header marita’s palace

Memilih Jasa Pendaftaran Merek Dagang Terpercaya, Ini Lo Caranya

1 comment
Konten [Tampil]
jasa pendaftaran merek
Memilih jasa pendaftaran merek dagang tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak sampai salah pilih. Apalagi ini menyangkut kelangsungan bisnis, nggak mungkin dong teman kongkownya Marita’s Palace sembarangan menaruh percaya?

Pengertian Merek Dagang

Merek dagang adalah jenis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang terdiri dari tanda, desain, atau ekspresi yang dapat dikenali untuk mengidentifikasi produk atau layanan yang didistribusikan ke pasar.
Daftar merek dagang akan membuat suatu produk atau jasa menjadi unik dan berbeda dari bisnis sejenis lainnya, serta memudahkan pembeli atau pelanggan untuk mengenali produk tersebut.

Merek yang telah didaftarkan memiliki masa berlaku. Di Indonesia perlindungan merek berlaku selama 10 tahun sejak tanggal penyerahan.

Perlindungan merek dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Saat memulai bisnis pribadi, salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah pendaftaran merek dagang.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari akibat penggunaan merek yang sejenis. Mendaftarkan merek dagang biasanya tidak diperlukan jika kamu berkecimpung dalam bisnis waralaba.

Namun, jika kamu memulai bisnis dengan merek yang dikembangkan sendiri, maka wajib mendaftarkan merek dagangnya terlebih dahulu.

Sayangnya, tidak semua bisnis yang banyak kita temui secara online atau offline memiliki merek dagang. Alasannya karena pemilik usaha tidak memiliki dana yang cukup untuk mendaftarkan mereknya pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Padahal nih, jika kamu terlambat mendaftarkan merek dagang, bisa jadi merek tersebut digunakan oleh bisnis lain dan sudah terdaftar. 

Contoh kasus yang sedang panas di Amerika sono, tentang nama Meta yang sudah diperkenalkan oleh Mark Zuckerberg sebagai perusahaan induk bagi Facebook dan kawan-kawannya.

Usut punya usut nih, nama tersebut sudah digunakan oleh sebuah perusahaan startup kecil di Amerika Serikat bernama Meta PC. Info yang kubaca lewat situs Ubergizmo, perusahaan tersebut telah mulai menjual produk sejak November 2020.

Sementara Facebook baru mengajukan merk dagang atas nama Meta pada 28 Oktober 2021. Katanya sih pengajuan atas nama itu belum dapat persetujuan.

Denger-denger, pemilik Meta PC rela menyerahkan nama tersebut kepada Mark Zuckerberg jika ia membayar sebesar USD20juta, atau setara Rp286,4 miliar!

Hmm, kira-kira Facebook mau merogoh kocek sedalam itu atau bakal bertempur di pengadilan ya? Kita tunggu saja info selanjutnya.

Belajar dari kasus di atas, sebagai pemilik bisnis kamu nggak bisa nih menyepelekan pendaftaran merek dagang. Telat sehari saja, kamu nggak bakal bisa meminta merek itu kembali, meskipun kamu yang menggunakannya lebih dulu.

Karena itu, jangan tunda lagi pendaftaran merek ke DJKI. Pendaftaran merek sebenarnya dapat dilakukan oleh perseorangan dan badan hukum seperti PT, CV atau firma.

Untuk mendaftarkan merek dagangmu bisa dilakukan melalui Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia di daerah masing-masing. Buat yang malas ribet, kalian bisa menggunakan jasa pendaftaran merek.

Setelah memilih dan menemukan jasa pendaftaran merek yang bisa dipercaya. Kamu tinggal datang saja ke kantor konsultan HKI yang terdaftar.

Cara Memilih Jasa Pendaftaran Merek Dagang

Pastinya sudah nggak sabar kan pengen tahu bagaimana memilih jasa pendaftaran merek dagang? Jadi nih, hal terpenting dalam proses penggunaan layanan pendaftaran merek adalah kamu perlu memperhatikan konsultan HKI yang kamu pilih dalam proses pendaftaran. Caranya:
cara memilih jasa pendaftaran merek
  • Pastikan layanan pendaftaran merek yang dipilih adalah konsultan HKI terdaftar
  • Cek nama konsultan tersebut di website DJKI
  • Buka informasi e-HAKI yang di dalamnya terdapat data nama Konsultan HKI. Adakah nama konsultan yang menawari jasa pendaftaran merek tersebut?
  • Jika nama konsultan itu benar-benar ada, hal selanjutnya adalah jangan tergiur iming-iming janji pasti akan berhasil.
  • Pemberi layanan pendaftaran merek yang profesional nggak memberikan janji bahwa proses akan berlangsung cepat. Biasanya mereka hanya akan menginformasikan perkiraan waktu yang dibutuhkan.
Proses pendaftaran merek membutuhkan pemeriksaan yang cukup lama. Prosesnya tidak instan. Merek dagang kamu akan keluar dalam 2 tahun sejak proses pendaftaran. Bahkan untuk mendapatkan struk pendaftaran saja membutuhkan waktu setidaknya 2 hari.

Cara Pendaftaran Merek Dagang

Banyak berseliweran tentang informasi harga pendaftaran merek yang murah. Namun kebanyakan informasi tersebut datang dari pihak-pihak yang nggak bertanggungjawab.

Nantinya bisa jadi saat kamu minta kejelasan proses pendaftaran sampai mana, pemberi jasa pendaftaran merek malah nggak tahu prosesnya. So, hati-hati aja deh.

Biar kamu punya sedikit bayangan, berikut adalah proses yang dilakukan oleh layanan pendaftaran merek:
cara pendaftaran merek dagang

1. Telusuri Merek Dagang

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika ingin mendaftarkan merek dagang adalah dengan mencari merek tersebut di mesin pencari Google. Bisa juga dengan menanyakan langsung kepada pihak terkait.

Jangan sampai kasus Facebook terulang deh. Kamu harus benar-benar riset apakah nama yang pengen dipakai bener-bener belum ada yang menggunakan.

Pencarian merek dilakukan untuk menghindari penolakan dari DJKI saat mendaftarkan merek. Kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang merek dagang melalui email ke website dgip.go.id.

2. Siapkan Persyaratan Pengajuan Aplikasi

Setelah mencari merek dagang, kamu perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut digunakan saat mengajukan aplikasi pendaftaran merek dagang ke DJKI.

3. Ujian Formal dan Substantif

Langkah daftar merek dagang selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan formalitas. Yaitu pemeriksaan kelengkapan persyaratan pendaftaran merek tertentu.

Jika salah satu persyaratan tidak lengkap, kamu akan diminta untuk melengkapinya dalam waktu 2 bulan setelah menerima surat permintaan pertama.

Memang sih ya kalau membayangkan prosesnya terasa ribet dan panjang. Aku pun kalau di posisi itu bakal cari layanan pendaftaran merek sih.

That's why penting banget buat kita untuk memilih jasa pendaftaran merek yang terpercaya. Jangan mudah tergiur proses yang cepat dan harga murah! So, sampai jumpa di celoteh Marita’s Palace selanjutnya ya. Semoga bermanfaat.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Nah penting banget nih untuk yang sedang berbisnis pasti membutuhkan merek, tetapi kebanyakan ribet mengurus ini :)

    ReplyDelete

Post a Comment