header marita’s palace

SEO Moms Community, Belajar SEO Level Baru nan Seru!

Konten [Tampil]
seo moms community
SEO Moms Community, tempat belajar SEO level baru nan seru! Meski ini bukan kelas SEO pertama yang kuikuti, tetap saja ada banyak bintang-bintang yang kusematkan di setiap paparan materi. Nggak salah deh kalau banyak mbak-mbak blogger yang gercep ikutan kelas ini.

Aku sendiri kenal SEOMOC, nama singkat yang disematkan untuk komunitas SEO buat blogger perempuan ini, sejak tahun lalu. Kalau nggak salah ingat, aku mulai rajin daftar kelas ini sejak batch #2. Namun selalu saja telat dan hanya masuk sebagai waiting list.

Bersyukur akhirnya dapat rezeki untuk merasakan suasana belajar di kelas SEO yang diampu oleh mas QBenk ini. Meski baru berusia setahun, popularitas SEOMOC terus meningkat. Satu hal yang kuacungi jempol, di saat banyak kelas-kelas ngeblog gulung tikar, SEOMOC masih terus bertahan. Salut!

Apa Itu SEO Moms Community?

Aku yakin sih sudah banyak yang tahu tentang SEOMOC, tapi nggak ada salahnya kuceritakan. Siapa tahu ada yang baru mendengar namanya kali ini.
SEO Moms Community atau SEOMOC adalah sebuah komunitas blogger perempuan Indonesia yang memiliki visi untuk mengedukasi para anggotanya tentang pembelajaran SEO basic. Didirikan oleh praktisi SEO yang sudah berpengalaman, M. Sahlan, yang lebih tenar dipanggil Qbenk atau Bang Q. Berdiri sejak 25 Januari 2020 dengan harapan untuk meningkatkan skill dari para blogger, khususnya blogger perempuan dalam mengelola blog yang dimiliki.
Pertanyaan yang cukup menggelitik sempat hadir dalam pikiranku. Founder komunitas ini kan cowok, tapi kenapa Bang Q membuatnya hanya khusus perempuan ya? Apa karena Bang Q pecinta wanita? Eaa.
apa itu seo moms community
Ternyata ada alasan istimewa sekaligus mengharukan di balik hal tersebut. Mau tahu? Idiih, penasaran banget sih. Nanti bakal aku spill deh alasan kecenya.

Namun kalau dari sisiku, ada benernya sih kalau SEO Moms Community bertujuan untuk mengupgrade kapasitas blogger perempuan. Maklum emak-emak ini biasanya kalau ngeblog mah asal nulis, paling malas belajar teknik ini dan itu. Njlimet dikit udah mengkeret. Bener atau bener?

Makanya nggak salah kalau mas Qbenk lewat SEOMOC pengen ngajarin para blogger perempuan Indonesia biar tampilan blog dan struktur penulisannya bisa sesuai dengan permintaan mesin pencari.

Mengapa Blogger Perempuan Indonesia Perlu Belajar di SEOMOC?

Ada banyak kelas SEO bertebaran, baik yang gratis ataupun berbayar. Pertanyaannya, kenapa para perempuan yang doyan ngeblog perlu belajar di SEOMOC?
blogger perempuan indonesia belajar SEO

1. Foundernya Seorang Praktisi SEO Berpengalaman

Seperti yang sudah kusampaikan di atas, M. Sahlan alias mas Qbenk sudah berpengalaman ngulik SEO sejak 2005. Mantap kali nggak tuh? Aku dong masih enak-enakkan pacaran tahun segitu, ups!
bang q, m sahlan, founder seomoc
Saking pengalamannya, apa yang dimau sama Google sepertinya sudah menempel erat di kepala mas Qbenk. Di awal kelas beberapa waktu lalu, Bang Q menceritakan bagaimana perjalanannya mengenal SEO. Dari yang lancar jaya sampai hampir semua blognya ke-banned, pernah dilewatinya. Jadi udah deh, dengan segudang pengalaman tersebut, pasti Bang Q bisa menuntun kita ke arah yang benar. Maksudnya, benar optimasi SEO-nya, hehe.

2. Direkomendasikan oleh Para Blogger Senior

Selain testimoni apik dari mbak-mbak blogger yang sudah mengikuti kelas ini sebelumnya, aku juga dapat rekomendasi dari para blogger senior. Termasuk dari tim pengajar Growth Blogger, salah satu kelas SEO yang pernah kuikuti sebelumnya. Mereka bilang, ilmu SEO Bang Q itu luar biasa, kudu banget belajar sama beliau.
testimoni seomoc dari senior
Lalu saat aku share kesyukuranku karena diterima bergabung SEO Moms Community Batch #4 ini lewat status WA, ada salah seorang blogger pelaku SEO yang langsung menyelamatiku secara japri. Begini katanya, “Klo blajar sama dia jgn tanggung2... hajar dan peras ilmunya.… Bnyak ilmu SEO dia tuh…

Gimana nggak makin semangat belajar mendengar testimoni-testimoni ini? Kalian yang belum gabung, nggak pengen po?

3. Didedikasikan dengan Penuh Cinta oleh Foundernya untuk Sang Ibunda

Yang tadi penasaran dengan alasan istimewa di balik dilahirkannya SEOMOC, akan kujelaskan di sini. Jadi Bang Q menghadirkan komunitas belajar SEO ini sebagai salah satu wujud rasa sayang dan cintanya kepada ibunda tercinta. Sang ibunda yang bernama Mudiyah binti Sangaran tersebut wafat pada tanggal 25 November 2019.
alasan didirikan seomoc
Pantas saja Bang Q kalau memaparkan materi tuh santuy dan bahasanya enak. La kelasnya aja dibuat berdasarkan cintanya pada ibunda, makanya penuh cinta juga saat delivering knowledge.

Berkenalan dengan Tim SEO Moms Community

Dulunya selain Bang Q, ada co founder yang merupakan seorang beauty blogger dari Surabaya. Namun karena ada suatu hal, co founder ini tidak aktif mengampu SEOMOC. Karena jumlah anggota semakin membesar, nggak mungkin dong Bang Q ngurusin para emak dan embak blogger ini sendirian?

Oleh karenanya sejak awal tahun 2021, tepatnya pada ulang tahun pertamanya, SEO Moms Community dibagi per wilayah. Setiap wilayah dipegang oleh seorang Koordinator. Saat ini ada 5 (lima) grup WA per wilayah yaitu:
  • Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta & Jawa Tengah (DIY & Jateng), dengan Wiwin Pratiwanggini sebagai Koordinator.
  • Wilayah Jawa Timur, dengan Dewi Adikara dan Rahmah Chemist sebagai Koordinator.
  • Wilayah Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara (Sul-Bali-Nusra), dengan Mugniar dan Rizky Masdila sebagai Koordinator.
  • Wilayah Sumatera, dengan Arda Sitepu sebagai Koordinator.
  • Beberapa kota lain yang tidak termasuk dalam wilayah 1-2-3-4 di atas tergabung dalam SEO Moms 4, dengan Lidya Fitrian sebagai Koordinator.
Nama-nama yang nggak asing lagi kan? Blogger-blogger kece semua para koordinatornya. Banyak yang juara lomba blog juga tuh.
tim seo moms community
Selain menggelar kelas basic, SEOMOC juga bekerjasama dengan banyak pihak. Qwords, SHer Stories, Ruang Pulih, dan Niaga Hoster adalah beberapa pihak yang pernah menjalin kerjasama dengan SEOMOC.

Untuk refresh dan recharge ilmu, ekaligus ajang silaturahmi antara founder, admin dan member, tiap bulan digelar pertemuan secara online lewat Google Meet. Sayangnya aku selalu ketinggalan di setiap sesi bulanan ini, padahal bakal banyak materi ndaging pastinya.

So far, kelas SEO Moms Basic sudah digelar selama tiga kali. Kelas yang sedang berjalan saat ini adalah SEO Moms Basic #4. Sebelum batch #4 dilaksanakan, sempat juga digelar SEO Moms wilayah. Diselenggarakan di beberapa grup WA, yaitu grup wilayah Jogja-Jateng, Sulawesi-Bali-Nusa Tenggara, dan Jawa Timur-Madura.

Tidak semua peserta SEO Moms Basic dan SEO Moms wilayah bertahan hingga akhir. Sama halnya dengan kelas belajar ngeblog lain, selalu ada seleksi alam. Siapa yang komit dengan tujuannya bergabung ke dalam kelas, maka itulah yang bertahan hingga akhir. Doakan aku ya, pals… biar jadi salah satu peserta yang tetap komit sampai selesai! Ganbatte!

Keunggulan Belajar SEO Basic di SEOMOC

Kenapa aku sebutkan kalau SEO Moms Community adalah tempat belajar ngeblog level baru nan seru? Pasti ada alasannya dong. Setiap kelas dan tempat belajar pasti punya keunggulannya masing-masing. Ini 4 keunggulan yang kutemukan dari SEOMOC:
keunggulan seo moms community

1. Belajar dari Benar-Benar Basic

Karena memang disampaikan oleh ahlinya ya, jadi wajar saja kalau belajar SEO ini terasa lebih mudah. Beberapa kali ikut kelas SEO, sulit dan rumit adalah dua hal yang tak terpisahkan. Namun bersama Bang Q, SEO terasa lebih mudah.

Nggak langsung menggeber teknik A to Z, terlebih dahulu agar kami paham akan sejarah SEO. Bang Q menceritakan bagaimana perjalanan SEO hingga ada di titik yang sekarang. Cerita sejarah SEO inilah yang bikin kami jadi lebih mudah memahami apa sih yang diinginkan sama Mbah Google.

So, buat kalian yang masih keder mendengar SEO disebut, wajib banget join SEOMOC!

2. Bahasanya Mudah Dipahami

Materi SEO selalu bikin panas dingin, mau siapapun yang menyampaikannya, selalu itu yang kurasakan. Bahkan saat mas-mas dari Google menyampaikan materi pada event Google for Publisher, keningku berdenyut-denyut mencoba memahami pemaparannya. Padahal mereka ini ngomongnya tuh santai, cool, keren gitu lah pokoknya. Tetep aja puyeng yang kurasakan.

Berbeda ketika menyimak paparan dari Mas Qbenk. Gayanya yang santai, kadang sedikit slengekan tapi tetap serius, bikin suasana kelas menjadi nyaman. Mas Qbenk juga menghindari penggunaan istilah-istilah asing. Jadi bener-bener mudah diterima sama otak emak yang udah kebanyakan mikir menu harian, sekolah anak, dll.

3. Rule-nya Ramah Emak-emak

Meski disampaikan di group description, bahwasanya hukuman terberat adalah dikeluarkan di kelas. Tetapi rulenya masih cukup ramah dan nyaman buat para emak. Nggak ada tendangan maut tiap pekan yang bikin deg-degan. Dah lah, dibandingkan Blogspedia Coaching, kelas ini jauh lebih aman buat jantung kalian, pals. Wkwkw.

4. Gratiiiissss

Kalau ada yang gratis, kenapa harus berbayar? Siapa yang punya prinsip begitu? Tossss! Meski kalau memungkinkan dan ada dananya, pengen juga belajar SEO lanjutan. Sayangnya belum nemu kelas lanjutan yang harganya ramah di kantong.

Nah, mumpung ada praktisi SEO yang pengalamannya nggak kaleng-kaleng bikin kelas gratis, kudu dimanfaatkan dong. Makanya berdoa aja semoga SEO Moms Basic #5 bakal diadakan, jangan lupa buat daftar ya, pals! Beneran sayang banget kalau dilewatkan.

