header marita’s palace

RDL Sabun Papaya Rawat Wajah Mamah Muda Tanpa Ganggu Uang Belanja

review RDL Sabun Papaya
Aku lagi happy banget nih, pals. Soalnya aku nemu produk skincare yang ramah banget buat kantong emak-emak sepertiku. Aku yakin sih sohib kongkow pastinya pernah mendengar nama RDL Sabun Papaya.

Itu lo, salah satu varian sabun wajah yang diproduksi oleh RDL Pharmaceutical Laboratory. Yang kemasannya khas berwarna oren seperti warna buah pepaya. Tahu kan, pals?
Jadi ceritanya nih, aku baru aja tahu kalau manfaat pepaya untuk kulit wajah bejibun banget. Selama ini kan aku tahunya pepaya baik buat pencernaan. Eh, ternyata selain bisa menyehatkan saluran cerna, buah berwarna oren dengan harga terjangkau ini punya kandungan Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, dan masih banyak lagi.
manfaat pepaya untuk wajah
Nutrisi yang ada dalam buah pepaya itu punya manfaat kece buat wajah. Di antaranya bisa mencegah jerawat, mencerahkan wajah, mengurangi tanda-tanda penuaan hingga mengatasi hiperpigmentasi dan menyamarkan bintik-bintik hitam. Wah, aku langsung tuh hunting RDL Sabun Papaya begitu tahu informasi tersebut.

Review RDL Sabun Papaya, Harga Boleh Murah Tapi Kualitas Nggak Murahan

Sejujurnya waktu cari-cari produk Sabun Papaya RDL, aku agak kebingungan sih, pals. Soalnya ternyata ada banyak sabun pepaya di luar sana. Aku memutuskan untuk membeli sabun produksi RDL karena mostly teman-teman yang menggunakan produk ini memberikan komen positif.

Eh, tapi ternyata kebingunganku belum berakhir, pals. Aku menemukan Sabun Papaya RDL dengan kemasan serupa tapi tak sama.

Akhirnya setelah googling ke sana kemari, barulah aku tahu kalau Sabun Papaya RDL asli hanya diproduksi oleh RDL Pharmaceutical Laboratory, Inc yang berlokasi di Davao City, Filipina. Sementara itu distributor di Indonesia dikelola oleh PT RDL Distribusi Indonesia.


Kalau di kemasan sabun pepaya yang kamu beli tidak tercantum distributornya siapa, artinya produk palsu tuh, pals. Hati-hati ya.

Nah, biar nggak salah beli, mending kamu langsung cuzz aja check out RDL Sabun Papaya di official store-nya di Shopee, pals.

1. Kemasan

Btw, setelah aku menerima produknya nih. Aku langsung ceki-ceki siapa produsen dan distributornya. Alhamdulillah, memang kalau dari official store, udah pasti terjamin lah ya.
kemasan Sabun Papaya RDL asli
Sabun Papaya dari RDL ini dikemas dalam kardus berbentuk persegi dengan kombinasi warna oren dan putih. Di bagian depan dan belakang kemasan kardus, tercantum nama produknya dengan jelas; RDL Papaya Brightening Soap.

Tak hanya nama produk, nampak pula gambar pepaya dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tertulis seperti ini nih di kemasannya; “with Whitening Formula & Sunscreen, + Vitamin A, C & E.

Sementara itu di bagian sisinya, ada informasi mengenai nama produsen dan distributornya. Di sisi lainnya terdapat penjelasan tentang produk, ingredients dan cara penggunaannya.

Saat kemasan kardusnya dibuka, sabun yang juga berwarna oren seperti buah pepaya itu masih terbungkus dalam plastik. Dengan ukuran 135 gram, kalau dipakai buat wajah saja, keknya bakal lama habisnya, pals.

Untungnya Sabun Papaya RDL ini nggak cuma bisa dipakai buat wajah, tapi juga buat badan. Dengan harga Rp30.000,-, tentunya setuju dong kalau aku bilang produk ini ramah buat kantong mamah muda sepertiku?

Nggak tahu ya kalau sohib kongkow gimana, tapi kalau aku tuh biasanya beli skincare dengan cara mengumpulkan sisa-sisa uang belanja gitu loh. La iya kalau ada sisa, kalau nggak ada sisa, ya perawatannya kapan-kapan deh.

