header marita’s palace

Kelas Pintar; Bimbel Online Terbaik Menyambut Semester Baru

36 comments
Konten [Tampil]
kelas pintar bimbel online terbaik
Melihat kurva covid-19 yang masih terus meningkat, menemukan bimbel online terbaik adalah salah satu langkah yang bisa diambil untuk semester depan. Saat Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, menyampaikan bahwa pada bulan Januari sekolah diperbolehkan melakukan kegiatan tatap muka, lega sekali rasanya. 

Sayangnya hawa segar tersebut hanya bisa dirasakan sekejap. Berita tentang kenaikan angka covid-19 memupus harapan berjalannya kegiatan belajar mengajar (KBM) secara offline. Apalagi kecamatan tempatku tinggal masih masuk dalam zona merah. Sedangkan salah satu syarat diperbolehkannya melakukan KBM tatap muka adalah lingkungan sekolah berada pada zona hijau.

Keadaan ini sungguh menghadirkan dilema di hati banyak orangtua, tentu saja termasuk aku. Pengennya sih si kakak bisa kembali ke sekolah segera. Apalagi doi curhat sudah mulai kangen ketemu ustazah dan teman-temannya.

Suka Duka Satu Semester Sekolah dari Rumah

Kapan sih bisa sekolah lagi, Bun?’ adalah pertanyaan yang mulai sering diajukan kepadaku. Nggak bisa bohong, satu setengah semester menjalani school from home adalah sebuah tantangan besar buatku. Meski aku cukup beruntung karena sekolah si kakak memberikan support luar biasa kepada orangtua siswa agar dapat mendampingi anak-anaknya belajar dari rumah secara maksimal, tak bisa kupungkiri ada kalanya aku merasa keteteran.
bosan sekolah dari rumah
Si kakak pun mulai merasakan jenuh tingkat dewa karena hampir satu tahun lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Aku harus sering putar otak cari ide kegiatan belajar yang menarik untuk mengobati kejenuhannya. Di satu sisi, aku pun seringkali merasa buntu ide untuk menjelaskan materi pelajaran si kakak. Jadi guru itu ternyata nggak gampang, pals.

Nggak jarang aku dan kakak jadi perang mulut gara-gara urusan belajar. Doi bad mood, akunya senewen. Akhirnya belajarnya nggak kelar, sementara ada tugas yang harus dikumpulkan hari itu.

Aku sesekali berandai-andai menemukan aplikasi atau web yang bisa jadi ruang belajar online dengan cukup nyaman. Andai saja ada web atau aplikasi yang menyediakan sistem belajar terintegrasi. Anak dan guru bisa saling bertatap muka secara online. Sekaligus ada ruang untuk sharing materi dan mengumpulkan tugas. Rasa-rasanya belajar online akan jauh lebih menyenangkan dan mudah dijalani.
kendala sekolah dari rumah
Maklum selain puyeng menjelaskan materi pelajaran kepada anak menggunakan bahasa yang dipahaminya, aku merasa ribetnya belajar online karena terlalu banyak aplikasi yang digunakan. Selain whatsapp group, masih harus buka Youtube, belum setor tugas pakai form ini dan itu. Sebagai emak yang nggak suka ribet, berharap ada sebuah aplikasi yang memuat semua fungsi tersebut dalam satu ruang. Hmm, ada nggak sih aplikasi belajar online seperti itu?

Perjalanan Mencari Bimbel Online Terbaik

Setelah tahu kurva covid-19 yang masih belum jelas kapan melandainya, aku merasa harus menyiapkan amunisi untuk semester depan. Kalau nggak dipersiapkan dengan benar, sepertinya semester kedua bakal lebih puyeng. Emak senewen, anaknya spaneng, bisa ambyar deh sekolah dari rumahnya.

Aku mulai mencari-cari solusi agar belajar online bisa lebih nyaman dan menyenangkan. Bersyukur dengan berkembangnya teknologi, semua informasi bisa mudah dicari. Dari hasil menelusuri lini masa, baca review ini dan itu, bertemulah aku dengan Kelas Pintar.

Meski sekarang sudah banyak platform belajar online tersedia, belum ada satupun yang memikat hatiku. Namun membaca menu dan fitur yang dimiliki Kelas Pintar, aku merasa klik dan yakin kalau aplikasi ini bisa menjadi partnerku dalam mendampingi si kakak bersekolah online. 
mencari bimbel online terbaik di Indonesia
Kelas Pintar adalah sebuah solusi belajar online yang dapat digunakan di sekolah dan di rumah. Hal yang membedakan Kelas Pintar dengan aplikasi sejenis adalah metode pintar, personal, dan terintegrasi yang digunakannya. Metode yang ada di aplikasi edukasi ini didesain sebaik mungkin untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Menyadari bahwa anak-anak memiliki gaya belajarnya masing-masing, Kelas Pintar mengembangkan sebuah aplikasi yang menyediakan beragam media. Diharapkan anak-anak dengan gaya belajar visual, auditori ataupun kinestetik tetap nyaman belajar sehingga bisa mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Biar punya bayangan seperti apa sih Kelas Pintar, yuk simak video berikut:


Layanan-layanan di Kelas Pintar

Dari video singkat di atas, teman-teman pastinya sekarang sudah dapat sedikit tahu apa saja sih layanan yang disediakan oleh bimbel online terbaik ini kan? Agar lebih jelas, aku akan menjabarkan beberapa layanan utama yang tersedia di Kelas Pintar:
layanan yang ada di kelas pintar

1. Kelas Pintar Reguler

Menggunakan Metode Pintar; Learn, Practice and Test.
  • Learn: siswa diajak untuk mempelajari secara mandiri materi pelajaran. Media belajar tersedia dalam bentuk audio, video animasi dan e-book. Anak-anak bisa memilih media mana yang cocok untuk gaya belajarnya.
  • Practice: untuk mengecek pemahaman anak terhadap materi pelajaran yang disampaikan, tersedia beberapa bentuk latihan dalam berbagai model; HOTS (high order thinking system), tanya jawab, video based question, play hub, worksheet, dll.
  • Test: merupakan evaluasi pembelajaran yang harus dikerjakan siswa. Metode yang digunakan pilihan ganda, essay dan tes adaptif.
metode learn, practice and test
Serunya di Kelas Pintar ini ada beberapa fitur yang bisa membuat anak semakin nyaman belajar secara online. Anak-anak bisa membuat jadwal belajarnya sendiri, membuat catatan di aplikasi/ webnya, dan bisa membuat grup belajar bersama teman-temannya. Orangtua juga lebih mudah memantau perkembangan belajar anak karena bisa mengecek hasil belajarnya setiap saat.

Kelas Pintar Reguler tersedia dalam beberapa paket. Ada paket 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Kelas ini tersedia mulai dari kelas 1 SD hingga SMA.

2. Tanya

Langsung tanya, langsung dijawab, langsung pintar.
Mantap nggak tagline di atas? Ya, itu adalah tagline Tanya dari Kelas Pintar. Untuk menggunakan layanan ini, anak hanya cukup download aplikasi Kelas Pintar lalu membuat akun Kelas Pintar. Layanan ini bisa diakses secara gratis, nggak harus langganan dulu, pals. 
fitur tanya dari kelas pintar
Cara menggunakannya pun sangat mudah. Murid tinggal mengirimkan foto soal yang ingin ditanyakan. Selanjutnya tinggal tunggu ada guru-guru ahli yang akan menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat. Asyik kan?

3. Soal

Siapa yang suka bingung membuat soal latihan untuk anak-anaknya? Nah, dengan layanan Soal dari Kelas Pintar, para orang tua nggak perlu lagi pusing membuat soal-soal latihan. Layanan ini menyediakan banyak variasi soal latihan, tes dan disertai pembahasan soal yang lengkap.

Selain menyediakan kumpulan soal-soal latihan yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, Soal dari Kelas Pintar juga menyediakan soal-soal Try Out. Orang tua bisa memberikan soal-soal ini untuk menguji apakah anak sudah cukup siap dan mampu menghadapi ujian.

Layanan Soal tersedia dalam 4 paket; 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

4. Guru

Layanan yang ini cocok buat para orangtua yang mulai kewalahan menjelaskan materi pelajaran ke anak. Sementara dengan tingginya angka covid-19, mengundang guru private ke rumah adalah hal yang cukup riskan. Nah, layanan Guru dari Kelas Pintar ini bisa jadi solusi. 
belajar asyik dari guru ahli di Kelas Pintar
Kita nggak perlu bingung menjelaskan materi pelajaran, tapi anak bisa tetap belajar dengan nyaman karena ada guru-guru ahli yang siap menjadi teman belajar mereka. Tersedia dalam beberapa paket; 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan. Ada juga fitur trial selama 7 hari bagi yang mau mencoba terlebih dahulu.

Oh ya, layanan ini hanya diperuntukkan bagi murid mulai kelas 4 hingga kelas 12.

Kelas Pintar, Solusi Menyenangkan Bagi Murid, Guru dan Orang Tua

Mengetahui 4 layanan dari Kelas Pintar di atas, mataku langsung berbinar-binar. Baru kali ini aku menemukan solusi belajar online yang sangat lengkap. Tidak hanya nyaman dan menyenangkan bagi murid. Guru dan orang tua pun sangat terbantu dengan adanya web dan aplikasi buatan Kelas Pintar ini.
manfaat bimbel online terbaik kelas pintar
Selain bisa berlangganan secara personal, Kelas Pintar juga bisa digunakan oleh sekolah lho. Sudah ada banyak sekolah yang bekerjasama dengan Kelas Pintar. Kalau merasa sampai saat ini sekolah anak-anak kita masih kurang memadai dalam menyediakan sistem belajar online, coba kenalkan Kelas Pintar kepada kepala sekolah, guru atau yayasannya. Nih, lihatin saja video berikut:

Siapa tahu setelah mengenal metode dan fitur-fitur yang ada di Kelas Pintar, sekolah jadi tertarik untuk menggunakannya sebagai support system selama school from home masih berlangsung. Dengan fitur Sekolah dari Kelas Pintar, guru bisa membuat jadwal belajar online dan membuat rekaman video yang bisa diakses dari mana saja.
sekolah yang berpartner dengan Kelas Pintar
Guru juga bisa memberikan tugas dengan metode Project Based Learning lewat media PDF, gambar ataupun dokumen. Selain itu guru juga bisa membuat soal latihan dan ujian untuk siswa-siswanya. 
bahagia belajar bersama Kelas Pintar
Untuk para orang tua, Kelas Pintar juga sangat membantu dalam mengawasi jadwal belajar anak, mengecek tugas-tugas anak dan mendapatkan hasil belajar. Pastinya lagi mengurangi rasa senewen saat mendampingi anak belajar dari rumah.

Kalau aku sih iyess banget sama Kelas Pintar, kalau kalian gimana, pals? Selamat memilih bimbel online terbaik agar school from home jadi lebih nyaman dan menyenangkan, baik buat murid, guru dan orangtua!
Kelas Pintar

Head Office: 18th floor, Satrio Tower Building 
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 1-4 Blok C4 Jakarta, 12950

Email: info@kelaspintar.id
Official Website: https://www.kelaspintar.id/
Customer Service: 021-40403999

Facebook: https://www.facebook.com/kelaspintarid
Twitter: https://www.twitter.com/kelaspintar_id
Instagram: https://www.instagram.com/kelaspintar_id/
Linkedin: https://www.linkedin.com/company/pt-extramarks-education-indonesia/
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

36 comments

  1. Aku jadi penasaran teknologi apa yang digunakan untuk frontendnya. Langsung cus websitenya ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalau orang IT beda yaks yang dipikirkan.

      Delete
  2. Pasti anak2 kangen main sama temen2'y dan suasana belajar di kelas. Tapi gimana lagi demi kesehatan semua mending masih sekolah online dulu ya..

    Untung ada kelas pintar yang memfasilitasi proses belajar mengajar jadi lebih menyenangkan ya Mba..

    ReplyDelete
  3. Enak ya, kalau ada aplikasi bimbel online begini meringankan beban ortu dan anak dalam belajar.

    ReplyDelete
  4. Syukur di tempatku sekolah tatap muka kancar-lancar ajah. Meski dengan regulasi khusus sesuai protokol kesehatan

    ReplyDelete
  5. Iya, anak2 udah pada nggak sabar nih pengen masuk sekolah tatap muka. Untuk sementara masuk kelas pintar bimbel online dulu ya.

    ReplyDelete
  6. Tricky emang sih akibat pjj ini. Jujur sih cuma mengandalkan sekolah aja relatif ga cukup

    ReplyDelete
  7. Kalau ada sekolah pintar gini sbnernya fungsinya cuma membantu aja yaa mba. Jadi inget dlu aku ngotot les karena guru di kelas ada yg ga enak banget ngajarnya 😅 jadi butuh tambahan semacam ini

    ReplyDelete
  8. Saya juga sebenernya masih ragu kalau sekolah tatap muka dimulai lagi. Kota saya masih tinggi angka penderita kopitnya. Terakhir ada salah satu RS besar dan terkenal sampai menolak pasien IGD karena sudah tidak sanggup melayani. Tenaganya sudah terfokus ke penderita kopit. Kalau ada semacam kelas pintar gini ya membantu sekali ya buat ortu dan siswa.

    ReplyDelete
  9. Apalagi sekarang di Jawa Barat tatap muka sebagian ditangguhkan lagi mengingat covid-19 yg positif semakin meninggi angkanya. Belajar di rumah diperpanjang entah sampai kapan lagi nih...
    Kelas pintar jadi solusi kami juga di rumah. Saya senang bareng anak belajarnya

    ReplyDelete
  10. Nah, iya, Mbak Marita. Kemarin sebelum liburan, sudah ada pengumuman, kalau keadaan mendukung, awal tahun 2021 akan belajar tatap muka. Lalu kemudian ada lagi, kalau belajar tetap di rumah dari 4-9 Januari 2021, sambil menunggu keputusan baru.
    Jadi belajar di rumah memang membuat anak-anak bosan. Tapi tetap kesehatan nomor 1. Dan bagus ini ada bimbel online yang pas untuk anak-anak ya, Mbak. Belajar di rumah kini menyenangkan.

    ReplyDelete
  11. Terjawab sudah bagaimana mengatasi kebosanan belajar daring dan juga keriuhan orang tua menangani anak belajar di rumah yaitu dengan mengikuti kelas pintar. kalau sudah begini jadi nggak khawatir lagi anak akan merasa bosan belajar di rumah dengan ibu yang cepat emosi hehehe

    ReplyDelete
  12. wah ada bimbel online ya, ini bisa membantu orang tua saat mendampingi pjj ya mbak
    ibaratnya sbg bala bantuan gitu

    ReplyDelete
  13. Kelas Pintar bisa jadi solusi bagi anak2 belajar di masa Pandemi ini ya. Banyak orang tua yg mengeluh tentang anak2 yg mulai bosan blajar di rmh. Perlu ada solusi telat, salah satunya ya Kelas Pintar ini

    ReplyDelete
  14. Kelas pintar ini bisa diakses anak dan menyesuaikan dengan gaya belajarnya ya. Kebetulan anak-anak saya lengkap deh masing2 ada di tiap gaya belajar. Ada yang visual, auditori, dan kinestetik.

    ReplyDelete
  15. Keren nih Kelas Pintar, solusi cerdas buat anak² yg udh mulai bosan di tengah pandemi yah...

    ReplyDelete
  16. Seneng deh makin kesini makin banyak solusi buat anak-anak belajar dan meringankan beban orangtua yang bener-bener nggak paham, apalagi hampir setahun di rumah pasti sudah pada kangan ketemu temen-temen

    ReplyDelete
  17. Saat pandemi seperti ini memang semuanya dilakukan serba online, makanya pas banget klo bimbel pun online
    bisa membantu pelaksanaan pjj biar mamak g stres, hehe

    ReplyDelete
  18. sepertinya saya harus nyoba bimble online dari kelas pintar ini. Kebetulan saya sedang mencari guru les untuk anak saya. Supaya gak bosan dengan pelajaran di sekolah dan bisa dapat pengayaan materi selain pelajaran dari sekolah.

    ReplyDelete
  19. Sekarang bimbel online memang jadi pilihan para orangtua banget ya. Masih belum berani ngelepas anak ke sekolah. Soalnya keadaan masih belum pulih total. Milih bimbel juga gak bisa asal-asalan. Kelas Pintar bisa jadi pilihan karena selain fasilitas yang diberikan mumpuni, gurunya juga berkualitas.

    ReplyDelete
  20. Sedih banget pembelajaran tatap muka dibatalkan (lagi) saya jadi bingung untuk mencari sekolah TK untuk anak saya Azzam, apalagi sekarang mau masuk SD harus ada tanda lulus TK dulu

    ReplyDelete
  21. wuah keren sekali tulisannya
    lengkap dengan infografisnya
    totalitas
    kayak mau ikutan lomba blog, hoho

    ReplyDelete
  22. Ezio salah satu yang paling ga bisa belajar online, dia menganggap gurunya ga nyata dan ga ada karena tidak terlihat ada di depan dia. Mungkin dengan animasi2 yang dihadirkan di aplikasi bisa bikin ida tertarik kali yaa

    ReplyDelete
  23. anak2 udah kangen main sama temen nya dan suasana belajar di kelas. Tapi gimana lagi demi keamanan dan kesehatan semua mending masih sekolah online dulu ya..

    Untung ada kelas pintar yang memfasilitasi proses belajar mengajar jadi lebih menyenangkan ya Mba..

    ReplyDelete
  24. Sedih juga ya, Januari ini gak bisa tatap muka, tapi untungnya ada beragam bimbel yang bisa menjadi pilihan menemani anak belajar. Tinggal disesuaikan kebutuhan anak tentunya

    ReplyDelete
  25. Jaman semakin maju dan bahkan ada bimbel online ya. Semoga saja bisa inklusif. Semoga bisa berkeadilan untuk semua anak-anak yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  26. Namanya enak dihafalkan dan dirujuk, Kelas Pintar, terasa dekat juga. Ini bisa membantu bimbingan belajar bersama orangtua juga ya, jadi bs turut membersamai anak bimbel jadi menjelaskannya tinggal melengkapi saja dr apa yg ada di Kelas Pintar

    ReplyDelete
  27. wah kelas pintar ini bimbel online ya mbak? aku penasarannya mulai dari kelas berapa mbak? kalau mau lihat priclistnya di mana?

    ReplyDelete
  28. Aq kalo diminta menemani anak sekolah daring bawaannya malah kesel sendiri mbak, ntah aq yang kurang sabar kali ya

    ReplyDelete
  29. bimbel online ini membantu siswa utk belajar mandiri walau tentu orang tua mendampingi ya

    ReplyDelete
  30. Pandemi membawa kreatifitas sendiri ya, Mbak. Kita sebagai orang tua jadi punya banyak pilihan platform belajar dari yang udah ada buat anak². Tapi, tetep aja, lebih enak tatap muka huhu. Semoga si coronce cepet pergi. Aamiiin.

    ReplyDelete
  31. Sama mbak marita, luring pun dicancel lagi, tidak ada tatap muka. Daring lagi daring lagi.
    Didaerahku juga memerah lagi, huhu. Padahal sebelum liburan akhir tahun kemarin sempat hijau. Anakku masih TK B mbak, tugas tidak begitu puyeng buat aku, tapi kalau lihat tetangga² yang anak²nya SD, alamaaaaaaak tiap hari tiada hari tanpa keluh kesah, wkwkwk

    ReplyDelete
  32. Kelas Pintar membuat anak-anak paham lebih dalam.
    Alhamdulillah, kalau di sekolah anak-anak, meski online, gurunya sering ngajakin bikin mini-lab gitu..
    Memang pandemi menuntu kita semua harus kompak bekerjasama.

    ReplyDelete
  33. Sama mba sebagai guru kita juga galau dan dilema, kok masih belajar di rumah aja. Hiks sedih. Apakah kelas pintarnya bisa digunakan untuk anak TK juga?

    ReplyDelete
  34. Muhammadiyah yayasan tempat adekku sekolah waktu SMP. Memang sangat concern sama pendidikan dan teknologinya. Pantes kalau welcome sama start up pendidikan macem kelas pintar

    ReplyDelete
  35. Anakku juga kadang tanya kok gak sekolah lagi sih Ummi, padahal masih TK. Meskipun keadaannya berbeda, semoga kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dr dalam rumah ya mbak..

    ReplyDelete

Post a Comment