Begitulah sedikit ceritaku tentang SEO Moms Community, tempat belajar SEO dan keluarga baruku. Semoga keikutsertaanku pada SEOMOC bisa membawa manfaat. Doakan ya, pals! Sampai jumpa di celotehku berikutnya.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

15 comments

  1. Bang QBenk emang terbaeeekk, sabar, telaten, pilihan bahasanya juga sopan, engga nyelekit/nyinyir/ enggak 'merendahkan' atau mematahkan semangat para peserta kelas ya. Semoga ini jadi amal jariyah yg pahalanya terus mengalir! Aaamiiiinnn

    ReplyDelete
  2. Terjawab sudah disini, aku penasaran kemarin itu Mbak Mar tentang SEOMOC. Ini yang buku SEOMoms apakah sama dengan yang ini? apakah bukunya adalah produk dari SEOMOC maksud saya

    Kelasnya gratis lagi, duh mupeng lah, kelas bagus gini gratiiiiis, yummy

    ReplyDelete
  3. Caranya gabung bagaimana Mbak?

    ReplyDelete
  4. Aamiin. Semoga kelas ke lima nanti lancar dan banyak pendaftar nya ya ...
    Kesempatan jangan ditunda, apalagi gratis hehehe
    Ditambah kenyamanan lainnya duh, jadi pengen ikutan juga

    ReplyDelete
  5. aku juga ikutan kelas seo mom ini, mbak. benar-benar nambah ilmu apalagi tiap minggu juga ada pertemuan onlinenya. sayang aku nggak bisa terus ikutan pertemuan onlinenya ini. huhu

    ReplyDelete
  6. aku kemarin daftar SEO Moms ini mbak marita...gatau nih kesantol apa enggak. aku juga masih belajar banget SEO ini

    ReplyDelete
  7. Aku ingin bergabung, ah. Bagaimana caranya? Boleh gak, nenek2 gaptek ini ikutan. Kalau boleh, daftarnya dimana, ananda Marita? terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Pengen coba ikutan. Cara daftarnya gimana ya, Mbak? Belum jadi moms juga boleh ikutan kan ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. iya, senang banget bisa gabung di seo moms community
    belajar seo nya lebih mudah untuk para moms

    ReplyDelete
  10. Besyukur bisa jadi bagian dari SEOMOC juga nih, banyak ilmu dan wawasan baru mengenai blog dan seo. meskipun saya terseok-seok di kelas lanjutan dan hampir nggak bisa ngikutin huhuhu...

    ReplyDelete
  11. Beberapa kali baca tentang SEO kok masih bingung aja yaaa, jadi pengin ikutan kelasnya juga, nih, Mbak

    ReplyDelete
  12. Wah seru, semoga next time bisa ikutan kelasnya juga. Biarpun teorinya bisa baca-baca sendiri tapi kalau ikut kelas pahamannya lebih dapet..

    ReplyDelete
  13. wah... sering sih SEOMOM wara wiri di IG saya. Blm gabung dan Pengen gabung. ga nyangka ternyata foundernyyma cowok toh

    ReplyDelete
  14. MashaAllah~
    Ingin sekali ikutan SEOMOC. Karena selama ini hanya mendengar bahwa belajar bersama mas QBenk enak banget. Orangnya sabar dan testimoni para sahabat blogger yang merasa terbantu sekali sejak mengikuti kelas SEO Mom ini.

    Dari mulai DA PA naik sampai banyak job jadi menghampiri. Iih...pengen kan yaa..

    Barakallahu fiik, mas Qbenk.
    In syaa Allah ilmu dan dedikasinya menjadi jariyyah.

    ReplyDelete
  15. Merasakan keseruan belajar bareng SEOMOC juga Mbak, alhamdulillah. Nambah wawasan untuk hal-hal dasar yang perlu diperbaiki dari blog. Moga saya tak kena seleksi alam. Hehe

    ReplyDelete

Post a Comment