MaritaPalace

Ilham Sadli: Sang Pemuja Rahasia yang Religius

profil ilham sadli yang religius
Masih ingat dengan mas Ilham Sadli? Yup, yang kemarin ngasih materi tentang optimasi Twitter. Inspiratif sekali kan sosoknya? Siapa yang nyana di balik akun Pemuja Rahasia, ada sisi religius yang begitu melekat pada dirinya. Pengen tahu sereligius apa? Yuk, simak hasil tanya jawab singkatku dengan coach Ilham!

7 Rahasia dari Ilham Sadli

Sudah sempat mengintip dikit di laman about ilhamsadli.com sih, tapi tetap saja ada beberapa hal yang membuatku penasaran. Makanya aku mengajukan pertanyaan dengan jumlah yang sama dengan coach lainnya, biar adil gitu. Ya kali kalau sudah kenal lebih dekat… siapa tahu kelak jadi menantu, wkwk:)

1. Orang Jember atau Orang Lombok?

Btw, kupikir mas Ilham ini asli Jember… ternyata orang Lombok. Melihat rekam jejaknya yang baru lengser dari Ketua Cabang FLP Jember pada Februari 2020, aku menebak saat ini doi masih menetap di Jember. Hmm, apa ya yang membuat sang Pemuja Rahasia ini setia pada Jember?

Ternyata tebakanku benar adanya, saat ini mas Ilham masih di Jember. Belum dibilang menetap karena belum resmi jadi warga kota santri tersebut. Alasannya masih menetap di Jember karena memang lingkungannya yang bagus, di sini dekat dengan ustadz, terus penghafal Qur'an juga, terlebih sudah jalan 2 tahun jadi salah satu tim Redaksi Majalah Qur'an di Pondoknya.

Masya Allah… sudah tahu kan sekarang kenapa kusebut sosok mas Ilham sangat religius? Btw, masih stay di Jember bukan karena sedang jadi Pemuja Rahasia putrinya pak Kyai kan mas? Hehehe.

Aku juga menanyakan pada mas Ilham apakah tidak ada keinginan untuk kembali ke kota asalnya, Lombok. Begini ujarnya hari itu;
Kalau katanya orang, sejauh-jauhnya merpati terbang, akan balik juga ke sangkarnya. Aku bakalan balik pasti ke Lombok, tapi tidak sekarang. Ada banyak hal yang ingin dibuktikan terlebih dahulu pada mereka yang dulu meremehkanku dan keluarga.
Semoga segera bisa menunjukkan pembuktian tersebut ya, mas. Semangaaaat!

rahasia kehidupan mas ilham

2. Gabung Forum Lingkar Pena (FLP), Gimana Caranya?

Aku baru ngeh kalau mas Ilham Sadli ini juga anggota FLP setelah melihat salah seorang temanku share e-flyer acara FLP Jember. Wah, aku selalu kagum pada anggota FLP, tulisannya selalu berkelas. Apalagi selevel Mas Ilham yang sudah jadi pengurus papan atas dan coach di mana-mana.

Nah, mumpung ada pengurus FLP, aku mau bertanya dikit tentang syarat dan ketentuan untuk gabung FLP. Menurut doi, ketentuan FLP sebenarnya sudah ditetapkan di pusat, tapi mengenai tata kelola selalu diberikan kepada cabang (kota/ kabupaten), atau ranting (biasanya pondok atau universitas).

Syarat dan ketentuan tentu ada sebagaimana pada umumnya komunitas lainnya. Namun salah satu syarat penting adalah keinginan untuk mau belajar bersama. FLP itu organisasi nirlaba, anggotanya tidak dibayar tetapi kebanyakan malah yang keluar duit. Tujuannya tiada lain dan tiada bukan adalah menggalakkan literasi dan pastinya berharap karya para anggota bisa mencerahkan alias tidak hanya menghibur saja.

Supeer kan? Pantesan orang-orang di FLP itu karyanya luar biasa menginspirasi.

3. Wordpress vs Blogspot

Di antara semua coach, hanya Mas Ilham satu-satunya yang punya blog di dua platform. Aku jadi pengen tahu mana yang lebih nyaman buat doi, platform wordpress atau blogspot. Hayo tebak, jawabannya apa…

Sejauh ini, kata mas Ilham doi nyaman menggunakan keduanya. Namun sedikit lebih nyaman dengan blogspot karena memang lebih familiar dengan coding dan script di platform ini. Tetapi nggak menutup kemungkinan, ke depannya jika untuk menunjang pekerjaan, bisa beralih ke WP semua.

Alasan mas Pemuja Rahasia menggunakan WP dan blogspot adalah pengen membandingkan kualitas tulisannya hingga optimasi tentang SEO dkk dengan dua platform itu. Terlebih, jika ada yang bertanya tentang blogspot, atau WP, jadinya mas Ilham bisa menjawab sekaligus. Syukur-syukur bisa bikin tutorialnya dengan lengkap.

Wah, ditunggu nih mas tutorial ngeblog dan optimasi SEO di kedua platform, biar bisa dibaca-baca ulang kalau ada yang lupa.

Kalau ada pemula yang tanya, enakan pakai platform apa, mas Ilham nggak bisa memastikan satu jenis platform. Tergantung pemulanya yang seperti apa dulu. Kalau pemula yang berani keluar modal ya cuzz pakai WP, tapi kalau pemula yang mau belajar coding ya blogspot aja. Jadi, kalian mau pakai platform yang mana, pals?

4. Sosok Mas Pewe dan Mbak Monic

Mereka berdua adalah orang terbaik yang pernah saya kenal. Belum pernah ketemu dan ngopi secara langsung, karena pernah ada kesempatan tetapi ternyata belum bisa ketemu. Mereka berdua mempercayakan banyak hal ke saya, itu sudah lebih dari cukup bahwa mereka berdua adalah yang terbaik.
Dalam dan jujur banget nggak sih jawaban mas Ilham ini? Tapi aku setuju sih, pasangan ini memang wonderful banget. Bahkan buatku yang masih blogger pemula ini, rasanya diarahkan dan diajari sama mereka itu sudah merasa istimewa banget.

ilham sadli dan 7 rahasianya

5. Jadwal Menulis

Aku tuh selalu pengen tahu dengan orang yang keren di dunia tulis-menulis, termasuk juga cara mereka mengatur waktu. Maklum sampai detik ini manajemen waktu masih jadi PR besar buatku.

Ternyata sekelas mas Ilham juga nggak punya jadwal nulis. Menurutnya, selama ini kalau nulis ya kebanyakan mengalir saja bagaikan air. Hanya spesial untuk nulis artikel, mas Ilham biasanya mengkhususkan waktu mulai di jam 20.00 ke atas.

Sepertinya sama kaya aku nih, semakin malam semakin lancar nulisnya. Tapi kalau siang dan terang, mengkeret kalau mau nulis, wkwk.

Terkait manajemen waktu, mas Ilham juga mengakui bahwa hal tersebut adalah tantangan tersendiri.

Sudah mencoba disiplin tapi tetap ada saja yang jadi troublenya,” ujar pemilik akun twitter Pemuja Rahasia tersebut. Toss lah mas, aku pun masih jatuh bangun nih. Jadi berasa ada temannya kalau begini, wkwk.

6. Ide dan Writer’s Block

Banyak penulis pemula yang merasa menggali ide adalah hal paling susah. Nah, mungkin teman-teman bisa amati, tiru dan modifikasi cara mas Ilham menggali ide nih; baca buku, nonton youtube, atau baca platform lain. Ide sebenarnya sih ada di mana-mana, pertanyaannya mau nggak kita mengumpulkannya. Atau lebih sering terhambat malas karena udah asyik rebahan?

Sementara untuk mengatasi writer’s block, mas Ilham menerapkan cara menjauh dari laptop, buku dan HP. Saat momen itu datang, ia lebih memilih mencari ketenangan sesaat sampai mood bagus lagi.

Ada kebiasaan istimewa dari mas Ilham agar proses nulis menjadi lebih enak yaitu diiringi dengan lagu, murottal atau bahkan narasi puisi. Waah, ide bagus nih. Aku juga kadang sambil dengerin lagu, tapi ujung-ujungnya malah karaokean, terus tulisannya nggak jadi-jadi deh, wkwk.

blog dan media sosial Pemuja Rahasia

7. Mimpi Ilham Sadli

Terkait impian dalam hidup, ternyata cukup mulia. Mas Ilham punya impian untuk membuat usaha yang nantinya bisa dikelola oleh orangtua. Tak lain dan tak bukan agar dari usaha tersebut bisa menjadi tabungan dan belanja bagi kedua orangtuanya.

Selain itu mas Ilham juga punya cita-cita untuk menyekolahkan 2 adiknya sampai tamat S1. Doi punya adik yang masih duduk di bangku SMA dan SD. Keren ya cita-cita mas Ilham, yuk kita doakan agar impian itu terwujud. Aaamiin.

Terima kasih untuk inspirasinya coach Ilham Sadli, semoga semangat terus menggapai impian. Dan buat pembaca setia Marita’s Palace, ditunggu profil dari tokoh-tokoh kece lainnya ya! Sampai jumpa.
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email