Ingin Membangun Bisnis Berdaya Saing Tinggi? LMS Solusinya!

5 comments
Konten [Tampil]
membangun bisnis berdaya saing tinggi
Adakah teman-teman kongkow yang merupakan owner sebuah perusahaan, entah sudah berskala besar ataupun masih skala rumahan? Tentunya sebagai pengusaha pengen dong bisa membangun bisnis berdaya saing tinggi?

Di era seperti sekarang, hal tersebut bukanlah kesulitan yang berarti. Terutama jika kita mempunyai aset SDM yang berkualitas. Hmm, tapi kek gimana sih yang disebut dengan SDM berkualitas?

Menurutku sih, berikut ini poin-poin yang harus ada dalam diri SDM atau karyawan yang memiliki kualitas tinggi:
  • Selalu ingin bertumbuh
  • Bisa mengikuti perkembangan zaman
  • Tidak malas belajar
  • Dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan
  • Mau diikutkan pelatihan-pelatihan yang bisa meningkatkan skill dan wawasan
Aku jadi ingat saat masih bekerja sebagai guru honorer di sebuah sekolah dasar milik pemerintah. Setiap kali ada undangan pelatihan, para guru saling tunjuk-menunjuk. Nggak ada yang mau diberangkatkan.

Alasannya malas kalau harus bikin laporan. Apalagi ternyata salah satu kewajiban guru jika diberangkatkan ke pelatihan adalah harus mau membagikan ilmunya lewat semacam mini seminar gitu. Saat itu aku heran, kenapa ya kok nggak mau berangkat pelatihan. Kan enak, tinggal berangkat, dapat uang saku, nantinya juga dapat ilmu.

Namun setelahnya aku sadar, tidak semua orang memiliki value untuk terus bertumbuh dan mau belajar. Alhasil, biasanya yang dikirim ke pelatihan hanyalah orang-orang yang sama. Akhirnya yang bertambah pintar ya itu lagi, itu lagi deh.

Sayangnya pelatihan-pelatihan tersebut hanya diperuntukkan bagi guru-guru PNS, sementara saat itu aku hanyalah guru honorer. Jadi meskipun mau, aku nggak bisa diberangkatkan ke pelatihan-pelatihan yang ada. Kalau aku sih bakal seneng banget disuruh ikut pelatihan, hehe.
pelatihan karyawan online
Tak jauh berbeda dengan instansi pendidikan, perusahaan juga harus aktif mengadakan pelatihan untuk karyawannya agar terjadi peningkatan kualitas yang signifikan. Hal tersebut dikarenakan, persaingan bisnis makin ketat.

Apa kata dunia kalau karyawan perusahaan kita masih di situ-situ aja kemampuannya, sementara perusahaan lain sudah melaju ke mana-mana. Eksistensi perusahaan kita bisa stuck dong. That’s why kalau pengen perusahaan tetap eksis dan berkembang, pelatihan dan pengembangan SDM sangat diperlukan.

Sayangnya Covid-19 menggagalkan banyak rencana. Termasuk rencana pengembangan SDM yang sudah banyak dianggarkan oleh perusahaan-perusahaan. Pelatihan SDM yang biasanya dilakukan secara serentak dan menimbulkan kerumunan, terpaksa tak bisa dijalankan. Bahkan beberapa perusahaan menerapkan sistem Work from Home untuk para karyawannya.

Dengan kondisi seperti sekarang, apa perusahaan masih memungkinkan membuat pelatihan dan pengembangan SDM?

LMS, Solusi Terbaik untuk Membangun Bisnis Berdaya Saing Tinggi di Masa Pandemi

Tentu saja bisa dong! Di era internet cepat seperti sekarang, kita bisa menghadirkan pelatihan secara online. Para karyawan tetap bisa mendapatkan pelatihan meski berada di tempat yang berbeda-beda.

Platform yang digunakan untuk mengadakan pelatihan online sering disebut sebagai LMS. LMS adalah singkatan dari Learning Management System. Dengan LMS, kegiatan pelatihan bisa dikelola secara digital.

Di antara sekian banyak LMS untuk menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital yang bermunculan di Indonesia. Ada satu LMS yang track record-nya sudah nggak diragukan lagi. Yaitu ruangkerja by Ruangguru.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa LMS yang satu ini selalu mampu menghadirkan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan dengan sistem yang out of the box.

Mengapa Harus Memilih Ruangkerja?

Tak salah jika sebagai owner bisnis, teman-teman kongkow bertanya mengapa harus ruangkerja yang dipilih? Apakah kelebihan LMS ini dibandingkan yang lain?
alasan memilih ruangkerja

1. Efektivitas

Nah, kalian harus tahu nih salah satu yang membuat banyak perusahaan menggunakan ruangkerja sebagai mitra pelatihan online yaitu efektivitasnya! Salah satunya yaitu fitur monitoring yang sangat mudah digunakan oleh administrator dan para pimpinan.

Fitur ini memberikan keleluasaan kepada administrator dalam penentuan kelas dan pemberian nilai. Peserta pelatihan bisa memperoleh poin yang bobotnya sudah ditentukan langsung oleh perusahaan sejak awal kelas dibentuk

Poin ini akan diberikan ketika peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik. Tidak perlu ada kekhawatiran bahwasanya pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal.

2. Efisiensi

Selain efektivitas, efisiensi adalah alasan berikutnya kenapa harus menggunakan ruangkerja sebagai LMS di perusahaan teman-teman kongkow.

Pelatihan digital jauh lebih efisien waktunya dibandingkan pelatihan secara tatap muka. Jadwal pemberian materi dan penugasan bisa lebih fleksibel. Bahkan peserta tetap bisa mengakses materi di manapun dan kapanpun.

3. Ekonomis

Alasan yang ketiga ini tentunya jadi hal paling favorit bagi perusahaan. Apalagi di masa pandemi, perusahaan banyak yang harus menekan anggaran. Pelatihan secara digital terbukti mampu menghemat anggaran berkali lipat.

Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi yang bisa membuat perusahaan lebih hemat. Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri.

Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Fitur-fitur Ruangkerja

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur terkini dihadirkan untuk mendukung proses pelatihan agar bisa dijalani dengan nyaman oleh para karyawan.

Mobile learning adalah teknologi yang digunakan oleh ruangkerja. Sistem pembelajarannya sangat fleksibel dan bisa menyesuaikan waktu bekerja. Karyawan bisa mengikuti materi pelajaran di saat mereka sedang tak sibuk bekerja.

Mau tahu apa saja fitur kece yang dimiliki oleh ruangkerja, pals? Cekidot!
fitur learning journey pada ruangkerja

1. Learning Journey

Sebuah pelatihan akan berjalan efektif ketika memiliki struktur yang jelas sehingga tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat. Oleh karenanya ruangkerja menggunakan sistem learning journey.

Sistem ini akan membantu karyawan belajar dengan lebih terstruktur dan sistematis. Karyawan tidak akan kebingungan harus belajar mulai dari mana dan sampai mana. Sangat cocok dan membantu bagi karyawan yang punya jam kerja super sibuk.
fitur ruangkerja learning plan

2. Learning Plan

Fitur selanjutnya adalah learning plan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan.

Dengan adanya fitur ini, perusahaan tidak perlu khawatir apabila yang karyawan pelajari tidak sesuai dengan kebutuhan.

Desain ruangkerja dibuat sangat user friendly. Nggak ada tuh namanya bikin bosan belajar. Bahkan karyawan yang kurang update teknologi pun tetap bisa nyaman menggunakan, tanpa ada rasa bingung sekalipun.
fitur ruangkerja by ruangguru

3. Kolaborasi

Fitur menarik lainnya yang diberikan oleh ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Fitur ini semacam forum diskusi agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya.

Melalui fitur ini, peserta pelatihan juga bisa menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada pemateri. Benar-benar sebuah fitur yang sangat efisien dan efektif ya?
fitur ruangkerja leaderboard

4. Leaderboard

Kemudian ada leaderboard yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya. Peringkat yang didapatkan tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Tentu saja hal ini akan memacu karyawan agar semakin semangat untuk belajar. Setelah menyelesaikan pelatihan hingga sesi terakhir, mereka akan mendapatkan sertifikat.

LMS ruangkerja menawarkan kepada kita sebuah solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Untuk mengakses materi belajar dengan mudah, para peserta bisa menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/ laptop.

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan untuk bertumbuh. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada rencana dan inovasi perusahaan. Seluruh lini perusahaan, baik pemilik, pimpinan dan karyawan bisa bergerak secara bersama-sama, agar tujuan yang telah ditetapkan bisa teraih lebih mudah.

Membangun bisnis berdaya saing tinggi bukan lagi sebuah impian jika perusahaan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja. Perusahaan teman-teman kongkow akan bisa menghemat waktu, memangkas anggaran, serta mempermudah monitoring pelatihan. Menarik bukan? Selamat mencoba!

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

5 comments

  1. Mempunyai bisnis berdaya saing tinggi memang keinginan semua orang terlebih di masa sekarang ini, tapi LMS ini baru tahu ... wah ini memang penting banget untuk bisnis, ternyata ruang guru sekarang menyediakan ruang kerja. Sukses terus

    ReplyDelete
  2. Keren nih mbak, Ruang Kerja bisa banget ya mendukung perusahaan untuk mengembangkan SDM. Berbasis teknologi dan Tida butuh banyak biaya seperti offline ya, mbak.

    ReplyDelete
  3. Polemik pelatihan saat memberangkatkan karyawan sama dengan tempatku, Kak, heuheu.. kesel tapi yasudahlah.,
    LMS ini kayaknya boleh banget jadi ide lain untuk naikkin kompetensi dan soft skill saat di rumah aja, :D aku bisikin ah ke atasanku ahaha :D terima kasih infonya Kak Marita :D

    ReplyDelete
  4. Akupun mau lah mbak kalo disuruh mewakili untuk ikut pelatihan, lumayan bisa dpt ilmu gratisan dan tmbah pinter kan ya

    ReplyDelete
  5. Wow, sekarang nggak cuma sekolah maupun webinar online. Bahkan perusahaan bisa growong up SDMnya lewat apk ini. Inovatif banget sih, di pandemi gini pasti butuh ruang belajar online yang bisa dipantau sama si empunya badan usaha juga. Bisnis auto update deh jadinya :)

    ReplyDelete

Post a Comment