dll. seru ya

    ReplyDelete
  21. Baca ini jadi sambil belajar. Nanti kalau sudah nikah dan punya baby, diajak baca Dunia Bunbun juga sambil pake Mamas Choice

    ReplyDelete
  22. bisa menjadi salah satu list kegiatan untuk mengisi waktu bersama anak yaa

    ReplyDelete
  23. Yang penting jauhkan gadget ambil buku dan nikmati kebersamaan dengan si kecil larut dalam cerita cerita berkualitas. Setuju deh

    ReplyDelete
  24. Bukunya bagus ya, apalagi pas diceritain Affan suka kepo. Lucu banget

    ReplyDelete
  25. Wow artikelnya panjang banget tapi saya baca sampai selesai. Poin-poin penting dikemas menarik bikin ga bisen bacanya.

    Saya termasuk orang tua yang suka banget jajan buku anak. Sepakat kalau kecintaan pada buku ini seharusnya diwariskan pada anak. Seperti orang tua kita dahulu yang mengenalkan betapa banyak hal yang bisa di peroleh lewat baca buku.

    ReplyDelete
  26. wah hebatan nih udah rajin baca buku aja. jadi malu nih yang gede males banget ngabisin buku, padshal koleksi nambah mulu ��

    ReplyDelete
  27. Manfaat membacakan buku untuk bayi ini memang banyak banget ya. Tentunya dengan pilihan buku yang tepat seperti Dunia Bunbun ini.

    Oh ya Mama's Choice keluarin produk baru lagi ya? Selalu suka nih denga produknya yang aman dan nyaman untuk Mama dan si kecil. Tidak heran kalau produk2 dari Mama's Choice ini bisa jadi pilihan terbaik mama dan buah hati

    ReplyDelete
  28. Aku salfok lihat kumpulan buku2nya mba Marita, kayak surga buku banget yaa...^^
    btw aku kagum sama improvementnya mamachoice...selain bisa untuk diri sendiri cocok juga buat kado ini mba :)

    ReplyDelete
  29. Dulu anak pertama dikenalin buku waktu umur dua tahun. Alhamdulillah sekarang jadi seneng baca dia. Saingan beli buku malahan sebelum covid dateng.

    ReplyDelete
  30. Hwah ternyata banyak banget manfaat membacakan buku untuk bayi ya, bertambah lengkap dengan perawatan dari mamahchoice, makin seneng deh anak-anak

    ReplyDelete
  31. Membacakan buku pada anak, itu hal romantis dan so sweet sih menurut ku. Ternyata selain karena romantis, aku baru tahu begitu banyak manfaat yg di dapatkan.

    ReplyDelete
  32. Kalau blogger pada umumnya seperti saya, artikel ini bisa dibreakdown jadi tiga... hahahaha
    Saking seringnya kekurangan ide 😅

    ReplyDelete
  33. Setuju banget bunda. Membacakan buku ke anak sudah bisa dimulai sejak bayi dan manfaatnya pun banyak banget. Saya pun sudah merasakan manfaatnya secara langsung

    ReplyDelete
  34. Jika sejak kecil mengenal buku dan bermakna maka besarnya akan cinta buku. Anak-anakku pada gila baca buku sampai kewalahan beli buku

    ReplyDelete
  35. Ponaanku dilihatin buku bergambar plus penuh warna-warni aja uda senang.
    Dulu awal2 ngenalinnya yaa main tebak2an dulu, baru pelan-pelan pas mood nya uda oke untuk dibacain cerita baru dehh kenalin sama dunia baca. Alhamdulillah, sampe sekarang uda mulai nagih sama bacaan apapun asal ada gambarnya.

    ReplyDelete
  36. Aku baru tau tentang buku dunia bunbun. Bisa jadi pilihan untuk ngenalin buku ke ponakan. Karena kebanyakan buku anak-anak yang aku tau bahasa inggris..

    ReplyDelete
  37. ulasan manfaat membacakan buku untuk bayi yang sungguh lengkap. Aku mupeng lihat Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit yang sungguh unyuuu
    Beneran , memakai produk bagus ini plus bercerita pada bayi tentang Dunia Bunbun dan buku lainnya akan menciptakan bonding time dengan bayi dan anak-anak kita. Semua jadi nyaman dan happy!

    ReplyDelete
  38. Seneng banget ya kl anak-anak cinta membaca seperti ini ya Mbak. Trus suami juga kolab untuk membacakan buku ke anak, wih keren dehh... buku cerita bunbun emang oke ya

    ReplyDelete
  39. Keren banget kak marita,, tapi kalo anaknya udah bisa baca kayaknya gak usah lagi dibacain, soalnya jika diabaca sendiri dia pasti lebih bisa nangkep isi buku itu... Semacam kalo bisa makan sendiri knp harus disuapin kan?

    ReplyDelete
  40. Saya juga yang termasuk rajin membeli dan membacakan buku untuk anak.
    kadang pas saya lagi sibuk sama urusan rumah tangga, si kecil ambil bukunya sendiri yang dia suka, terus dia baca sendiri pake bahasa dan kata kata sendiri

    ReplyDelete
  41. Membacakan buku sejak dini dapat menjadi pembelajaran yang sangat baik untuk bayi sehingga ketika berambah usianya jadi terbiasa untuk memegang buku dan membacanya

    ReplyDelete
  42. membacakan cerita untuk anak bayi memang bagus ya untuk menstimulasi perkembangan otaknya, dan adanya Bunbun ini pastinya sangat membantu ya

    ReplyDelete
  43. Yeayyy asyik banget. Cukup beli Mama’s Choice Irish Bella Baby Essential Kit udah bisa dapet buku secara percuma. Waaaah ini harus cepat nih. Biar gak kehabisan

    ReplyDelete
  44. Isya juga sukaaaa bangett sama duniabunbun ini mbaa apalagi ada stikernyaa. Wah langsung deh sama dia dibuat mainann <3

    ReplyDelete
  45. Sejak bayi memang harus dibiasakan membaca buku ya mba. Karena nanti anak akan terbiasa untuk suka membaca

    ReplyDelete
  46. Banyak juga ya manfaat membacakan buku kepada anak ya. Aku masih dikit eh interaksi membacakan buku kepada anak. Masih banyak main HPnya eh. Semoga bisa dicoba dikit-dikit deh.

    ReplyDelete

Post a Comment