header marita’s palace

Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala, Ini 3 Manfaat Untuk Pemilik Kendaraan

perawatan AC mobil berkala
Dalam berkendara, tentunya hal pertama yang harus diutamakan dan tidak boleh sedikitpun diabaikan adalah keamanan. Hal ini harus selalu menjadi nomor satu karena saat semuanya merasa aman, perjalanan akan semakin menyenangkan.

That’s why pemilik kendaraan harus rutin mengecek komponen yang mendukung keamanan dan keselamatan penumpang. Setelah keamanan, hal penting berikutnya yaitu kenyamanan mobil.

Kenyamanan mobil juga nggak kalah penting. Terutama bagi orang yang suka menempuh perjalanan cukup jauh, apalagi jika sampai melintasi berbagai kota dan provinsi.

Di dalam mobil, tentunya ada satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari penumpang yaitu keberadaan AC. Tanpa adanya AC tentunya akan membuat suhu di dalam mobil cukup panas apalagi saat berkendara di siang hari.

Oleh karenanya AC harus diaktifkan saat sedang berada di mobil. Suhunya juga bisa diatur untuk suhu normal atau yang paling dingin, tergantung dari keinginan penumpang.

Melihat keadaan ini, tentunya fungsi dari AC harus bisa bekerja dengan baik. Kerusakan AC akan sangat mengganggu kenyamanan dalam mobil.

Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada AC, ada baiknya pemilik kendaraan harus melakukan perawatan AC mobil berkala. Perawatan AC secara berkala ternyata bisa memberikan beberapa manfaat lo, pals. Apa saja ya?

3 Manfaat Perawatan AC Mobil Berkala

Kalau dikupas tuntas satu per satu, manfaat merawat AC kendaraan ada banyak. Namun pada artikel ini, aku hanya akan membahas 3 manfaat utama. Berikut ini ketiga hal tersebut:

1. Memperpanjang Umur AC

Dengan secara berkala dirawat, maka bisa memperpanjang umur AC. Semakin panjang umur AC, semakin panjang pula fungsi AC bisa lebih lama dirasakan pemilik kendaraan.

Biasanya di bawah 5 tahun, AC sudah harus ganti karena kurangnya perawatan. Namun apabila sohib kongkow rajin melakukan perawatan AC mobil berkala, sistem pendingin tersebut bisa banget bertahan lebih dari 5 tahun, atau bahkan bisa mencapai 10 tahun.

2. Mencegah Kotoran Masuk ke Dalam

Kotoran yang berasal dari luar mobil tentunya bisa masuk ke dalam area mobil sehingga berpotensi untuk masuk ke filter AC. Jadi penting untuk membersihkan komponen ini, termasuk filter.

Tentu saja agar kinerja filter tidak terganggu dan mengeluarkan udara sejuk. Berbeda jika filter tidak pernah dibersihkan, maka kotoran akan menumpuk.

Saat kotoran menumpuk, hal tersebut bisa menghambat kerja AC. Bahkan, bukan tidak mungkin akan timbul bau yang kurang nyaman di hidung.

3. Meminimalisir Terjadi Overheat pada AC

Bukan hanya mesin saja yang bisa overheat, tetapi sistem yang ada di komponen AC bisa juga mengalami hal seperti itu. Untuk meminimalisirnya, selalu bersihkan AC jika memang sudah waktunya untuk dibersihkan.

Saat proses service, kipas yang ada di dalamnya akan dibersihkan. Hal tersebut berfungsi agar kipas itu bisa terus bekerja mendinginkan suhu di dalam mobil.

Itulah tiga manfaat yang akan dirasakan langsung pemilik mobil terkait merawat AC kendaraan secara berkala. Jangan sampai terjadi AC tiba-tiba mati saat perjalanan jauh sehingga harus mencari bengkel terdekat.

Oh ya, hal Ini juga menjadi peringatan bagi temen kongkow yang berencana membeli mobil bekas. Jangan lupa untuk selalu cek kinerja AC ya.

Apabila sohib kongkow tidak mau berisiko beli mobil dengan AC yang rusak, percayakan saja pada mobbi! Beberapa tahun ini lebih dikenal dengan mo88i. Sebuah platform canggih yang akan membantu aktivitas jual beli mobil bekas siapapun jadi lebih cepat tanpa perlu ribet.

So, jangan lupa untuk melakukan perawatan AC mobil berkala demi kenyamanan berkendara kalian ya, pals. Have a nice trip on your weekend!

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Ini jadi hal yang penting saat berada di mobil si paling bikin nyaman memang. Baru tahu kalau perlu dirawat juga, terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete