header marita’s palace

Jurusan Desain Interior di Semarang, Belajarnya Di Mana Ya?

Konten [Tampil]
jurusan desain interior di semarang
Jurusan desain interior di Semarang memang belum banyak yang membuka. Padahal sekarang ini makin banyak anak muda yang tertarik dengan jurusan tersebut. Sepertinya para penyelenggara lembaga pendidikan harus mempertimbangkan hal ini.

Meski masih jarang, bukan berarti jurusan ini nggak ada sama sekali di Semarang. Buat teman-teman kongkow yang tertarik untuk belajar desain interior, sebentar lagi aku bakal spill tempat belajar formal dan informal yang bisa dikepoin satu per satu. Namun sebelumnya kita kenalan lebih dalam tentang desain interior dulu yuk.

Pengertian Desain Interior

Desain interior adalah bagian dari cabang seni rupa, yang berkaitan dengan perancangan sebuah ruang di dalam bangunan.
Tak sedikit yang menyimpulkan bahwa desainer interior sama halnya dengan dekorator interior. Padahal sebenarnya dekorator adalah sebagian kecil dari kinerja desainer interior. Selain itu seorang desainer interior harus mampu memadukan antara ilmu dan cita rasa seni untuk mewujudkan sebuah ruangan yang ideal, nyaman, sehat dan juga cantik dipandang.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Desain Interior?

Banyak pula yang mengira bahwa untuk belajar desain interior, maka kita perlu memilih jurusan arsitektur. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Meski sama-sama belajar tentang perancangan dan deain, tetapi keduanya punya tujuan berbeda.

Jurusan desain interior lebih menitikberatkan dalam mempelajari desain ruangan di dalam bangunan, yang memperhatikan sisi fungsional, estetika sekaligus kenyamanan penghuni. Sementara jurusan arsitektur lebih kepada mempelajari desain dan konstruksi sebuah bangunan secara menyeluruh, tetap dengan mempertimbangkan estetika dan fungsional.

Jadi meski keduanya sama-sama menjadikan estetika sebagai unsur pertimbangan, objeknya berbeda. Jurusan Arsitektur lebih pada mengkaji rancangan keseluruhan bangunan. Sementara desain interior lebih fokus pada optimalisasi pemanfaatan ruangan. Sudah bisa membedakan kah, pals?

Profesi Berkaitan dengan Desain Interior

Biasanya nih saat kita memilih jurusan saat kuliah, orang tua suka menanyai “Memang kalau belajar jurusan itu, lulus dari sana kamu mau jadi apa?” Nggak bisa dipungkiri ya, pengennya orang tua setelah membiayai kuliah mahal-mahal, pengennya anaknya bisa dapat kerjaan yang enak dan mapan.
jurusan desain interior undip semarang
Cuzz lah kasih tahu orang tua kalau dengan memilih jurusan desain interior di Semarang, ada banyak profesi yang bisa ditekuni, antara lain:

1. Desainer Interior

Dengan membuat rancangan desain dari sebuah ruangan, kalian bisa lo mendapat penghasilan. Belum lagi kadang ada lomba-lomba yang diadakan, kalian bisa unjuk gigi dalam kesempatan itu untuk meningkatkan jam terbang.

2. Konsultan Interior

Selain merancang desain sebuah ruangan, teman-teman kongkow juga bisa mengambil peranan sebagai konsultan interior. Tidak hanya mempersiapkan desain, seorang konsultan interior juga perlu membantu klien untuk memilih bahan-bahan yang cocok dengan tema interior sebuah ruangan. Memilih jenis furniture dan dekorasi yang cocok, palet warna dan masih banyak lagi.

3. Manajer Perusahaan

Jika kamu punya jiwa wirausaha, kamu bisa membuka jasa interior desain. Di sini kalian nggak hanya mempraktekkan ilmu desain, tapi juga harus punya skill managing yang baik, mulai dari understanding, planing sampai pada metoda implementing. Terlihat berat, tapi kalau udah merasakan cuannya, pasti happy deh.

4. Dosen Desain

Buat teman kongkow yang suka bidang edukasi, menjadi dosen desain bisa dipertimbangkan lo. Tugas utamanya tentu saja mentransformasikan, menyebarluasakan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi, khususnya desain. Selain memberikan pendidikan, dosen juga bisa aktif melakukan penelitian, dan melakukan pengabdian pada masyarakat. Bahkan jika mau, kalian bisa membuka tempat kursus atau bimbel desain interior. Seru kan?

Siapa tahu setelah orang tua mendapat pencerahan tentang beberapa jenis profesi yang bisa dilakoni, mereka akan merestui kalian memilih jurusan desain interior.

Tempat Belajar Jurusan Desain Interior di Semarang

Sudah dapat restu dari orang tua untuk mengambil jurusan desain interior di Semarang? Atau pengen nyariin sekolah desain interior buat anak atau ponakan? Yuk cari tahu di mana saja ya kita bisa belajar jurusan tersebut?
belajar desain interior

1. D3 Desain Interior Akademi Teknik PIKA Semarang

Akademi yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No.96, Pandansari, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50172 ini memang memiliki peminatan desain interior. Selain ada akademi, PIKA juga punya SMK yang mempelajari tentang perkayuan, khususnya furniture.

Buat kalian yang tertarik belajar desain interior di sini, kalian bakal dipersiapkan untuk mampu membuat gambar kerja furnitur dan interior secara manual furnitur dan interior, mampu membuat dan membaca gambar kerja dengan model 2D dan 3D. Selain itu kalian juga dipersiapkan sebagai seorang desainer interior yang mampu menentukan konstruksi furniture dan interior secara tepat, sesuai dengan keinginan klien tanpa melanggar prinsip-prinsip desain.

Tak hanya itu, kalian juga dibekali kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan desainer senior dan klien sehingga mampu mengerjakan proyek secara optimal. Tak lupa bisa merencanakan dan membuat estimasi waktu demi kualitas proyek yang maksimal.

Tertarik untuk belajar di sini, bisa hubungi 0838 4400 2000 untuk info lebih lengkap ya.

2. Jurusan Desain Interior Undip

Banyak juga yang menanti-nanti jurusan desain interior di Undip, sayangnya belum ada fakultas khusus yang mempelajari jurusan ini. Jika teman-teman kongkow menjadikan UNDIP sebagai kampus pilihan, mungkin bisa memilih Teknik Arsitek demi mencapai cita-citanya. Meski ada perbedaan yang mendasar, setidaknya sedikit nyerempet dengan desain interior.

3. Jurusan Arsitektur Universitas PGRI Semarang

Sama halnya dengan UNDIP, di Universitas PGRI Semarang juga belum ada jurusan khusus desain interior, tetapi sudah ada jurusan Pendidikan Arsitektur. Di sini kalian bisa belajar perencanaan dan perancangan bangunan, baik gedung ataupun non gedung.

Meski tidak banyak, tetapi nantinya kalian juga bisa mendapatkan pembekalan terkait interior, perabot dan produk. Tak lupa kalian juga bisa belajar tentang teknik komunikasi, presentasi, CAD dan fotografi arsitektur, sehingga saat lulus nanti kalian sudah bisa menjabarkan ide rancangan secara menyakinkan.

4. Iniarsitek.com

Bertempat di Jalan Lesanpuro III, No 30 Krobokan, Semarang Barat, kalian bisa mengambil pelatihan desain interior di sini. Cocok buat kalian yang terlanjur kuliah dengan jurusan berbeda, tetapi juga pengen belajar tentang desain interior. Enaknya tentu saja, kita bisa memilih waktu pelatihan sesuai keinginan.

Mau ngepoin lebih lanjut, bisa tanya-tanya ke 0897-4879-992 atau follow dulu Instagramnya di @iniarsitek.

Ini Arsitek sendiri sudah berdiri sejak 2 Juni 2013. Awalnya bernama Griya Kita design, sebagai konsultan dan kontraktor. Namun berkembangnya pengalaman membuat tim Griya Kita ingin membagikan keilmuan dan wawasan yang dimiliki kepada anak-anak muda. Ada banyak pelatihan yang disediakan di Griya Kita lewat @iniarsitek, salah satunya desain interior.

5. Indo Design Center

Pengen cari tempat kursus desain interior yang bisa mengajari dari nol sampai benar-benar ahli? Cuma Indo Design Center yang bisa. Dengan pengalamannya yang lebih dari 7 tahun, mereka sudah menghasilkan banyak alumni yang sudah sukses menjadi konsultan dan desainer interior. Kecenya, budget belajar di sini cukup terjangkau lo. Mau daftar, langsung saja ke websitenya www.indodesigncenter.com.

Semoga info mengenai jurusan desain interior di Semarang bisa membantu ya. Buat teman-teman kongkow yang pengen belajar dan menggeluti profesi di bidang ini, tetap semangat dan semoga tercapai ya!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment