header marita’s palace

Pantau Jam Perdagangan Saham Dunia, Kenali Jenis-jenis Harganya!

jam perdagangan saham dunia
Saham merupakan tanda kepemilikan atas perusahaan yang menjadi instrumen investasi. Sebelum membeli saham sebaiknya temen kongkow harus memahami tentang saham terlebih dahulu. Pertama, kenali jenis-jenis harga saham. Kedua, cari tahu jam perdagangan saham dunia.

Dua hal tersebut adalah hal dasar utama yang penting diketahui agar saat memantau saham bisa lebih nyaman dan tenang. Yuk, kita mulai dengan berkenalan dengan jenis saham berdasarkan harganya.

Jenis-Jenis Harga Saham

Perlu diketahui bahwa harga saham yang diterbikan setiap perusahaan pastinya berbeda. Secara umum, harga saham terdiri dari lima jenis, yaitu:

1. Harga Nominal

Harga nominal adalah harga yang tercetak secara nyata dan jelas di atas lembar saham yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Investor membayar sesuai dengan jumlah nominal sebagai modal awal.

2. Harga Perdana

Walaupun harga nominal sudah tertera dengan jelas di masing-masing lembar saham, tetapi selalu terbuka proses tawar-menawar hingga mendapat harga yang disepakati. Harga inilah yang disebut dengan harga perdana.

Harga perdana adalah harga yang ditetapkan saat terjadinya penawaran umum. Perusahaan bisa menetapkan harga lebih tinggi atau sebaliknya. Apabila harga saham perdana lebih besar dibanding harga nominal, selisihnya disebut dengan agio.

3. Harga Pembukaan

Jenis harga saham berikutnya adalah Opening Price atau harga pembukaan. Disebut sebagai harga pembukaan karena harga ini berlaku pada saat pasar saham baru mulai dibuka.

4. Harga Pasar

Selanjutnya adalah Market Price atau harga pasar. Yang disebut dengan harga pasar yaitu harga yang berlaku pada sebuah sesi bursa efek. Harga ini sangat fluktuatif, tergantung dari permintaan dan penawaran pada saat diperdagangkan.

5. Harga Penutupan

Merupakan kebalikan dari Opening Price. Closing Price alias harga penutupan adalah harga terakhir yang ditetapkan pada saat terjadi penawaran di dalam bursa efek.

Sudah mulai dapat bayangan terkait jenis-jenis harga saham, pals? Wuih, ada yang sudah siap memantau jam perdagangan saham sepertinya. Baiklaah, mari kita tengok jadwalnya!

Saatnya Memantau Harga di Jam Perdagangan Saham Dunia

Setelah mengetahui jenis-jenis harga saham, yuk kenali jam bursa saham untuk memantau perdagangan saham:

1. Jam Perdagangan Pasar Reguler

Jam pertama yaitu perdagangan pasar saham reguler. Berlangsung dari Senin - Jumat di setiap pekannya. Setiap hari terdiri dari dua sesi, sebagai berikut:
Hari Sesi I Sesi II
Senin - Jumat Pukul 09:00:00 s/d 11.30:00 Pukul 13:30:00 s/d 14:49:59

Untuk Pasar Regular, selain jadwal di atas, juga memberlakukan tiga sesi; Pra-pembukaan, Pra-Penutupan, dan Pasca Penutupan. Setiap sesi dilakukan setiap Hari Bursa dengan jadwal seperti ini:

A. Pra-Pembukaan

Berikut ini adalah jadwal dan agenda pada sesi pra-pembukaan:
Waktu Agenda
08:45:00 – 08:59:00 Anggota Bursa Efek memasukkan penawaran jual dan/atau permintaan beli.
08:59:01 – 08:59:59 JATS melakukan proses pembentukan Harga Pembukaan dan memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Pembukaan berdasarkan price dan time priority.

B. Pra-Penutupan

Berikut ini adalah jadwal dan agenda pada sesi pra-penutupan:
Waktu Agenda
14:50:00 – 14:58:00 Anggota Bursa Efek memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli.
14:58:01 – 15:00:00 Rentang waktu penutupan perdagangan secara acak.
15:00:01 – 15:00:59 JATS melakukan proses pembentukan Harga Penutupan dan memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Penutupan berdasarkan price dan time priority.

C. Pasca-Penutupan

Berikut ini adalah jadwal dan agenda pada sesi pasca-penutupan:
Waktu Agenda
14:50:00 – 14:58:00 Anggota Bursa Efek memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli.
14:58:01 – 15:00:00 Rentang waktu penutupan perdagangan secara acak.
15:00:01 – 15:00:59 JATS melakukan proses pembentukan Harga Penutupan dan memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Penutupan berdasarkan price dan time priority.

2. Jam Perdagangan Pasar Tunai

Berikut ini adalah jam bursa saham untuk perdagangan pasar tunai:
Hari Sesi I
Senin - Jumat Pukul 09:00:00 s/d 11.30:00

3. Jam Perdagangan Pasar Negosiasi

Ada pula yang disebut dengan perdagangan pasar negosiasi, berikut ini jadwal yang harus sohib kongkow perhatikan baik-baik:
Hari Sesi I Sesi II
Senin - Jumat Pukul 09:00:00 s/d 11.30:00 Pukul 13:30:00 s/d 15:30:00

4. Jam Perdagangan Derivatif - Kontrak Opsi

Masih ada jadwal perdagangan saham selanjutnya. Kali ini disebut dengan jam perdagangan derivatif, berlangsung dari Senin s/d Jumat dalam dua sesi:
  • Sesi I 09:30:00 – 11:30:00 Waktu JOTS
  • Sesi II 13:30:00 – 15:00:00 Waktu JOTS
Untuk seri kontrak yang jatuh tempo, maka perdagangannya akan berakhir pada sesi II pukul 15:00:00 waktu JOTS.

5. Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui FITS

Jika temen kongkow ingin mengetahui jam perdagangan saham dunia, yang bersifat utang dan sukuk melalui FITS, ada di hari Senin s/d Jumat. Terbagi menjadi dua sesi;
  • Sesi I 09:00:00 – 11:30:00 waktu FITS
  • Sesi II 13:30:00 – 15:30:00 waktu FITS

6. Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui Sistem Penyelanggara Pasar Alternatif (SPPA)

Masih tentang perdagangan efek yang bersifat Utang dan Sukuk, hanya saja ini dilakukan oleh SPPA. Sama dengan jadwal perdagangan lainnya, yaitu berlangsung dari Senin s/d Jumat. Adapun jamnya yaitu pukul 09:00:00 – 15:00:00 waktu SPPA.

7. Pelaporan Transaksi Efek melalui Sistem Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE)

Jadwal selanjutnya yaitu terkait PLTE. Berlangsung dari Senin s/d Jumat, pukul 09:30:00 – 15:30:00 Waktu Sistem PLTE.

Nah, sekarang temen kongkow sudah punya cukup amunisi untuk mulai belajar saham kan? Selamat mengikuti permainan harga pada jam perdagangan saham dunia! Semoga sukses!

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Sekarang di era yang serba cepat ini jadi harus menyesuaikan diri dengan perdagangann internasional. Mengingat nantinya akan ada pasar bebas kayaknya perlu mempelajari perdagangan seperti ini mulai sekarang. Mantep sangat bermanfaat ini. terima kasih informasinya!

    ReplyDelete