header marita’s palace

Tarif Pengacara Semarang, Gimana Cara Hitungnya Ya?

Konten [Tampil]
tarif pengacara Semarang
Tarif pengacara Semarang menggelitik diriku beberapa tahun lalu. Aku sempat ingin menggunakan jasa pengacara, tapi takut kalau biayanya terlampau mahal. Untungnya perkara yang aku takutkan tak diperpanjang dan aku nggak memerlukan bantuan pengacara.

Namun dari pengalaman tersebut, aku jadi kepo gimana sih menentukan tarif pengacara. Untungnya aku punya seorang tetangga yang bekerja sebagai seorang advokat. Aku tanya-tanya dikit lah sama belia. Eh ternyata ada banyak printilan yang harus kita ketahui terkait biaya jasa pengacara. Ada yang mau tahu?

5 Skema Pembayaran Tarif Pengacara

Jadi nih sebenarnya nggak ada perundangan tertentu yang merinci patokan jasa pengacara. Biasanya tarif pengacara ditentukan berdasarkan kesepakatan antara klien dan si pengacara. Sebelum membahas lebih dalam, kita harus tahu dulu nih kalau berdasarkan waktu pengerjaan dan tata cara pembayarannya, ada lima skema tarif yang berlaku:
  • Lump sum/ Borongan - Pembayaran meliputi seluruh proses masalah hukum yang dihadapi klien. Pembayaran dilakukan sesuai kesepakatan. Ternyata yang bayarannya borongan, bukan hanya jasa pemborong aja ya, pals. 
  • Hourly basis/Hourly Rate - Pembayaran yang dihitung berdasarkan jumlah waktu penanganan perkara. Ada yang menetapkan biaya per jam, per hari, dan lain-lain.
  • Per porsi/ Jumlah yang dimenangkan - Cara pembayaran ini biasanya dilakukan saat klien yang bekerjasama tidak punya cukup dana untuk membayar tarif pengacara. Maka kesepakatan yang dipilih adalah pengacara mendapatkan persentase dari jumlah yang nantinya dihasilkan dari proses penanganan perkaran ketika sudah berhasil selesai dengan baik. Biasanya cara ini jarang dilakukan karena pengacara harus membayar biaya operasional dari kantong pribadi.
  • Klien Tetap/ Retainer - Biasanya berupa kontrak antara perusahaan dengan pengacara untuk menggunakan jasa hukum. Ada yang dalam kontraknya hanya berupa pemberian konsultasi, ada juga yang meliputi penanganan perkara. Beda kontrak tentu saja beda biaya yang dikeluarkan.
  • Lembaga Bantuan Hukum (LBH) - Khusus untuk LBH, tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. Tentu saja hanya masyarakat dengan perekonomian di bawah rata-rata yang bisa menggunakan jasa LBH. Biasanya dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan atau kecamatan.
Mulai ada sedikit bayangan ya pals bagaimana cara pembayaran tarif pengacara? Yuk kita lanjut ke bahan diskusi berikutnya.

Klasifikasi Biaya Pengacara

Selain 5 skema pembayaran yang bisa dijadikan patokan, kita juga perlu tahu bahwa ada 3 klasifikasi pembayaran tarif pengacara. Apa sajakah itu?

1. Lawyer Fee

Meliputi biaya jasa profesional pengacara. Pembayaran dilakukan di awal penanganan perkara, biasanya pada saat perjanjian kuasa hukum.

2. Operational Fee

Meliputi biaya operasional yang dikeluarkan oleh pengacara untuk melakuukan penanganan kasus, baik di luar ataupun di dalam pengadilan.

3. Success Fee

Yaitu biaya yang harus kita keluarkan saat pengacara berhasil menyelesaikan perkara sesuai dengan harapan klien.

Semakin tergambar deh biaya apa saja yang harus dikeluarkan saat menggunakan jasa pengacara. Gimana tertarik untuk menyewa pengacara? Semoga sih teman-teman kongkow di sini selalu aman dari segala macam kasus hukum.
biaya jasa pengacara

Faktor yang Mempengaruhi Tarif Pengacara Semarang

Meski sudah ada klasifikasi dan skema pembayaran, beda pengacara bisa beda tarif lo. Ternyata ada faktor yang mempengaruhi perbedaan tarif tersebut. Berikut ini kelima faktornya:

1. Rating dan Jam Terbang

Pengacara yang telah memiliki branding cukup baik, tentu saja memiliki tarif yang lebih tinggi dibandingkan pengacara yang belum banyak menangani kasus. Semakin tinggi jam terbang seorang pengacara, berbanding lurus dengan tarif yang dikenakan. Semakin banyak kasus yang dimenangkan, semakin tinggi pula tarif yang harus kita bayarkan.

2. Kerumitan Perkara

Selain branding dan jam terbang, tarif pengacara juga ditetapkan berdasar kerumitan sebuah perkara. Semakin rumit perkaranya, semakin tinggi tarif yang diberikan. Karena semakin tinggi suatu perkara, semakin banyak penanganan yang harus dilakukan, juga semakin besar risiko yang harus dihadapi.

3. Kedudukan dan Tempat Tinggal Pengacara

Lokasi tempat tinggal pengacara juga mempengaruhi tarif yang dikenakan. Misal, pengacara tinggal di Kota Semarang, namun perkara yang harus diselesaikan berada di Jepara. Nah, untuk transportasi dan lain-lain tentu membutuhkan biaya ekstra. Makanya sebisa mungkin cari pengacara yang sekota dengan lokasi gelaran kasus.

4. Perekonomian Klien

Tak sedikit pengacara yang mempertimbangkan perekonomian klien. Untuk klien yang pendapatannya di bawah rata-rata, biasanya pengacara tak segan untuk memberikan pro bono alias semacam bantuan gratis. Namun untuk klien yang tingkat perekonomiannya di atas rata-rata, mereka bisa memberlakukan tarif yang fantastis. Tentu saja sesuai dengan kasus y ang dihadapi ya.

5. Spesialisasi Pengacara

Bukan hanya dokter yang memiliki spesialisasi, seorang pengacara juga punya spesifikasi bidang yang ditekuninya. Contohnya pengacara yang biasa menangani kasus kepemiluan biasanya memiliki tarif lebih tinggi dibandingkan pengacara yang menangani kasus perdata.

Cara Mudah Menghitung Tarif Pengacara

Nah, setelah cukup jelas mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi tarif seorang pengaca, yuk sekarang saatnya kita belajar praktek menghitung tarif pengacara Semarang. Misal ada tiga orang yang terkena gugatan sebuah kasus hukum. Kira-kira berapa ya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa pengacara? Tengok di tabel berikut, pals:
No Jenis Biaya Nominal Jumlah Pengali Total Keterangan
1. Biaya Pendaftaran & Pengiriman Berkas Rp1.000.000 3 Rp3.000.000 Sesuai jumlah tergugat
2. Biaya Operasional Persidangan Rp2.000.000 14 Rp28.000.000 Fee operasional tergantung kesepakatan dengan klien. 14 kali adalah jumlah sidang rata-rata untuk sebuah kasus.
3. Lawyer Fee Rp50.000.000 1 Rp50.000.000 Lawyer fee ditetapkan sesuai kesepakatan. Jika pengacara yang disewa lebih dari satu, maka biaya yang akan bertambah sesuai jumlah pengacara.
Jumlah Keseluruhan Tarif Pengacara Semarang Rp81.000.000
Btw, tabel di atas bukanlah patokan pasti, hanya perkiraan saja ya. Selain tiga poin di atas, masih ada satu lagi tarif pengacara yang belum dihitung yaitu success fee. Seperti keterangan yang sudah kusampaikan di bagian atas, success fee dihitung dari prosentase hasil jika sebuah perkara berhasil dimenangkan.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai tarif pengacara Semarang. Semoga membantu teman-teman kongkow yang sedang membutuhkan bantuan terkait urusan hukum. Semoga dilancarkan urusannya ya. See you!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment