header marita’s palace

Review HACKTIVKIDZ, Les Coding Anak Seru dan Menyenangkan

48 comments
Konten [Tampil]
review hacktivkidz les coding anak seru dan menyenangkan
Review HACKTIVKIDZ ini kutuliskan sebagai ungkapan kegembiraanku menemukan les coding anak yang seru dan bikin ketagihan.

Menemukan sekolah coding anak adalah salah satu target yang kubuat sebagai orang tua dalam mendampingi mereka untuk menemukan bakat, minat dan passion, terutama si anak sulung yang sudah berusia 10 tahun.

Apalagi saat dia mulai tertarik bermain game online dan mulai penasaran gimana sih caranya bikin game yang menantang. Kayanya sudah saatnya diarahkan agar bisa menjadi kreator dan bukan sebagai pengguna saja.

Pengertian Coding

Istilah coding bukanlah hal yang asing di rumah kami. Ayahnya anak-anak adalah seorang programmer di sebuah rumah sakit milik pemerintah.

Nggak jarang anak-anak melihat ayahnya menatap layar laptop berjam-jam demi menyelesaikan sebuah aplikasi. Kakak Ifa juga sudah mulai penasaran dengan pekerjaan ayahnya sejak setahunan ini.

Ia mulai bertanya-tanya apa itu coding dan segala hal yang terkait dengan kegiatan tersebut. Btw, adakah yang masih belum paham dengan pengertian coding?
Coding adalah cara memberikan perintah kepada komputer untuk menjalankan tugas dengan menggunakan bahasa pemrograman. Dengan coding, kita dapat membuat sesuatu aplikasi, game, animasi, atau bahkan menggerakkan robot.
Sebelum mengikutkan si kakak belajar coding di sebuah tempat kursus, aku dan suami sudah sepakat untuk mengajarkan dasar-dasar coding sebelumnya.

Jangan dibayangkan anak akan langsung diajarkan ngulik kode ya, pals. Dasar-dasar coding yang dimaksud di sini yaitu mengajarkan tentang konsep dan alur berpikir.
belajar coding untuk anak secara online
Aku terbantu dengan sebuah buku aktivitas yang mengenalkan basic coding, seperti algorithm, sequences, looping, decomposition, branching dan debugging.

Bahkan saat buku coding untuk anak itu tiba pertama kali di rumah, si kakak sampai nggak mau diajak tidur karena saking penasaran dengan aktivitas-aktivitas yang ada di buku tersebut.

Setelah tuntas belajar coding untuk anak tanpa menatap layar dan si kakak makin tertarik dengan permainan logika, kupikir sudah saatnya dia praktik secara nyata.

Hasil obrolanku dengan si ayah menjurus pada sebuah keputusan untuk mencari kursus coding untuk anak. Apalagi setelah mendampingi anak menyelesaikan misi-misi di buku Unplugged Coding Games, kami makin paham manfaat belajar coding untuk anak.

Manfaat Belajar Coding untuk Anak

Dengan mempelajari coding, anak-anak bisa mendapat manfaat berikut ini:
  • Mampu Berpikir Logika – Belajar coding sama saja dengan belajar alur. Anak jadi terlatih untuk menajamkan logika dan berpikir secara kritis dan dinamis.
  • Menumbuhkan Kreativitas Anak – Coding mampu mengoptimalkan kreativitas anak sehingga mereka tidak hanya sebagai pengguna dan konsumen, tapi juga dilatih sebagai pembuat.
  • Membantu Anak Berinovasi – Mengulik kode akan membuat anak mampu melahirkan inovasi yang berbeda dari waktu ke waktu.
  • Menjadikan Anak Problem Solver – Dalam proses belajar, mereka akan ketemu masalah dan kesalahan, di sini mereka ditantang untuk sabar hingga mampu mendapat solusi terbaik.
  • Bahasa Pokok Masa Depan – Teknologi terus berkembang, artinya bahasa pemrograman menjadi hal yang banyak dicari ke depannya. Peluang untuk bekerja dan berkarya terbuka lebar.
  • Skill Jangka Panjang – Mau memilih profesi apapun, coding adalah sesuatu yang nggak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah skill yang wajib dimiliki anak zaman now untuk bisa bertahan hidup dengan baik.
Setelah mengetahui manfaat belajar coding untuk anak, PR selanjutnya adalah menemukan tempat belajar coding untuk anak SD-SMP yang recommended.
manfaat belajar coding untuk anak di hacktivkidz
Akhirnya setelah tanya sana-sini, membaca testimoni A sampai Z, ketemulah aku dengan HACKTIVKIDZ. Kenapa memutuskan memilih HACKTIVKIDZ sebagai tempat belajar coding untuk anak?

Jawabannya kujabarkan di bawah, cuzz lanjut baca aja, pals.

Mengapa Les Coding Anak di HACKTIVKIDZ?

HACKTIVKIDZ dibuat oleh Hacktiv8, yaitu coding bootcamp pertama di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR).

Tempat pelatihan coding ini telah berdiri sejak 2018. Lulusan dari Hacktiv8 sudah banyak yang direkrut oleh perusahaan-perusahaan besar lo.

Selain menyelenggarakan aneka coding bootcamp, Hacktiv8 juga menyediakan beberapa kursus, seperti Phyton for Data Science, Android with Java Native, Web Developer Program, Web Services with Golang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Asing dengan istilah-istilah di atas? Jangan merasa sedih, aku pun kalau nggak menikahi programmer, juga keknya nggak bakalan tahu sama nama-nama itu deh, wkwk.

Menyadari bahwa skill coding akan terus dibutuhkan di masa mendatang, coding bootcamp pertama di Asia ini membuat HACKTIVKIDZ sebagai salah satu lininya.

HACKTIVKIDZ adalah tempat untuk mengenalkan keterampilan coding pada anak dengan konsep PictoBlox. Cara ini memungkinkan anak-anak untuk membuat program sendiri dengan animasi.

Jika ditanya alasannya dengan lebih detail, aku kira lima hal ini yang mendasari keputusanku memilih HACKTIVKIDZ sebagai tempat les coding anak:
sekolah coding anak SD - SMP

1. Hacktiv8 Terdaftar di CIRR

Jika bukan karena HACKTIVKIDZ dibuat Hacktiv8 yang telah terdaftar di CIRR, mungkin aku nggak akan sengotot ini menyatakannya sebagai tempat belajar coding untuk anak terbaik.

Fyi, CIRR adalah standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya tentang pentingnya transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada siswa.

Transparansi menjadi hal yang sangat penting karena artinya sekolah coding anak ini menempatkan kualitas di atas segala-galanya.

2. Kelas Imajinatif

Seminggu lalu, tepatnya hari Jumat, 3 Desember 2021, si kakak mengikuti trial class gratis dari HACKTIVKIDZ. Karena ikut mendampingi, aku jadi punya gambaran bakal seperti apa sesi kelas nantinya.

Anak-anak diajak untuk memaksimalkan imajinasi mereka yang kemudian dituangkan dalam bentuk game sederhana. Meski mendapat arahan yang sama dari instruktur, game yang dihasilkan oleh peserta trial bisa berbeda-beda lo.

Hal ini dikarenakan imajinasi masing-masing anak yang tak sama.

Aku ingat saat itu para peserta diminta untuk membuat game Melawan Covid-19. Mereka harus bisa menyusun algoritma agar sprite/ karakter berbentuk suntikan mampu bergerak ke kanan, kiri, atas dan bawah untuk menusuk karakter virus. Point game tersebut didapat setiap kali suntikan menusuk si virus.

Untuk menghasilkan algoritma game sederhana ini, anak harus bisa memainkan imajinasinya dengan baik.

3. Instruktur Seru

Memfasilitasi imajinasi anak-anak yang berbeda-beda lewat online bukanlah hal yang mudah. Kuacungi jempol deh buat instrukturnya.

