header marita’s palace

Perjalanan Menemukan Bimbel Online Terbaik untuk Murid yang Menjalani Program Paket A

19 comments
Konten [Tampil]
bimbel online terbaik
Apa kabarnya teman kongkow? Saat ini aku sedang happy karena akhirnya drama mencari bimbel online terbaik untuk anak sudah terlewati. Mau tahu bagaimana cerita serunya?
Mendekati ujian semesteran, aku sedang dibuat pusing keliling karena sebentar lagi bakal disodori dengan banyak soal yang dibawa ke rumah.

Memang sih saat ini sekolah anak sudah masuk offline setiap hari. Alhamdulillah sudah banyak berkurang kerempongan yang harus dihadapi. Nggak perlu lagi ada drama anaknya manyun karena harus setoran hafalan via Zoom atau video call.

Maklum anakku tuh tipenya introvert, lebih nyaman jika bertatap muka secara langsung daripada harus ngobrol lewat audio ataupun video. Sealiran sama bundanya sih kalau ini, hehe.

Nah, sejak tahun ajaran ini, anakku sudah setingkat dengan kelas 4 SD (Sekolah Dasar) umum. Artinya dia harus mulai mempersiapkan pelajaran sesuai kurikulum nasional, selain mata pelajaran wajib yang ada di sekolah.

Dengan kata lain, mulai tahun ini si kakak sudah mulai aktif mengikuti Program Paket A. Sebuah program belajar kesetaraan untuk tingkat SD.

Kenapa Anak Menjalani Program Paket A?

For your information, sekolah anakku tidak berada di bawah Dinas Pendidikan. Konsepnya semi homeschooling gitu deh.

Mata pelajaran yang ada disesuaikan dengan kurikulum yang ada di sekolah. Tetap ada mata pelajaran seperti Baca Tulis (Bahasa Indonesia), Berhitung (Matematika), Sains (IPA) dan Sosial (IPS).

Namun pelajaran-pelajaran tersebut dimodifikasi dan disesuaikan dengan kurikulum sekolah yang basic-nya berdasarkan Al Quran dan Hadits.

Nah, karena nggak di bawah dinas pendidikan, otomatis saat lulus sekolah nantinya si anak tidak akan mendapat ijazah yang dikeluarkan oleh negara.

Bagi orang tua yang menginginkan anaknya mendapat ijazah SD, maka harus mendaftarkan ke Program Paket A.

Beruntung sekolah memfasilitasi proses pendaftarannya, jadi aku nggak perlu pusing cari penyelenggara Program Paket A sendiri.
mendampingi anak belajar online
Tahun-tahun sebelumnya aku agak santai karena mata pelajaran wajib yang ada di sekolah anak cuma ada dua. Sekarang tiba-tiba harus mendampingi anak banyak mata pelajaran, rasanya seperti kembali ke masa-masa kerja di sebuah bimbingan belajar.

Bedanya yang dihadapi anak sendiri nih. Harusnya secara teori lebih mudah ya, karena ini anak sendiri, sudah tahu bagaimana karakter dan kesukaannya.

Namun nyatanya nggak juga. Mengajari anak sendiri justru jadi PR besar karena ada saja momen adu mulut.

Belum lagi kalau si anak merajuk dan banyak mengajukan negosiasi. Kebetulan juga sifatku dan anak sulung itu 11-12, jadi malah sering bentrok, wkwk.

Puncaknya beberapa waktu lalu, saat anak pulang sekolah, ia membawa setumpuk soal yang harus dikerjakan. Aku terperanjat dong.

Aku pikir tuh kalau ikut Program Paket A nanti bakal ada terlebih sesi belajar tatap muka dulu, atau setidaknya disediakan modul pembelajaran. Jadi kan orang tua bisa membaca materinya terlebih dahulu baru disampaikan ke anak.

La ini mak bedhundug (tiba-tiba), ada soal datang dan harus dikerjakan dalam jangka waktu sepekan.

Setelah membaca soalnya sih, alhamdulillah aku masih ingat beberapa materinya. Walau beberapa di antaranya harus tanya dulu ke Mbah Google sih, hehe.

Persoalannya adalah bagaimana caranya membuat anak paham dengan materi-materi yang ada di soal. Sementara anakku sama sekali belum pernah bersinggungan dengan mata pelajaran yang ada di Kurikulum Nasional.

Saat pertama kali si kakak menerima soal-soal tersebut, respon dia cuma geleng-geleng sambil berkata, “Aku nggak tahu maksudnya semua ini, Bun.”

