Friday, October 9, 2015

Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

(Sebuah Catatan Traveler Wanna Be)


 
Sebagai orang yang ngakunya suka jalan-jalan (tapi berhubung situasi yang tidak memungkinkan kemana-mana, ya akhirnya jadi orang rumahan aja deh), saya cukup rajin mencari-cari informasi mengenai destinasi wisata yang asyik, terutama di negeri sendiri. Bukan masalah ngirit, tapi saya akui Indonesia itu terlalu indah untuk tidak dikunjungi kota per kota, provinsi per provinsi, buat saya negara lain mah kalah cantik kalau sama Indonesia. Apalagi kalau habis lihat My Trip My Adventure di Trans TV, cuma bisa bilang Masya Allah, luar biasa indahnya negeri khatulistiwa ini. Ngobrolin soal kota di Indonesia yang pengen banget saya kunjungi, salah satunya adalah Bandung. Kalau mau buka kartu nih, seumur-umur pergi ke luar kota saya baru sempat mengunjungi Makassar, Surabaya, Solo, Kudus, Jepara, Magelang, Yogyakarta dan Jakarta. Malu-maluin banget ya? Bahkan Bali yang fenomenal pun saya belum pernah menginjakkan kaki ke sana. Makanya nih, sekarang ini sangat berharap bisa meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama dan travelling ke kotanya Pak Ridwan Kamil. Dari beberapa sumber yang saya baca, sepertinya beberapa tempat wisata di Bandung ini wajib banget dikunjungi.

7 Tempat Wisata di Bandung

 
De Ranch Lembang

Tempat pertama yang bikin ngiler pengen segera jalan-jalan ke Bandung itu De’ Ranch Lembang. Melihat foto-foto yang ditampilkan, tempat ini benar-benar indah dengan hamparan rumput dan tanaman hijau, gunung yang menjulang tingggi serta awan putih yang terbentang luas. Didesain sebagai wisata ala cowboy, di tempat ini kita bisa menikmati kehidupan cowboy Sunda.

 

Tangkuban Perahu
Tempat berikutnya adalah sebuah tempat yang pengen banget saya kunjungi gegara waktu kecil sering diceritakan tentang legenda ini, yup Gunung Tangkuban Perahu.  Kata nyokap yang pernah ke sana, udaranya dingiiiiin banget dan pemandangan alamnya sangat indah. Soal legenda tempat ini, masih ingat kan? Tentang Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibu kandungnya yang bernama Dayang Sumbi itu lo.

Museum Konferensi Asia Afrika
Selain terkenal dengan tempat wisata alamnya, Bandung juga menyimpan banyak destinasi wisata yang berhubungan dengan sejarah, salah satunya yaitu Museum Konferensi Asia Afrika. Konferensi yang pertama kali diselenggarakan pada 18-24 April 1955 itu begitu fenomenal dengan Dasasila Bandung sebagai hasilnya. Pada tahun ini, Indonesia juga mendapat kehormatan kembali menjadi tuan rumah konferensi akbar negara-negara se-Asia dan Afrika ini.

 
Museum Geologi
Tidak hanya museum KAA, di Bandung kita juga bisa menemui Museum Geologi yang ternyata sudah didirikan sejak tahun 1928. Di sini kita bisa berwisata sekaligus belajar banyak tentang peta geografis Indonesia yang dibentuk dalam sebuah relief dan juga mengenai bumi, tata surya dan fosil-fosil sejarah. Di sini kita juga bisa melihat maket tambang emas terbesar di dunia yang letaknya ada di Papua.

Cihampelas Walk
Buat yang suka shopping-shopping, berpindah dari satu tempat ke tempat wisata di Bandung tanpa mengunjungi Ciwalk alias Cihampelas Walk jelas bakal ada yang kurang. Kawasan perbelanjaan ini berbeda dengan kawasan perbelanjaan yang ada di kota-kota lain, karena Ciwalk mengusung konsep alami kota Bandung yang selalu menyajikan udara bersih dan sejuk. Shopping-shopping sambil menikmati udara yang segar dijamin betah ya pilih barang ini dan itu, apalagi Bandung terkenal dengan barang-barang murah yang berkualitas.

Floating Market Lembang
Pengen menikmati suasana pasar apung di Kalimantan tapi belum kesampaian? Ternyata di Bandung pun kita bisa lo menemui pasar sejenis. Floating Market Lembang yang bisa kita temukan di seberang pasar utama Lembang Bandung ini menyajikan konsep pasar tradisional yang terapung di sungai. Di sini kita bisa membeli makanan ataupun sekedar menikmati alam di atas sampan yang bergoyang-goyang di sebuah danau yang dulu dikenal sebagai Situ Umar.

Imah Seniman
Buat pengantin baru atau yang mau berbulan madu kedua, Bandung punya tempat oke nih. Namanya Imah Seniman yang bertempat di Jalan Kolonel Masturi No. 8 Cikahuripan, Bandung Barat. Bukan hanya sekedar resort, di sini kita bisa menikmati hutan alami dan danau cantik yang semakin menambah romantisme sambil menjalani beberapa kegiatan yang sudah ditawarkan oleh manajemen resort ini.

Beneran deh ngomongin tempat wisata di Bandung enggak  bakal cukup kalau cuma satu postingan saja. Masih ada Kawah Putih, Dusun Bambu, Trans Studio, Laktasari Mini Farm, Bukit Moko, Kampung Gajah Wonderland, Museum Transportasi Ade Irma Suryani, dan beberapa tempat menarik lainnya. Doain saya ya biar bisa jalan-jalan ke Bandung, nanti saya doain kalian semua juga deh biar bisa jalan-jalan ke destinasi wisata impiannya masing-masing. Sampai jumpa pada catatan traveler wanna be selanjutnya ya!

4 comments:

  1. Ah, yang nomor satu tu pengen banget .... Tapi pengennya kesana kalau lagi nggak musim liburan, pasti lebih nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah pengen bangeeeeet jalan2 ke luar kota, tapi kondisi belum memungkinkan nih mbak.. makasih sudah mampir :)

      Delete
  2. imah seniman yg saya belum tahu. btw, tks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak.. makasih juga sudah mampir :)

      Delete

Would you mind telling me your opinion about this?
Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.


Thanks for visiting, pals.