header marita’s palace

ASUS Zenfone 10 Mighty on Hand, Ponsel Pintar Pilihanku!

review ASUS Zenfone 10
Ngakunya content creator, tapi ponselnya lemot, kameranya buat take video goyang-goyang, nggak smooth, burem lagi hasilnya. Hmm, apa kata dunia?

Dulu waktu belum masuk dalam hingar bingar dunia perkontenan, pakai ponsel low budget merasa baik-baik saja. Namun seiring berjalannya waktu, aku mulai merasakan bahwa “a man behind the gun” ada kalanya tidak benar-benar bisa sesuai konteks.

Seperti Apakah Ponsel Pintar Idamanku?

Seseorang dengan senjata berteknologi tinggi tentu akan lebih optimal performanya dibanding dengan orang yang sama tapi memegang senjata teknologi rendah bukan? Bukan maksud hati ingin mengeluh dengan kekurangan ponsel yang kumiliki saat ini, tapi diakui atau tidak, seberapa lama sebuah ponsel itu digunakan akan berpengaruh pada kinerjanya.

Contoh sederhana, ketika awal beli, ponsel kita hanya terpasang beberapa aplikasi bawaan. Itu pun belum berisi data apapun, karena kita belum login dan mengoperasikannya. Namun setelah bertahun-tahun sebuah ponsel digunakan, entah sudah berapa banyak aplikasi tertanam di dalamnya.

Data yang tersimpan pada masing-masing aplikasi pun bertumpuk sedemikian rupa. Ruang penyimpanan yang tadinya lega, mendadak mulai ‘sesak napas.’ RAM yang tadinya bisa dipakai ‘berlari’, mulai tersendat-sendat saking banyaknya aplikasi yang harus dijalankan.

Belum lagi teknologi baru setiap tahun terus bermunculan. Kamera ponsel yang keluar 2 - 5 tahun lalu tentu saja sudah sangat berbeda kualitasnya dibanding kamera ponsel yang dirilis baru-baru ini. Melihat kamera ponsel baru yang begitu bening hasilnya, kadang bikin aku tersenyum miris melihat hasil syutingan dari kamera ponselku.
saatnya ganti hp jadul ke Zenfone 10
Sebagai orang yang bergelut dengan dunia perkontenan, aku membutuhkan ponsel pintar dengan spek ‘dewa’. Bagaimana tidak, setiap hari aku selalu mengambil gambar dan video, setidaknya 100 kali take. Bisa dibayangkan jika dikalikan 20 hari saja, sudah ada berapa gambar dan video yang tersimpan di ponselku?

Tentu aku tahu teknologi bernama Cloud Computing. Aku pun selalu rajin melakukan penyimpanan cadangan di sana kok, tapi nyatanya ada beberapa file yang tidak bisa kuhapus begitu saja. Terutama file yang belum selesai kusunting dan kuolah menjadi sebuah konten bermakna.

Itulah yang membuat ruang penyimpanan ponselku, makin hari makin engap. Pun performanya tak lagi semaksimal seperti saat pertama kali aku membelinya. That’s why aku berencana untuk membeli ponsel pintar baru yang bisa memenuhi kebutuhanku saat ini.

Menurutku ponsel ideal yang cocok dengan seorang content creator adalah;
  • Desainnya nyaman digenggam. Nggak terlalu besar ataupun kecil. Pokoknya pas gitu deh di telapak tangan.
  • Punya storage yang lapang, sehingga aku nggak perlu sering-sering hapus file dari ponselku.
  • Dibekali dengan prosesor berkualitas dan RAM yang besar, sehingga bisa mengakomodasi kebutuhanku yang suka multitasking pakai ponsel.
  • Lengkap dengan kamera canggih yang punya banyak fitur untuk memudahkanku menghasilkan konten-konten ciamik.
Emang ada gitu ponsel pintar yang bisa memenuhi idealismeku? Ternyata, ada lo, pals!

Makanya, melalui artikel ini, aku pengen ngajakin Sohib Kongkow yang memiliki permasalahan sama denganku untuk ikutan GBBPB. Weleh apaan tuh?
Gerakan Beli Bareng Ponsel Baru.
Wkwkwk, maksain banget nggak sih?

zenfone 10 dari ASUS

Intinya, daripada kamu kelamaan manyun, sini deh, kita barengan ganti hp aja yuk. Mumpung hari ini ASUS Zenfone 10 Mighty on Hand resmi dilaunching! Memangnya Zenfone 10 mampu memenuhi spek idamanku?

Kalau mau tahu jawabannya, yuk aah lanjutin bacanya sampai tuntas, pals.

ASUS Zenfone 10, Ponsel Pintar untuk Content Creator

Memiliki tagline “Mighty on Hand”, ASUS Zenfone 10 memanglah ponsel pintar yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang mengaku sebagai content creator. Dengan lima pilihan warnanya yang ajib, ponsel pintar ini tidak hanya terlihat manis saat dipandang, tapi juga perkasa di tangan.

Apa maksudnya?

Dari hasil penelusuranku melalui berbagai referensi, aku menemukan setidaknya ada empat keunggulan utama dari ponsel yang resmi di-launching di Indonesia pada hari Jum’at, 29 September 2023 pukul 19.00.

Sebelum aku spill empat keunggulan tersebut, temen kongkow bisa merapat dulu ke video ini, untuk menonton keseruan acara launching ponsel pintar terbaru besutan ASUS:


Gimana, sudah ada sedikit gambaran sekece apa ponsel pintar ini? Kalau aku sih bukan lagi terbayang, tapi sudah kadung ngebet pisaaan. Sambil melangitkan doa, semoga aja aku yang beruntung dapat giveaway di acara launching tersebut, aaamiin.

Nah, sekarang saatnya kembali pada penjabaran keempat keunggulan utama ASUS Zenfone 10 yang telah membuatku jatuh cinta sebelum melihatnya secara nyata;

1. Desain yang Kompak

Berukuran 5,9”, ponsel pintar terbaru dari ASUS ini memang didesain sedemikian rupa untuk bisa dipegang dan dioperasikan hanya dengan satu telapak tangan. Dengan lebar kurang lebih 68,1mm, dan berat 172 gram, ponsel ini sangat nyaman digenggam.

ASUS tak pernah henti-henti memanjakan penggunanya. Nyatanya, Zenfone 10 dihadirkan dalam lima pilihan warna unyu yang terinspirasi dari warna harmonis kosmos;

pilihan warna ASUS Zenfone 10

  • Midnight Black
  • Starry Blue
  • Aurora Green
  • Comet White
  • Eclipse Red
Setiap warna menggambarkan karakter yang berbeda. Hitam dengan kemisteriusannya, biru dengan sisi percaya dirinya, hijau dengan kelembutannya, putih dengan ketulusannya dan merah dengan keberaniannya. Mana warna yang paling sesuai dengan karaktermu, pals? Kalau aku sih pilih yang Starry Blue.

Pemilihan bahan ponsel ini juga mempertimbangkan gaya hidup keberlanjutan. Dengan menggunakan bahan polikarbonat berbasis bio yang ramah lingkungan dan proporsi kemasan yang dapat didaur ulang, jelas ponsel ini cocok buat sohib kongkow yang ber-sustainable living style.

Part keren lainnya dari ponsel ini adalah adanya IP68 Water Resistant. Jadi mau dibawa ke gunung yang berembun, ke sungai yang penuh air, tak perlu khawatir saat ponsel ini kecipratan. Insya Allah amaaan.  

2. Performa Super Gahar

Walau berukuran compact, tetapi dapur pacu ponsel pintar ini nggak kaleng-kaleng, pals. Ditenagai oleh prosesor Snapdragon® 8 Gen 2 terbaru, RAM dengan dua pilihan ukuran; 8GB LPDDR5X dan 16GB LPDDR5X, serta ruang penyimpanan hingga 512GB UFS 4.0 ROM. Mantap kan, pals? Udah kek laptop aja tuh.

Dengan fakta keren ini membuktikan bahwa ASUS Zenfone 10 tidak ingin kita memilih salah satu; pilih yang desainnya compact atau pilih yang performanya mantap jaya. Zenfone 10 justru memberikan kita keduanya!

dapur pacu ASUS Zenfone 10

Dapur pacu yang gahar ini jelas sangat mendukung kebutuhanku sebagai content creator yang seringkali ber-multitasking. Ya browsing sambil ngedit video, ya chatting via aplikasi perpesanan sambil nglirik marketplace, dan masih banyak lagi aktivitas ‘berat’ yang pastinya terasa ‘ringan’ jika dilakukan bersama Zenfone 10. 

Gaming, salah satunya, Hal ini dikarenakan fitur Snapdragon Elite Gaming™ pada Zenfone 10 menawarkan kemampuan gaming mobile sejati. Gimana para gamers? Siap merapat untuk ponsel ini?

