header marita’s palace

Uniknya ASUS Zenbook 14 Flip UP5401 Bikin Content Creator Tetap Produktif

review ASUS Zenbook 14 Flip UP5401
ASUS Zenbook 14 Flip UP5401 sudah berhasil membuatku jatuh cinta pada pandangan pertama. Sebelum aku bertemu muka dengan laptop ini, aku selalu berpikir kalau laptop dengan model flip itu menakutkan.

Dalam bayanganku, laptop flip pasti ringkih dan potensi untuk rusak itu lebih besar dibandingkan laptop pada umumnya. Tetapi setelah melihat ASUS Zenbook 14 Flip OLED ini, semua pikiran negatifku tentang desain flip runtuh seketika. Berganti dengan pikiran untuk segera meminangnya menjadi partner kerja baruku.

Keunikan ASUS Zenbook 14 Flip UP5401

Sudah banyak diketahui bahwa laptop dengan flip artinya bisa diputar balik ke dalam beberapa posisi. Keberadaan Engsel Ergolift 360˚ pada ASUS Zenbook 14 Flip OLED telah dirancang sedemikian rupa sehingga laptop ini memungkinkan penggunanya untuk bekerja atau bermain dalam berbagai mode;
engsel ergolift 360 derajat ASUS Zenbook 14 Flip UP5401
  • Mode Laptop: Mode pada umumnya, di mana pengguna mengetik menggunakan keyboard dan melihat hasil ketikan pada layar.
  • Mode Dudukan: Keyboard diputar 180 derajat dan berada di bawah, hingga posisi laptop menyerupai seperti kursi. Untuk mengoperasikannya, pengguna bisa menggunakan fitur layar sentuh.
  • Mode Tenda: Mode ini hampir sama seperti mode dudukan, bedanya posisinya dibentuk seperti segitiga. Layar menghadap ke depan, sementara posisi keyboard berada di belakang. Di antara layar dan keyboard terbentuk sebuah ruang. Posisi seperti ini paling pas untuk memberikan presentasi kepada klien, atau menjelaskan materi kepada siswa.
  • Mode Tablet: Memiliki ASUS Zenbook 14 Flip OLED memungkinkan kita memiliki tablet dalam satu waktu. Tinggal putar saja posisi keyboard hingga menempel di belakang layar, dan sebuah tablet berteknologi tinggi telah ada dalam genggaman.
Selain keempat mode di atas, kamu juga bisa menggunakan laptop ini dengan cara out of the box lainnya. Yaitu dengan membuat posisi layar dan laptop menjadi setara. Kupikir posisi begini akan terasa aneh, ternyata setelah mencoba sendiri, enak juga mengetik dengan cara begini lo, pals.

Bukan hanya posisinya yang bisa diputar-balik sesuka hati, layar sentuhnya juga mendukung stylus dengan tingkat tekanan 4096. Stylus ini cocok buat yang suka menggambar dan membuat desain.

Keunggulan ASUS Zenbook 14 Flip UP5401

ASUS Zenbook 14 Flip UP5401 bukan hanya istimewa, tapi juga unggul di berbagai sisi. Yuk, kita lihat di mana saja sih keunggulan si Zenbook 14 Flip ini, pals?

1. Dapur Pacu Gahar

Prosesor, memory, VGA dan storage adalah empat hal yang harus aku ketahui di awal sebelum memutuskan membeli laptop. Walaupun sekeren apapun desainnya sebuah laptop, kalau keempat hal di atas tidak memenuhi standarku, aku lebih memilih laptop lainnya.

ASUS Zenbook 14 Flip OLED secara penampilan jelas sudah membuatku jatuh cinta, tapi apakah ‘inner beauty-nya’ juga makin membuatku terpesona?

Ahaaa, ternyata iya, pals!

Laptop ini sudah ditenagai dengan Intel® Core™ i7 Generasi ke-11. Bukan generasi terbaru, karena saat ini sudah ada prosesor Intel® generasi ke-12 dan ke-13, tapi sudah lebih dari cukup untuk menunjang aktivitasku sebagai blogger dan content creator.

Apalagi prosesor i7 yang dibenamkan pada laptop ini termasuk generasi ke-11 yang terbaru, dibandingkan dengan laptop yang kugunakan saat ini. Tentu saja jika dilihat dari segi teknologi dan fitur sudah berkembang dong. Salah satu fitur tersebut yaitu kehadiran Intelligent Performance Technology yang memungkinkan laptop ini bisa bekerja secara fleksibel dan maksimal

Selain itu, laptop ini juga memiliki 16GB LPDDR4X on board RAM. Karena modelnya on board, RAM ini tidak bisa diganti dengan RAM yang berukuran lebih besar. Tetapi dengan 16GB RAM itu sudah super cepat untuk kebutuhan seorang blogger, yang sehari-hari berkutat dengan tulisan, blog dan media sosialnya.
teknologi ASUS Zenbook 14 Flip UP5401
Dari sisi grafis, laptop ini juga oke banget karena sudah dilengkapi dengan Intel® Iris® Xe. Cocok untuk content creator yang banyak melakukan video editing, karena bisa menampilkan grafis dalam performa terbaiknya. Bahkan buat kamu yang suka ngegame, kartu grafis ini akan memberikan pengalaman ngegame yang lebih baik.

Aku yang selalu merasa storage 512GB SSD-ku masih kurang besar, jelas terpesona dengan penyimpanan SSD ultracepat PCIe® 4.0 x4 berukuran 1TB yang ada pada Zenbook 14 Flip OLED ini. Duh, bener-bener bikin aku pengen ngekepin dan menghakmilik deh.

Selain nggak perlu pusing saat harus menyimpan banyak gambar, video dan file dokumen lainnya, SSD juga memungkinkan kamu langsung bisa mengakses aplikasi atau memuat sebuah web yang kamu inginkan dalam sekejap mata. Sudah bukan rahasia lagi lah kalau SSD bikin kecepatan loading laptop jadi makin maksimal.

Apalagi pada laptop ini sudah diakomodasi juga dengan kehadiran Intel WiFi 6 kelas gigabit (802.11ax), makin lah super cepat untuk urusan browsing, streaming dan lainnya yang membutuhkan koneksi internet.

Agar performanya makin maksimal, laptop ini juga dibekali dengan teknologi termal ASUS IceCool Plus. Meski ukuran laptop ini tipis dan ringan, ada pilihan tiga profil kinerja mode kipas yang bikin laptop ini tetap dingin dan nggak ‘tantruman’ kaya anak balita, wkwk. Oya, tiga mode kipas itu bisa dipilih langsung lewat MyASUS ya, pals.

Secara keseluruhan, dapur pacu yang dimiliki ASUS Zenbook 14 Flip OLED UP5401 ini menghadirkan kemampuan kinerja yang menyeluruh, sehingga kamu bisa melalukan beragam aktivitas dengan lancar. Multitasking dengan membuka berbagai aplikasi dalam satu waktu, atau browsing dengan membuka puluhan tab pun enteng-enteng saja, pals.

Kesimpulannya, laptop ini akan bikin kamu makin produktif. Mantap kan? Tapi jangan ngiler dulu, karena masih ada empat keunggulan lain yang mau aku jabarkan dari si Zenbook 14 Flip OLED ini. Cekidooot!

2. Layar OLED Ramah Mata

Selain dapur pacu, teknologi layar adalah hal yang tak lepas dari perhatianku. Maklum lah, sebagai pengguna kaca mata super tebal, aku butuh laptop yang layarnya ramah di mata. Syukur-syukur punya teknologi yang bisa mereduksi sinar biru gitu.

Dan ASUS Zenbook 14 Flip OLED ini menjawab semua kebutuhanku. Pertama, layarnya 14 inchi. Buatku ini ukuran yang paling pas, nggak terlalu besar tapi juga nggak kecil. Saat difungsikan jadi tablet pun masih enak digenggam dan dilihat.

Meski ukurannya 14 inchi, layar ini sudah berteknologi OLED 16:10 yang bisa menampilkan gambar dengan kualitas hingga 2,8K! Layar OLED-nya pun sudah memiliki fitur HDR NanoEdege yang memberikan kesan display terbaik dikarenakan pewarnaannya sangat detail dan realistis.
display ASUS Zenbook 14 Flip UP5401
Kedua, warna hitam pada layar OLED bisa menghasilkan hitam yang sepekat-pekatnya. Begitu juga warna-warna lain yang memiliki fitur gamut warna 100% DCI-P3. Layar ini sudah setingkat bioskop, pals.

Senyaman itu deh nonton film dengan layar OLED. Apalagi kalau semua lampu di sekeliling kita dimatiin, dan biarkan layar OLED menyala dengan maksimal, bener-bener berasa di bioskop deh, pals. Bukan cuma asyik buat nonton, display yang bisa menampilkan warna yang detail dan realistis ini sangat membantu saat lagi ngedit video ataupun gambar.

