header marita’s palace

Cari Dokter Mata Semarang Timur Terbaik? Di Sini Tempatnya!

1 comment
Konten [Tampil]
dokter mata semarang timur terbaik
Siapa nih yang sedang cari-cari info tentang dokter mata Semarang Timur? Sebagai pengguna kacamata sejak kelas 1 SD, dokter mata adalah tenaga medis yang paling sering aku temui. Meski nggak saben tahun sih. Baru setelah menikah sama mas suami, aku sering diajak rutin per dua tahun sekali untuk periksa mata. Sebelumnya kalau kacamata belum rusak, ya nggak ganti, wkwk.

Nah, kali ini aku mau berbagi informasi tentang daftar dokter mata Semarang Timur terbaik. Namun sebelumnya kita cari tahu dulu yuk sebenarnya dokter spesialis mata itu ada jenis-jenisnya nggak sih.

Jenis-Jenis Dokter Mata

Zaman masih sekolah dulu, kalau belajar kota kasa dalam topik rumah sakit, aku masih ingat sekali bahwa dokter mata disebut sebagai Ophthalmologist dalam bahasa Inggris. Tapi ada juga yang bilang katanya Optician. Hmm, yang benar mana ya?

Dari hasil baca sana sini, aku baru tahu kalau ternyata dokter mata dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
  • Ophthalmologist - Dokter medis spesialis mata yang memiliki izin untuk praktek kedokteran, meliputi mendiagnosis dan mengobati berbagai kondisi kesehatan mata, termasuk melakukan bedah mata. Untuk mencapai gelar ini, setelah lulus menjadi dokter umum dan ambil spesialis mata, setidaknya harus mengikuti pelatihan medis tambahan selama delapan tahun. Wah lama ya?
  • Optometrist - Dokter spesialis mata yang mendapatkan izin untuk merawat penglihatan primer, melakukan tes penglihatan dan koreksi, hingga memberikan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Biasanya mendapat gelar doktor optometry (OD). Untuk mendapat gelar ini, harus lulus kedokteran umum, lanjut sekolah spesialis mata, setelahnya disempurnakan dengan sekolah optometri selama 4 tahun.
La kalau optician apa? Ternyata istilah optician tidak merujuk pada dokter mata. Namun merujuk pada ahli kacamata yang bisa memilihkan ukuran lensa paling tepat untuk para pengguna kacamata. Biasanya bekerja di optik.

Setelah tahu apa saja perbedaan istilah yang berhubungan dengan dokter mata yuk saatnya kita cari tahu dokter mata terbaik di Semarang, khususnya di wilayah Semarang Timur.

Daftar Dokter Mata Semarang Timur

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, nggak heran kalau ada banyak dokter Spesialis Mata Semarang. Meski lahir dan sudah jadi penduduk ber-KTP Semarang sejak belasan tahun lalu, sejujurnya aku nggak terlalu hafal perbedaan wilayah mana yang Semarang Timur, Barat, Tengah, dan Selatan. Jadi kalau ada salah-salah memasukkan wilayahnya, mohon dimaafkan yaaks.

1. KMN Eye Care Semarang

KMN EyeCare Semarang adalah sebuah klinik pengobatan mata terbaik yang ada di Semarang. KMN Eye Care Semarang ini sudah punya banyak cabang di beberapa kota Indonesia. Di Semarang, klinik mata yang menawarkan perawatan berkualitas terbaik untuk retina, katarak, glaukoma, mata juling dan oftalmologi Umum ini terletak di Jl. Ahmad Yani No. 164, Semarang 50136.

Untuk menanyakan jadwal praktek dokter atau informasi lebih lanjut, bisa hubungi nomor 024 864 566 88 atau layanan email di customer@KMNeyecare.com.

Beberapa dokter spesialis mata yang praktek di KMN EyeCare Semarang yaitu:
dokter mata kmn eyecare semarang
  • Dr. Arief Wildan, SpM - bergabung pada tahun 2010 dan menyelesaikan fellowship di bidang bedah vitreoretina di Thailand pada tahun 2012-2013. Praktik setiap hari Selasa, Rabu dan Jumat, pada 18.30 - 20.00.
  • Dr. Danang Dwinaryono, SpM - bergabung dengan KMN EyeCare setelah menyelesaikan program pendidikan dokter spesialis mata di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada tahun 2013. Praktik setiap hari Senin - Sabtu, dan melayani konsultasi online juga lo. Untuk jadwalnya bisa cek di situs klinikmatanusantara.com ya, pals.
  • Dr. Henry Warouw, SpM - bergabung dengan KMN EyeCare di Semarang setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada tahun 2010. Praktik setiap Senin - Sabtu.

2. Klinik Mata Majapahit

Jika teman-teman kongkow ingin mencari dokter mata Semarang Timur lainnya, bisa coba ke Klinik Mata Majapahit, yang terletak pada JL. Majapahit, No. 436, Palebon Pedurungan, Semarang. Sayang sekali aku nggak menemukan siapa saja nama-nama dokter yang praktek di sini, cuzz bisa hubungi langsung aja kliniknya di +62 24 6723668.

3. Klinik PHC Pedurungan

Klinik mata yang ada di Semarang Timur lainnya yaitu Klinik PHC Pedurungan. Sebenarnya ini bukan khusus klinik mata sih, tapi klinik umum yang salah satu pelayanannya yaitu dokter mata. Sama halnya dengan Klinik Mata Majapahit, aku nggak mendapat info lengkap tentang siapa saja dokter yang praktek di situ.

Maka, buat teman-teman kongkow yang mau cari tahu dokter matanya siapa saja, bisa langsung mlipir ke Jl. Wolter Monginsidi, Pedurungan Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192. Atau bisa telepon dulu ke (024) 6714465.

4. dr. Santi Wuriyani, Sp.M

Seorang Dokter Mata yang telah menyelesaikan pendidikan Spesialis Mata di Universitas Diponegoro ini praktek di RS Panti Wilasa Dokter Cipto dan RS Panti Wilasa Citarum. Untuk informasi waktu prakteknya di RS Panti Wilasa Citarum, bisa hubungi (024) 3542224.

Jasa konsultasi yang diberikan menurut situs Alodokter berkisar Rp75.000. Namun untuk pastinya bisa cek ke rumah sakitnya aja ya, pals.

dr. Santi sudah terlisensi izinnya. Beliau juga tercatat dalam Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).

5. dr. Magdalena Yoki Y S, Sp.M

Dokter Mata Semarang Timur selanjutnya yaitu dr. Magdalena Yoki Y. S., Sp.M. Sama dengan dr. Santi, dr. Magdalena juga anggota dari PERDAMI. Mendapatkan gelar Spesialis Mata dari Universitas Padjadjaran, Bandung.

Untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi mata dengan beliau, bisa datang ke RS Panti Wilasa Citarum. Biaya konsultasinya mulai dari Rp75.000.
dokter spesialis mata terbaik semarang

6. dr. Inga Mulyani Dewi Santoso, Sp.M

dr. Inga Mulyani Dewi Santoso, Sp.M adalah seorang Dokter Mata yang saat ini berpraktik di Columbia Asia Hospital Semarang dan RS Panti Wilasa Citarum. Lulus pendidikan Spesialis Mata di Universitas Sam Ratulangi dan saat ini tergabung dalam PERDAMI. Biaya konsultasi mulai dari Rp75.000.

7. dr. Samuel Lukito, Sp.M

Beliau merupakan seorang Dokter Spesialis Mata yag mendapatkan gelarnya dari Universitas Sam Ratulangi, Sulawesi Utara. Saat ini tercatat sebagai anggota PERDAMI. Untuk mendapatkan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan mata, bisa datang ke RS Panti Wilasa Citarum dan RS Telogorejo. Biayanya mulai dari Rp75.000.

8. Dr. dr. A. Kentar Arimadyo Sulakso, Sp.M(K), M.Si.Med

Tak hanya memberikan perawatan kesehatan mata, dr. Kentar juga adalah seorang dokter spesialis mata konsultan. Beliau bisa memberikan banyak pencerahan terkait kesehatan mata kita. Saat ini beliau bisa ditemui di RSUP Dr. Kariadi di Semarang, RS Panti Wilasa Citarum di Semarang, dan Candi Eye Center di Semarang.

9. Candi Eye Center Semarang

Selain Klinik Mata Nusantara, di Semarang juga telah berdiri Candi Eye Center yang merupakan bagian dari JEC. Layanan di klinik mata ini sangat lengkap, dari katarak, glaukoma, lasik, bahkan pediatric ophthalmology pun ada lo. Siapa sajakah dokter yang ada di sini? Cuzz tengok infografis di bawah aja ya.
dokter mata terbaik semarang candi eye center

10. BKIM 

Singkatan dari Balai Kesehatan Indra Masyarakat. Merupakan balai kesehatan milik provinsi Jawa Tengah yang bertempat di Jl. KH. Ahmad Dahlan Nomor 39 Semarang 50136. Untuk tanya-tanya informasi bisa ke (024) 8413482.

Tidak hanya melayani pemeriksaan mata primer, BKIM juga melayani pelayanan kesehatan indera lainnya, seperti THT, mulut dan kelamin. 

Demikianlah informasi mengenai dokter mata Semarang Timur yang bisa aku bagikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan mata ya, pals. Berkacamata tebal itu nggak enak, kalian pasti nggak kuat, biar aku aja, wkwk. 
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Terima kasih lagi untuk infonya, kalau ini penting banget dan sering dicari apalagi sulit di sini ditemukan dokter mata. :)

    ReplyDelete

Post a Comment