Aku cuma bisa melas menatapnya. Dari semua mata pelajaran yang soalnya dibagikan, anak sulung cuma bisa mengerjakan Agama, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Dari sinilah aku kemudian terpikir untuk mencari bimbingan belajar online untuk membantu dia memahami pelajaran yang ada di kurikulum nasional.

Kenapa Harus Mencari Les Online?

Mungkin sahabat kongkow bertanya-tanya kenapa harus mencari les online, bukannya aku bekerja dari rumah, masa nggak bisa mengajari sendiri.

Apalagi aku pernah punya pengalaman bekerja di sebuah bimbingan belajar juga, haarusnya lebih mudah dong membimbing anak.

Wokay deh, aku akan jabarkan alasan kenapa mencari les online.
alasan ikut les online
Pertama, aku memang bekerja dari rumah, hanya saja mulai bulan ini aku memutuskan untuk bekerja secara full time pada sebuah media. Hal ini tentu saja berpengaruh pada kesibukanku di rumah.

Kedua, aku memang pernah bekerja di bimbel, tapi zaman dulu kala. Sekarang aku tak lagi update dengan kurikulum terbaru. Sedangkan dari Program Paket A, aku juga nggak mendapat info sama sekali terkait kisi-kisi atau modul pelajaran.

Ketiga, aku butuh partner untuk mendampingi anak belajar sekaligus teman ngobrol tentang prestasi dan pencapaian anak. Jadi aku tahu sudah seberapa jauh anak belajar, materi mana yang belum dipahami anak dan harus diulang lagi saat belajar denganku, dsb.

Keempat, percayakan saja pada ahlinya. Memang katanya seorang ibu itu harus cerdas dan berwawasan luas, tetapi aku juga percaya bahwa memercayakan pendidikan anak pada ahlinya jauh lebih nampak hasilnya.

Bukan aku mau lepas tangan, aku tetap manajer pendidikan di dalam keluarga, tetapi manajer juga boleh cari asisten kan? Apalagi kalau asistennya staf ahli, manajer bisa sedikit selonjoran dan tinggal tambal sulam yang kurang saja, hehe.

Aku kira alasan-alasan di atas sudah cukup untuk menguatkan niat dalam mencari bimbingan belajar online terbaik.

Namun masalah kemudian kembali datang. Sejak pandemi bergulir di Indonesia, bimbingan belajar online tuh semakin menjamur.

Di sana sini promosi les online ini dan itu makin banyak. Jadi aku harus pilih yang mana dong?

Kemudian aku mulai menelusuri satu per satu media sosial dan website official dari banyak bimbingan belajar online. Aku juga melakukan wawancara teman-teman yang anaknya sudah belajar di bimbel online.

Akhirnya aku menemukan bimbel online terbaik!

Senangnya Bertemu dengan Bimbel Online Terbaik

Pasti temen kongkow penasaran ya bimbingan belajar online terbaik itu yang mana? Apakah yang A, B, C, D atau Z?

Saking banyaknya ya tempat les online sekarang ini, sahabat kongkow yang sedang mencari partner belajar untuk anaknya juga puyeng kan menentukan mana bimbingan belajar online terbaik?

Nah, karena aku sudah menemukan bimbingan online yang sesuai dengan harapan, aku akan spill deh bimbel online terbaik menuruku tuh yang mana.

Sudah siap untuk mendengar pengumuman penting ini?

1... 2.. 3… SINOTIF INDONESIA!
sinotif les online terbaik
Yup, itulah bimbingan belajar online yang kupilih sebagai partner mendampingi anak belajar. Mau tahu alasannya?

Berkenalan dengan Sinotif Indonesia

Adakah yang baru mendengar nama Sinotif Indonesia? Tosss, aku juga kok.

Pasti pertanyaan selanjutnya dari kalian akan berkisar pada hal ini kan, pals?

Kalau memang baru mendengar namanya kenapa saya bisa langsung percaya bahwa Sinotif adalah bimbel online yang tepat untuk mendampingi sesi belajar anak?

Wokay, saatnya aku beberkan info berikut ini. Sinotif sudah berpengalaman selama kurang lebih 20 tahun di bidang bimbingan belajar.

Didirikan oleh Hindra Gunawan dan Anthonyus Kuswanto, Sinotif Indonesia sudah berdiri sejak 2000. Lama kan?