Oleh karenanya untuk mengikuti kursus coding untuk anak HACKTIVKIDZ, anak-anak diharuskan untuk membuka kameranya. Hal ini agar instruktur mampu melihat ekspresi dan berkomunikasi secara aktif kepada para peserta.

Dari pembawaan instruktur, terlihat kalau dia senang bermain dengan anak-anak. Tak hanya itu, instruktur juga dipilih dari pengalamannya sebagai programmer hingga mengajar training, workshop, webinar, dan online course.

Para instruktur di kelas coding ini sangat senang bisa membantu para orang tua dalam menemukan potensi dan bakat anak-anak.

4. Pelajaran Menarik

Sejak membaca kurikulum yang disusun oleh tempat kursus coding anak ini, aku sudah langsung tertarik dan yakin kalau HACKTIVKIDZ adalah pilihan paling tepat.

Apalagi karena menjunjung tinggi transparansi dalam proses belajar, info mengenai syllabus pun bisa dengan mudah didapatkan lewat website official mereka. Sebagai orangtua, hal ini sangat membantu karena bisa mendapat gambaran awal seperti apa kelas akan berlangsung.

Saat mendampingi si kakak mengikuti trial class, aku pun jadi tertarik untuk mengulik PictoBlox. Berandai-andai kenapa zaman aku kecil belum ada kelas begini, wkwk.

5. Belajar Sambil Bermain

Selama sesi trial class, si kakak terlihat sangat enjoy dan happy. Ia tak terlihat seperti sedang mengikuti sebuah kursus coding.

Padahal awalnya dia ragu-ragu bisa mengikuti materinya. Ternyata karena disampaikan dengan fun dan diselingi dengan permainan-permainan, 90 menit pun terasa sebentar.

Membaca lima alasan di atas apakah juga membuat teman kongkow tertarik untuk mengikutkan anak les coding di HACKTIVKIDZ?

Kurikulum Sekolah Coding Anak HACKTIVKIDZ

Jika masih terbersit keraguan di hati sohib kongkow, sini kuajak kalian untuk mengenal lebih dalam kurikulum yang disajikan oleh les coding anak online ini.

Ada tiga pilihan kelas yang tersedia, yaitu Animation, Art dan Games. Animation terdiri dari 12 sesi, sementara Art dan Games memiliki 8 sesi.

Setiap sesinya berdurasi 90 menit digelar 2 kali dalam sepekan. Berikut ini informasi jadwal dan biayanya:
biaya kursus coding untuk anak di hacktivkidz

1. Animation

Adapun materi yang dipelajari pada kelas animasi, antara lain:
  • Belajar block coding dengan animasi
  • Pengenalan coding dasar
  • Membuat animasi dengan aplikasi Pictoblox
  • Memberikan efek suara pada animasi
Di akhir kelas diharapkan anak telah bisa membuat program animasi dengan storytelling dan membuat mini games 1 player. Seru nggak tuh?

Nggak hanya belajar bikin animasi dan game, anak juga akan dilatih keberaniannya dalam mempresentasikan hasil karyanya lo.

2. Art

Kelas ini cocok buat anak-anak yang lebih tertarik pada desain. Mereka akan mendapat materi-materi berikut:
  • Belajar menggambar dengan coding
  • Memainkan efek suara pada animasi
  • Menggambar animasi dengan aplikasi Pictoblox
  • Memberikan berbagai latar dengan animasi
Di akhir program, anak akan mendapat tugas akhir untuk menggambar berbagai jenis poligon dengan kode, menggambar pattern dengan kode, dan merancang pemandangan dengan kode.

Sama dengan kelas Animation, di sini juga nantinya anak dilatih untuk menceritakan tentang hasil rancangannya.
kurikulum belajar coding untuk anak SD - SMP

3. Games

Buat anak-anak yang suka main game, belajar bikin game sendiri bakalan jauh lebih seru dan mengasyikan. Apalagi di kelas ini, mereka akan mendapatkan hal-hal seperti;
  • Belajar logika programming
  • Mengenal konsep komputer untuk membuat game
  • Praktik coding dasar untuk membuat game
  • Membuat game sederhana dengan aplikasi PictoBlox
  • Membuat beragam game dengan storytelling
Pada akhir program, anak akan menghasilkan karya berupa game 1 player, game 2 player dan game dengan kompleksitas yang tinggi (memiliki score dan game over).

Mengetahui kurikulum HACKTIVKIDZ yang komplit dan terperinci semakin meyakinkanku kalau lini dari Hacktiv8 ini memang tempat belajar coding untuk anak SD-SMP terbaik.

Review HACKTIVKIDZ Menurut Suara Hati Ifa

Meski sudah jatuh cinta dengan kurikulum dan cara instrukturnya mengajar, aku nggak mau langsung gegabah mengikutkan si kakak les coding tanpa persetujuannya dong.

Setelah trial class, aku mengajaknya berbincang tentang pengalamannya mengikuti kursus coding untuk anak tersebut. Menurut si kaka, HACKTIVKIDZ itu…
review hacktivkidz jujur dari anak
  1. Seru – Daripada main game, bikin game ternyata jauh lebih seru. Habis bikin game, bisa main game yang dibuat sendiri. Puasnya jadi berlipat-lipat.
  2. Bikin Ketagihan – begitu trial classnya usai, laptopku langsung dibajak dong. 90 menit masih kurang katanya, masih pengen mengulik fitur-fitur pada Scratch (aplikasi PictoBlox). Aku pun langsung membantunya mengunduh aplikasi itu, biar bisa diakses secara offline.
  3. Penasaran – Ada banyak istilah-istilah baru yang ditemukan kakak Ifa, ia pun langsung bertanya pada sang ayah. Tak hanya itu, ia langsung memamerkan game yang baru saja dibuatnya.
  4. Mudah Dipahami – Meski baru pertama kali kenalan dengan Scratch, dia nggak merasa kesulitan mengikuti arahan yang diberikan oleh instruktur.
“Boleh ikut lagi, Bun?” adalah pertanyaan kak Ifa usai menceritakan pengalamannya mengikuti les coding anak bersama HACKTIVKIDZ.

Selain seru dan menyenangkan, katanya ia bersemangat karena bisa merasa dekat dengan hal-hal yang dikerjakan ayahnya. Efeknya ia jadi lebih percaya diri karena memiliki kemampuan lebih dari teman-teman seusianya. 

Kesimpulan: Cara Join HACKTIVKIDZ

So, kesimpulannya buat kalian yang cari tempat belajar coding untuk anak SD-SMP, cuzz aja ke HACKTIVKIDZ. Cara bergabungnya gampang banget nih:

Masuk ke website HACKTIVKIDS
  • Isi form pendaftaran
  • Tunggu informasi pembayaran
  • Jika sudah melakukan pembayaran, akan ada admin yang menginvite ke kelas
Jangan lupa sebelum join dengan kelasnya, pastikan anak-anak kalian memenuhi syarat berikut:
  • Berusia minimal 10 tahun, maksimal 14 tahun. Atau setara dengan kelas 4 SD hingga kelas 1 SMP.
  • Mengikuti placement test untuk menentukan level belajar yang cocok
  • Memiliki perangkat PC atau laptop dengan spesifikasi yang disarankan; Processor Core i7, RAM minimum 8GB dan memiliki kapasitas penyimpanan 1 TB.
Namun kemarin waktu Ifa ikut trial class, kami menggunakan laptop berprosessor AMD setara Core i3, alhamdulilah lancar sih. Tapi RAM dan kapasitas penyimpanan memang sesuai dengan persyaratan.
les coding anak di hacktivkidz
Oya, sementara kursus coding untuk anak HACKTIVKIDZ akan dijalankan secara online sampai waktu yang belum ditentukan.

Nah, buat teman-teman kongkow yang masih galau kira-kira anaknya bakal minat nggak belajar coding, cuzz ikutkan saja dulu Kelas Trial Gratis yang akan diadakan pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Hmm, tapi jangan kaget kalau habis trial bakal langsung ditodong sama anak-anaknya untuk ikutan kelasnya ya, hehe.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung menghubungi HACKTIVKIDS lewat jalur berikut ini:

Alamat: Jl. Sultan Iskandar Muda No.7 Kebayoran Lama. Jakarta Selatan. 12240
Website: https://kidz.hacktiv8.com/
Email: halo@hacktiv8.ac.id
Whatsapp: (021)80675787
Instagram: @ hacktivkidz.id
Twitter: @hacktiv8id
Fanpage: hacktiv8id

Itulah review HACKTIVKIDZ yang langsung disampaikan oleh anakku, semoga semakin memantapkan hati teman-teman kongkow untuk memilih tempat les coding anak terbaik. Semangat selalu dalam mendampingi anak untuk menemukan bakat, minat dan passionnya ya, pals!***

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

48 comments

  1. Kelihatannya si kecil bahagia belajar coding, memang ini lebih bermanfaat daripada membiarkan mereka main game.

    ReplyDelete
  2. Lumayan banget ini hasil akhir anak-anak bisa bikin game sendiri. Aku jadi penasaran deh kalau anak aku tertarik bisa nih di coba buat ikutan 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren yaaaa. Tapi anak2 penulis beruntung nih karena mau belajar coding karena jd ngerti apa sih yg selama ini ayahnya kerjakan. Ternyata menyenangkan ya.. siapa tau seusai belajar di sini bakal keterusan pelajari coding dan bahkan bikin kolaborasi dg ayahnya. Woaaa

      Delete
  3. The next Pak Martin generation nih, calon penerus ayah ya jadi programmer .. keren lah.

    ReplyDelete
  4. Ternyata seru ya.. Padahal pertama membayangkan ya coding itu pakai yang njlimet itu. Eh ternyata..

    ReplyDelete
  5. Ngerasain bootcamp 4 hari kemarin jg seruu banget mbaa. Aku jadi pengen ikutan yang full tapi duitnya mana 😆😂

    ReplyDelete
  6. Asyik ya zaman sekarang ada kelas coding. Anakku juga ikutan nih trial class nya dan pada semangat. Mantap program di Hacktiv8

    ReplyDelete
  7. Buku coding untuk anak itu judulnya apa tadi Mbak? Di Gramed adakah yang jual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di postingan sebelumnya mas, wkwkw. Judulnya The Unplugged Coding Games.

      Keknya nggak ada sih, soalnya penerbit indie. Coba cari di marketplace cari penerbit RMA (Rumah Main Anak).

      Delete
  8. Duuuuh, anak-anak udah ada tempat belajar coding...aku yang setua ini masih keder sama coding-coding-an mba.
    Hahaha.

    Jujur, ini penting banget ilmu nya. Apalagi hacktivkids ini asalnya dari Hactive8 pula. Wuih keren.

    Asiknya juga mereka belajar art juga ya selain games

    ReplyDelete
  9. Menarik ya belajarnya.. kalau nggak salah pictoblox itu bisa didownload gratis ya? dan itu turunan dari Scratch yang udah ada bertahun tahun yang lalu..

    ReplyDelete
  10. Menarik banget les coding ini. Kalau anak yg suka matematika dan bahasa Inggris kaya anakku kayaknya cocok ikut ya, Mbak... ETapi semua anak pun pasti kalau minat dan bakat mah pasti bisa dan mau aja ya.

    ReplyDelete
  11. Nggak nyangka ternyata banyak manfaatnya, saya kira belajar coding agar menunjang pembelajaran anak di sekolah. Kelas codingnya seru bikin betah ya

    ReplyDelete
  12. Seru ya belajar coding di hacktivkidz...
    Tapi saya penasaran juga nih sama buku aktivitas codingnya... Ada reviewnya juga enggak?

    ReplyDelete
  13. Seru banget belajar codingnya. Aku dulu juga sempat melihat sekolah coding kayak gini. Bikin gambar animasi bergerak sekian detik aja prosesnya bisa berjam2. Tapi mereka malah senang sekali saat proses, apalagi melihat hasilnya.

    Kayaknya anak gw mau gw daftarin ke Hacktivkidz deh buat belajar coding jg.

    ReplyDelete
  14. Duh, jadi penasaran juga nih dengan les coding hacktivkids ini. Pengan daftari kedua anakku juga, soalnya mereka juga suka otak-atik laptop.

    ReplyDelete
  15. Seru nih anak-anak diajarin bikin games biar tahu gimana caranya bikin games ya, kayaknya seru banget nih keklas coding anak di hacktivkidz

    ReplyDelete
  16. Scratch ini seru yah, bikin anak bisa mengembangkan pola pikir dan berimajinasi. Nanti kita akan belajar logika programming lewat game gitu kan ya.

    ReplyDelete
  17. Anakku juga tak ikutkan coding mba..
    pas trial dia bilang suka dengan coding..
    jalan satu bulan, dia bilang gak minat lagi...

    masih meraba saya, apa sebenarnya passion anak saya...
    salah satu cara untuk mencari tau ya itu, mengikutsertakannya ke dalam berbagai kursus. Tapi belum nemu ....

    ReplyDelete
  18. Ya ampun ini sedang marak ya les les atau kelas mempelajari koding dan sejenisnya. Anak jaman sekarang memang kritis ya. Mendapatkan pelajaran rumit jadi tertantang. Salut. Kalau saya ga bisa udah mundur saja, hehehe

    ReplyDelete
  19. Aku ikut seneng bisa ikutan Hacktiv8 kemarin mba meskipun agak hahom hahaah. Awalnya ngepul asap di kepala tuh akhirnya alhamdulillah bisa ngikutin ritmenya sih

    ReplyDelete
  20. ini gadgetnya pun berarti harus mumpuni ya kak. jadi kepo, untuk orang dewasa bisa gak sih? tertarik tapi takut bosan di tengah jalan. sama biayanya lumayan jg ya kak hehe

    ReplyDelete
  21. Serunya belajar coding di hacktiv8 ya kak. Anak-anak belajar coding gak bikin jemu tapi menyenangkan karena belajar sambil bermain

    ReplyDelete
  22. Referensi tambahan buat saya nih sebagai orang tua baru.. Hhe.
    Nanti kalau anak sudah bisa calistung, bolehlah saya coba kelas trial nya jika ke depannya masih ada karena saya belum tahu passion anak saya condong nya kemana.

    ReplyDelete
  23. Kalo programnya emang gampang dipahami sama anak-anak, bisa bikin mereka suka, ya.

    ReplyDelete
  24. Ternyt banyak ya manfaat Coding, gak melulu tentang game. Thanks mba info tempat lesnya. Anak saya suka banget otak atik komputer

    ReplyDelete
  25. wahhhh ini mah sudah ada gen programer ya hahahhaha... ditambah dengan kelasnya HACKTIV8 makin terpantik kemampuannya si mbak sholihah... galfok ma keseriusannya menatap layar uey. seru pasti y bisa merancang game sendiri

    ReplyDelete
  26. Hebat ya generasi kids zaman now.
    Mainnya coding dan bikin game sendiri

    Padahal kalau inget zaman dulu, jarang banget yang bisa pake laptop karrna emang jarang yang punya

    ReplyDelete
  27. Wah keren nih anaknya mba, suka dengan coding dan cocok ya nemu les coding yg tepat dan menyenangkan di hacktivkidz

    ReplyDelete
  28. Aku pas denger kata coding udah tuing2 dikepala. Tapi pas baca artikel ini ternyata bisa seseru itu buat anak-anak... auto mindset harus diubah :D

    ReplyDelete
  29. Anak anak ditantang buat bikin game sedergana melawan covid? Asik banget. Pasti bahagia banget nih perasaannya si Kakak karena bisa merasakan rasanya belajar membuat game.