Makanya menemukan RDL Sabun Papaya tuh seperti ketiban rejeki nomplok gitu deh. Aku nggak perlu pusing-pusing lagi menunggu sisa uang belanja buat beli produk yang punya banyak manfaat ini. Apalagi sabun ini awet banget, pals.

Teksturnya tuh padat. Kan ada ya sabun batangan yang kalau kena air cepat leleh gitu. Nah, kalau produknya RDL ini aman, pals. Hanya saja agar lebih higienis, saranku sih potongin dulu jadi beberapa bagian lebih kecil sebelum digunakan.

Alhamdulillah selama pemakaian sepekan lebih, aku nggak menemukan masalah sih. Review RDL Sabun Papaya ini beneran tulus dari hati karena aku merasakan efeknya secara nyata.

Seperti yang sudah aku ceritakan beberapa waktu lalu, aku mulai kerja di ranah publik lagi from 7 to 4 sejak Februari 2023 lalu. Setiap kali sampai rumah tuh, wajahku rasanya tebel banget karena debu-debu jalanan nempel semua. Namanya juga pulang pergi naik motor ya, pals.

Sebelum aku menggunakan Sabun Papaya dari RDL, rasanya aku harus cuci muka berulang kali baru wajah terasa bersih. Tapi sejak pakai produk dari RDL ini, sekali cuci muka aja rasanya udah segar dan segala kotoran terangkat sempurna.

2. Cara Penggunaan

Untuk menggunakan sabun papaya yang diproduksi RDL ini mudah banget, pals. Gini nih step-stepnya:
  • Basahi wajah dengan air.
  • Lalu basahi juga tangan sohib kongkow dengan air. Setelahnya, sentuhkan tangan yang sudah basah ke sabun hingga berbusa.
  • Usapkan dengan lembut busa sabun tersebut ke area wajah dan leher secara merata dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama tiga menit. Setelahnya, bilas deh dengan air sampai bersih.
cara menggunakan RDL Sabun Papaya
Yang aku rasakan setelah melakukan langkah-langkah di atas, minyak dan kotoran yang menempel di wajah terangkat secara optimal. Wajah juga terasa lebih bersih, cerah, lembut dan kenyal.

Buat teman-teman kongkow yang nggak suka buah pepaya, jangan worry sama aroma sabun ini. Yakin deh nggak ada tuh aroma pepaya sama sekali. Aromanya enak dan nggak menyengat kok.

Soalnya salah satu bahan yang terkandung dalam sabun ini adalah Cocos Nucifera (Coconut) Oil alias Minyak Kelapa. Jadi ada wangi kelapanya gitu deh. Cobain aja lah biar tahu gimana rasanya, hehe.

Pastinya setelah rutin pakai Sabun Papaya RDL, ketemu suami di rumah setelah pulang kerja jadi lebih pede. Bye bye wajah kusam dan berminyak.

3. Manfaat Sabun Papaya RDL

Seperti yang aku sempat spill di atas, pepaya tuh punya segudang manfaat buat kecantikan wajah. Nah, secara singkat ini empat manfaat Sabun Papaya RDL yang sudah aku rasakan:
manfaat sabun papaya RDL
  • Mengangkat Sel Kulit Mati - Kandungan Ekstrak Pepaya di sabun ini benar-benar bikin wajah jadi super bersih. Semua sel kulit mati terangkat sempurna. Alhasil, jerawat pun tak menghampiri. Wajah jadi lebih cerah, dan bonusnya bye bye penuaan dini.
  • Cegah Jerawat & Penuaan Dini - Kandungan Vitamin A di dalamnya mampu mencegah jerawat. Bekas-bekas jerawat pun teratasi. Buat yang usianya udah 30+ kek aku, di mana kerutan-kerutan halus udah mulai muncul, menggunakan sabun ini secara rutin akan mengatasi kerutan tersebut.
  • Mencerahkan Wajah - Vitamin C pada sabun ini aktif berperan untuk mencerahkan wajah dan merangsang produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih kenyal serta lembut. Tak hanya itu, vitamin C juga berfungsi sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.
  • Melembabkan dan Mengenyalkan Wajah - Vitamin E yang terdapat dalam sabun ini memiliki peran untuk menjaga kelembaban wajah. Tak hanya itu, buat yang punya masalah hiperpigmentasi sepertiku, produk ini cocok banget.
Setelah tahu manfaatnya yang kece beud, apa kamu jadi tertarik untuk nyobain produk ini, pals? Waiiiit, sebelum kamu check out, tuntaskan dulu baca artikel ini karena masih ada informasi penting lainnya.

