header marita’s palace

Laptop Terbaik untuk Eksperimen AI, ASUS ROG Strix SCAR dan Strix G

laptop terbaik untuk eksperimen AI

Teknologi berbasis AI (Artificial Intelligent) sudah semakin berkembang saat ini. Maka tak heran jika ASUS ROG mulai memperkenalkan laptop terbaik untuk eksperimen AI. Beruntung banget aku bisa menjadi salah satu orang yang pertama kali melihat kecanggihan laptop tersebut di Semarang.

Bertempat di Hotel Awann Sewu, jajaran laptop gaming ASUS ROG terbaru diangkut ke Semarang oleh Mas Firman dan Mbak Nadia. Bukan acara ASUS kalau nggak keren!

Begitu memasuki ruang Kimbo, vibes gaming dengan sentuhan futuristik udah terasa banget. Apalagi didukung dengan layar super lebar di area panggung, menampilkan spesifikasi laptop-laptop dengan makin cetar.

Jumat, 16 Februari 2024 lalu benar-benar membawa pengalaman berkesan banget buatku. Sepanjang acara aku nggak bisa berhenti menganga dan geleng-geleng melihat spek laptop ASUS ROG Strix SCAR dan Strix G.

Ssst, aku kasih bocoran nih… salah satu laptop itu baru banget lo landing di Indonesia. Langsung cuzz dibawa ke Semarang untuk diperkenalkan ke blogger dan media Kota Lunpia. Wuih, apa nggak merasa terhormat jadi orang pertama yang lihat kekecean laptop ini?

Semua paparan yang disampaikan oleh Mas Firman dan Mbak Nadia membuatku yakin bahwa ROG masih menjadi laptop gaming terbaik di Indonesia! Nggak percaya?

laptop gaming terbaik di Indonesia 2024

Yuk, aku ajak kenalan sama si ASUS ROG Strix SCAR dan Strix G yang speknya uedaaaan!

Berkenalan dengan ASUS ROG Strix SCAR dan Strix G, Laptop Terbaik untuk Eksperimen AI

Bekerja dengan AI menjadi hal yang lagi ngetren di zaman now. Ngaku atau tidak, kita sekarang makin sering menggunakan aplikasi-aplikasi berteknologi AI kan?

Misal sederhana deh, cari ide konten pakai chatGPT, atau pun recreate gambar dengan aplikasi editing yang sudah terintegrasi dengan AI. Menurut pengalaman sohib kongkow sejauh ini, saat lagi mengoperasikan web-web yang terintegrasi AI tersebut, pernah nggak sih mengalami lagging?

Atau mungkin saat udah nemu gambar yang cocok, dilihat di layar laptop cakep banget, begitu kita coba cetak, eh hasil warnanya nggak sesuai dengan yang tertampil di layar. Bete nggak sih?

Kalau jawaban untuk keduanya adalah PERNAH, maka jujurly harus aku katakan kalau sebenarnya bisa jadi laptopmu yang memang kurang support. Walau terlihat enteng, web-web teknologi AI cukup berat dijalankan. Terkait mengatasi warna yang berbeda antara di layar laptop dan hasil cetak, kamu memang perlu cari laptop yang teknologi layarnya mumpuni.

Nah, berhubung sekarang aku bukan lagi blogger rumahan, tetapi juga punya amanah lain di kantor sebagai tim media sebuah yayasan, work and create with AI jadi hal yang sering banget kulakukan. Sedihnya, kedua hal yang kutanyakan ke sohib kongkow pernah kualami semuanya.

Dari situlah aku sadar bahwa memiliki laptop mumpuni untuk bisa kerja lebih maksimal emang penting banget. Apalagi setelah tahu ada laptop terbaik untuk eksperimen AI yang diluncurkan oleh ASUS ROG, mupeng banget sih.

Kenapa bisa semupeng ini? Berikut spesifikasi ASUS ROG Strix SCAR dan Strix G yang lebih powerful:

1. Dapur Pacu Tingkat Dewa

Di antara laptop gaming yang pernah aku lihat sebelumnya, aku yakin sih ROG Strix SCAR 16/ 18 akan menjadi laptop paling powerful di awal tahun 2024 ini. Gimana nggak, prosesornya udah pakai spek paling tinggi; CPU Intel® Core™ i9-14900HX dengan TDP hingga 65W.

Masih didukung sama GPU NVIDIA GeForce RTX™ 4090 dengan TGP hingga 175W. Semua game yang biasanya cuma nyaman dimainkan di PC pun bakal dilibas abis sama nih laptop gaming.

Sementara itu saudara dekatnya, si ROG Strix 16/ 18 punya spek yang sedikit di bawahnya. Meski perbedaannya nggak terlalu kentara sih. Untuk CPU masih sama, tetapi TDP-nya hingga 65 W saja. GPU yang digunakan oleh ROG Strix 16/ 18 ini beda satu level sama saudaranya, yaitu NVIDIA GeForce RTX™ 4080.

Selain CPU dan GPU tingkat dewa, laptop gaming ini juga didukung dengan kehadiran Memori DDR5 dan penyimpanan PCIe Gen4 x4 SSD yang akan mempercepat transfer data. Untuk Strix SCAR ditenagai dengan 64GB DDR5 5600MHz RAM dan 2TB+2TB PCIe® 4.0 SSD with Raid 0. Sementara untuk saudaranya, si Strix G16/18 ditenagai oleh 32GB DDR5 5600MHz RAM dan 2TB PCIe Gen 4.0 SSD, serta masih menyediakan 1 slot kosong kalau kamu mau upgrade.

Kelemahan laptop dengan spek tinggi biasanya di kerjanya yang cepet panas. Namun jangan khawatir, duo laptop gaming terbaik 2024 ini sudah dilengkapi dengan sistem pendinginan Tri-Fan dan vapor chamber yang dapat menjaga suhu operasionalnya secara optimal.

Selain itu, laptop ini juga sudah didukung dengan sistem pendingin canggih ROG Intelligent Cooling, yang mencakup liquid metal, kipas Arc Flow Fan generasi ke-2, dan heatsink tipis. Gunanya tentu saja untuk menjaga stabilitas performa.

Laptop gaming ini juga support teknologi Armoury Crate yang memungkinkan tuning performa, termasuk pengaturan clockspeed dan fan curve, serta opsi untuk mematikan core CPU tertentu.

Baru spek awal ini aja, aku yakin temen-temen kongkow sudah setuju kan kalau laptop gaming terbaru dari ASUS ROG ini sangat ideal untuk eksperimen AI? Sesuai lah sama tagline-nya; 
Work, Game, Create with A.I. with ROG Strix Series.


Spesifikasi ROG Strix G16/18

Spesifikasi ROG Strix SCAR 16/18

2. Audio Visual yang Aduhai

ROG Strix SCAR 16/18 dibekali dengan layar ROG Nebula HDR yang menggunakan panel Mini LED. Sementara untuk si ROG Strix 16/18 dibekali dengan layar ROG Nebula Display. Ukuran layarnya juga lebih luas dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

Kalau biasanya laptop gaming hadir dengan ukuran 15 inch, Strix series hadir dengan ukuran 16 dan 18 inch, apa nggak makin mantap tuh buat game, work & create? Apalagi buat si mata empat sepertiku, layar luas membantu banget sih!

Apalagi laptop gaming ini sudah dibekali dengan TUV Rheinland Certification, artinya laptop ini support teknologi low blue light. Jadi berlama-lamaan lihat layar, masih aman lah di mata.

Laptop gaming biasanya support 144Hz Refresh Rate, tapi laptop terbaik untuk eksperimen AI ini hadir dengan Refresh Rate yang nggak main-main! Strix series bisa mendukung 165Hz+ Refresh Rate, gaesss. No lagging-lagging club saat menjalankan game apapun, ataupun ngedit-edit video.

Layar Strix Series ini juga sudah support Vivid 100% DCI-P3 10 bit color dan gamut mapping, serta kecerahannya bisa sampai 1100nits untuk yang tipe SCAR. Sementara untuk yang Strix G16/18, kecerahannya bisa di angka 500nits.

Nah, itulah yang bikin kita nggak bakal kecewa saat cetak gambar. Apa yang tertampil di layar akan sesuai dengan hasil cetaknya. Cocok nih buat tim media kaya aku yang sering diamanahi untuk bikin desain banner ataupun MMT. Nggak bakal ada lagi drama cetak yang berakhir mewek.

Untuk urusan visual selanjutnya, Strix Series didukung dengan teknologi MUX Switch yang bisa memastikan pemrosesan grafis optimal di GPU diskrit. Untuk Strix G16/18 didukung juga dengan Dolby Vision HDR, sementara untuk Strix SCAR didukung sertifikasi dari VESA untuk DisplayHDR 1000.

Meski lebar, laptop ini support 16:10 Aspect Ratio. Jadi tetap nyaman digunakan, pals. Layarnya sudah support 2.5K! Jadi awas aja, pas kerja kudu fokus, jangan meleng pengen nobar drakor terus, hehe.

Next, soal audio, ASUS juga nggak main-main nih. Seperti yang sohib kongkow tahu kan, suara tuh sangat penting banget dalam bermain game, makanya ROG berinvestasi pada teknologi audio terbaru.

Ngerti banget lah ROG kalau audio bisa mengatur suasana hati dan memberikan kita semangat saat lagi kerja, nonton film ataupun ngegame, makanya teknologi Dolby Atmos ditambahkan untuk mendukung Sound of ROG yang tiada tandingan.

Audio yang lebih dalam dan nyaman banget di telinga, dilengkapi dengan peredam bising, dahlah paling top teknologi suara di laptop gaming series yang satu ini, pals.

3. Konektivitas Super Canggih

Dengan dukungan untuk standar HDMI 2.1 yang baru, total bandwidth yang ada pada laptop gaming ini meningkat dari 18Gbps menjadi 48Gbps. Hal ini memungkinkan kita untuk menonton video berkualitas hingga 4K 120Hz atau bahkan 8K 60Hz dengan HDR10+ dan eARC.

Nggak cuma itu, 2,5Gbps LAN juga memberikan kecepatan jaringan yang sangat cepat. Bahkan bisa sampai 2,5X lebih cepat dibandingkan Gigabit standar LAN. Selain memberikan koneksi yang lebih stabil, teknologi ini juga bisa menyelamatkan sohib kongkow dari masalah jaringan lemah.

Pemungkasnya, laptop gaming ini juga sudah support WiFi 6E, Thunderbolt 4 dan Type C Fast Charging hingga 90Wh.

ROG Blogger Gathering Semarang

Well, dengan semua keunggulan di atas, semakin setuju kan kenapa ROG Strix Series dinobatkan jadi laptop gaming terbaik 2024? Penasaran sama harganya? Tunggu ya..

Harga resmi dari laptop terbaik untuk eksperimen AI ini insya Allah akan dirilis saat jajaran laptop gaming ASUS 2024 sudah hadir semua di Indonesia, tepatnya pada 14 Maret 2024. Yuk sama-sama nungguin, dan siap-siap nabung aja dulu yang banyak, pals!***

6 comments

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com
  1. I appreciate your information in this article.

    ReplyDelete
  2. Very good article, I enjoyed reading your post

    ReplyDelete
  3. truly appreciate this post. I’ve been looking everywhere for this!

    ReplyDelete
  4. Thank you for a great article.

    ReplyDelete
  5. Thank you for the very useful information.

    ReplyDelete
  6. I really enjoyed its content. Thank you

    ReplyDelete