header marita’s palace

LEXO LAB Indonesia: Fitur, Keunggulan dan Biaya

fitur, keunggulan dan biaya LEXO LAB Indonesia
Setelah mencoba free trial dari LEXO LAB Indonesia, aku akhirnya memutuskan untuk mendaftar paket tiga bulanan. Wanna know bagaimana kesanku dan kak Ifa setelah enam minggu menggunakan web aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak ini?

Namun sebelumnya aku mau ceritain dulu nih alasanku hingga akhirnya menjatuhkan pilihan pada web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris LEXO LAB.

Alasan Memilih LEXO LAB Indonesia

Seperti yang kuceritakan pada artikelku sebelumnya tentang LEXO LAB Indonesia, kak Ifa langsung request minta lanjut ketika masa free trial sudah berakhir. Aku nggak langsung mengiyakan saat itu juga.

Walaupun harganya terjangkau, aku ingin tahu keseriusan kak Ifa terlebih dahulu. Maka sebelum aku bilang iya, aku berikan challenge dulu kepada kak Ifa. Tantangannya gampang kok, cuma kuminta menyebutkan beberapa kata yang sudah dipelajarinya selama lima hari masa free trial.

Eh, ternyata kak Ifa masih ingat kata-kata yang dipelajarinya tersebut. Bahkan pronunciation-nya cukup baik. Kalau lima hari saja sudah bisa oks banget, sepertinya jika dilanjutkan progress-nya bakal lebih terlihat nih.

Selain hasil yang langsung terlihat selama masa trial, aku juga punya tiga alasan lainnya lo. Teman-teman kongkow perlu tahu mengapa aku merekomendasikan web aplikasi untuk belajar bicara bahasa Inggris yang satu ini.
kenapa belajar bahasa Inggris dengan LEXO LAB

1. Exciting Gamification

Aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak LEXO LAB bukanlah game ya, pals. Namun teknologi tinggi yang digunakannya mengusung metode gamification sehingga proses belajar jadi lebih asyik dan menyenangkan. Ada sound dan animasi menggemaskan yang menemani proses belajar anak.

2. Focus on Speaking Skill

Berbeda dengan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak di android lainnya, LEXO LAB ini fokus pada kemampuan bicara anak. Pengalaman orang-orang di balik layar dari LEXO LAB telah menghasilkan kurikulum yang berhasil melatih anak untuk berani bicara bahasa Inggris.

Berdasarkan pengalamanku mengajar bahasa Inggris selama ini, anak-anak yang terlalu banyak dicekoki dengan teori-teori grammar, biasanya akan kesusahan untuk menunjukkan speaking skill. Belum-belum mereka sudah merasa takut salah.

Nah, LEXO LAB bisa menghilangkan rasa takut itu dari dalam diri anak. Mereka pede sejak hari pertama berkenalan dengan aplikasi ini. Karena metode yang digunakan mau nggak mau memaksa anak untuk mengucapkan dan melatih kata serta kalimat hingga fasih.

Btw, ‘memaksa’ di sini dalam artian positif, pals. Si anak nggak akan merasa sedang dipaksa. Mereka dengan suka rela mengikuti semua pembelajaran yang ada dengan riang gembira.

3. International Curriculum

LEXO LAB menggunakan kurikulum yang sejalan dengan standar bahasa internasional, yaitu Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Fokus dari aplikasi belajar bicara bahasa Inggris LEXO LAB dimulai dari level A1 dan terus berkembang.

Setiap pelajaran yang ada di dalamnya dirancang sedemikian rupa untuk memperoleh hasil ucapan yang dibangun dengan memasukkan fonem, kata, dan frasa tertentu. Dari sini, tata bahasa alias grammar juga akan dipelajari oleh si anak.

Namun proses belajarnya terasa ringan, langsung dipahami karena tidak pakai teori-teori yang njlimet. Format yang digunakan mengadopsi pembelajaran bahasa dengan cara yang sama seperti anak-anak belajar bahasa ibunya.

