header marita’s palace

Cara Merawat Kaki-Kaki Mobil yang Tepat agar Performa Mobil Maksimal

cara merawat kaki-kaki mobil
Cara merawat kaki-kaki mobil wajib diperhatikan secara berkala oleh pemilik kendaraan selain bodi, aki, dan radiator. Perawatan tersebut guna meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah. Kaki-kaki mobil yang terawat dengan baik dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan selama berkendara.

Pemilik kendaraan dihimbau agar senantiasa melakukan pemeriksaan dan pengukuran wheel alignment secara rutin. Wheel alignment mengacu pada penyesuaian sudut ban dengan suspensi kendaraan.

Komponen dan Cara Merawat Kaki-Kaki Mobil yang Tepat

Kondisi roda yang tidak seimbang otomatis akan mempengaruhi suspensi dan kondisi roda itu sendiri. Hal tersebut merupakan salah satu masalah yang lumrah ditemukan pada kaki-kaki kendaraan. Berikut merupakan beberapa komponen penting kaki mobil yang harus diperhatikan dan memerlukan pengecekan secara berkala.

Shockbreaker

Komponen dari kaki-kaki mobil ini berfungsi sebagai peredam guncangan atau hentakan yang tiba-tiba muncul sebagai akibat jalan rusak, berlubang, bergelombang, dan sebagainya. Cara mendeteksi bagian shock breaker adalah dengan memastikan apakah terdengar suara bising dan keras saat mobil melaju.

Umumnya, komponen ini bermaterial anti karat sehingga daya tahannya sangat tinggi. Kemungkinan daya redam shock breaker menurun karena sudah terlalu lama digunakan. Penurunan performa komponen shockbreaker akan mengakibatkan goncangan-goncangan yang hebat saat mobil melaju di jalanan yang tidak rata, sehingga pengguna kendaraan merasa limbung dan tidak nyaman.

Cara termudah merawat shockbreaker adalah hindari melewati rute jalan yang tidak rata, cuci kendaraan secara rutin untuk menghilangkan kotoran yang bersarang di shockbreaker, jangan melaju dengan kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata, hindari membawa beban berlebih, ganti oli shockbreaker secara berkala, dan hindari menyetel rem cakram terlalu rapat.

Bearing

Komponen ini berupa bantalan roda yang berperan menjaga kestabilan laju mobil. Ciri bagian ini bermasalah yakni timbulnya suara yang cukup gemuruh dan gaduh dari arah roda kendaraan. Segera perhatikan perputaran roda satu persatu secara seksama.

Cara merawat kaki-kaki mobil adalah juga memperhatikan perawatan berkala pada bagian overhaul bearing roda. Perawatan berkala tersebut sebaiknya dilakukan setiap mobil menempuh jarak 50.000 km. Hal ini bertujuan agar bearing roda selalu bersih terbebas dari kotoran. Hal ini otomatis berpengaruh pada keawetan komponen.

Selain itu, pastikan penyetelan kekencangan bearing roda sudah tepat. Penyetelan bearing yang terlalu kencang dapat mengakibatkan komponen tersebut pecah. Bearing yang bermasalah harus cepat diganti. Hubungi Otoklix.com untuk melakukan penggantian bearing dengan yang baru.

Pakailah Velg sesuai Standar Pabrikan yang Disarankan

Velg atau rim merupakan komponen tempat memasangkan roda. Umumnya velg bermaterial besi atau aluminium.

Memilih menggunakan velg kendaraan yang sesuai adalah salah satu cara merawat kaki-kaki mobil. Hindari penggunaan velg yang berukuran besar, karena hal ini akan membuat komponen kaki mobil yang lain ikut rusak.

Pernahkah kalian berpikir untuk menggunakan velg variasi, pals? Alih-alih ingin tampil gaya dengan mobil kesayangan, spesifikasi velg yang tidak sesuai justru akan membuat kaki mobil tidak panjang umur. Kesalahan penggunaan velg mobil ini sering sekali kita jumpai.

Berjalan dengan Kecepatan Normal

Meski kendaraan melaju di jalan yang rata dan mulus, bukan berarti temen kongkow bebas mengendarai dengan kecepatan tinggi. Sebaiknya kemudikan mobil dengan kecepatan normal. Hal ini akan membuat kaki-kaki mobil tidak mudah rusak dan awet.
cara membersihkan kaki-kaki mobil

Ukuran Ban

Cara merawat kaki-kaki mobil bisa dimulai dari ban kendaraan. Ban adalah bagian mobil yang selalu bergesekan dengan jalan.Sama halnya dengan velg, sebaiknya tetap gunakan ban mobil sesuai standar pabrikan. Ban merupakan komponen kaki mobil yang bekerja paling ekstra.

Oleh sebab itu usahakan ban selalu berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Perawatan dan pengecekan ban bisa dengan melakukan pengecekan secara berkala di bengkel mobil terdekat

Bushing Arm

Salah satu komponen kaki mobil yang harus mendapat perawatan rutin adalah titik tumpu dan pencengkeram roda. Bushing arm ini berbentuk serupa dengan selongsong besi dan disangga oleh karet. Jika shockbreaker berfungsi sebagai peredam guncangan, maka bushing arm berperan meredam getaran yang timbul karena adanya suspensi di bagian kaki mobil.

Kerusakan pada komponen ini akan menimbulkan bunyi gaduh dan bising sehingga kenyamanan berkendara akan terganggu. Deteksi dini adanya kerusakan pada bagian ini adalah dengan mengamati arah laju kendaraan kalian, pals.

Apabila arah laju kendaraan cenderung melenceng ke kanan atau kiri, sebaiknya segera lakukan penggantian bushing arm. Jangan sepelekan, cara merawat kaki-kaki mobil dari bushing arm ini juga sangat berperan dalam kelancaran kendaraan.

Jagalah Tekanan Ban Mobil

Tekanan ban setiap mobil tidaklah sama. Menjaga tekanan mobil sesuai standar brand pembuatnya, secara tidak langsung mnyumbang keawetan kaki-kaki mobil.

Tekanan ban yang rendah akan membuat velg mobil bengkok sebagai akibat ban mobil dipaksa membawa beban berat. Sebaiknya melakukan pengecekan tekanan angin secara berkala.

Cara merawat kaki-kaki mobil di atas mudah sekali kan untuk diterapkan? Hal ini juga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Bersikap santun dalam berkendara mencerminkan pengguna jalan yang cerdas.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Kurang tahu masalah mobil tapi kayaknya perawatan kaki mobil penting untuk diperhatikan apalagi ini yang penting dari mobil. Tahuku cuma mobil diservis habisnya banyak banget :)

    ReplyDelete