Aku sih yakin dengan pentingnya 10 ribu jam sebelum menjadi ahli tertentu. Jadi kalau ada bimbel yang pengalamannya sudah puluhan tahun, lalu banyak bekerja sama dengan sekolah-sekolah elit seperti Al Azhar, Penabur, Kinderfield, Jubile, dan lainnya, masa aku harus lirik-lirik ke sebelah?
alasan memilih sinotif
Selama 20 tahun berkecimpung di dunia bimbel, Sinotif sudah membantu lebih dari 10 ribu siswa. Sejak pandemi, Sinotif Indonesia juga melebarkan sayap ke arah home learning untuk mengembangkan bimbingan belajar online.

Apalagi nih les online yang satu ini punya Sinotif Learning Method yang beda dari bimbel lainnya. Mau tahu apa itu?
  • Specialized - Sinotif Indonesia merupakan les online spesialis eksakta, terutama Matematika, Kimia dan Fisika. Meski begitu mereka juga bisa membantu pelajaran lainnya.
  • Systemized - Sinotif memiliki modul yang sistematis dan mudah dipahami oleh siswa.
  • Personalized - Sinotif memberlakukan sistem tepat siswa, tepat materi, tepat sekolah dan tepat waktu. Berkaitan dengan disiplin pada jam belajar dan materi yang dibutuhkan siswa.
  • Limitless - Menyediakan fasilitas 24 jam yang terhubung pada website learning seratusinstitute.com dan aplikasi berbasis Android bernama Tanya Jawab Soal. Menariknya, semua penjelasan dari guru disampaikan secara live interaktif lewat Zoom, bukan video yang sudah direkam sebelumnya.
Dengan 4 hal di atas apakah cukup menjawab rasa penasaran teman-teman kongkow kenapa menurutku Sinotif adalah bimbel online paling oke?

Keunggulan Sinotif Dibandingkan Les Online Lainnya

Jika penjabaranku mengenai Sinotif Learning Method belum cukup memuaskan, maka kini aku akan berikan informasi lebih lengkap terkait keunggulan Sinotif Indonesia dibanding bimbingan belajar online lainnya.
keunggulan sinotif

1. Modul Soal Lengkap

Sinotif menyediakan modul soal super lengkap. Disebut dengan modul 7 lapis, maksudnya modul ini memiliki tingkat kesulitan yang berlapis.

Siswa bisa mengerjakan soal-soal yang dibutuhkan terlebih dahulu. Jumlah soal pun tidak terbatas.

2. Belajar 3 Pelajaran Sekaligus dengan Sistem Moving Class

Pelajaran zaman now memang padat ya. Untuk mengakomodasi hal ini, Sinotif memperbolehkan muridnya belajar tiga pelajaran sekaligus dalam satu sesi.

Siswa boleh pindah ke pelajaran selanjutnya saat dibutuhkan. Waktunya bisa disesuaikan sendiri dengan kebutuhan anak.

3. Sistem Semi Privat dengan Personal Approach dan Menekankan Learning Process

Sinotif Indonesia tidak hanya ingin menjejali siswanya dengan latihan soal dan cara cepat mengerjakannya. Guru-guru di bimbel online terbaik ini lebih menekankan pada proses belajar.

Siswa diajak ngobrol dari hati ke hati terkait target dan pencapaian yang telah diraih, dan mencari metode belajar paling tepat untuk setiap anak. Bisa jadi kan siswa A lebih cocok dengan gaya auditory sedangkan siswa B cocoknya dengan teknik visual?

Selain menyesuaikan karakter siswanya, Sinotif juga memperhatikan asal sekolah, materi yang sedang dipelajari dan event apa yang sedang berlangsung.

Sinotif Indonesia berusaha untuk menyesuaikan kebutuhan setiap siswanya. Oleh karenanya, les online yang satu ini menyediakan fasilitas semi privat dan privat bagi yang membutuhkan.
sinotif bimbel online matematika terbaik

4. Sinotif Online

Dengan pengalamannya dalam mengembangkan bimbingan belajar selama 20 tahun, Sinotif Indonesia sangat lihai mengemas pembelajaran dalam bentuk video yang menarik.

Maka jangan khawatir terhadap pembelajaran Sinotif Online. Selain dilengkapi dengan video pembelajaran, Sinotif Online juga menyediakan sesi belajar live interaktif, mengerjakan soal dan ulangan yang nilainya bisa langsung diketahui.

Sinotif Online ini dikemas dalam website e-learning yang kece dan bisa diakses di seratusinstitute.com.

5. Guru-guru Tetap dengan Standar Tinggi

Perbedaan paling mendasar dari Sinotif dengan bimbel online lainnya yaitu Sinotif hanya memperkerjakan guru-guru tetap. Kalau di bimbingan belajar lain mungkin banyak ditemukan guru-guru freelance, atau masih belum lulus kuliah.

Kita nggak akan menemukan hal tersebut. Sinotif hanya merekrut sarjana untuk menjadi gurunya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas materi dan teknik pengajaran. Keren ya?

6. Komunikasi Berkala ke Orang Tua untuk Perkembangan Belajar Anak

Tidak sekadar memberikan pengajaran, Sinotif Indonesia juga teman ngobrol yang asyik tentang progress belajar anak. Seperti yang aku sampaikan di awal bahwa aku mencari partner untuk membersamai pendidikan anak.

Partner yang enak diajak ngobrol dan bertukar pendapat. Alhamdulillah saya temukan pada Sinotif.

Setiap kali anak baru selesai sesi belajar, pihak dari Sinotif akan langsung mengirimkan informasi perkembangan belajar harian. Jadi orang tua tahu anaknya sudah belajar sampai mana dan apa saja yang harus ditingkatkan.

Lalu ada sesi Smol Tok antara Customer Service dengan siswa untuk membicarakan perasaan siswa selama belajar di Sinotif.

Tak hanya itu setiap tiga bulan sekali, Sinotif akan memberikan review perkembangan belajar anak. Hal ini penting agar orang tua bisa memantau apakah anaknya selama ini mengerjakan tugas-tugasnya, mengikuti kelas dengan baik atau tidak.
les online di sinotif Indonesia

7. Garansi Nilai Meningkat

Sinotif memiliki program “Garansi Nilai Meningkat atau Uang Anda Kembali.” Dengan memberikan jaminan seperti ini, aku rasa keseriusan Sinotif Indonesia dalam menyelenggarakan bimbingan belajar online tentu benar-benar bisa dipercaya.

Jadi dengan tujuh keunggulan di atas, apakah sahabat kongkow sekarang sudah setuju kenapa aku menganugerahkan award bimbel online terbaik kepada Sinotif Indonesia?

Nah, buat teman-temanku para ibu yang mulai tertarik dengan programnya Sinotif, boleh nih dikepoin beberapa pilihan kelasnya:
  • Sinotif Premier Silver - mempelajari pelajaran yang ada di kurikulum nasional, mendapat 24 jam fasilitas, bebas untuk tanya PR, mendapat report progress, ada kelompok belajar dan diskusi, bebas akses Sinotif Online di seratusinstitute.com dan aplikasi Tanya Jawab Soal.
  • Sinotif Premier Gold - dalam satu kelas terdiri dari satu tingkatan berisi 6-15 siswa, bebas akses Sinotif Online dan aplikasi Tanya Jawab Soal, seminggu dua kali pertemuan.
  • Sinotif Premier Platinum - mengusung sistem semi private, dalam satu kelas hanya terdiri 3 -5 siswa, siswa bisa request sesi belajar live interaktif dengan guru, jadwal belajar seminggu dua kali pertemuan bisa memilih dari yang disediakan Sinotif.
  • Sinotif Premier Diamond - sistem private dengan satu guru satu siswa, jika ambil kelas dengan jangka waktu 12 bulan, kita akan mendapat beberapa benefit seperti; tanpa risiko hilang uang, tanpa placement test, tanpa perlu biaya tambahan, dan jika tidak cocok uang kembali.
Masih bingung menentukan mana kelas yang akan dipilih? Tenang saja, sahabat kongkow bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan customer service yang super ramah.

Sinotif Indonesia bisa dihubungi dan dipantau lewat akun media sosial berikut ini;

Sinotif Indonesia

Jl. Danau Sunter Utara, Blok B1B, No.2-3, Sunter Agung, Jakarta Utara, 14350
Telepon: 0812-6852-8100
Website: www.sinotif.com
Fanpage: Sinotif Official
Instagram: @Sinotif.Official
Twitter: @SinotifOfficial
YouTube Channel: Sinotif Official

Kini aku sudah terlepas dari drama mencari bimbel online terbaik setelah menemukan Sinotif Indonesia. Semoga teman kongkow yang masih harus berjibaku dalam drama serupa, kini bisa mendapat secercah harapan ya. Terus semangat mendampingi anak-anak belajar.***
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

19 comments

  1. Istilah moving class membuat ku jadi mengingat semasa ngajar dulu emang bikin anak2 makin bersemangat lho hehehe



    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinotif, les online yang keren. Baru tahu ada ini. :)

      Delete
  2. Wah jaminan garansi nilai meningkat ini bikin semangat belajar buat anak-anak dan orangtua juga nyaman melihat anaknya belajar bimbel ini

    ReplyDelete
  3. kapan hari baca ulasan tentang sinotif juga mba.. jujur aja aku baru tau. ternyata memang spesialisasi untuk moving class ya.. jadi kurikulum dan gaya belajar pun bisa disesuaikan.