Review RDL Facial Cleanser Papaya Maksimalkan Kebersihan Wajah

Pakai RDL Sabun Papaya saja memang sudah terasa manfaatnya buat wajah. Namun kalau kamu pengen wajah lebih bersih dan cerah, jangan lewatkan penggunaan RDL Facial Cleanser Papaya.

Nama resmi produk ini adalah RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract. Dari namanya aja udah menyebutkan kata ‘Babyface’, jadi jangan kaget kalau setelah rutin pakai produk ini, kamu jadi makin imut kek bayi ya, pals. Hihi.
kemasan RDL facial cleanser papaya

Dikemas dalam botol plastik bening ukuran 150 ml. Karena cairannya berwarna oren, jadi kalau isinya masih penuh, terlihat seperti botolnya berwarna oren. Tutup botol menggunakan konsep flip. Aman dan nggak mudah tumpah.

Kemasannya sederhana. Di bagian depan tertempel stiker dengan gambar pepaya dan informasi nama produk. Sementara penjelasan lengkap tentang produk, cara penggunaan, komposisi dan informasi produksi tercetak di bagian belakang stiker. Kita bisa melihat informasi tersebut dari sisi belakang produk karena botolnya transparan.

Buat yang biasa full make up, produk ini bisa membantu kamu untuk mengangkat sisa-sisa make up secara sempurna. Rekomendasinya sih, produk ini digunakan dua kali sehari; setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Kalau aku sendiri karena hampir nggak pernah pakai make up, pakai produk ini hanya saat malam hari sebelum melakukan night skincare routine gitu. Double cleansing pakai RDL Facial Cleanser plus RDL Sabun Papaya bikin wajah jadi bersih sempurna.

Alhasil, karena wajah jadi lebih maksimal bersihnya, skincare malam yang dipakai pun jadi lebih terasa manfaatnya.

Sama halnya dengan Sabun Papaya dari RDL, produk facial cleanser ini juga mengandung ekstrak pepaya. Secara garis besar manfaatnya hampir sama sih dengan Sabun Papaya;
  • Membersihkan wajah dari kotoran penyebab komedo dan jerawat secara menyeluruh.
  • Menghaluskan dan mencerahkan kulit.
  • Melembabkan dan merawat kulit tetap sehat.
cara penggunaan RDL Facial Cleanser Papaya
Efek dari menggunakan RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract ini, aku merasakan bruntusan di area T, bawah mata, dan di bagian dagu jadi menghilang secara perlahan. Jadi bikin happy ngelus-ngelus wajah sendiri deh.

Untuk pemakaian produk ini gampang kok. Cukup tuangkan beberapa tetes facial cleanser ini ke kapas. Lalu usapkan merata ke seluruh wajah dan leher sampai terasa bersih.

Aromanya seger. Buat mamah muda yang sehari-hari ngantor dari pagi sampai sore, produk ini bisa mengembalikan semangatmu setelah seharian berkutat dengan kerjaan. Apalagi kalau setelah pakai produk ini, cuzz ngaca. Dijamin deh lelahmu berganti jadi senyum merekah.

Nggak percaya? Buktiin aja sendiri. Harganya juga aman kok di kantong. Sama seperti si RDL Sabun Papaya, si facial cleanser dari RDL juga dibanderol dengan harga Rp30.000.