    ReplyDelete
  30. Berarti pengetahuan tentang logika jadi makin bagus dan kreativitas nya juga turut berkembang ya karena akan hadir inovasi. Wah mantul manfaat belajar coding ini

    ReplyDelete
  31. Banyak banget manfaat belajar coding bagi anak ya. Anak jadi semakin terbiasa berpikir kreatif dan inovatif. Apalagi kelas coding Hacktivkidz ini mengenalkan coding dengan cara menyenangkan.

    ReplyDelete
  32. kemarin saya juga mendampingi Hilmi ikut kelas ini mbak. Seneng banget lihat hasil karya dia yang bisa loncat-loncat, gitu.

    ReplyDelete
  33. gokil yaa jaman sekarang updatenya cepet banget, bahkan anak usia SD udah bisa belajar coding, fix kelak kalau punya anak, akan kasih les les macam ini ahhh, karena prospek banget buat karir masa depan kan

    ReplyDelete
  34. Seseru itu memang bermain coding, aku aja kemaren ikut kelas Hacktiv8 asik banget. Emang bagus bener kalo sejak dini sudah dibekali ilmu coding, melihat kondisi sekarang yang sudah serba digital.

    ReplyDelete
  35. Betul sekali..
    Kalau tidak paham makna belajar coding, maka akan cemas dan takut duluan belajar coding di HACKTIVKIDZ. Tapi dengan pelajar yang menyenangkan dan kurikulum yang sesuai jenjang siswa, maka kelas coding anak di HACKTIVKIDZ wajib diikuti.

    ReplyDelete
  36. ya Allahdulu saya belajar coding pas kuliah S1 karena memang kuliah jurusan IT, sekarang anak SD SMP sudah ada pelajarannya, kemajuan teknologi semakin kencang ya

    ReplyDelete
  37. sekarang belajar coding bisa dilakukan sejak dini ya mbak
    anak anak pun bisa
    apalagi di HacktivKidz ini seru banget metode balajarnya

    ReplyDelete
  38. Keren ya, bisa langsung mengarah kepada minat si anak juga. Memang ke depan programer akan semakin banyak dibutuhkan ya. .

    ReplyDelete
  39. Ini sih les yang bisa jadi investasi berharga buat anak, apalagi generasi anak jaman now tuh sudah sangat familiar dengan gadget jadi pastinya mereka akan lebih mudah menyerap ilmu terkait coding ini

    ReplyDelete
  40. Mantep banget sih mba si Kakak, aku salut anak sekecil itu bisa dikondisikan anteng banget ikutan kursus coding. aihh bakal jadi the next programmer perempuan nih ya kak. aamiin <3

    ReplyDelete
  41. ya ampun kayaknya bakal makin banyak generasi penerus bangsa yang sekarang masih piyik-piyik gini tertarik ke coding yak. Emang profesinya sangat menjanjikan sih

    ReplyDelete
  42. Anak kita seumuran, Mbak.
    Gampang susah-susah loh nyari kegiatan buat Si Kakak yang udah 11 tahun, hehe.
    Belajar coding jadi salah satu pilihan.
    Eh ndilalah ketemu Kelas Trial Gratis Hacktiv8.
    Yawes, jatuh hati lah.

    ReplyDelete
  43. senengnya sekarang les coding mulai banyak, dan menurut saya hactiv8 ini tetep jadi pilihan prioritas soalnya menurut anak saya gurunya enak menerangkannya dan dia udah nyaman bareng hactiv8

    ReplyDelete
  44. Penting nih anak punya keahlian digital kayak kemampuan coding. Biar makin mampu bersaing di dunia kerja. Aku jadi tertarik cari info untuk anakku

    ReplyDelete
  45. wiiih enak banget, sekarang udah bisa jago koding sejak dini nih :) jadi gak pusing-pusing ria nanti kalo terjun di dunia digital wkwkwk

    ReplyDelete
  46. Keren banget kelas koding ada juga buat anak-anak ya Mbak,, di Hacktivkidz. Kebetulan anakku usia 10 dan 14 tahun cb sy tanyakan dulu berminat nggak ikutan juga. Soalnya mereka sering edit2 video gitu

    ReplyDelete

Post a Comment