    ReplyDelete
  4. Sinotif bisa jadi alternatif pembelajaran anak saat banyaknya bermunculan bimbingan belajar pesaing yang sama ya...
    Anak akan semakin termotivasi belajar kalau gurunya orang lain. Kalau orang tua sendiri, pepatah di kampung saya istilahnya kaliwat nyaah. Bisa saja pelajaran jadi ga masuk (diterima)

    ReplyDelete
  5. Kebetulan keponakanku ini juga kejar paket A mbaa nanti karena dia homeschooling, bisa nih ya misal ikutan sinotif biar ada alternatif pembelajarannya

    ReplyDelete
  6. wahh ternyata sekolah yang semi home schooling gitu ga akan dapet ijazah sekolah ya, aku baru tau, kalau mau lanjut ke SMP Negeri berarti mau g mau ya harus ambil paket A ya mba? Untung ada bimbel sinotif ya buat tambahan pendampingan belajar anak sekarang

    ReplyDelete
  7. Jujur saya baru tau tentang Sinotif ini mbak, dan dengan bimbel online seperti ini bakal bikin anak lebih semangat belajar dan orang tua juga tenang

    ReplyDelete
  8. Pas banget saya lagi nyari bimbel online untuk anak-anak. Kalau baca review Mbak Marita ini kayanya bakal cocok sih. Apalagi materinya personalized juga ya.

    ReplyDelete
  9. wah makin banyak aja ya platform bimbel online ini. inget jaman dulu pulang bimbel suka susah dapet angkot wkwkwk. eh tapi aku penasaran deh mbak, kalau sekolah semi homeschooling gitu tuh biayanya kira-kira lebih dari sekolah biasa atau justru lebih murah kak?

    ReplyDelete
  10. Lhaa bener banget sik kalau introvert harus video call atau zoom malah bikin keringat dingi. Aslik!
    Tapi enak yah Sinotif, ada sesi Smol Tok antara Customer Service dengan siswa yang bisa tahu gimana perasaan siswa dan ada pemantauan perkembangan belajar ya.

    ReplyDelete
  11. Kalau sekolah seminggu homeschooling, anak lebih bebas ya Mbak. Ga yang dibreki belasan mata pelajaran.
    Kayak aku nih, ya ampun, sering tanpa sengaja marah ke anak saat nyinauni. Mending dikursusin aja ya

    ReplyDelete
  12. Ada garansi uang kembali jika nilai tidak meningkat, yaa? Wahh, baru dengar ada jaminan dari bimbel online begini. Orangtua jadi lebih tenang jadinya, yaa

    ReplyDelete
  13. menarik juga semakin banyak bimbel online yang dapat membantu proses belajar anak, aku mau kepoin lebih lanjut ah

    ReplyDelete
  14. Sinotif ini memang bagus mbak
    Pengalaman selama 20 tahun sebagai bimbel online eksakta terbaik

    ReplyDelete
  15. Konsep sekolahnya bagus sekali kak.
    Jadi sebagai orangtua juga turut andil dalam pengajaran anak dan bersama Sinotif, anak diharapkan bisa semakin bersinar dengan "cara" dan metode pembelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  16. wah baru tahu, ternyata seperti itu ya pembelajaran di paket A, jadi teringat pernah ngajar privat siswa home schooling yang sistemnya mirip seperti itu :D

    ReplyDelete
  17. MasyaAllah ya ada sinotif yang membantu banget bagi anak-anak yang mau belajar online dengan bimbel sekarang. Menyenangkan turut hepi mau share ke keponakan juga biar ikutan

    ReplyDelete
  18. Wah, sama kaya temennya anak saya, semi homeschooling gitu... Tapi dia mah baru keluar sekolah formal pas awal pandemi kemarin...
    Ikut senang udah menemukan sinotif, bimbel online terbaik...

    ReplyDelete

Post a Comment