Produk-produk Istimewa Lainnya dari RDL

Selain dua produk di atas, ternyata RDL juga punya deretan produk lainnya, pals. Yuk, intip ada apa saja sih.
jenis-jenis produk RDL
  1. RDL Cucumber Brightening Soap - Sabun wajah berbentuk batang dengan ekstrak mentimun yang berfungsi untuk mencerahkan wajah, menyegarkan dan mengatasi jerawat membandel.
  2. RDL Avocado Brightening Soap - Sabun wajah batangan dengan ekstrak alpukat yang punya manfaat untuk menghaluskan kulit.
  3. RDL Kalamansi Brightening Soap with Honey - Sabun wajah dengan ekstrak jeruk nipis yang mampu mengecilkan pori-pori wajah, mengurangi minyak dan melembabkan kulit.
  4. RDL Kojic Brightening Soap - Asam kojic yang terkandung di dalamnya mampu mengatasi bintik-bintik hitam. Sementara ekstrak pepaya bisa membantu mencerahkan wajah.
  5. RDL Babyface Facial Cleanser with Cucumber Extract - Facial cleanser dengan ekstrak mentimun untuk mengatasi peradangan kulit akibat jerawat, meningkatkan warna kulit dan membuat kulit makin kenyal.
  6. RDL Babyface Facial Cleanser with Avocado Extract - Facial cleanser dengan bahan aktif ekstrak alpukat, mampu melembabkan kulit, mengatasi kulit yang terbakar matahari, mencegah jerawat dan penuaan dini.
  7. RDL Babyface Facial Cleanser with Kalamansi Extract - Ekstrak jeruk nipis di dalamnya mampu mengecilkan pori, mengontrol minyak berlebih, menyamarkan flek hitam, dan sebagai antioksidan buat kulit.
  8. RDL Babyface Facial Cleanser Plain - Mengatasi pori-pori yang tersumbat, sehingga wajah lebih cerah dan awet muda.
  9. RDL SureWhite Microexfoliant - Mencerahkan kulit dalam waktu 7 hari karena kandungan GigaWhite, AHA dan ekstrak pepaya.
  10. RDL Cream with Moisturizer - Pelembab wajah yang berfungsi untuk melembabkan, mencerahkan dan melindungi wajah dari sinar UV.
  11. RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15 - Tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV, mencegah hiperpigmentasi dan penuaan dini.
Wuih, ternyata banyak banget ragam produk RDL ya, pals. Berhubung aku dah ngrasain before - after pemakaian produk Sabun Papaya dan Facial Cleanser dari RDL yang mantulita, next keknya aku mo nyobain yang RDL SureWhite Microexfoliant deh.

Hmm, sama bagusnya dengan yang varian Papaya nggak ya… Kalau sohib kongkow kepo sama produk yang mana nih? Cek info tentang RDL di Instagram (@official.rdl) dan akun Tiktok RDL yang baru di @official.rdl.

before after pemakaian RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya
Saatnya aku akhiri review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya ini. Cuzz borong produknya di RDL Official Store yang ada di Shopee, biar kamu dapat barang yang asli dan bisa merasakan manfaatnya secara optimal. Selamat merawat wajah tanpa takut uang belanja habis ya, pals.***

42 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Aku penasaran sama RDL Avocadonya, sebagai pecinta alpukat kayaknya aku harus coba

    ReplyDelete
  2. RDL Sabun Papaya sama cleansernya memang bikin kulit ringan, bersih, adem, udah gitu harganya nggak bikin kantong bolong, yah mbak Mar.

    ReplyDelete
  3. wah ternyata RDL ada produk palsunya ya, mesti hati2 nih kalau beli jangan sampai beli yg palsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak jadi lebih baik kalau beli langsung di official storenya deh yaa. Dijamin ori dan berkhasiat.

      Delete
  4. Terima kasih reviewnya mbak, jadi mau cobain. Btw setelah pakai facial cleanser harus cuci muka lagi pake facial foam gak mbak?

    ReplyDelete
  5. Anonymous15 June, 2023

    Produk RDL ternyata banyak macamnya. Aku cuma tau sabun aja

    ReplyDelete
  6. Masyaallah murmer ya buat mamak2 kayak kita. Berjuta manfaat pula. Bisa mencerahkan, mengurangi jerawat dan lain-lain. Cuzz ah beli

    ReplyDelete
  7. Anonymous15 June, 2023

    Harga terjangkau tapi hasilnya beneran nyata ya mbaa... Aku juga pakai nih RDL Sabun Papayanya

    ReplyDelete
  8. solusi banget yaaa buat jaga kesehatan kulit wajah kita. makin terjaga kelembabannya dan makin terjaga kesehatannya

    ReplyDelete
  9. AKu baru ngeh nih kalau beli sabun papaya itu harus cek produsennya juga ya. Takut banget beli yang aspal. Btw, aku juga baru tahu sih kalau buah pepaya itu bagus juga untuk berbagai masalah kulit. Kayaknya aku kudu nyoba juga sabun dan facial cleansernya buat wajahku. Semoga aja cocok.