Ketiga, layar OLED pada Zenbook 14 Flip sudah tersertifikasi TÃœV Rheinland dan SGS. Artinya laptop ini memancarkan sinar biru 70% lebih sedikit dibandingkan laptop pada umumnya. Jadi, aman di mata, bahkan untuk mata anak-anak sekalipun.

So, cocok banget bukan buat pekerja konten sepertiku yang sehari-hari berhadapan dengan laptop?

3. Ramping Tapi Tangguh

ketangguhan ASUS Zenbook 14 Flip UP5401
The other best thing yang aku suka banget dari laptop ini adalah ukurannya yang super ramping. Ukurannya 31.10 x 22.30 x 1.59 cm. Beratnya cuma 1,4 kg. Dibawa pakai tangan satu aja enteng, pals.

Tapi soal ketangguhan jangan diragukan! Laptop ini sudah lolos uji military grade US MIL-STD 810H. Artinya laptop ini sudah diuji melewati hujan badai, dan dijamin tahan banting di segala kondisi.

Hmm, gimana nggak makin mupeng coba???

4. Nyaman untuk Apa Saja

Soal kenyamanan, ASUS memang nggak ada duanya. Pertama, keyboard dengan mode backlit chiclet yang enak banget buat ngetik. Jarak antar tombolnya pas, sehingga mengurangi risiko typo. Pas dibutuhkan, keyboardnya juga bisa dinyalakan lampunya. Khususnya, waktu ngetik di malam hari.

Tak hanya itu bagian touchpadnya sudah berteknologi ASUS NumberPad 2.0 yang inovatif. Artinya, touchpad punya dua fungsi; sebagai kontrol kursor, juga sebagai keypad numerik bercahaya LED yang terintegrasi. Kecenya, saat NumberPad dinyalakan, fungsinya sebagai kontrol kursor juga tetap bisa digunakan lo, pals.
konektivitas ASUS Zenbook 14 Flip UP5401
Keunggulan ASUS Zenbook 14 Flip OLED lainnya yaitu kehadiran sensor sidik jari yang terletak pada tombol power. Ini memudahkanmu untuk login hanya dengan sekali sentuh, menggunakan fitur Windows Hello.

Masalah konektivitas juga nggak perlu pusing. Laptop ini sudah memiliki port Thunderbolt™ 4 USB-C® ultracepat terbaru yang mendukung fast charging, transfer data hingga 40 Gbps, dan juga terdapat port HDMI dan port USB 3.2 Gen 2 Tipe-A.

Buat yang suka mindah-mindahin file dari kamera ke laptop untuk kebutuhan editing video dan gambar sepertiku, kehadiran microSD card reader di laptop ini jelas sangat membantu sekali. Soal komunikasi dan audio I/O juga oke punya karena ditangani oleh audio combo jack yang nyaman.

5. Fitur Audio Nggak Kaleng-kaleng

Begitu tahu kalau laptop ini dibekali sistem suara stereo dengan sertifikasi ahli audio dari harman/kardon, hatiku makin kebat-kebit sih. Tahu banget gimana suara yang dihasilkan dari teknologi audio ini, mantap bangeeet, pals.

Suaranya super kuat, imersif, dan jernih! Jadi bukan cuma dari sisi display-nya aja yang cinema grade, dari sisi audio pun, laptop ini udah bener-bener kek dengerin audio di bioskop.
teknologi audio ASUS Zenbook 14 Flip UP5401
Jadi urusan dengerin musik atau murottal, dilibas abis lah sama si Zenbook 14 Flip ini. Begitu juga untuk urusan komunikasi melalui video call atau aplikasi meeting seperti Zoom dan Google Meet.

Apalagi laptop ini juga sudah berteknologi ASUS AI noise-canceling. Jadi saat lagi meeting atau ngisi webinar, kebisingan di sekitar kita nggak akan masuk ke ruang meeting/ webinar. Kehadiran fitur ClearVoice Mic dan ClearVoice Speaker di aplikasi MyASUS bermanfaat banget untuk melakukan konferensi video dengan optimal.

Dengan segala keunikan dan keunggulan ASUS Zenbook 14 Flip UP5401 ini, tentu harga Rp19.799.000 sesuai banget dong? Dahlah nggak perlu lama-lama, mari nabung bersama dan bawa pulang laptop ini untuk jadi partner kerja sehari-hari, pals!***

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com