header marita’s palace

Jasa Borong Bangunan Semarang: Pengertian dan Rekomendasi

Konten [Tampil]
jasa borong bangunan semarang
Jasa borong bangunan Semarang banyak orang mengira sama dengan jasa kontraktor Semarang. Ternyata ada perbedaan yang mendasar pada keduanya. Kontraktor adalah jasa profesional yang berbadan hukum. Untuk bekerjasama dengannya dibutuhkan kontrak tertulis.

Sedangkan jasa pemborong biasanya hanya melakukan perjanjian lisan. Pemborong juga biasanya dijalankan secara perorangan dan tidak berbadan hukum. Mana yang lebih baik? Tentu keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Teman kongkow bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Kelebihan Menggunakan Jasa Borong Bangunan

Kebetulan aku sedang dalam proses renovasi rumah, lebih tepatnya mengganti atap yang ambrol karena rayap. Dikarenakan aku dan suami nggak begitu paham tentang printilan renovasi rumah, kami lebih sreg untuk menggunakan jasa pemborong. Menurutku ada beberapa keuntungan menggunakan jasa borong bangunan, yaitu:
  • Semua urusan renovasi rumah akan diurus oleh pemborong, mulai dari memilih dan membeli material, membayar upah tukang, urusan makan dan minum tukang, serta kebutuhan lainnya.
  • Di awal biasanya pemborong memberikan rincian anggaran, yang berisi harga material dan biaya tukang. Hal ini membantu untuk memprediksi budget yang akan dikeluarkan. Jika rincian biaya terlalu besar dibanding budget yang dimiliki, kita bisa berkonsultasi dengan pemborong baiknya seperti apa.
  • Jasa borong bangunan biasanya juga bisa mengarahkan keinginan kita sesuai dengan desain awal agar biaya tidak membengkak.
  • Proses renovasi rumah lebih terukur karena di awal pemborong sudah memberikan estimasi waktu.
  • Kita tetap bisa melakukan quality kontrol selama masa pembangunan, dan meminta tambahan item jika diperlukan.
  • Biaya jasa borong bangunan biasanya jauh lebih terjangkau dari jasa kontraktor.

Kekurangan Jasa Pemborong

Meski memiliki banyak kelebihan, jasa borong bangunan juga punya beberapa kekurangan, seperti ini:
  • Pemborong tak punya legalitas hukum, karena biasanya merupakan jasa perorangan yang memiliki tim tersendiri.
  • Biayanya memang lebih murah, tetapi risiko bisa jauh lebih tinggi karena perjanjian biasanya hanya berupa lisan.
  • Jika salah pilih pemborong, waktu renovasi bisa mundur dari estimasi. Bahkan ada jasa borong bangunan yang nakal dan membeli material yang kualitasnya tak sama dengan yang tecantum di RAB. Banyak pemborong yang mengambil laba terlalu tinggi, sehingga biaya renovasi rumah jadi membengkak.
  • Untuk meminimalisir kekurangan di atas, pastikan untuk selalu meminta RAB (Rencana Anggaran Bangunan). Nantinya kita bisa menggunakan RAB ini untuk mengecek semua biaya yang muncul dalam proses renovasi.
jasa renovasi rumah semarang

Tips Memilih Jasa Renovasi Rumah Semarang dengan Sistem Borongan

Membangun ataupun merenovasi rumah membutuhkan biaya yang cukup besar. Tentunya nggak mau kan kalau dalam prosesnya berjalan tak lancar? Oleh karenanya penting sekali memilih jasa borong bangunan dengan tepat. Berikut ini tips yang bisa diikuti:

1. Pastikan Kredibilitas Jasa Pemborong

Umumnya jasa borong bangunan akan ambil keuntungan sekitar 10 persen dari total nilai proyek. Nah, jika ada pemborong yang menawarkan RAB dengan keuntungan terlampau besar, mending dihindari deh. Kita perlu tahu ya biaya jasa borong yang berlaku di area tempat tinggal, biar nggak keblondrok kalau kata orang Jawa.

2. Cek Rekam Jejak dan Minta Rekomendasi Kerabat/ Sahabat

Semakin baik kualitas dan kredibilitas seorang pemborong, biasanya banyak orang yang merekomendasikannya dari mulut ke mulut. Selain itu, akan lebih baik lagi jika jasa pemborong tersebut memiliki info yang jelas secara digital. Jadi kita bisa memantau rekam jejaknya dengan lebih baik.

3. Minta RAB dan Estimasi Waktu Proyek

Meski sudah sangat terpercaya, jangan asal jalan saja. Kalian harus meminta RAB kepada jasa borong bangunan untuk memastikan apakah sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain itu RAB juga berguna untuk memantau biaya dan kualitas material.

Jangan lupa di awal pemborong juga harus memberikan estimasi waktu pengerjaan proyek. Ini untuk memberikan kita gambaran seberapa lama renovasi berlangsung. Jadi kalau kita butuh pindah sementara, nggak bingung harus cari tempat tinggal sementara.

RAB juga salah satu cara untuk mengetes apakah pemborong tersebut benar-benar bisa dipercaya. Karena RAB adalah salah satu bukti kualitas pemborong dalam merinci biaya.

4. Berani Memberikan Garansi

Karena perjanjian dengan jasa borong bangunan hanya dilakukan secara lisan, maka penting sekali untuk meminta garansi ketika proyek selesai. Kita nggak akan tahu kan apakah setelah proyek selesai muncul masalah baru atau tidak. Dengan jaminan atau garansi yang diberikan, kita jadi merasa lebih aman.

Pemborong yang baik biasanya akan mengerjakan proyek sebaik-baiknya dan memastikan semua tim untuk bekerja optimal. Jika di kemudian hari ada masalah yang timbul, biasanya mereka akan menggratiskan biaya perbaikan.

5 Rekomendasi Jasa Borong Bangunan Semarang

Nah, setelah mengetahui pengertian jasa pemborong, manfaat dan cara memilihnya. Saatnya aku spill jasa borong bangunan Semarang. Nama-nama berikut kudapatkan dari pengalamanku dan rekomendasi beberapa teman. Kalau kalian punya info lainnya, boleh lo hubungi aku. Nanti kutambahkan ke daftar di bawah ini:

1. Pak Sigit

Beliau adalah jasa borong bangunan terpercaya yang akan mengerjakan renovasi atap rumahku. Aku berani bilang terpercaya, karena sudah mendengar testimoni dari teman-teman yang menggunakan jasanya. Terlebih aku mengenal keluarganya cukup dekat.

Istri beliau adalah salah satu teman baikku di komunitas parenting. Aku juga sering main dan ngobrol bareng dengan keluarga mereka. Jadi sudah cukup tahu bagaimana kualitas pribadinya. Makanya saat atap ambrol, tanpa pikir panjang langsung menghubungi beliau.

Insya Allah kalau proses renovasi atap sudah selesai, aku akan spill bagaimana kinerjanya ya. Pak Sigit dan timnya siap membantu proses pembuatan rumah baru, renovasi atap, pemasangan lantai, pengecatan rumah, dsb.

Mau kerjasama dengan beliau? Langsung saja hubungi Pak Sigit di Whatsapp +62 817-9504-336. Untuk lokasi tempat tinggalnya, pemborong yang satu ini tinggal di Perumahan Dinar Indah.

2. Pak Sukadi

Pemborong yang satu ini berlokasi di Emerald. Aku mendapat infonya dari salah seorang teman yang baru saja selesai renovasi atap. Untuk menghubungi Pak Sukadi, bisa ke nomor Whatsapp +62 815-7537-6088.

3. Ori Cons

Mengerjakan jasa konstruksi, desain, dan property untuk rumah tinggal, ruko, showroom, pabrik, gedung. Pemiliknya adalah Pak Heri, yang kebetulan adalah suami dari salah seorang blogger kece di Semarang.

Buat yang pengen konsultasi lebih lanjut tentang proyek renovasi rumah dan perkantoran, langsung saja bisa kepoin:
  • Instagram: @ori.cons
  • Whatsapp: +62 878-3201-5885

4. Edi Handoko

Jasa kontraktor semarang yang satu ini direkomendasikan oleh teman bloggerku, mbak Winda. Selain menerima jasa borong bangunan, pak Edi Handoko juga menerima jasa desain, kontraktor, interior dan arsitek. Mau ngepoin hasil kerja dari Pak Edi yang memiliki badan bernama Abadi Kreasi Utama Kontraktor ini? Atau mau tanya-tanya langsung? Cuzz saja ke:
  • Instagram: @abadi_kreasi
  • Whatsapp: +62 838-4286-0266, 08222-5288256

5. CV Mitra Usaha Semarang

Rekomendasi jasa pemborong berikutnya kudapatkan dari Google Business. Ternyata yang memberikan testimoni apik cukup banyak. Nah, buat yang di wilayah Pedurungan, mungkin bisa langsung kontak mereka untuk proyek renovasi:
  • Alamat: Jl. Panda Utara III No.10A, Palebon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50199
  • Telepon: 0812-2888-625
  • Website: cvmitrausahasemarang.com
Semoga informasi tentang jasa borong bangunan Semarang yang kususun siang ini bermanfaat buat teman-teman kongkow. Buat yang mau renovasi, jangan sampai salah pilih pemborong ya! Semoga lancar proyek pembangunannya, pals.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment