header marita’s palace

Bangga Buatan Indonesia, Ini 5 Produk Lokal dengan Kualitas Internasional

1 comment
Konten [Tampil]
kampanye bangga buatan indonesia
Bangga buatan Indonesia, buatku wajib banget. Karena kalau bukan kita sendiri yang bangga sama produk buatan bangsa sendiri, lalu siapa lagi?

Dibanding teman-teman kongkow, mungkin aku termasuk tim cupu yang nggak begitu paham dengan nama merek fashion ini dan itu. Saat banyak perempuan yang mungkin bermimpi punya produk bikinan Gucci, LV dan brand ternama lainnya, aku cukup puas membeli baju yang dijajakan di kaki lima.

Selain memang nggak ada uangnya yang buat beli, aku pikir sama-sama baju kenapa harus yang harganya berkali lipat?

Yang penting menutup aurat, awet dan nyaman dikenakan. Buatku lebih dari cukup.
Membeli fungsi buatku lebih penting daripada membeli nama besar sebuah merek.
Tentu saja pendapat ini tidak harus diiyakan oleh teman-teman kongkow dong. Apalagi buat kalian yang memang punya duit berlimpah untuk membeli produk dari brand ternama tersebut.

Namun kalau boleh aku sarankan nih, jika kita bisa mengeluarkan lebih banyak uang, kenapa tidak kita habiskan untuk mendukung produk buatan bangsa sendiri?

Fyi, sekarang ini sudah banyak UMKM yang menghasilkan produk-produk kece dan kualitasnya nggak kalah dengan produk internasional. Sayangnya nama mereka seringnya kurang pamor.

Bahkan tak sedikit yang berpendapat, buat apa bayar mahal untuk produk lokal. Padahal apa salahnya produk lokal dihargai lebih mahal?

Apalagi jika memang dibuat dengan sepenuh hati dan kualitasnya berkelas internasional, masa nggak boleh dibanderol dengan harga yang sesuai dengan kerja kerasnya?

5 Produk yang Bikin Bangga Buatan Indonesia

Nah, buat sahabat kongkow yang sedang mencari informasi produk-produk lokal dengan kualitas kelas wahid. Sini deh mendekat, aku punya 5 produk yang bakal bikin kalian bangga buatan Indonesia. Penasaran?
produk lokal kelas internasional

1. Emus Leather Bag Yogya

Emus adalah usaha kerajinan yang awalnya memperoduksi beragam model tas, baik untuk wanita dan pria. Bahan dasar untuk tas-tas yang diproduksinya adalah kulit sapi asli.

Emus menjadi sangat unik karena desainnya selalu berciri khas. Tak hanya itu setiap tasnya memiliki gantungan yang didesain khusus oleh seniman ternama Yogyakarta.

Emus biasanya memproduksi tas dalam jumlah yang terbatas. Saat ini selain tas kulit, Emus juga memproduksi beragam aksesoris, antara lain kalung, bros, anting, gelang dan sebagainya.

Semua buatan Emus diproduksi menggunakan tangan dan teknik jalin yang beda dari lainnya, elegan, tetapi tetap kekinian.

2. Batik Gama

Batik Gama atau lengkapnya Gajahmada, merupakan batik cap tulis khas Tulungagung, Jawa Timur.
Kain yang digunakan untuk memproduksi batik ini terbuat dari katun berkualitas terbaik.

Motif batik yang dihasilkan tidak hanya batik klasik, tetapi juga batik modern. Hal ini sengaja untuk mengikuti trend, tanpa menghilangkan gaya dan warna yang khas.

Sekali kita melirik batik produksi Gama, hati kita akan langsung jatuh cinta dan ingin segera mengenakannya setiap hari.

3. Dablongan Clothing

Jika Yogya punya Dagadu, dan Bali punya Joger, maka kaos khas Banyumas ya Dablongan Clothing.

Workshop clothing ini bertempat di Perum Grand Safira Blok E3, Dusun II, Karangsalam Kidul, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152.

