header marita’s palace

Menyambut Kelahiran Anak Pertama, Berikut Persiapannya

3 comments
Konten [Tampil]
menyambut kelahiran anak pertama
Siapa nih di antara teman-teman kongkow yang sedang menanti kelahiran anak pertama? Memiliki anak pertama memang sebuah peristiwa yang sangat mendebarkan. Bagi para orang tua baru pasti dalam menyambut kelahiran anak pertama juga akan menjadi hal yang sangat mengharukan. Perlu diketahui ada persiapan jangka pendek dan juga jangka panjang yang perlu orang tua perhatikan dalam menyambut anak pertama. Apa saja ya persiapan tersebut?

Persiapan Menyambut Kelahiran Anak Pertama

Inilah berbagai persiapan jangka pendek sekaligus jangka panjang yang harus teman-teman kongkow persiapkan untuk menyambut datangnya bayi ke dunia:

1. Membeli Perlengkapan Bayi

Jika waktu kelahiran anak pertama sudah dekat, pastinya hal yang perlu dipersiapkan adalah perlengkapan bayi. Ada banyak sekali perlengkapan bayi yang memang perlu dipersiapkan dulu, setidaknya 3 bulan sebelum hari kelahiran bayi. Prediksi kelahiran bayi bisa membantu orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan bayi saat ia lahir.

Bagi orang tua, adanya perkiraan hari kelahiran yang disampaikan oleh dokter kandungan yang menangani juga bisa memberikan waktu untuk persiapan mental serta fisik. Perlengkapan bayi ini termasuk bentuk persiapan jangka pendek karena semua perlengkapan akan digunakan hanya sementara. Saat bayi sudah beranjak besar tentu perlengkapan bayi tersebut nggak lagi dipakai.

2. Belajar dari yang Sudah Berpengalaman

Menyambut kelahiran anak pertama membutuhkan banyak informasi dari orang terdekat yang memang lebih berpengalaman. Coba tanyakan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut anak pertama hadir di tengah keluarga nantinya. Persiapan seperti apa yang paling penting dan nggak boleh tertinggal. Nanti pasti saudara, sahabat, atau kerabat yang sudah berpengalaman dalam hal ini akan memberikan informasi yang sangat bermanfaat.
persiapan menyambut anak pertama

3. Mempelajari Pola Asuh

Selain mencari informasi dari orang terdekat atau orang sekitar tentang pengalaman menyambut anak pertama, persiapan jangka panjangnya adalah dengan belajar pola asuh anak yang baik dan benar itu seperti apa. Teori parenting ini bisa digali sejak usia kehamilan sang ibu masih dini. Bahkan banyak para ahli bilang, pengasuhan itu dimulai sejak janin masih di kandungan lo.

Jadi tidak ada salahnya bukan membekali diri dengan teori parenting sebanyak-banyaknya? Bahkan kalau boleh dibilang, itu wajib hukumnya bagi para calon orang tua. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali media yang menyediakan teori tersebut.

Membekali diri dengan ilmu atau pengetahuan seputar parenting yang baik merupakan salah satu bentuk persiapan jangka panjang. Ilmu parenting ini akan berguna sejak anak lahir hingga anak beranjak dewasa. 

Banyak hal-hal kecil yang ternyata memberikan pengaruh besar pada tumbuh kembang anak di dunia parenting. Orang tua harus mempelajari dan terus belajar tentang hal ini demi memberikan pola asuh yang tepat pada anak.

4. Membuat Perencanaan Keuangan

Rencana jangka panjang yang juga tak kalah penting adalah membuat rencana keuangan demi masa depan anak. Meski anak masih di dalam kandungan sang ibu, masa depannya harus sudah dipersiapkan sedini mungkin. Semakin cepat maka semakin matang persiapan masa depan anak tersebut.

Membuat rencana keuangan sendiri untuk anak bisa membantu sekali di masa depan. Jika ada kebutuhan anak yang secara mendadak terutama tentang pendidikan dan kesehatan orang tua sudah tidak perlu bingung lagi mencari dana secara mendadak. Rencana keuangan ini demi menjamin masa depan anak jadi lebih aman.

5. Mempertimbangkan Produk Asuransi untuk Masa Depan Anak

Membuat rencana keuangan memang penting demi masa depan. Selain rencana keuangan ada juga cara yang cukup efektif yaitu mempertimbangkan produk asuransi untuk anak seperti asuransi jiwa syariah PRUCerah dari Prudential. Jika anak sudah terdaftar dalam asuransi tersebut maka dana pendidikan anak hingga jenjang yang tinggi yakni kuliah sudah aman dan terjamin.

Anak pertama memang selalu kehadirannya dinanti banyak orang. Memberikan hal terbaik untuk anak sudah menjadi impian semua orang tua. Oleh karena itu dalam menyambut kelahiran anak pertama ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan direncanakan dengan matang. Sebab, masa depan anak adalah yang paling utama. Setuju kan, pals? Semoga lahirannya lancar ya buat teman-teman kongkow yang sedang menanti buah hati pertamanya.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

3 comments

  1. Hemm bener banget nih menjelang kelahirannya si kecil pasti ada saja kebahagiaan seperti ini apalagi saat mempersiapkan kebutuhannya sama suami

    ReplyDelete
  2. Membeli perlengkapan bayi menjadi kebahagiaan tersendiri apalagi untuk yang pertama kali punya anak

    ReplyDelete
  3. Wah bener banget ini harus disiapkan menjelang kelahiran bayi .. cocok untuk bumil, nih. Terima kasih infonya, Kak

    ReplyDelete

Post a Comment