header marita’s palace

4 Persyaratan Mengajukan Pinjaman Modal Secara Online dan Langsung Cair

jenis pinjaman modal
Apabila kamu sedang mengembangkan bisnis yang menjanjikan dan membutuhkan pinjaman modal, tak ada salahnya lho meminjam modal usaha dari lembaga keuangan online. Beberapa lembaga keuangan ini bahkan tidak memberikan persyaratan yang rumit untuk kamu mendapat suntikan modal bagi bisnis, antara lain pinjaman modal dari Lancar by Danamas.

Mau tahu apa saja sih persyaratan yang perlu disiapkan untuk bisa mendapat pinjaman modal? Yuk, simak lebih lanjut 4 syarat yang biasa diminta oleh lembaga keuangan.

4 Persyaratan Pinjaman Modal Online

Persyaratan utama untuk mendapat pinjaman modal sebenarnya adalah kejujuran kamu. Lho, kok bisa? Nah, kenali sama-sama yuk, apa saja sih persyaratan untuk mengajukan pinjaman modal secara online dan bisa langsung cair setelah disetujui. Pahami juga langkah-langkahnya, supaya pengajuan pinjaman kamu dapat segera disetujui.

1. Patuhi Minimal Usia Peminjam

Meminjam uang sekarang sangat mudah, semuanya bisa dilakukan dari genggaman, terutama jika kamu melakukan pinjaman secara online. Namun, ternyata ada persyaratan yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja, jika kamu menganggap remeh persyaratan ini, bisa jadi pinjaman kamu malah tidak akan disetujui.

Pertama adalah syarat minimal umur peminjam. Bagi kamu yang akan meminjam secara online, maka batas minimal usia peminjam adalah 21 tahun yang dibuktikan dengan dokumen KTP.

Kamu juga diwajibkan untuk memiliki rekening bank yang terdaftar di negara Indonesia. Beberapa pinjaman online juga mensyaratkan untuk melampirkan slip gaji yang kamu miliki saat ini.

Apabila kamu melakukan pinjaman modal karena bukan pegawai, maka hal pertama yang harus kamu lampirkan dalam dokumen peminjaman dana adalah aset yang bisa dijadikan jaminan pinjaman. Contoh aset yang bisa kamu jadikan jaminan pinjaman adalah kendaraan bermotor, hingga properti yang kamu miliki.

2. Isilah Formulir Pinjaman dengan Lengkap dan Benar

Persyaratan satu ini kesannya sangat sepele dan sangat remeh, namun justru pengisian formulir yang lengkap adalah titik awal bagi pihak peminjam dalam menganalisis portofolio bisnis kamu, serta membuat manajemen risiko saat meminjamkan modal ke bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Oleh karena itu, isilah aneka data diri dengan lengkap dan benar. Contohnya adalah gunakan identitas KTP yang berlaku online dan selamanya saat mengisi formulir tersebut, serta jangan gunakan singkatan-singkatan kata yang akan menyulitkan proses verifikasi.

Mohon gunakan juga alamat e-mail dan nomor telepon yang mudah dihubungi oleh lembaga penyedia pinjaman. Akan sangat sayang sekali apabila pinjaman modal kamu ditolak hanya gara-gara tidak bisa dihubungi oleh penyedia layanan pinjam uang.
persyaratan pinjaman modal

3. Gunakan Dokumen Asli

Kesalahan yang paling banyak ditemui saat mengajukan pinjaman modal adalah penggunaan dokumen yang tidak sesuai, baik itu dokumen yang tidak asli atau bahkan meminjam dokumen yang dimiliki oleh orang lain.

Beberapa dokumen asli yang harus kamu siapkan adalah KTP, NPWP, slip gaji apabila kamu saat ini bekerja, rekening koran tabungan, atau surat-surat kendaraan bermotor, hingga sertifikat properti yang kamu miliki.

Rekening koran tabungan biasanya dipergunakan untuk menilai kinerja bisnis yang kamu jalankan. Penyedia layanan keuangan akan meminta rekening koran dari akun bisnis antara 3 hingga 6 bulan terakhir.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membedakan rekening pribadi dengan rekening bisnis, sehingga apabila terdapat audit keuangan akan mudah dalam melakukan pelacakan arus keluar masuk dari rekening yang tidak tercampur dengan uang pribadi kamu.

Penyedia pinjaman online biasanya juga akan meminta foto selfie kamu dengan memegang KTP, atau bahkan melakukan verifikasi data diri dengan layanan video call.

Kamu bisa scan dokumen-dokumen tersebut atau memotretnya dengan kualitas gambar yang baik dan tidak buram untuk memudahkan verifikasi di sistem penyedia layanan pinjaman online.

4. Ajukan Pinjaman Modal Sesuai dengan Kemampuan

Selanjutnya pihak bank akan melakukan analisis berapa kisaran dana yang bisa kamu pinjam dengan mempertimbangkan arus kas serta jaminan yang kamu sertakan. Oleh karena itu, ajukan pinjaman dana yang sesuai dengan kemampuan kamu, jangan melewati nilai jaminan dan profit bisnis kamu.

Untuk mengetahui nilai pinjaman yang bisa kamu terima, ada baiknya sebelum mengajukan pinjaman kamu berkonsultasi dengan layanan konsumen atau customer service dari penyedia layanan pinjaman online yang kamu incar.

Biasanya, mereka akan membantu kamu dalam memperkirakan pinjaman modal yang bisa kamu terima. Selain bantuan dari layanan pelanggan, kamu juga bisa menggunakan jasa konsultan bisnis untuk menganalisis dan menaksir besarnya pinjaman modal yang bisa diterima dengan perputaran kas dan jaminan aset yang ada.

Apabila semua persyaratan di atas kamu penuhi dengan lengkap dan benar, maka pinjaman modal kamu akan segera disetujui dan cair dalam waktu singkat. Tidak sulit bukan, karena modal utamanya sebenarnya adalah kejujuran kamu dalam mengungkap dokumen yang dibutuhkan serta kondisi bisnis kamu saat ini.

Itulah beberapa informasi secara ringkas terkait syarat pinjam modal online melalui perusahaan penyedia jasa pinjam-meminjam online seperti Lancar by Danamas. Salah satu manfaat dari dana yang didapatkan, kamu dapat melakukan akselerasi bisnis menjadi lebih besar. Informasi terkait tips akselerasi usaha dapat kamu peroleh melalui laman resmi Lancar by Danamas atau install langsung aplikasinya ke android kamu.

Nah, semoga informasi persyaratan pinjaman modal dari lancar ini bisa membantu kamu mengembangkan bisnis ke depannya ya. Selamat mencoba!

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Nah, tapi tetap harus memperhatikan pinjaman online-nya yang legal atau tidak, jadi tidak sembaraangan melakukan pinjol. Mengingat banyaknya pinjol yang bunganya malah banyak bahkan sampai ratusan juta. Hemm, harus hati-hati, terima kasih infonya!

    ReplyDelete