Berdiri sejak 22 Juni 2018, Dablongan Clothing adalah salah satu pusat kerajinan dan oleh-oleh terbaik di Banyumas.

Kaos khas Banyumasan adalah salah satu produk yang paling banyak dicari. Selain warnanya yang beragam, desain gambar dan kata-katanya yang mBanyumas banget bikin kaos ini jadi semakin unik.

Nggak hanya kaos, di Dablongan Clothing kita bisa beli beragam aksesoris, seperti mug, sandal batik, sweater dan gantungan kunci.
umkm lokal kelas internasional

4. Joglo Ayu Tenan

Yogyakarta memang surganya kreativitas. Setelah tadi ada Emus Leather Bag, kini kita akan berkenalan dengan Joglo Ayu Tenan.

Sebuah tempat produksi perhiasan dan kerajinan buatan tangan yang sudah ada sejak 2015. Tempat ini selain sebagai zona produksi, juga ada beragam pelatihan yang digelar di dalamnya.

Tak hanya itu Joglo Ayu Tenan juga menjadi wadah berkumpulnya Asosiasi Pengrajin Perhiasan Yogyakarta.

Joglo Ayu Tenan berhasil menjadi tempat internship bagi banyak mahasiswa dari beragam Universitas, seperti Desain Produk Universitas Ciputra Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Institut Teknologi Nasional Bandung, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Jurusan Rekayasa Tekstil (Fakultas Teknik Kimia) dan manufacturing perhiasan (Fakultas Teknik Mesin) Universitas Islam Indonesia.

Rahayu Dwiastuti, founder Joglo Ayu Tenan yang juga merupakan penyintas autoimun Guillan Barre Syndrome (GBS) , mendedikasikan Joglo Ayu Tenan sebagai wadah untuk memberdayakan orang-orang berpenyakit kronis dan disabilitas.

Di balik misinya yang luar biasa, Joglo Ayu Tenan melahirkan produk perhiasan yang unik, Indonesia banget tapi tetap fashionable.

Buat teman-teman kongkow yang ingin main ke workshopnya, bisa mlipir ke Jalan Pogung Kidul No.31A, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

5. Organic Lombok

Organic Lombok Indonesia adalah salah satu pionir produsen skincare lokal terbaik di Lombok. Produk mereka terbuat dari bahan-bahan dengan formula yang terinspirasi dari alam, seperti Spirulina (Arthospira Plantesis), Rumput Laut dan bahan nabati Lombok.

Semua produknya memiliki khasiat untuk mengurangi jerawat, menghaluskan warna kulit dan menutrisi kulit. Semua bahan yang digunakan oleh Organic Lombok Indonesia berasal dari bahan baku berkualitas tinggi. ‘

Semua bahan tersebut diambil langsung dari para petani di Pulau Lombok, NTB. Organic Lombok Indonesia hadir dengan satu tujuan, yakni untuk membantu petani lokal di Pulau Lombok mendapatkan kesejahteraan mereka.

Semangat Organic Lombok adalah menciptakan dan membuat produk perawatan kulit yang dapat dipercaya dan diandalkan. Oleh karenanya, mereka memastikan bahwa setiap produk dibuat dari bahan herbal non adiktif yang telah disetujui oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Jika teman kongkow sedang jalan-jalan ke NTB, dan ingin melihat pabrik dari Organic Lombok, silakan bisa mampir ke Jalan Nuraksa No. 10, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kabar baiknya buat yang tinggal jauh dari kota-kota di mana produk-produk lokal ini berada, jangan bersedih!

Lima produk lokal yang bikin kita bangga buatan Indonesia tersebut bisa didapatkan di blibli. So, yang kece nggak harus selalu produk luar kan?

Produk bangsa sendiri jauh lebih kece, bisa membantu banyak orang pula. Jadi kapan nih bakal mulai bangga buatan Indonesia?
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Nah sekarang kecintaan akan produk Indonesia semakin berkurang, padahal penting banget untuk kita sendiri dan produknya lebih cocok dan bagus.

    ReplyDelete

Post a Comment