Hal paling seru, LEXO LAB ini bukan hanya web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris android. LEXO LAB Indonesia juga merupakan aplikasi belajar bahasa inggris untuk anak pc.

Maksudnya, kita nggak perlu unduh aplikasi khusus agar bisa mengaksesnya. Tinggal buka browser, cuzz langsung bisa deh pakai LEXO LAB, mau itu di android ataupun pc.

Fitur LEXO LAB Indonesia

Setelah tahu alasan di balik pemilihan LEXO LAB Indonesia sebagai teman belajar bahasa Inggris untuk kak Ifa, yuk kenalan dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Fyi, fitur-fitur ini yang berhasil bikin aku dan kak Ifa terkesan.

Selama enam minggu pemakaian, fitur-fitur yang ada pada LEXO LAB benar-benar telah membantu kak Ifa belajar bahasa Inggris secara optimal. Penasaran ya sama fitur-fiturnya?

1. Halaman Login Sederhana

LEXO LAB program belajar bahasa Inggris anak
Begitu kita mendaftar free trial, kita akan langsung mendapat email yang berisi username dan password untuk mengakses halaman login. Halaman ini sangat sederhana, sehingga anak pun tetap bisa mengaksesnya sendiri tanpa meminta bantuan orang tua. Selain sederhana, perpaduan warna hijau, biru dan ungu yang soft membuat mata terasa nyaman.

2. Halaman Muka yang Atraktif

Setelah memasukkan username dan password di halaman login, kita akan langsung disambut dengan halaman muka seperti ini. Meski LEXO LAB bukanlah game, dengan tampilan yang seperti ini, anak-anak akan merasa sedang belajar sembari bermain.
LEXO LAB Indonesia
Akan ada sound khas setiap memasuki beranda. Lalu jumlah perolehan bintang yang didapatkan oleh si anak akan muncul di bagian tengah.

Di bagian atas akan ada chat burger untuk menunjukkan progress belajar. Di bawahnya tercantum username dan posisi level saat ini.

Mengelilingi angka perolehan bintang, ada empat komponen utama dengan fungsinya masing-masing, yaitu Chatpods, Stats, Word Vault dan Visits. Nanti akan aku jabarkan fungsinya lebih lanjut ya, pals.

Di bagian paling bawah, ada tulisan “GO” untuk melanjutkan sesi belajar sesuai dengan materi yang harus dikerjakan.

Fyi, setiap materi terdiri dari 4 buku. Setiap buku akan memiliki urutan proses belajar seperti ini:
fitur dan keunggulan LEXO LAB Indonesia
  • Dengar Kata - Anak akan dikenalkan dengan kosa kata - kosa kata baru. Agar tahu cara pengucapan yang tepat, klik tombol dengar. Anak bisa mengulang proses dengar ini sampai ia merasa siap untuk berlatih.
  • Rekam Kata - Anak diminta untuk merekam kata yang tadi sudah dipelajari di bagian dengar.
  • Dengar Kalimat - Pada dasarnya sama dengan sesi dengar yang pertama. Bedanya di sini anak nggak lagi mendengar kata, tapi kalimat. Secara nggak langsung, anak juga belajar grammar lo di bagian ini. Awalnya anak akan mendengar cerita secara utuh. Lalu di bagian dengar selanjutnya, anak bisa mendengar satu per satu kalimat pada cerita tersebut.
  • Rekam Kalimat - Sama seperti sesi rekam sebelumnya, hanya saja di sini anak harus merekam kalimat yang sudah dipelajari pada sesi dengar.
Di setiap akhir sesi rekam, akan muncul skor penilaian terhadap seberapa tepat si anak mengucapkan kata atau kalimat tersebut. Jika skornya masih belum oke, anak bisa mengulangi dan melatihnya lagi hingga mendapat hasil yang memuaskan. Caranya dengan klik “View Details.”
score and feedback machine LEXO LAB Indonesia
Pada fitur ini, anak-anak bisa melihat pengucapan di bagian mana yang masih kurang tepat. Anak juga bisa mendengarkan ulang panduan pengucapan yang tepat dan rekaman miliknya sendiri. Dengan begitu anak bisa tahu letak kesalahannya di mana.

Setelah keempat buku dalam satu materi itu selesai dikerjakan. Akan ada semacam refreshment agar anak-anak bisa mengulang kata, frasa dan kalimat yang sudah dipelajari pada materi tersebut. Refreshment ini berisi permainan kata yang menyenangkan, yaitu:
word game LEXO LAB
  • Word Pop - Cara mengerjakannya yaitu, ada gambar yang muncul, anak harus mengucapkan dan merekam kata dari benda yang muncul pada gambar tersebut. Di sini anak belajar how to speak and pronounce the word precisely.
  • Word Bomb - Tersedia sejumlah gambar di layar, lalu anak akan diminta menekan tombol untuk mendengarkan. Kemudian, anak harus memilih gambar yang tepat sesuai dengan kata yang didengarnya.
  • Word Up - Nggak jauh berbeda dari Word Bomb, bedanya di sini anak hanya ada dua gambar. Ketika tombol untuk mendengarkan ditekan, anak harus memilih salah satu gambar yang paling sesuai dengan apa yang didengar. Jika benar, animasi akan memperlihatkan ekspresi riang. Sementara jika anak menjawab salah, animasi akan menunjukkan ekspresi semacam, “Maaf, masih belum tepat.”
Setelah semua urutan proses belajar ini dijalani oleh anak, dia baru bisa lanjut ke materi berikutnya deh.

3. Komponen Utama pada LEXO LAB

LEXO LAB Indonesia komponen
  • Chatpods - Di sini kita bisa memantau materi yang sudah berhasil diselesaikan oleh si anak. Pada bagian ini, anak juga bisa mengulangi materi yang sebelumnya agar mendapat hasil lebih memuaskan.
  • Stats - Berisi progress selama menggunakan LEXO LAB web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris anak. Memuat data level, jumlah logins selama penggunaan, rank, jumlah buku yang sudah berhasil diselesaikan dan sisa buku yang harus dipelajari selanjutnya.
  • Word Vault - Brankas kata berisi vocabulary yang sudah berhasil dikuasai oleh anak selama belajar menggunakan LEXO LAB. Jika diklik pada gambar, anak bisa mendengarkan ulang bagaimana cara mengucapkannya.
  • Visits - Menunjukkan seberapa sering penggunaan aplikasi ini. Ada warna merah, kuning dan hijau. Jika jarum berada di warna merah, artinya anak masih jarang menggunakan LEXO LAB. Kuning jika jumlah penggunaan sudah lebih banyak. Apabila anak sering menggunakan LEXO LAB, maka jarum akan menunjuk ke area warna hijau.
Sudah punya bayangan seasyik apakah belajar bahasa Inggris menggunakan LEXO LAB? Jika masih perlu info lebih tentang aplikasi ini, lanjutin dulu deh bacanya.

Keunggulan Web Aplikasi Belajar Bicara Bahasa Inggris LEXO LAB

Dengan segala fitur yang dimilikinya, LEXO LAB Indonesia punya 10 Pillars of Speech Acquisition alias 10 Dasar Pembelajaran. Apa saja ya kesepuluh pilar itu?
keunggulan LEXO LAB Indonesia
  1. Comprehensible Input - Pilar pertama LEXO LAB yaitu input yang mudah dipahami. Maksudnya aplikasi ini menghadirkan gambar, animasi dan alur cerita yang menarik agar anak lebih mudah mengerti dan mengikuti pembelajaran.
  2. Output Hypothesis and Skill Acquisition Theory - Setelah melihat gambar dan diberitahu cara pengucapan yang tepat, anak diminta untuk melatih kata yang didengarnya. Latihan bicara yang konsisten dan berkelanjutan akan melatih speaking skill dengan lebih cepat.
  3. Noticing Hypothesis and Self Correction - Adanya feedback setiap kali sesi rekam bisa membantu anak mencari tahu kesalahan yang dibuat. Setelah itu diharapkan anak akan melakukan koreksi hingga mendapat hasil yang lebih baik.
  4. Spaced Repetition - Practice makes perfect bukan? Makanya LEXO LAB menyediakan kesempatan untuk anak agar bisa mengulang materi-materi sebelumnya hingga ia merasa puas dengan hasil yang dicapai.
  5. Error Pattern Identification - LEXO LAB mampu menganalisis kesalahan berulang yang dilakukan oleh si anak.
  6. Corrective Feedback - Analisis kesalahan yang dilakukan akan diberitahukan lewat feedback machine. Anak jadi tahu mana yang kurang tepat dari pengucapannya.
  7. Remedial Instruction - Setelah anak tahu letak kesalahannya, anak bisa mengulang hingga ia berhasil mengucapkan kata atau kalimat sesuai dengan panduan native pada aplikasi ini.
  8. Complex & Scaffolded Lesson Structure - Setiap materi yang ada pada aplikasi ini disusun sedemikian rupa. Kata dan frasa yang diajarkan di setiap cerita adalah hasil pilihan dari kombinasi suara dan menargetkan struktur tata bahasa.
  9. Engagement & Storytelling - Materi disusun dengan alur cerita yang menarik dan mengajak anak-anak untuk terlibat, sehingga proses belajar menjadi semakin menyenangkan deh.
  10. Stress-free Learning - Banyak anak enggan belajar bahasa Inggris karena merasa tertekan dan jenuh, dengan LEXO LAB hal itu nggak akan terjadi. Aplikasi ini berhasil membuat anak belajar bahasa Inggris dengan riang gembira, dan tentu saja bebas stres.

Biaya LEXO LAB Aplikasi Belajar Bicara Bahasa Inggris Anak

Menarik bukan kesepuluh pilar pembelajaran pada LEXO LAB? Aku yakin sekarang teman-teman kongkow pengen tahu berapa sih biayanya. Baiklah, biar nggak penasaran, sini aku bisikin.

Untuk bisa menggunakan LEXO LAB program belajar bicara bahasa Inggris anak, sohib kongkow bisa memilih di antara tiga opsi ini:
biaya LEXO LAB Indonesia
  • Free Trial - Berlangsung selama lima hari. Cocok buat yang pengen tahu seberapa seru aplikasi ini. Pengalamanku sih, free trial aja kurang, hehe.
  • Langganan Bulanan - Setelah masa free trial berakhir, kalian akan disodorkan opsi berikutnya. Untuk berlangganan bulanan, biaya yang dikenakan yaitu Rp75.000 per bulan. Eits, tapi masih ada promo nih! Kalian bisa berlangganan LEXO LAB hanya dengan Rp65.000 setiap bulannya.
  • Paket Tiga Bulan - Buat yang udah merasa klik dengan fitur dan metode belajar dari aplikasi belajar bahasa Inggris anak yang satu ini, saranku sih langsung ambil paket tiga bulan aja. Biaya yang dibutuhkan yaitu Rp225.000/ tiga bulan. Nah, karena lagi ada promo, kalian bisa daftar paket tiga bulan hanya dengan Rp150.000 saja lo. Terjangkau banget sih ini.
cara pembayaran LEXO LAB Indonesia
Untuk melakukan pembayaran, gampang kok. Klik “Beli Sekarang” pada opsi yang kamu ambil. Nanti akan diminta memasukkan nama dan alamat, lanjut klik “Buat Pesanan”.

Tersedia pilihan metode pembayaran. Bisa lewat bank transfer atau e wallet. Saat itu aku pilih bank transfer. Pembayaran menggunakan virtual account, jadi dijamin aman ya, pals.

Setelah pembayaran diproses, tinggal tunggu saja nanti akan ada email dari LEXO LAB. Kalau udah dapat email panduan, cuzz bisa langsung login ke chatpod dan nikmati keseruan belajar bahasa Inggris bareng buah hati.
aplikasi belajar bicara bahasa Inggris LEXO LAB
Semoga ceritaku mengenai kesan pemakaian LEXO LAB Indonesia selama enam minggu ini bisa membantu teman-teman kongkow yang sedang bingung mencari aplikasi belajar bahasa Inggris anak. Cuzz cobain deh LEXO LAB yang aku rekomendasikan ini dan lihat progress belajar si anak yang bakal bikin tercengang. Selamat mencoba!

31 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Wah luar biasa lexo lab ini, dari tampilannya aja pasti buat anak senang belajar. Banyak juga fiturnya, jadi pengin coba gratis dulu, hehe. Terima kasih reviewnya, membantu banget buat temen belajar anak.

    ReplyDelete
  2. Dites dulu dong sebelum berlangganan ya, biar tau sampai sejauh mana Kak Ifa dalam mengikuti pelatihan di Lexo Lab. Serius atau tidaknya. Keren nih triknya, hehehe.. Kalo udah oke, baru deh lanjut langganan, biar nggak sia-sia mengeluarkan biaya langganan ya Mba.

    Metode yang digunakan juga asyik banget ya, belajar sambil bermain. Jadi nggak ngebosenin buat si anak... Nice review!!

    ReplyDelete
  3. Mantap banget ya metode gamifikasinya. Jaman dulu pas ikut les bahasa inggris materi pertamanya udah grammer. Jadi males belajar deh.. hehe

    ReplyDelete
  4. Kalau ada Lexolab belajar bahasa asing jadi lebih mudah ya.

    ReplyDelete
  5. biaya nya cukup terjangkau ya mba, apalagi klo yg ambil paket 3 bulan jadi bisa sedikit berhemat lagi buat biaya les bahasa inggris bareng lexo lab

    ReplyDelete
  6. Ada urutan belajarnya, jadi memudahkan buat anak-anak yang ingin belajar. Serta jadi ketahuan juga ya progres nya

    ReplyDelete
  7. Seru banget bisa berlangganan LEXO LAB ini apalagi anak-anak merasa fun banget setelah mencoba tiap levelnya.

    ReplyDelete
  8. 150 per 3 bulan? Wow, lumayann banget tuh. Kebetulan saya sedang mencari les Inggris yang sesuai untuk Najib. Anaknya gak suka terlalu banyak teori dan hobinya nge-game, jadi aplikasi ini sepertinya sesuai untuknya.

    ReplyDelete
  9. Kupikir mahal bangett kayak kursus bahasa inggris yang ngabisin jatah uang gedung sekolah pas SD heheh ternyata ngga juga ya mbaa, masih terjangkau bangett. Bisa nih ntr Isya diikutin LExoLab

    ReplyDelete
  10. Wah Kak Ifa semangat sekali belajar bahasa Ingrris di Lexo Lab. Keren. Manfaatkan fitur2 di atas dengan maksimal ya biar hasilnya juga tidak tanggung2.

    ReplyDelete
  11. Biaya langganan LEXO LAB ini benar-benar terjangkau banget ya mbak. Aku juga ngedaftarinbanak sulungku untuk belajar dengan aplikasi ini.

    ReplyDelete
  12. Wah mantul banget nih dengan metode gamifikasi proses belajarnya jadi lebih asyik dan menyenangkan. Apalagi lexo lab lebih konsen ke cara pengucapan ya ini sangat membantu melatih rasa percaya diri anak. Ditambah harga berlangganannya juga sangat terjangkau sekali.

