header marita’s palace

Cara Cek Kualitas AC Mobil, Coba 8 Hal Ini!

cara cek kualitas ac mobil
AC merupakan salah satu komponen mobil yang mempunyai peranan penting untuk menambah kenyamanan saat mengemudi. Sama seperti komponen mobil lainnya, AC juga bisa mengalami masalah atau kerusakan.

Namun, sebelum mengalami kerusakan yang cukup serius, umumnya AC akan menunjukkan gejala dengan menurunnya tingkat kedinginan. Oleh sebab itu penting bagi sohib kongkow untuk mengetahui cara cek kualitas AC pada mobil, minimal satu kali dalam satu tahun. Kita juga bisa melakukan perawatannya lewat aplikasi bengkel mobil.

8 Cara Cek Kualitas AC Mobil, Cuzz Dicoba!

Performa mobil ditentukan oleh banyak hal, antara lain kondisi busi dan kaki-kaki mobil. Nah, kalau berkaitan dengan cek kualitas AC mobil, temen kongkow bisa lakukan cara-cara seperti di bawah ini:
cara cek freon ac mobil

1. Cek Freon

Cara pertama untuk melakukan pengecekan kualitas AC mobil adalah dengan memastikan ketersediaan freon pada mobil. Cara cek freon AC mobil bisa melalui lubang kecil di dekat kompresor AC.

Jika bening artinya kondisi freon masih penuh, sedangkan jika muncul busa biasanya ketersediaan freon sudah hampir habis. Umumnya jika freon habis maka kompresor tidak akan menyala dan AC tidak akan dingin.

Biasanya freon habis disebabkan oleh kebocoran pada sistem AC, seperti kondensor, evaporator, sambungan seal o-ring, atau komponen AC yang lainnya. Kondisi AC yang tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin tidak boleh dibiarkan terus-menerus, sebab bisa menimbulkan kerusakan pada komponen AC yang lainnya.

2. Cek Fan Belt

Cara menguji kemampuan AC mobil apakah masih berjalan dengan baik yaitu dengan melakukan pengecekan kondisi fan belt. Secara umum pengemudi kerap mengalami putus atau lepasnya fan belt yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC mobil.

Jika hal itu terjadi maka bisa dipastikan kualitas AC mobil tidak akan dingin, dan hanya mengeluarkan angin saja, karena kondensor tidak bekerja sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pengecekan kondisi fan belt apakah sudah tersambung dengan benar.

3. Cek Kondensor

Kualitas AC mobil yang dingin juga dipengaruhi oleh kondensor yang bersih. Kondensor adalah alat untuk membuang panas yang dilepaskan oleh kompresor.

Jika kondensor kotor maka kualitas AC tidak akan dingin karena terdapat kotoran pada bagian kondensor tersebut. Jadi, untuk menjaga kualitas AC mobil dengan baik, salah satunya dengan cara melakukan pengecekan dan membersihkan kondensor mobil secara teratur.

4. Cek Extra Fan

Cara cek sistem AC mobil lainnya adalah dengan melakukan pengecekan pada extra fan. Sebab, salah satu penyebab kualitas AC menurun adalah extra fan yang tidak berputar sehingga AC akan terasa panas.

Kondisi extra fan yang rusak akan berpengaruh pada proses kondensasi dan tidak akan berjalan dengan normal. Proses kondensasi merupakan proses penurunan suhu agar menjadi lebih dingin di dalam kondensor.

Jadi, bisa disimpulkan jika extra fan rusak secara otomatis suhu di dalam mobil akan terasa panas. Bikin nggak betah kan pals kalau kek gini?
sistem ac mobil dan fungsinya

5. Cek Filter AC

Kualitas AC yang baik, tentunya akan memberikan udara yang dingin karena kondisi filter AC yang bersih dan tidak kotor. Oleh sebab itu, pengecekan filter AC juga penting untuk diperhatikan.

Dryer filter berfungsi untuk menyaring cairan dari freon yang sudah cair, dan memiliki beberapa komponen di dalamnya seperti filter,desiccant, sight glass, dan fusible plug.

Dryer filter berada diantara expansi valve dan kondensor yang merupakan komponen vital AC mobil. Jika dryer filter dalam kondisi kotor, maka akan terjadi penyumbatan sehingga freon mengalir lebih banyak dibandingkan dengan oli yang mengakibatkan supply freon menjadi berlebih.

Hal tersebut akan membuat mengeluarkan angin seperti asap atau kabut. Maka, jika mengetahui kualitas AC mobil yang tiba-tiba menurun, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada filter AC.

6. Cek Sensor AC

Cara melakukan pengecekan kualitas AC selanjutnya adalah memastikan jika sensor otomatis AC mobil berfungsi. Jika terdapat masalah pada sensor AC, pantas saja kalau AC mobil tidak berfungsi atau tidak menyala.

Beberapa masalah terkait sensor AC, antara lain kabel putus, korsleting, atau tidak terpasang dengan benar,  Jadi, jangan lupa untuk cek sensor AC agar bisa mendapatkan performa mobil yang maksimal.

7. Cek Thermistor

Pada mobil yang sudah tua biasanya mengalami masalah di bagian thermostat. Hal tersebut menyebabkan penurunan kualitas AC, atau AC menjadi tidak dingin.

Mobil tua umumnya memiliki thermostat yang menurun, basah atau sensor yang pecah. Itu membuat thermostat tidak berfungsi secara maksimal.

Jika kamu memiliki masalah seperti ini, sebaiknya segera ganti dengan thermostat yang baru, sehingga tidak mengganggu atau merusak komponen AC yang lainnya.

8. Cek Oli Kompresor Mobil

Agar mendapatkan kualitas AC mobil yang dingin, maka pastikan jika pengisian oli kompresor mobil tidak melebihi batas. Kapasitas oli kompresor yang berlebih bisa membuat tekanan pada freon meningkat.

Ketika kondisi tersebut terjadi, kompresor menjadi sangat panas. Jadi pastikan pengisian oli kompresor sesuai dengan kapasitas masing-masing mobil ya, pals.

Itulah 8 cara cek kualitas AC mobil yang bisa sohib kongkow lakukan. Fyi, AC yang tidak dingin bisa bikin mobil yang irit pun jadi boros lo. 

Makanya, jangan remehkan AC yang bermasalah atau rusak. Jika cara cek kualitas AC mobil di atas terlampau ribet buatmu, temen kongkow bisa melakukan service AC mobil di bengkel umum yang terpercaya.

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Soal AC Mobil aku ga paham sama sekali, kalau urusan ini pasti urusan suami sih. Cuma kalau AC ikut rasain juga pas di mobil sering banget dibuat mual sama AC, jadi hampir ga pernah nyalahin saat di mobil. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete