header marita’s palace

Rekomendasi Hotel di Semarang, Rooms Inc Pilihan Terbaik!

Rooms Inc, rekomendasi hotel di Semarang

Tak sedikit teman-teman dari luar kota yang menanyakan rekomendasi hotel di Semarang. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, tak heran kalau kota Lunpia ini punya banyak pilihan penginapan. Dari yang bintang satu sampai bintang lima, semua tersedia.

Namun kalau ditanya mana hotel terbaik di Semarang yang aku rekomendasikan. Dengan lantang dan penuh percaya diri, aku akan menjawab, “Rooms Inc”. Bukan hanya asyik buat menginap, hotel dekat Lawang Sewu ini juga tempat yang asyik buat gathering.

Kebetulan, pada hari Minggu, 24 September 2023 yang lalu, aku baru saja mengikuti Blogger Gathering 2023 bersama Sinar Mas Land di hotel yang bernuansa industrial ini. Mau tahu bagaimana keseruannya?

Serunya Semarang Blogger Gathering 2023 Sinar Mas Land di Rooms Inc

Sinar Mas Land secara rutin menggelar Blogger Gathering setiap tahunnya. Kedua kalinya kegiatan ini berlangsung di Rooms Inc. Selain karena memang Rooms Inc adalah salah satu proyek Sinar Mas Land, hotel yang terletak di tengah kota ini memang super nyaman untuk gathering.

Selain untuk menjalin keakraban dan silaturahim di antara blogger Semarang, Semarang Blogger Gathering 2023 by Sinar Mas Land juga sangat bermanfaat karena adanya SEO Workshop 2.0. Kali ini materi SEO disampaikan oleh Mas Tommy A. S, Web Channel Coordinator dari Sinar Mas Land. Ada banyak insight baru yang disampaikan oleh Mas Tommy di antaranya;

1. Honeycrips Apple Review

Pada 22 Agustus 2023, Google mengumumkan bahwa ada update besar-besaran pada algoritmanya. Core update adalah sebuah pembaharuan inti dari Google yang mana Google memperbaharui cara kerja search engine yang dibuat sedemikian baiknya untuk user.

Google memperbarui baik itu cara kerja spam policy, helpful content, ataupun product review. Kalau kamu melihat ada halaman artikel blogmu mengalami penurunan rank yang drastis, maka kamu harus menilai apakah konten yang kamu buat mudah dibaca user atau tidak.

2. Google Volatility

Selama belajar SEO, aku baru mendengar istilah ini. Dijelaskan oleh Mas Tommy, bahwa yang dimaksud dengan Google volatility adalah tingkat naik turunnya ranking suatu page pada beberapa category.

Google volatility dipengaruhi oleh update Google Algorithm. Jika Google akan atau sedang melakukan update algoritma, maka volatility ranking akan meningkat secara drastis.

3. Diingatkan untuk Menerapkan SEO secara Holistik

Selama ini, sebagian besar blogger mungkin hanya fokus pada SEO on Page. Padahal SEO itu luas, ada juga yang namanya SEO off Page dan Technical SEO. Kedua hal ini masih sering terlewat juga olehku.

Pada kesempatan SEO Workshop 2.0. ini, Mas Tommny jembrengin apa saja yang perlu dilakukan agar SEO di sebuah blog atau website berjalan dengan optimal. Nggak hanya itu, Mas Tommy juga mengaudit blog peserta, plus memberi tahu solusinya apa.

Hmm, tambah terus aja nih PR-ku dalam urusan perbloggingan, wkwk.

Oya, Mas Tommy juga mengingatkan pentingnya untuk membuat Google Business Profile. Lalu juga pentingnya ada komentar yang interaktif di dalam sebuah halaman artikel. So, PR-nya adalah bagaimana memberikan CTA (Call to Action) yang menarik agar pembaca mau drop their comments ya, pals? Atau bisa mulai rajin ber-blog walking lagi, bestiieee…
Sinar Mas Land Semarang Blogger Gathering 2023
Sinar Mas Land Semarang Blogger Gathering 2023 di Hotel Rooms Inc

Keseruan lain dari gathering ini yaitu adanya kompetisi yang diadakan on the spot. Para peserta diminta untuk posting di Instagram Feed dan Reel, lalu dipilih masing-masing tiga pengirim terbaik.

Alhamdulillah, aku terpilih jadi pemenang video reel terbaik kedua, pals. Dapat voucher Sodexo nih, tahu aja emak-emak butuh buat belanja pekanan ataupun bulanan. Thank u so much, Sinar Mas Land...

Bukan hanya acaranya yang menyenangkan, pelayanan dari Rooms Inc tiap gathering di hotel ini juga selalu memuaskan. Piring kotor di restoran saat kami makan siang, tidak dibiarkan berlama-lama. 

Begitu petugas melihat alat-alat makan tidak lagi digunakan, maka akan segera dirapikan. Gercep banget euy. Soal makanan, Rooms Inc juga oke punya. Beberapa kali meet up di sini, selalu puas sih dengan menu yang disajikan. Rasanya jadi malas pulang, hehe.

Fyi, hotel yang berada di jantung kota Semarang ini punya banyak pilihan tempat meeting. Nama-namanya pun gemesin, pals. Cuzz ini dia beberapa tempat meeting yang disediakan Rooms Inc:
  • Crescent Moon, Half Moon dan Full Moon - Masing-masing dari tempat meeeting ini bisa digunakan untuk 70 orang. Ketiga ruangan ini bisa dijadikan satu ruang besar, alias Connecting Room, dengan kapasitas 210 orang.
  • New Moon - Berkapasitas 122 orang.
  • Super Moon - Berkapasitas 188 orang.
Mau menggelar acara dengan kapasitas 300 orang? Bisa banget! Kamu bisa ambil paket connecting room New Moon dan Super Moon. Mantap kan? Ada rencana pengen resepsi nikah di sini, pals?

Bukan hanya meeting room-nya yang super kece dan punya banyak pilihan. Sebagai hotel terbaik di Semarang yang banyak direkomendasikan, tentu saja layanan kamar adalah hal yang paling utama.

Pengen tahu bagaimana nyamannya menginap di salah satu hotel semarang instagramable ini? Oke deh, bakal aku spill, tapi sebelumnya boleh dong diintip dulu video berikut:

Pengalaman Menginap di Rooms Inc, Rekomendasi Hotel di Semarang

Bagaimana tidak direkomendasikan sebagai yang terbaik? Selain hotel ini adalah salah satu proyek dari Sinar Mas Land, manajemen Rooms Inc merupakan bagian dari Artotel Group.

Kalau teman-teman sudah pernah menginap di hotel-hotel yang dikelola oleh Artotel Group, pasti tahu lah bagaimana apiknya pengelolaan hotel-hotel tersebut. Tak terkecuali Rooms Inc tentu saja.

Rooms Inc adalah gambaran ketika gaya hidup bertemu dengan teknologi. Terletak di kawasan utama bisnis di Semarang, mau ke mana-mana jadi gampang.

Buat penginap dari luar kota, entah itu yang datang dari arah stasiun atau bandara. Menuju ke Rooms Inc, sangat mudah. Ada banyak pilihan transportasi; mau pakai ojek online, atau transportasi umum seperti bus Trans Semarang, semua ada!

Berbeda dengan hotel kebanyakan yang akses masuknya menggunakan kartu, akses masuk pada rekomendasi hotel di Semarang ini hanya cukup menggunakan ponsel cerdasmu saja, pals. Kita dengan mudahnya terhubung melalui sistem teknologi terintegrasi mulai dari check-in mandiri hingga obrolan langsung dengan CS hotel. Keren ya?
pengalaman staycation di Hotel Rooms Inc
Staycation di Rooms Inc Yuk!

Alhamdulillah, aku sudah pernah punya pengalaman menginap di hotel ini. Jadi sudah merasakan serunya membuka pintu kamar dengan aplikasi yang ada di ponsel. Pelayanan di hotel yang super teduh ini, sangat ramah.

Tiap karyawan hotel tak pernah lepas dari Senyum, Salam dan Sapa. Mereka juga siap membantu melayani kebutuhan pelanggannya. Waktu itu aku menginap di kamar yang Standard, karena mengajak suami dan anak, mbak Front Office-nya menawari apakah aku mau ambil extra bed agar lebih nyaman.

Staycation sama anak tuh selalu yang dicari kolam renangnya. Bersyukur walau di Rooms Inc tidak ada kolam renang, anak-anakku nggak cranky diajak menginap di sini. Soalnya ada fasilitas lain yang bikin mereka happy. Apa ya fasilitas itu? 

Terusin dulu aja bacanya, pals. Atau mungkin kalian bisa menebaknya, especially buat yang sudah nonton video yang kusematkan di atas.

Fyi, Rooms Inc memiliki total kamar sebanyak 162. Adapun jenis-jenisnya sebagai berikut;
tampilan kamar di Rooms Inc
Penampakan kamar di Hotel Rooms Inc Semarang
  • Standard - Hanya ada 9 kamar dengan tipe ini. Ukuran kamarnya 17,5 m2. Cocok buat kamu yang datang dari luar kota karena lagi ada kerjaan atau business meeting.
  • Superior - Kamar dengan tipe ini berjumlah paling banyak. Secara ukuran dan layout nggak terlalu jauh berbeda dengan kamar Standard. Bedanya hanya di ukuran kamar yang sedikit lebih besar; 18,5 m2.
  • Deluxe - Cocok buat kamu yang pengen menginap bareng keluarga. Ukurannya paling luas; 34 m2. Ada 56 kamar pada tipe ini. Tips penting, pilih kamar dengan view Lawang Sewu, biar kamu bener-bener terasa sedang ada di Semarang.
Semua kamar di Rooms Inc punya sentuhan artistik. Buat kamu yang suka menepi untuk cari inspirasi, kamar-kamar di hotel dekat Tugu Muda ini bakal jadi tempat yang cocok deh. Dengan koleksi bedding ARTOTEL yang eksklusif dan nggak ada duanya, kamu bakal panen inspirasi dan jadi super produktif setelah menginap di hotel ini.

Kalau inspirasi belum juga datang, coba nyalakan saja TV berukuran gede yang bisa ditemukan di masing-masing kamar. Dengan ukuran 43 inch, dijamin puas nonton tivinya. Apalagi didukung dengan jaringan internet yang cepat, kamu bakal betah berlama-lama di dalam kamar.

Untuk layanan kamar di hotel ini, tersedia 24 jam. Selain Wifi dan AC yang super sejuk, hair dryer adalah fasilitas yang bisa kamu gunakan, baik di ruang Standard, Superior dan Deluxe.

Kalau pengen fasilitas yang lebih lengkap, pastikan untuk menginap di Ruang Deluxe. Di ruangan tersebut, kamu bisa mendapat fasilitas alat pembuat kopi dan teh, kulkas mini, sofa bed dan alat timbangan khusus.

Bukan hanya fasilitas di dalam kamar yang bikin betah staycation di Rooms Inc, fasilitas luar kamar juga sama kerennya. Mau tahu ada fasilitas apa saja? Cekidoot!
fasilitas di Hotel Rooms Inc Semarang
Beberapa fasilitas yang ada di Hotel Rooms Inc
  • Parking & Valet - Terletak di kawasan DP Mall, parkir di hotel Rooms Inc memang cukup menantang. Nah, biar kamu nggak ribet, khususnya yang bawa mobil, tersedia Parking & Valet. Jadi kamu tinggal kasihin aja kunci mobil dan biarkan petugas hotelnya untuk memarkirkan mobilmu di tempat yang aman.
  • Fitness Center - Kamu bisa ngegym sepuasnya! Peralatannya cukup lengkap dan ruangannya pun nyaman banget.
  • Digital Hub - Hotel ini memang didedikasikan untuk para karyawan yang sedang business meeting, makanya disediakan space khusus buat Sohib Kongkow yang mau ngerjain urusan pekerjaan sambil ngopi. Bahkan kalau perangkat kerjamu ketinggalan di kamar, kamu nggak perlu pusing, karena Rooms Inc sudah punya fasilitas perangkat yang oke punya.
  • Playing Room - Pengen refresh sejenak sebelum kembali ngurusin kerjaan? Kamu bisa mlipir dulu main billiard. Tersedia pula tempat duduk yang nyaman, kamu bisa duduk sambil ngeteh, menikmati permainan billiard para pengunjung lainnya. Ssst, fasilitas ini lo yang bikin anakku nggak cari kolam renang. Soalnya, mereka bisa nyobain main billiard dan permainan asyik lainnya di sini.
  • Meet n’ Eat Resto & Spacebar - Merupakan rebranding dari Grab & Go . Di tempat ini kita bisa nongkrong santai bareng temen sambil ngopi-ngopi cantik.
  • Care Terrace Lawang Sewu dan Smoking Area - Kalau pengen mencecap kopi atau teh, sembari menyulut rokok. Wajib di sini, pals. Lokasinya outdoor dan kamu bisa melihat Lawang Sewu yang pas banget di depan mata.
  • Meeting Rooms - Seperti yang aku bagikan ceritanya di atas. Rooms Inc punya tempat terbaik untuk gathering ataupun acara-acara specialmu. Ada banyak pilihan tempat meeting, tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu.
  • Musholla - Ruang sholat di Rooms Inc bersih dan luas, jadi bisa lebih nyaman beribadah deh.
Selain fasilitas di atas, hal yang asyik dari Rooms Inc adalah semua spot di hotel ini nggak ada yang nggak cakep, pals. Semuanya kece, dan Instagrammable banget. Jadi nggak heran, kalau ada yang menyebut Rooms Inc sebagai hotel instagrammable di Semarang. Gimana, jadi makin penasaran buat staycation di sini nggak nih?

Tempat Wisata Terdekat dari Rooms Inc Semarang

Part terbaik dari Rooms Inc selain segala fasilitas yang ada di dalam hotelnya adalah lokasinya yang strategis. Kamu bisa dengan mudah menemukan Rooms Inc menggunakan alat transportasi apapun. Tak hanya itu, hotel bergaya Industrial ini dekat banget dengan beberapa tempat wisata di Semarang, antara lain:
tempat wisata di dekat Hotel Rooms Inc Semarang
Tempat Wisata di dekat Hotel Rooms Inc Semarang
  • Tugu Muda - Tugu yang merupakan monumen pengingat pertempuran lima hari di Semarang. Kamu wajib foto-foto di sini, terutama saat air mancurnya pas nyala, pals.
  • Lawang Sewu - Bangunan seribu pintu ini milik PT KAI. Di depannya juga ada kereta zaman old. Di dalamnya juga ada banyak info tentang perkereta-apian di Indonesia.
  • Kampung Pelangi - Berlokasi di lahan berundak, ada inisiator yang membuat kampung ini jadi warna-warni. Sangat kece untuk meninggalkan jejak dengan berfoto ria di sini. Oh ya, ada perpustakaan mini yang kece banget juga lo di kampung ini.
  • Kota Lama - Kota yang dulunya jadi pusat tempat tinggal orang Belanda ini selalu punya daya tarik tersendiri. Singgah ke Semarang bakal terasa kurang kalau belum mampir ke Kota Lama.
  • Simpang Lima dan Pusat Oleh-oleh - Pusat kotanya Semarang, bisa mampir ke Masjid Baiturrahman yang sekarang cakep banget. Atau mlipir cari oleh-oleh buat kerabat dan sahabat? Bisa bangeet.
Best part-nya lagi, karena hotel ini satu kawasan dengan Mall terlengkap di Semarang, kamu bisa mlipir ke DP Mall saat butuh sesuatu, nonton film, cari makanan di luar atau sekadar cuci mata. Kalau bawa anak, kamu juga bisa main di playground mall ini.

Selengkap itu tuh keuntungan kalau kamu staycation di hotel Rooms Inc. So, masih mau cari hotel lainnnya?

Kesimpulan

Kalau kamu mencari rekomendasi hotel di Semarang yang cocok buat menginap selama ada business meeting di Semarang, atau cari tempat gathering yang cozy dan makanannya enak, Rooms Inc adalah pilihan terbaiknya. Khususnya buat kawula muda Gen Z yang suka dengan konsep industrial, artsy, dan suka nongkrong, dahlah nggak ada hotel terbaik selain hotel ini.

Begitu juga kalau kamu mau menginap bareng keluarga, dan cari tempat yang lokasinya di tengah kota Semarang, jelas Rooms Inc pilihannya. Mau ke Lawang Sewu, Kota Lama, Museum Mandala Bakti, Kampung Pelangi ataupun Simpang Lima, semua dekat dari hotel ini dan gampang akses transportasinya.

Puas dengan rekomendasi hotel di Semarang yang aku kasih? Cuzz segera saja ke Jalan Pemuda No.150 Sekayu Semarang 50132. Atau kamu bisa menghubungi Customer Service-nya di nomor +62 24 8600 1200 atau +62 888 0868 1200. Happy staycation and gathering at Rooms Inc, pals.***

1 comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. Referensi yang bagus coach,ada rencana liburan keluarga ke semarang

    ReplyDelete