    ReplyDelete
  13. Senang ya kalau anak anak bisa memanfaatkan teknologi dengan mengasah skill bahasa Inggris..
    Nanti Salfa bakalan lanjut lagi setelah 3 bulan sepertinya

    ReplyDelete
  14. kayaknya mengasyikkan banget belajar di Lexo lab ya. Pantesan Kak Ifa nya pengin lanjut belajar.

    ReplyDelete
  15. aku baru tahu lho LEXO LAB ini, beneran bagus ya buat belajar bahasa inggris anak. Program dan kurikulumnya jelas sehingga target juga tercapai. Yang penting harganya terjangkau ya

    ReplyDelete
  16. wah sayang buat anak usia 4-5 tahun gak ada nih heheh ebeberapa review tentang lexolab cukupposiitf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutkan saja jika memang sudah bisa baca jadi melatihnya mengoperasikan aplikasi dulu

      Delete
  17. oke ini cukup menarik sih, apalagi belajar bhs inggris saat sekarang itu sangatlah penting. minimal bisa untuk percakapan harian

    ReplyDelete
  18. Menarik ya, pembelajaran dengan Lexo Lab ini. Saya ingin anak-anak bisa berkomunikasi yang baik. Kayaknya boleh juga untuk ikutan trial programnya

    ReplyDelete
  19. Anak-anak happy belajar di LEXO Lab dan orangtua pun..
    Karena belajarnya menyenangkan juga harganya yang ramah di kantong.

    ReplyDelete
  20. Masya Allah keren banget program les bahasa asingnya. Membuat peserta les jadi lebih mudah belajar

    ReplyDelete
  21. Seru banget Kak Ifa belajar di Lexo lab. Bisa nyobain trial class dulu ya Mbak, untuk tau ketertarikannya. Mungkin saya bisa coba sama anak, kalo sudah sekolah nantinya nih.

    ReplyDelete
  22. Wah jadi mau cek nih. Reviewnya bagus. Anakku baru belajar baca

    ReplyDelete
  23. anakku juga kemarin sempat ikutan lexo lab ini, mbak. memang asyik sih ini cara belajarnya bikin anak-anak semangat buat belajar

    ReplyDelete
  24. Wah serunyaaa. Tampilannya lucu banget, pasti anak-anak suka. Rekomendasimya dari usia berapa ya, Mba?

    ReplyDelete
  25. menarik ya mba, dia pakai international curriculum, jadi anak2 juga bisa ngikuti standar internasional kayak gimana.. dengan begitu belajarnya lebih bisa fokus dan lebih banyak dapat manfaat

    ReplyDelete
  26. Membaca ulasan LEXO Lab, aku jadi sangat tertarik untuk membuat anak-anak tertarik belajar bahasa secara online. Karena selama ini bagian dar konsisten ini yang sulit. Kudu dibiasakan belajar dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  27. Sekarang metode belajar dengan gamification sangat efektif untuk menyerap lebih banyak materi yaaa
    Suka kalau metode belajarnya kayak LEXO LAB ini

    ReplyDelete
  28. Bagus ya, anak-anakku blm belum belajar bahasa Inggris. Kalau diajak belajar nggak mau. Mungkin karena caranya kurang menarik ya, nggakseperti lexo lab ini

    ReplyDelete
  29. Banyak banget temen-temenku yang anaknya pakai lexo lab. Gak heran sih. Selain fiturnya lengkap, ada free trial nya juga. Jadi bisa percobaan sebelum beneran ikut kelasnya

    ReplyDelete
  30. Anak-anak saya masih belum belajar bahasa Inggris Mb. Umurnya masih 3-5 tahun. Dari ulasan artikel Mb Marita, sya jadi penasaran dengan Lexo lab sebagai referensi pembelajaran bahasa Inggris buat anak-anak di masa mendatang.

    ReplyDelete