header marita’s palace

Hosting Gratis Selamanya Apa Bisa? Simak 5 Tips Memilihnya!

Konten [Tampil]
hosting gratis selamanya
Bisa memiliki hosting gratis selamanya, pasti jadi dambaan semua pemilik website ya? Apalagi jika kita ingin membangun website dengan cita rasa profesional, pastinya kita memilih platform yang non berbayar agar tampilan website lebih kece. Masalahnya yang kece dan profesional, biasanya butuh modal yang nggak sedikit.

Nah, kalau ada penyedia hosting yang memastikan layanannya gratis untuk setiap paket pilihan, kira-kira ngiler nggak nih?

Pengertian Hosting

Sebelum rasa pengennya berkembang berlebihan, aku jabarin dulu deh pengertian hosting. Siapa tahu ada teman-teman kongkow yang masih meraba-raba dengan apa yang dimaksud hosting.
Hosting adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data website secara online. Kehadirannya akan memudahkan orang untuk mengakses website. Analoginya, hosting adalah sebuah bangunan rumah. Di mana di dalamnya kita bisa mengisi barang-barang. Barang-barang itu adalah data website.

apa itu hosting
Apa bedanya dengan domain? Tentu saja berbeda. Domain adalah link yang merujuk alamat website. Analoginya, jika hosting adalah rumah, maka domain adalah alamat rumah tersebut. Gimana, lebih mudah dipahami nggak, pals?


Baik hosting dan domain adalah dua hal yang sama pentingnya dalam proses pembuatan website. Hanya saja, biasanya para pembuat website pemula merasa keberatan untuk menyewa hosting karena biayanya yang cukup tinggi. Di sinilah pentingnya ada layanan hosting gratis selamanya. Apalagi buat emak-emak irit macam aku, seneng banget lah dapat info beginian, wkwk.

Manfaat Hosting Gratis

Memang sepenting apa sih sebuah hosting gratis untuk kita? Yuk, kita pretelin satu per satu benefit yang bisa kita dapatkan.
manfaat hosting gratis

1. Hosting Gratis untuk Belajar

Buat pemula yang ingin belajar membangun website, hosting gratis untuk belajar jelas sebuah hal yang sangat dibutuhkan. Namanya juga sedang belajar, bisa jadi modalnya belum banyak kan? Nah, memanfaatkan layanan hosting gratis adalah salah satu cara untuk bisa belajar membangun website tanpa mengeluarkan banyak modal.

2. Hosting Gratis untuk Komunitas

Manfaat hosting gratis selanjutnya adalah untk membangun website komunitas. Apalagi untuk komunitas-komunitas non profit yang baru didirikan. Belum ada dana untuk mengembangkan website, tetapi butuh website untuk menaikkan branding. Layanan hosting gratis bisa banget dimanfaatkan nih.

3. Hosting Gratis untuk Bisnis

Selanjutnya adalah untuk para pebisnis pemula. Pengen bikin toko online, tapi sudah mengkeret duluan dengan biaya yang harus dikeluarkan? Nggak bakal mengkeret lagi deh, kalau bisa mendapatkan hosting gratis.

5 Tips Memilih Hosting Gratis Terbaik

Setelah tahu manfaatnya, tentu teman-teman kongkow penasaran ya bagaimana caranya biar bisa memilih layanan hosting gratis terbaik? Apalagi kalau kita googling nih, banyak sekali layanan hosting gratis Indonesia yang tersedia. Mana nih yang paling oke buat digunakan?

5 langkah di bawah ini adalah ciri dari hosting gratis berkualitas. Apa sajakah itu?
memilih hosting gratis terbaik

1. Keamanan Optimal

Meski gratis, jangan sampai dong keamanan website kita jadi taruhannya. Kita harus pilih penyedia layanan hosting gratis yang berani menjamin website kita aman dan lancar.

2. UpTime 99%

Uptime adalah istilah untuk menunjukkan seberapa lama server dapat beroperasi tanpa adanya gangguan. Server down akan mengakibatkan website tidak akan bisa diakses. Tengsin dong kalau kita lagi share website ke teman atau klien, eh nggak bisa dibuka.

Makanya penting banget pilih penyedia hosting dengan uptime terjamin. Biar nggak ada lagi tuh istilah server down dan sejenisnya.

3. Loading Cepat

Aku pernah nih diajarin suami menyetting hosting untuk sebuah platform blog. Eeh, banyak sekali langkah-langkahnya. Sampai kalau disuruh mengulangi sendiri, aku nggak mampu deh. Udah gitu kalau salah pilih template, loading web bisa super lambaaat.

Makanya cari deh penyedia hosting yang punya fitur untuk memroses website lebih cepat. Jadi nggak ada lagi perasaan gemes bin galau yang muncul, hehe.

4. Setup Otomatis

Setting website dan hosting itu lama banget, apalagi buat pemula. Saranku sih cari aja penyedia hosting yang bisa memberikan setup otomatis. Jadi anti ribet-ribet club gitu deh.

5. Bisa Upgrade

Mungkin sekarang kita belum ada dana untuk menyewa hosting. Namun bisa jadi suatu hari kita sudah ada kelapangan rezeki dan butuh hosting yang kapasitasnya lebih luas. Oleh karenanya penting memilih provider hosting yang menyediakan sistem upgrade. Jadi sewaktu-waktu kita mau ubah layanan hosting gratis ke berbayar, atau menambah kapasitas hosting, nggak perlu ribet dan pindah-pindah tempat.

Ssst, aku bisikin ya, pals…. kelima hal di atas bisa kita dapatkan lewat Zyro. Apa itu Zyro dan bagaimana caranya mendapatkan hosting gratis selamanya lewat Zyro? Keep reading ya, pals!
hosting murah

Hosting Gratis Selamanya? Ya Zyro Tempatnya!

Memang siapa sih si Zyro ini?
Zyro adalah sebuah website builder yang fiturnya berlimpah. Siapapun bisa langsung bikin website profesional, bahkan seorang pemula sekalipun. Hanya tinggal klak-klik dan ikuti arahan yang diberikan. Kita buat website sendiri dan langsung online tanpa waktu lama.
Istimewanya, dengan membuat website lewat Zyro, kita akan dapat fasilitas hosting gratis selamanya! Apa nggak enak banget tuh? Pasti langsung kepo ya, gimana caranya? Cuzz, ikuti saja steps berikut ini:
hosting gratis untuk belajar

1. Buat Akun

Sebelum bisa menikmati fitur hosting gratis di Zyro, terlebih dahulu buat akun. Caranya mudah, cukup dengan melengkapi formulir registrasi yang tersedia.

2. Pilih Jenis Pembuatan Website

Kita ditawari tiga cara, yaitu
  • Pilih dari template yang tersedia.
  • Membuat website menggunakan AI yang disediakan Zyro.
  • Buat dari awal dengan template kosong, cocok buat yang seneng utak-atik desain.

3. Proses Kustomisasi

Aku memilih opsi kedua. Ada 7 langkah yang harus dilalui. Pertama, memilih tujuan website, apakah untuk bisnis online, web profile, dsb. Lalu kemudian, menentukan jenis websitenya, apakah portfolio web, blog kreatif, toko, dsb. Langkah berikutnya, yaitu memilih bentuk tombol.
zyro web builder dan hosting gratis
Setelah itu kita diminta untuk memilih palet warna. Langkah berikutnya, kita diminta untuk menentukan gaya font. Nggak kalah penting kita diminta untuk memilih fitur yang kita inginkan muncul di web; apakah butuh toko online, blog, contact form, dsb. Centang saja fitur yang kita butuhkan.

Klik lanjutkan, dan AI dari Zyro akan memroses website yang kita inginkan. Tunggu beberapa saat, voilaa… pilihan desain website sudah tersedia. Tinggal pilih mana yang cocok untuk kita. Jangan khawatir, kalau masih kurang cocok, nanti bisa kok kita edit lagi.

4. Onlinekan Websitemu

Ketika desain website sudah siap, saat yang tepat untuk membuatnya online agar bisa diakses oleh banyak orang. Klik onlinekan website dan kita akan diminta untuk memilih paket hosting. Loh kok berbayar? Santai saja, Zyro hanya menyediakan paket hosting murah yang sangat terjangkau.
zyro hosting gratis
Jika kita lihat dengan seksama, harga yang kita bayarkan hanya untuk menjalankan fitur dan tool untuk pengoperasian website kita. Sementara hostingnya terhitung gratis. Enak kan? Kalau nggak percaya, bandingkan saja dengan penyedia hosting lainnya. Nggak bakal ada yang membandrol harga semurah ini dengan fasilitas super lengkap.

Apalagi Zyro dilengkapi dengan fitur dukungan sebagai berikut:
  • Pembuatan custom domain
  • Web builder yang sederhana dan praktis
  • Membuat toko online tanpa pusing
  • Membuat logo untuk bisnis
  • Tool resize foto
  • Dan masih banyak fitur-fitur kece lainnya.
website builder free hosting
Jadi gimana masih mau hunting hosting gratis terbaik? Kalau saranku sih, nggak perlu tengok ke sana ke mari lagi. Udah ke Zyro aja, yang dijamin praktis dan gampang! Ditunggu ya pengalaman seru kalian bikin web kece berhadiah hosting gratis selamanya di Zyro, pals!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment