MaritaPalace

Membangun Karakter Menjadi Hexagonia di Hari Blogger 2020

membangun karakter menjadi hexagonia dan blogger
Bertepatan dengan Hari Blogger 2020, deadline pengumpulan jurnal hexagonia pun tiba. Tema jurnal kali ini menurutku selaras dengan membangun karakter apa saja yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Membuatku semakin semangat untuk menyelesaikan jurnal di detik-detik akhir. 

Kabar dari Analekta

Sebelum aku berbagi tentang karakter-karakter apa saja sih yang harus ada dalam diri seorang blogger ada sedikit kabar sedih dari Analekta. Group Co-housing Gabungan #2 ini harus melepaskan ketua kelas tercinta. Pada hari Rabu pagi, 21 Oktober 2020, mbak Mawar menceritakan kondisinya yang tidak memungkinkan untuk tetap tinggal di Hexagonia City.

Tentu saja kami tidak mungkin nggondheli mbak Mawar. Keputusan tersebut pasti sudah dipikirkannya masak-masak. Mbak Mawar pun tidak lepas tangan begitu saja. Beliau tidak melepas kami sebelum ada yang mengambil alih perannya sebagai ketua kelas.

Alhamdulillah Mbak Chitra bersedia untuk mengambil tongkat estafet yang dibawa oleh Mbak Mawar. Maka per Rabu lalu, kami memiliki ketua kelas baru. Selamat memegang amanah, Mbak Chitra. Selamat ketemu lagi di kesempatan lainnya, Mbak Mawar. 

kabar dari analekta hexagon city
Setelah ketua kelas baru dipilih, saatnya kembali pada track yang sudah dibuat. Project Passion harus kembali dipikirkan dan dilanjutkan. Untungnya Mbak Chitra selama ini sudah cukup aktif membantu Mbak Mawar sehingga tidak terlalu kaget dengan amanah barunya. Bahkan menurutku, mbak Chitra sudah sangat siap dan tahu mau dibawa ke mana Analekta ini.

Pekan ini penuh dengan diskusi demi diskusi. Jujur aku keteteran dengan jadwalnya. Ada banyak tenggat menulis yang berjejeran tanggalnya. Hingga tanggungjawab memantau tim konten Blogspedia dan mengawal Blogging Coaching for Newbie.

Diskusi-diskusi awal sempat ikutan, tapi menjelang akhir pengumpulan jurnal, aku justru semakin kesusahan meluangkan waktu menengok WAG Analekta. Aku berterimakasih banyak kepada para tetangga di Analekta yang luar biasa ide-ide dan masukannya untuk kemajuan Project Passion ini.

Mengawal Kapal Project Passion Berlayar dengan Gemilang

Diskusi-diskusi panjang yang dipimpin oleh mbak Chitra akhirnya mampu mengerucut pada gambaran seperti ini:

project passion klinik analekta
Dari gambar tersebut, kita bisa lihat goal, boost, delays dan resiko apa saja yang bisa tim Analekta temui selama kapal Project Passion. Mau tahu penjabarannya lebih lanjut?

Goal

Kalau teman-teman sudah baca jurnal Hexagoniaku sebelumnya, tentunya sudah tahu kan kalau project co-housing kami adalah Klinik Analekta. Setelah tidak memungkinkan membangun Klinik Analekta dalam bentuk blog dan instagram, maka kami mengubah sedikit konsep Analekta, tanpa mengubah arah tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Goal dari Klinik Analekta kini adalah menghasilkan antologi E-book dan membuat Workshop series yang akan dilaksanakan pada November-Desember 2020. Workshop series ini akan berlangsung selama 4 kali, untuk sementara hanya diselenggarakan untuk internal; dari, oleh dan untuk Analekta.

Boosts

Agar kapal project passion ini berjalan sesuai track-nya, ada beberapa faktor yang harus ditumbuhkan agar laju kapal bisa berjalan dengan lebih cepat dan tepat. Dari hasil diskusi, kami menyimpulkan beberapa hal ini yang harus kami tumbuhkan:
  • Tekun: Tentu saja ketekunan adalah salah satu kunci agar Project Passion bisa melaju dengan cepat. Tanpa ketekunan, Project Passion hanya jadi angan-angan.
  • Peduli Sesama: Hadirnya Klinik Analekta pun dikarenakan keinginan untuk peduli pada sesama. Karena kami tahu bahwa Hexagon City, khususnya Analekta memerlukan hal-hal terkait pengembangan diri di bidang digital, maka Klinik Analekta ini hadir.
  • Tanggung Jawab: Setelah proyek ditetapkan, maka hal selanjutnya adalah bertanggungjawab dengan peran yang telah diambil.
  • Totalitas: Proyek hanya akan bisa terwujud ketika kami berperan secara totalitas.
  • Strong Why: Harus ada strong why yang membuat kami tetap solid dan menguatkan saat kapal menemui badai dan gelombang.
  • Motivasi: Diperlukan adanya motivasi agar kami bisa tetap on the track.
  • Monitoring: Pentingnya untuk saling mengawasi kinerja masing-masing agar tidak salah arah.
  • Added Value: Ada nilai-nilai yang perlu ditambahkan dalam proyek ini agar semakin bermakna.
  • Endurance: Diperlukan pribadi yang tahan banting dan siap menjalani segala tantangan saat menjalani proyek.
  • Planning: Perencanaan adalah setengah dari kesuksesan, maka penting sekali untuk membuat rencana di awal agar proyek bisa berjalan on the track.
  • Inovatif: Diperlukan pemikiran-pemikiran yang inovatif agar proyek bisa mencapai goal yang dituju.
  • Team Work: Karena ini proyek bersama, maka diperlukan kinerja tim yang baik dan solid.
  • Transfer Ilmu: Di dalam tim harus saling transfer ilmu biar bisa saling menguatkan dan melengkapi.
  • Growth Mindset: Menumbuhkan mindset untuk terus bertumbuh dan tidak lelah belajar.
  • Konsisten: Diperlukan konsistensi untuk mencapai ujung perjalanan.
  • Disiplin: Disiplin dengan timeline yang sudah dibuat bisa membantu pelayaran Project Passion ini lebih aman dan terarah.

Delays

Selain faktor-faktor yang bisa meningkatkan laju kapal, ada pula beberapa faktor yang bisa memperlambat lajunya. Apa sajakah itu?
  • Abai: Nggak mau tahu dan nggak mau terlibat pada proyek tim.
  • Minder: Merasa tidak cukup mampu dibandingkan anggota tim lain sehingga memilih untuk silent reader.
  • Moody: Punya mood yang tak beraturan, kadang semangat kadang letoy.
  • Kurang Komitmen: Tidak amanah menjalani peran yang dipilih.
  • Miskomunikasi: Tidak menjalin komunikasi dengan tim dan menghilang tanpa kabar.
  • Sekedar Menggugurkan Kewajiban: Menjalankan jurnal dan mengikuti Project Passion setengah hati hanya sekadar biar bisa bertahan di Hexagon City.
  • Cheating: Melakukan hal-hal yang tidak terpuji.
  • Tidak Fokus: Konsentrasi terpecah, terlalu banyak multitasking dengan agenda lain di luar Hexagon City.
  • Suka Menunda: Tidak segera menuntaskan tugas sehingga Project Passion bisa molor dari tenggat yang sudah diberikan.
Dari 9 faktor di atas, aku merasa jleb-jleb sendiri saat menuliskannya. Aku merasa faktor-faktor itu bisa jadi datang dari diriku. Menuliskannya di jurnal seperti ini bisa menjadi self reminder agar aku bisa memperbaiki diri dan tidak menjadi pemicu munculnya faktor-faktor yang bisa memperlambat laju kapal.

Resiko

Tidak hanya memperlambat laju, ada hal-hal yang bisa menghentikan laju Project Passion jika tidak awas memahami kondisi. Berikut ini resiko yang Klinik Analekta bisa hadapi:
  • Durasi Mundur dari Jadwal: Karena banyak menunda, durasi bisa mundur dari jadwal.
  • Minim Gagasan: Karena minder, abai dan sekadar mengugurkan kewajiban akhirnya tim jadi minim gagasan.
  • Tidak Terjalin Kerjasama: Sibuk dengan urusan masing-masing, maka kerjasama tim bisa saja tidak terjalin dengan baik dan Klinik Analekta terhenti lajunya.
  • Putus Asa: Merasa sudah tak mampu mengimbangi kompetensi anggota tim lainnya, maka akhirnya timbul keputusasaan untuk melanjutkan proyek.
  • Minim Kompetensi: Karena kompetensi minim, akhirnya proyek mandheg.
Tentu saja kami tidak ingin Klinik Analekta mandheg karena faktor-faktor resiko di atas. Oleh karenanya penting untuk membangun karakter-karakter positif sehingga kinerja tim bisa terbangun dengan baik. Apa saja ya karakter-karakter tersebut?

Menuju Hexagonia dan Blogger Berkarakter

Ada banyak karakter baik yang bisa kita pilih. Namun Tim Analekta memutuskan untuk berfokus pada 8 karakter di bawah ini:

character to nation hexagonia city wilayah analekta

Positivity

Positivity dibutuhkan saat menjadi Hexagonia ataupun sebagai blogger. Dalam proses menjadi Hexagonia ataupun blogger, kita pastinya akan bertemu dengan hal-hal yang tak selamanya mudah. Karakter positivity perlu ditumbuhkan agar kita bisa melihat suatu masalah menjadi tantangan. Bisa mengubah sudut pandang agar tetap bisa bertahan dalam kondisi apapun.

Curious

Memiliki keingintahuan yang besar dalam hal-hal baru. Dengan adanya keingintahuan yang besar, semangat kita untuk belajar, update wawasan dan skill juga akan terus meningkat.

Organized

Dalam bekerjasama dengan tim, kita perlu untuk selalu terstruktur, sistematis dan terencana. Tim yang baik akan saling melengkapi agar proyek bisa berjalan sesuai dengan track-nya. Sebagai seorang blogger, karakter organized ini juga perlu ada agar selalu konsisten dalam membuat konten berkualitas.

Passionate

Memiliki keinginan yang kuat untuk terus belajar. Sebagaimana selalu aku sampaikan di kelas-kelas blogger yang pernah kuampu, bahwa passionate adalah bahan bakar agar kita terus mau belajar dan update pengetahuan. Passionate itu penting dijaga agar semangat kita terus membara dalam menjalani proyek ataupun sebuah profesi.

Enthusiastic

Karakter selalu antusias, semangat dan gembira sangat penting dimiliki dalam menjalani proyek ataupun berproses menjadi blogger.

Creativity

Dalam menjalani proyek dan berproses sebagai blogger, kreativitas adalah kunci. Proyek membutuhkan kreativitas agar program-program bisa penuh hal-hal berisi. Begitu juga sebagai blogger, kreativitas jelas dibutuhkan dalam pembuatan konten yang berkualitas.

Responsible

Bertanggungjawab atas komitmen yang telah dibuat, terikat secara emosi dan psikologis untuk memenuhi tugas hingga selesai. Agar bisa mencapai goal, maka diperlukan karakter tanggungjawab saat menjalani proyek bersama.

Begitu pula sebagai blogger, kita harus punya tanggungjawab pada blog yang telah kita buat. Bertanggungjawab juga kepada para pembaca setia untuk menyediakan konten-konten berkualitas.

Endurance

Nah, yang terakhir adalah karakter untuk bisa mengontrol diri sendiri agar selalu bersemangat dan bertahan dalam menjalani hal-hal sulit dan menantang dalam waktu yang lama. Berhubung satu Hexagonia harus memilih satu karakter saja yang ingin ditumbuhkan, maka aku memilih karakter Endurance sebagai caraku menantang diri sendiri.

membangun karakter endurance sebagai hexagonia dan blogger
Endurance memang karakter yang sedang menjadi PRku hingga saat ini. Kalau teman-teman sudah baca tulisanku tentang Bincang Pulih dan melihat hasil mandalaku, pasti tahu kan aku tuh tipe yang mudah semangat di awal dan letoy di tengah-tengah perjalanan. Makanya penting banget nih buatku menumbuhkan endurance. Doain ya, pals.. biar selalu semangat dari awal hingga akhir.

Akhir kata, baik menjadi Hexagonia ataupun blogger memang membutuhkan mentalitas yang kuat. Salah satunya termasuk membangun karakter-karakter positif. Semoga kita semua sukses di semua bidang yang sedang kita jalani ya! Buat para blogger, Selamat Hari Blogger Nasional 2020!

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

3 comments

  1. Mba terus semangatin aku ya di kelas coaching ini, aku suka semangat diawal.
    semoga sekarang tetap konsisten semangat, hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku sama kayak ka Novi Andriyani, semangat kerupuk ku takut kambuh.
    Liat tulisan ka Marita, terus ngebayangin jadi diri ka Marita, parah, padat banget kegiatan nya🙈 kegiatannya harus punya wawasan tinggi lagi, hdeehh
    Sungkem aku😭
    Semangat coach!!!

    ReplyDelete
  3. Sama-sama di kick kalau tidak ngerjain tugasnya yah mba🤭😊🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email