header marita’s palace

Trik Jitu agar Usaha Toko Kelontong untuk Pemula Untung Besar dan Laris Manis

usaha toko kelontong untuk pemula
Rutinitas sehari-hari bukanlah halangan untuk mencari sumber pendapatan tambahan. Temen kongkow bisa memanfaatkan waktu senggang, halaman rumah, dan meminta bantuan anggota keluarga jika ingin merintis bisnis sampingan.

Salah satu jenis bisnis sampingan yang bisa dijalankan di rumah adalah usaha toko kelontong untuk pemula. Sohib kongkow tak harus langsung menjadi agen grosir bila belum memiliki modal yang memadai.

7 Cara Mengembangkan Usaha Toko Kelontong untuk Pemula

Usaha toko kelontong untuk pemula yang digelar di halaman rumah sudah lebih dari cukup untuk mengawali bisnis dan mengembangkannya menjadi lebih besar. Kalau kalian hendak merintis bisnis toko kelontong dalam waktu dekat, jangan lupa melakukan trik-trik berikut ini ya, pals. Tentu saja agar toko kalian senantiasa laris manis dan untung besar:

1. Membeli Stok Barang di Tempat yang Tepat

Sekarang, kalian bisa mendapatkan persediaan barang yang sama murahnya dengan usaha grosir jika bergabung menjadi langganan Mitra Bukalapak. Karena Bukalapak memfasilitasi para penggunanya yang ingin membeli banyak stok barang untuk kebutuhan toko kelontong. Ada berbagai kelebihan yang bisa didapatkan jika berbelanja di Mitra Bukalapak, yaitu:
  • Pilihan produk lengkap, mulai dari beragam kebutuhan harian seperti sembako, pakaian, hingga HP.
  • Jaminan harga grosir online termurah dibandingkan kompetitor.
  • Metode pembayaran Cash On Delivery (COD) yang membuat Anda bisa membayar pesanan secara tunai saat barang dikirim.
  • Transaksi mudah dan aman karena bisa dilakukan via aplikasi.
  • Proses pengiriman barang langsung diantarkan ke toko tujuan bahkan bisa diantar pada hari yang sama bila pemesanan dilakukan sebelum jam 10 pagi.

2. Melengkapi Stok Barang Secara Bertahap

Kemungkinan besar sohib kongkow belum memiliki modal dalam jumlah banyak saat memulai bisnis toko kelontong. Namun, tak perlu berkecil hati sebab kalian bisa melengkapi stok barang secara bertahap seiring berjalannya waktu.

Jangan lupa mengamati kebutuhan pelanggan sekitar supaya temen kongkow bisa menyesuaikan stok barang yang akan dibeli. Misalnya, jika kalian punya banyak pelanggan dari kalangan anak-anak, maka kalian bisa menyiapkan aneka produk jajanan untuk menggugah kelompok pelanggan tersebut.

Omzet bisnis toko kelontong akan meningkat secara signifikan bila sohib kongkow berhasil memenuhi kebutuhan para pelanggan.

3. Mengatur Tampilan Toko agar Lebih Menarik

Jangan menganggap remeh pengaruh tampilan toko terhadap minat calon pelanggan toko kelontong. Sebab toko yang selalu bersih dan rapi akan membuat pelanggan tertarik berbelanja.

Beberapa hal penting yang tak boleh luput dari perhatian temen kongkow saat menata toko kelontong adalah sebagai berikut:
  • Menata barang sesuai jenis dan kelompok, misalnya produk makanan diletakkan berjauhan dengan produk kebersihan tubuh.
  • Meletakkan barang-barang yang harganya mahal (misalnya rokok dan susu kemasan kaleng) di tempat yang aman.
  • Mengusahakan agar semua jenis barang di toko kelontong mudah ditemukan dan diambil saat ada pelanggan yang hendak membelinya.
  • Memastikan bahwa kondisi toko senantiasa bersih dan bebas bau tak sedap. Jangan malas membersihkan toko secara rutin agar terhindar dari hama pengganggu seperti semut dan tikus.
bisnis toko kelontong

4. Menentukan Margin Keuntungan Secukupnya

Tak dapat dipungkiri jika pelanggan kerap beralih ke kompetitor bisnis bila sohib kongkow menetapkan harga produk terlalu tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya kalian menentukan margin keuntungan secukupnya untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Margin keuntungan yang kecil akan terakumulasi menjadi besar jika toko kelontong kalian laris manis dan punya banyak pelanggan setia.

5. Menyediakan Layanan Pesan Antar

Toko kelontong tak akan kalah saing dengan minimarket jika bisa memberikan pelayanan terbaik sesuai perkembangan zaman. Salah satu hal penting yang patut disiapkan toko kelontong adalah layanan pesan antar.

Layanan ini bisa disediakan bagi pelanggan setia yang jarak tempat tinggalnya tak jauh dari lokasi toko sohib kongkow. Beberapa produk yang biasanya laris manis bila dijual dengan sistem pesan antar antara lain air mineral dalam gelas, air isi ulang dalam galon, dan gas 3 kg.

Meskipun terkesan sederhana, layanan pesan antar sangat efektif mempermudah pelanggan yang tak sempat keluar rumah untuk berbelanja.

6. Menjual Aneka Produk Baru yang Sedang Populer

Keberhasilan toko kelontong juga tak lepas dari jenis produk yang diperjualbelikan. Tak jarang pelanggan tergugah mencoba produk baru setelah menyaksikan iklannya di media elektronik atau media sosial.

Jadi, sebaiknya temen kongkow juga berusaha cekatan menjual aneka produk baru yang sedang populer. Usahakan agar toko kelontong yang sedang dirintis lebih unggul dalam hal pengadaan produk baru dibandingkan para kompetitor lainnya.

7. Menyiapkan Berbagai Metode Pembayaran

Bisnis toko kelontong konvensional identik dengan sistem pembayaran tunai. Jika sohib kongkow ingin menyajikan pengalaman berbeda bagi pelanggan, maka kalian bisa menyiapkan berbagai metode pembayaran seperti QR Code dan kartu debit.

Tak cuma mempermudah pelanggan yang tidak memiliki uang tunai dalam jumlah cukup, sistem pembayaran cashless juga dapat meminimalkan risiko utang yang kerap dilakukan pelanggan saat berbelanja. Ketika ada pelanggan yang mengaku tidak membawa uang tunai, jangan ragu menawarkan sistem pembayaran cashless sebagai solusi.

Bila temen kongkow sudah memiliki niat merintis usaha toko kelontong untuk pemula, jangan tunda lagi niat tersebut. Mari memulai bisnis toko kelontong karena ada Bukalapak yang siap membantu kalian mendapatkan berbagai barang dengan harga terjangkau. Mari mengunduh dan menggunakan aplikasi Mitra Bukalapak agar bisa lekas merasakan manfaatnya bagi perkembangan bisnis!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com