    ReplyDelete
  10. Mertuaku juga pakai sabun pepaya dari RDL mbak. Aku coba juga enak bgt ya .. hoo gitu ya caranya mbak biar steril dipotong² gitu biar sekali pakai hihi, boleh nih dicoba tipsnya.

    Wah aku baru tau banyak variannya gak cuman pepaya aja ya. Penasaran sama avocado sih 🤩

    ReplyDelete
  11. RDL sabun Papaya memang bagus ya, harganya juga murah jika dibanding skincare, rekomended bangetlah

    ReplyDelete
  12. Wah ternyata produk RDL banyak juga, ya, ga cuma sabun aja
    Sabun batangnya itu loh lagend sekali

    ReplyDelete
  13. Aku juga coba REL ini mb. Ternyata efeknya di kulit wajah tu enak. Keset bersih, kulit tetap terasa kenyal, tidak kaku

    ReplyDelete
  14. Wah, yang belum aku coba cleansernya mbak. Kalau sabunnya mah udah lama ;) enak juga di wajah berjerawat kaya aku. Tapi emang harus cermat beli yang ori biar terasa bedanya di wajah secara optimal. ;)

    ReplyDelete
  15. Süper lengkap reviewnya.. Aq yang pepaya nggak cocok. Tapi klo ibuku pake juga jadi bersih. Mang produk legend ini.

    ReplyDelete
  16. Ternyata produk RDL bukan Papaya saja, ya. Lengkap banget lihat deretan-deretan produk lainnya. Jadi banyak referensi untuk mencari yang cocok dengan kulit

    ReplyDelete
  17. Wah, aku bacanya sambil senyum2 sendiri, kayak ikut ngerasain segernya, bersihnya kinclongnya mentereng setelah pakai rangkain produk RDL ini. Padahal aku udah kenal sabun RDL ini dari lama lo, kok aku baru tahu ya kalau ada varian selain pepaya juga.. Jadi penasaran pengen nyobain...

    Btw, aku setuju coach, pakainya dipotong2 dulu, karena ini sabun keknya emang lebih gede dari sabun normal ya wkwk...

    ReplyDelete
  18. Sama mbak, saya kalau beli produk kayak gini selalu di official store. Biar aman, terjamin keasliannya. Btw ini sabun RDL Papaya bisa dihemat juga ya. Bisa dipotong-potong saat mau digunakan

    ReplyDelete
  19. Sejak dulu pepaya memang dipercaya mampu mencerahkan kulit ya mba. Sekarang bahkan ada serumnya. Kalau aku masih sebatas konsumsi aja, hehehe

    ReplyDelete
  20. Dulu SMA tau ada RDL karena temen pada pake. Baru tau sekarang kalau varian produknya banyak juga...

    ReplyDelete
  21. Akuuu dong udah nyoba juga pake RDL ini. Dulu pernah nyoba terus lama ngga pake lagi dan sekarang jadi pengen nostalgia. Ehhh, masih cocok dong. Apalagi pake Babyface Facial Cleanser nya tuh berasa hempaskan kotoran dan debu yang seharian nempel di wajah ya kan. Awalnya aku mikir kalau pake ini bikin muka kering. Ternyata ngga tuh. Enakeunn banget dipake.

    ReplyDelete
  22. Gemes juga era sekarang masih ada brand sabun yang tetap produksi sabun versi batangan kaya RDL sabun papaya ini, secara sekarang eranya sabun cair ya yang lebih praktis pemakaiannya. Terima kasih reviunya Mba, kapan-kapan coba sabunya aaah.

    ReplyDelete
  23. Dulu saya pakai rdl Papaya gak ada cleansernya. Alhamdulillah sekarang produk ini muncul lagi dengan paket yg lebih lengkap. Kulit wajah bakalan makin cantik maksimal nih jika dirawat dengan produk lengkap

    ReplyDelete
  24. Yang kulihat kapan hari di supermarket berarti bukan ini yaa... kayaknya di bagian belakang tidak tertera produsennya. Oke deh, mendingan beli langsung aja di official storenya.

    ReplyDelete
  25. Judulnya sangat relatable sekali dengan kondisi saat ini yang kudu cerdas dalam memilih produk perawatan wajah. BUkan hanya yang cocok di kulit, tapi yang hemat dan dengan penggunaan rutin, tetap bisa menggapai impian kulit cerah alami bersama RDL Sabun Papaya.

    ReplyDelete
  26. Jadi inget dulu pas jaman masih sekolah, direkomendasiin sama temen pake ini, aku keseringan kepanasan karena olahraga volly, terus kulitnya jadi gelap gitu haha plus ada jerawatnya juga, terus aku cobalah pake sabun papaya, kulit belangnya jadi rata lagi, tentu dengan pemakaian yang rutin.

    ReplyDelete
  27. Pepaya ternyata khasiat dan kandungan vitaminnya luar biasa banyak ya Mbak. Dengan sabun RDL saja efek wajah yang bersih dan kinclong bisa didapatkan. Cara praktis untuk merawat kulit kita nih.

    ReplyDelete
  28. Lengkap juga ya mb. Produk dari RDL Pepaya ini. dulu hanya tahu sabun doang.

    ReplyDelete
  29. Kalau kedua produk ini, Sabun Papaya dan Facial Cleanser dari RDL sudah pernah coba dan memang sebagus ituuu, harganya pun terkangkau. Kalau produk RDl yang lain baru tahu, ternyata banyak ya ya..wah mau coba semua karena cocok buatku

    ReplyDelete
  30. Bener banget Mbak nggak ganggu uang belanja Karena harganya pun lumayan terjangkau dan bisa tahan lama

    ReplyDelete
  31. Sering lihat sabun ini di toko langganan, nggak tertarik. Tadinya.. Setelah baca review mba kok jadi tertarik sih mana aku termasuk yang malas dulat dulit.. Maunya gampang aja pakai sabun satu buat wajah dan badan, badanku bersih wajahku kinclong gitu maunya.

    ReplyDelete
  32. Rangkaian produk RDL banyak banget ya ternyata, harganya juga terjangkau, pepaya memang buah yang punya banyak manfaat kok, jadi ingin coba juga

    ReplyDelete
  33. banyak ya ternyata produk RDL ini. aku sudah nyoba sabun papaya sama cleansernya penasaran juga nih sama produk lainnya

    ReplyDelete
  34. mupeeenggg buat cobaaa
    faedah nya ok bgt ya.
    harga terjangkau pula.
    makin siipp lah

    ReplyDelete
  35. Uhuuyy merawat kulit mamah muda, kalau mamah tua gimana tuh? hahaha.
    Sabun papaya nih udah lama beredar ya, cm makin banyak reviewnya sekarang tambah keren manfaatnya meluas.

    ReplyDelete
  36. Wah manfaatny mantab sekali, bsa mncegah jerawat, anti aging, mengenyalkn pula....setuju bgets perlu double dalam pmbersihanny...skrg sdh ada sabun RDLny...perlu nyoba jg nih cleanserny

    ReplyDelete
  37. Asyiik banget emang sabun yang satu ini, kenal pertama kali pas aku masih SMA, eh skrg juga ada face cleansernya lagi, alhamdulillaah bangett

    ReplyDelete
  38. mbak aku lama lho pakai sabun ini saking cocoknya nggak pengen ganti lagi

    ReplyDelete
  39. wah beneran ya dengan harga hanya 30 ribuan tidak bikin dompet mamak muda kempes, yang ada muka jadi lebih fresh, sehat dan glow

    ReplyDelete
  40. RDL ini yang merk kosmetik zaman dulu ya? Ternyata masih ada toh sampai sekarang? Apalagi dalam bentuk sabun pepaya, kayaknya bakalan banyak yg suka sih, apalagi manfaat.y banyak

    ReplyDelete