3. Pengalaman yang Istimewa

Bukan hanya dapur pacunya saja yang gahar, tetapi Zenfone 10 juga siap memberikan kita sebuah pengalaman istimewa saat menonton film, ngegame ataupun kegiatan lain yang membutuhkan dukungan layar. Dengan kecepatan refresh 144Hz, Zenfone siap memberikan tampilan layar  FHD+ AMOLED yang bening, jernih dan anti ngelag.

Zenfone 10 menghadirkan warna-warna yang sangat hidup dalam berbagai kondisi. Visualnya ditingkatkan lebih jauh karena adanya kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka, Pixelworks®. Apa yang tertampil di layar ponsel ini berkualitas cinema grade, pals.

Selain sisi display yang cantik, ponsel pintar terbaru dari ASUS ini juga dilengkapi sistem audio yang luar biasa. Dirancang dengan bantuan para ahli audio di Dirac, Zenfone 10 mampu menghadirkan suara bertenaga dan berkualitas tinggi.

Melalui speaker stereo gandanya dan teknologi Dirac Virtuo™, ponsel pintar ini memberikan pengalaman audio yang menakjubkan, layaknya seperti sedang di gedung bioskop. Sangat sempurna untuk ngegame, nonton video drakor ataupun menikmati musik jedag-jedug.

display audio ASUS Zenfone 10

Sistem audio yang ada pada Zenfone 10 memungkinkan pengguna untuk memilih gaya yang berbeda; Dinamis, Musik, Sinema dan Game. Teknologi audionya juga memberikan pilihan kepada pengguna untuk menambahkan efek bass atau tidak.

Teknologi tersebut ada pada ASUS AudioWizard. Dengan aplikasi tersebut, kita bebas mengatur suara seperti apa yang ingin dihasilkan oleh si Zenfone 10 dan yang paling nyaman untuk indra pendengaran kita.

Tak hanya itu, Zenfone 10 adalah rajanya baterai. Berdasarkan uji DOU, Zenfone 10 bisa bertahan hingga 21,7 jam. Uji tersebut menunjukkan kalau ponsel ini 12,9% lebih baik dari pendahulunya, Zenfone 9.

Memiliki baterai dengan ukuran 4300 mAh, tidak heran jika Zenfone 10 siap diajak kerja seharian. Bahkan setelah baterainya habis, kamu nggak perlu butuh waktu lama untuk menambah daya, pals. Ponsel pintar ini juga sudah dilengkapi dengan pengisi daya nirkabel Qi 15W, ataupun pengisi daya berkabel 30W yang siap HyperCharging.

4. Kamera yang Cerdas

At last but not least, bagian ini adalah yang paling aku suka dari Zenfone 10! Bukan hanya karena kamera belakangnya yang sudah 50MP!

Namun karena semua fitur kamera yang ada pada ponsel pintar ini seakan-akan memang didedikasikan untuk content creator ataupun penikmat fotografi. Penasaran apa saja fitur-fitur canggih yang ada pada kamera ponsel ini?

A. 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer

Sepertinya hanya ponsel Zenfone yang memiliki fitur keren ini. Jika di pendahulunya masih di versi 1.0, fitur Gimbal Stabilizer pada Zenfone 10 sudah ditingkatkan ke versi 2.0. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa merekam video dengan lebih halus, dan mengambil foto bebas dari guncangan.

Kamu juga nggak perlu bawa external gimbal yang biasanya berukuran besar dan berat. Hanya cukup dengan digenggam dalam satu tangan, teknologi gimbal Zenfone 10 sudah memberikan perekaman gambar yang stabil.

Saat kita bergerak, otomatis OIS yang ada pada ponsel ini akan menjaga proses perekaman tetap stabil. Bahkan jejak cahaya pun bisa kamu rekam menggunakan si canggih yang satu ini, pals.

B. Adaptive EIS

Menghadirkan Portrait Mode yang lebih fleksibel dan bisa bekerja maksimal dalam kegiatan sehari-hari. Dengan Zenfone 10, kamu bisa mengambil foto selevel fotografel profesional, hanya dengan digenggam, dan tanpa memerlukan sebuah tripod.

Dengan teknologi software Adaptive EIS pada ponsel ini, kamera bisa menyesuaikan FOV secara dinamis, sesuai dengan stabilitas ponsel. Bisa menghasilkan gambar dan video dengan ukuran yang pas, dan sesuai kebutuhan. Apakah mau detail, atau fokus pada sebuah objek, atau ingin memperlihatkan semua obyek yang direkam atau dipotret.

C. Teknologi OZO Audio

Sebuah teknologi penyelamat saat kamu ingin menghilangkan suara angin ataupun bunyi-bunyi menggelitik yang mengganggu, demi mendapatkan rekaman sejernih kristal. Dengan kehadiran OZO Audio, kita juga bisa menangkap menangkap suara surround 3D yang imersif, sehingga video yang kita buat akan terlihat seperti diolah di sebuah video profesional.

fitur canggih kamera ASUS Zenfone 10

D. Quick Shot

Bersama Zenfone 10, kamu tidak akan pernah melewatkan momen terbaik. Tidak ada kata kamera lambat dan ngelag, karena cukup dengan menekan dua kali tombol volume, kamu sudah bisa mengakses kamera dan voila… momen terbaik apapun terekam dengan sempurna!

E. AI Object Sense

Perangkat lunak yang hanya ditemukan pada Zenfone 10. Berfungsi untuk membuat foto apapun yang dijepret dengan ponsel ini akan dioptimalkan secara otomatis. Alhasil, semua foto dari Zenfone 10 tidak ada yang tidak bagus. Fitur seperti ini kan yang kita mau?

F. HyperClarity

Zenfone 10 mendukung semua pengguna yang membutuhkan detail video dan gambar maksimal. Caranya dengan menyediakan file mentah atau file yang belum diproses (RAW), sehingga kita bisa mengolahnya dengan lebih optimal. Fungsi ini biasanya hanya bisa ditemukan di kamera-kamera profesional, dan Zenfone 10 memberikannya untuk kita!

G. Selfie dengan Kualitas Terbaik

Rata-rata hampir semua perempuan suka selfie. Entah akhirnya buat diposting, atau buat koleksi pribadi. Namun rerata, hasil jepretan secara selfie tidak memuaskan. Tunggu dulu, ketidakpuasan itu nggak akan terjadi kalau kita selfienya pakai kamera depan Zenfone 10.

Dengan kamera depan 32MP berteknologi RGBW, Zenfone 10 akan selalu menghasilkan selfie berkualitas baik, meskipun dalam kondisi minim cahaya. Piksel putih akan ditambahkan pada

piksel RGB tradisional, yang mampu meningkatkan keseluruhan kualitas gambar saat berada di lingkungan yang redup.

H. Semantic Search

Dengan segala fitur canggih yang dimiliki kamera ponsel ini, nggak heran kalau nantinya galeri kita akan penuh dengan foto kan? Apakah saat kita sedang membutuhkan sebuah foto, kita perlu scrolling sampai bawah dan mentok gitu?

Tentu tidak pals, Zenfone 10 punya aplikasi Semantic Search, sebuah pencarian gambar dengan dukungan AI super cerdas. Kamu tinggal ketik aja dengan kata kunci atau bahasa yang alami, nggak perlu waktu lama, kamu akan bisa menemukan foto yang dibutuhkan.

Gimana, kebat-kebit nggak melihat fitur dan spesifikasi sekeren ini, pals? Apa nggak langsung bikin menengok isi rekening sambil memperhitungkan, kira-kira tabunganku cukup nggak ya buat beli ASUS Zenfone 10?

alasan membeli ASUS Zenfone 10

Nah, nah, nah… mumpung banget saat ini lagi ada Zenfone 10 Launch Sales Promo. Keknya nggak perlu deh pikir lama-lama, soalnya promo ini cuma berlaku khusus hanya pada periode launch, yaitu antara 29 September - 15 Oktober 2023! Berapa harga promonya? Cekidoot!
  • Zenfone 10 (8GB/128GB) yang dibanderol Rp8.999.000, mendapat Discount Rp300.000 menjadi Rp8.699.000.
  • Zenfone 10 (16GB/512GB) dengan harga Rp11.999.000, Free Connex Casing senilai Rp899.000.
Sayang banget kan kalau melewatkan promo ini? Fyi, promo spesial ini hanya berlaku di Mitra penjualan resmi ASUS:
  • Offline > ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealer.
  • Online > Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store.
Dahlah, aku mau cuzz checkout ASUS Zenfone 10 dulu ya, pals. Sudah nggak bisa nahan lagi untuk bisa meminang ponsel pintar dengan ukuran compact, tapi super perkasa ini. Kamu juga mau checkout juga, pals? Ayolah barengan!***

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Fitur yang ada pada Asus Zenfone 10 mighty ini banyak banget dan memudahkan ya

    ReplyDelete