Cara Mengatasi Pegal Linu dengan Koyo Hansaplast

Cara Mengatasi Pegal Linu dengan Koyo Hansaplast

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Siapa yang sering merasa pegal linu, terutama setelah melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih berat dari biasanya? Kalau aku biasanya menjelang haid suka mengalami pegal linu. Btw, pegal linu dapat menyerang siapa saja baik orang dewasa ataupun yang sudah lansia. Banyak penyebab dari pegel linu, seperti salah posisi tidur, olahraga berlebihan, postur tubuh yang buruk, stress, dan kurang tidur. Flu, sindrom kelelahan, rematik, dan fibromyalgia juga merupakan faktor faktor lain penyebab pegal linu. Pegal linu biasanya sangat menganggu kita karena menjadi terbatas dalam beraktivitas. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi pegal linu sebagai berikut :

1. Minum Obat Pereda Nyeri

obat pereda nyeri untuk mengatasi pegal linu
Minum obat pereda nyeri adalah cara yang paling praktis untuk mengatasi pegal linu. Tidak hanya itu biasanya obat pereda nyeri juga mengurangi rasa sakit akibat otot atau sendi yang tegang ataupun meradang. Obat pereda nyeri ini mudah didapatkan dan pemakaian obat pereda nyeri jangan sampai jangka panjang segera ke dokter untuk mendapat pemeriksaan. Contoh dari obat pereda nyeri seperti paraceamol,ibuproxen, naproxen dan aspirin.

2. Mengompres atau Berendam dengan Air Hangat

mengompres atau berendam dengan air hangat
Cara ini termasuk cara yang efektif untuk meredakan pegal linu. Otot yang terlalu sering digerakkan atau otot yang tidak mudah digerakkan biasanya akan membuat otot menjadi menerima banyak tekanan sehingga otot menjadi tegang dan kaku serta terasa nyeri. Proses mengompres caranya mudah kok, cukup dengan menempelkan kompres hangat di bagian badan yang sedang pegal linu. Ingat jangan terlalu lama, cukup 20 menit saja. Hawa panas dari kompres tadi bisa memperlancar peredaran sirkulasi darah sehingga mampu mengurangi ketegangan dan nyeri pada otot. Bisa juga alternatif lain selain mengompres adalah dengan berendam air hangat. Cara ini bisa lebih ampuh karena mengenai seluruh tubuh

3. Latihan Relaksasi

latihan relaksasi untuk mengatasi pegal linu
Latihan ini merupakan wujud untuk menghindari dari stress. Seperti yang disampaikan di atas, pegel linu juga bisa disebabkan oleh stress. Jika memang penyebab pegal linu adalah stress, maka bisa diatasi dengan relaksasi ini. Bisa dimulai dengan menghirup nafas dari hidung secara perlahan, lalu keluarkan secara perlahan juga. Gerakan ini bisa dilakukan berulang ulang jika perlu. Manfaat dari relaksasi ini adalah membuat pikiran dan perasan menjadi tenang, laju pernapasan menjadi lancar, sehingga otot yang menegang menjadi lebih rileks

4. Banyak Minum Air Putih

banyak minum air putih untuk mengatasi pegal linu
Seperti yang kita ketahui tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Tubuh kita membutuhkan cairan setiap harinya. Memenuhi kebutuhan cairan bisa dengan minum air putih, minum jus, makan buah dan sayur. Banyak minum juga merupakan solusi untuk pegal linu karena kandungan air dan mineral dapat bekerja normal sehingga membuat otot bekerja kembali. Dengan begitu kita bisa mencegah pegel linu bertambah parah.

5. Terapi atau Pijat

terapi atau pijat untuk mengatasi pegal linu
Nah, kalau cara kelima ini adalah favoritku. Pijat merupakan cara zaman nenek moyang kita mengatasi pegel linu selain jamu. Kita bisa melakukan beraneka ragam jenis pijatan, seperti pijatan lembut dengan minyak esensial, pijak refleksi dengan memberikan titik tekanan di kaki, tangan dan telinga. Ataupun jenis pijatan lainnya seperti pijat shiatsu atau thai massage. Semua terapi dan pijatan tentunya sama yaitu bertujuan untuk melemaskan otot yang kaku, melancarkan peredaran darah dan mengurangi stress sehingga ampuh untuk meredakan pegel linu.

6. Menggunakan Koyo Hansaplast

mengatasi pegal linu menggunakan koyo hansaplast
Yap, ketika badan kita sedang pegel linu, dan kita tak begitu suka mengonsumsi obat atau dipijat, ada cara yang lebih praktis dan mudah dari Hansaplast, yaitu dengan menempelkan koyo. Hansaplast sendiri memiliki macam-macam koyo seperti koyo hangat pereda pegal dan nyeri otot, koyo panas pereda pegal dan nyeri otot, dan Hansaplast koyo hangat. Tentunya setiap jenis koyo dari Hansaplast memiliki kegunaan yang berbeda dan manfaatnya masing masing. Cara pakainya mudah sekali; buka kemasan koyo, kelupas bagian belakang koyo lalu tempelkan koyo di bagian badan yang pegal linu.

Kalau kalian paling senang mengatasi pegal linu di badan dengan cara yang mana, pals?

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email