6 Peserta Favorit Indonesian Idol Season 10, Kamu Jagoin yang Mana?


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Adakah yang mengikuti Indonesian Idol season terbaru? Meski tak serutin musimnya Marion Jola and The Gank, tapi aku cukup mengamati perjalanan para peserta Indonesian Idol tahun ini. Memang ya tiap tahun, kualitas peserta semakin ajiib!

Sayangnya dari yang aku lihat, peserta-peserta Indonesian Idol tahun 2020 hanya semacam pindahan dari ajang pencarian bakat sebelumnya. Ada yang sebelumnya sudah ikut The Voice, Indonesia Mencari Bakat, dan ajang-ajang sejenis. Karena bisa dibilang sebagian besar dari mereka adalah penyanyi-penyanyi yang sudah punya jam terbang yang cukup tinggi, nggak kaget juga dengan kualitasnya.

Awalnya postingan ini mau kubuat seperti postingan saat Indonesian Idol season 9, menebak siapakah pemenang season kali ini. Namun karena dua peserta favoritku gugur di tengah jalan, aku jadi patah hati buat tebak-menebak. Jadi terserahlah siapa nanti yang bakal menang, tapi aku mau bikin daftar 6 peserta Indonesian Idol season 10.

6. Mahalini


Awalnya sih aku kurang melirik sosok perempuan asal Bali ini. Namun setelah diamat-amati, semakin ke sini kualitas suara calon dokter gigi ini semakin oke. Dari yang sebelumnya B aja, kini didengerin udah mulai dapat A lah meski belum sempurna. Mungkin Mahalini bisa saja bertahan sampai 4 besar. Entahlah, fanbase Nuca pun cukup kuat. Jadi jujur mulai 5 besar ini, bukan cuma peserta yang harus menampilkan suara terbaiknya. Namun juga para pendukungnya harus mulai kuat-kuatan voting.

5. Tiara


Kalau ditanya peserta mana yang paling nggak tertebak sampai bisa bertahan di Spekta 11 alias 5 besar, pasti Tiara jawabannya. Dibandingkan dengan peserta lainnya, Tiara terlihat masih sangat polos. Bahkan Anang yang sama-sama dari Jember saja sempat ragu-ragu memberikan Tiara golden ticket, hingga akhirnya Judika yang nggak sabar memberikan titanium ticket kepadanya.

Tiara sepertinya hendak membuktikan bahwa ia pantas mendapatkan titanium ticket tersebut. Setiap pekan penampilannya semakin bagus. Juri pun selalu dibuat terkagum-kagum dengan perkembangannya yang sangat pesat. Akankah Tiara mampu melaju hingga ke tiga besar? We’ll see.

4. Mirabeth


Magis. Unik. Mistis. Mungkin tiga hal itulah yang bisa menggambarkan kekhasan suara Mirabeth. Sebelum menjadi penyanyi, ia sempat menjadi mermaid girl. Beberapa kali ada di posisi bottom three, namun Mirabeth mampu lolos ke babak-babak berikutnya meski selalu nyaris tereliminasi. Namun keberuntungannya berhenti di Spekta 10. Pada panggung di mana ia memperkenalkan lagu ciptaannya sendiri, justru saat itulah ia harus pulang. Hmm, tapi sepertinya Ariel Noah sudah siap memproduseri doi nih. Kata Ariel saat sempat jadi juri tamu, kayanya kita sudah sealiran nih. Kita tunggu saja proyek-proyek Mirabeth di luar Indonesian Idol.

3. Ainun


Gadis sederhana ini memamerkan suaranya yang nggak sederhana. Semua juri terpukau dengan suaranya yang sedikit berat sejak babak audisi. Apalagi setelah tahu asal Ainun dari kota Palopo. Kata para juri, jarang-jarang ada orang Palopo suaranya mengesankan. Ketika ditanya siapa guru vokalnya, Ainun menjawab Om Jerry. Para juri pun penasaran ingin bertemu dengan guru vokal Ainun tersebut.

Sayangnya perjalanan Ainun di sesi Spekta tak semulus dugaan banyak orang. Memang tampil di panggung besar dengan tantangan-tantangan berbeda setiap pekannya pasti melelahkan. Belum lagi dengan tuntutan para juri, mental harus benar-benar kuat. Ainun beberapa kali ada di bottom three, hingga akhirnya di Spekta 9 dia menjadi yang harus pulang.

2. Lyodra Ginting


Badan boleh kecil, tapi suaranya menggelegar. Sejak awal selalu dicap sebagai penyanyi festival.

Lyodra memang sudah biasa ikut kontes menyanyi, bahkan hingga ke luar negeri. Pada 2017 lalu, dia memenangkan Festival Sanremo. Sebelum mengikuti Festival Sanremo, Lyodra sudah terlebih dulu bergabung dengan Di Atas Rata-rata asuhan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa.

Meski sering dikritis sebagai penyanyi yang terlalu banyak pakai teknik, tapi nggak mengedepankan rasa. Lyodra semakin ke sini sepertinya hendak mematahkan pendapat itu. Tekniknya tetap ia jaga, namun ia juga mampu menyampaikan pesan lagunya dengan rasa yang pas. Hmm, sepertinya doi pantas deh masuk hingga 2 atau 3 besar. Menurutmu gimana pals?

1. Novia Bachdim


Cadaaas! Itu yang kugumamkan pertama kali saat melihat penampilan Novia. Suaranya kece banget. Penampilannya juga udah jadi. Nggak heran ternyata dia pernah ikut The Voice season tiga, di mana saat itu dia masuk timnya Anggun. Wow, pantas ada sentuhan-sentuhan Anggun gitu di dalam dirinya. Sebelum ikut The Voice, Novia juga pernah ikut idola cilik.

Dengan pengalamannya di dunia tarik suara yang sudah sangat banyak. Pantas saja kalau gadis berusia 18 tahun ini suaranya sudah sangat matang. Yang aku suka adalah dia mampu menyanyikan lagu dengan genre apapun, tapi tanpa kehilangan ciri khasnya. Aku sampai bingung kalau suruh milih mana penampilan favoritnya, karena baguuuuus banget. Dari yang nyanyi Speechless, lalu nyanyiin Judinya Rhoma Irama sampai lagu The Sting. Sayang sekali langkah dia di Indonesian Idol harus berakhir di Spekta 8. Aku sih berharap ada sesi wild card dan Novia bisa lanjut sampai grand final.

Sebenarnya di awal spekta, aku mengiranya Lyodra - Ziva dan Novia akan ketemu di tiga besar. Lalu di dua besar antara Lyodra - Novia atau Ziva dan Novia, tentu saja kalau ikut mauku yang menang Novia, wkwk.


Berhubung Novia sudah tereliminasi, sekarang kalau ditanya siapa prediksiku yang masuk tiga besar, mungkin antara Ziva, Lyodra dan Tiara. Dua besarnya bisa jadi Lyodra dan Ziva. Kalau beneran Lyodra dan Ziva sih, aku jelas menjagokan Lyodra, hehe.

Kenapa Ziva nggak masuk favoritku? Entahlah aku kurang suka suara RnB yang menurutku menye-menye, dan sikapnya yang kaya anak kecil buatku nggak natural aja. But, itu soal selera aja sih ya. Karena kalau menurut para juri yang tahu musik, teknik riff and runs yang dipakai Ziva itu jarang dimiliki para penyanyi di Indonesia karena susah.  Meski aku juga nggak ngerti yang dimaksud riff and runs kaya gimana, ada yang bisa kasih tahu?

Siapapun yang menang pastinya sudah pilihan terbaik. Tapi rata-rata yang menang Indonesian Idol malah nggak tenar ya, wkwk. Jadi bener nggak usah menang aja sih kalau pengen tenar. Noh lihat Marion Jola dan Brisia Jodie, mereka nggak menang lo, tapi lebih tenar dari Maria yang jadi pemenang. Kalau kalian punya peserta favorit juga nggak di Indonesian Idol season 10 ini, pals? Jagoin siapa nih?

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

2 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. aku jagoin perwakilan dari kaum adam aja deh. Nuca .... wuehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, pals. Ditunggu komentarnya .... tapi jangan ninggalin link hidup ya.. :)


Salam,


maritaningtyas.com

Subscribe Our Newsletter