header marita’s palace

Kenapa Sakit Punggung dan 7 Cara Mengatasinya

Konten [Tampil]
kenapa sakit punggung  dan cara atasinya
Kenapa sakit punggung menjadi pertanyaan besar buatku akhir-akhir ini. Aku sering merasakan sakit di bagian punggung. Awalnya sih biasa saja, tapi lama-lama kok cukup mengganggu saat melakukan aktivitas sehari-hari. 

Gara-gara sakit punggung, semuanya terasa serba salah. Dibuat rebahan terus nggak asyik, dipakai beraktivitas pun juga nggak nyaman. Jadi enaknya gimana dong?

Daripada bertanya-tanya sendiri, akhirnya aku cari tahu dong kenapa sakit punggung bisa menghampiri dan bagaimana mengatasinya. Siapa tahu info ini bisa berguna buat teman-teman kongkow yang juga punya masalah sama denganku. Cuzz…

7 Alasan di Balik Kenapa Sakit Punggung

Ternyata ada banyak alasan kenapa kita bisa mengalami sakit punggung. Alasan-alasan tersebut sangat beragam tingkatannya. Ada yang ringan, tetapi ada pula yang cukup serius dan membutuhkan penanganan yang lebih lanjut. 
alasan nyeri punggung

1. Posisi Duduk Tak Sempurna

Sepertinya di antara beberapa alasan terjadinya sakit punggung, alasan pertama ini yang paling pas denganku. Saat di depan laptop, aku tahan duduk berjam-jam tanpa berubah posisi. Bahkan biasanya aku hanya lesehan tanpa menggunakan kursi yang cukup memadai menopan tubuh. Alhasil, saat pekerjaan di depan laptop usai, mau berdiri saja rasanya susah. Punggung terasa kaku dan nyeri.

2. Salah Posisi Tidur

Selain posisi duduk, posisi tidur yang kurang tepat juga bisa menyebabkan hadirnya sakit punggung. Apalagi jika kasur kita kurang bisa menopang tubuh dengan baik, saat bangun nyeri punggung langsung menghampiri. Hal tersebut bisa diakibatkan dari kasur yang terlalu keras atau malah kasur yang mulai menipis. Para ahli menyarankan untuk memilih kasur dan bantal dengan ketebalan yang cukup, tidak terlalu lembek, agak keras tetapi bisa nyaman digunakan tidur.

3. Obesitas, Kehamilan atau Kurang Pemanasan Saat Berolahraga

Adanya kehamilan, berat badan berlebih dan kurang pemanasan saat berolahraga juga bisa menjadi pemicu terjadinya sakit punggung. Jika kita mengalami hal-hal tersebut, bisa jadi nyeri punggung yang muncul diakibatkan oleh salah satunya.

4. Stress dan Kelelahan

Saat kita sedang mengalami kelelahan dan stress berlebih, otot di bagian leher dan bahu biasanya akan menegang. Kemudian bisa berdampak hingga ke area punggung. Nah, coba dicek kalau saat ini sedang sering sakit punggung, jangan-jangan kita lagi kelelahan atau malah sedang stress
penyebab nyeri punggung

5. Gejala Radang Sendi

Rasa sakit pada punggung yang terjadi terus-menerus bisa diakibatkan karena adanya radang sendi. Coba perhatikan apakah sakit punggung menghilang pada pagi hari, dan ketika malam sakitnya semakin menjadi? Jika iya, konsultasikan pada dokter untuk mendapat penjelasan lebih lanjut.

6. Ketidakseimbangan Otot Tubuh

Otot di tubuh itu bekerja secara berkesinambungan. Otot di area punggung biasanya juga berhubungan dengan otot di area leher, pundak dan paha. Jika kita mengalami cedera otot di wilayah-wilayah yang berhubungan dengan area punggung, bisa jadi nyeri punggung yang kita alami diakibatkan dari hal tersebut.

7. Adanya Penyakit Serius

Selain 6 alasan di atas, sakit punggung juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius di tubuh kita. Adanya masalah di ginjal dan pankreas biasanya memberikan sinyal pada tubuh dengan nyeri punggung. Beberapa penyakit kanker juga bisa membuat punggung terasa sakit. Infeksi tulang belakang, tumor, spondilolisis, dan sindrom cauda equina adalah beberapa penyakit serius lainnya yang biasanya membuat punggung menjadi sakit.

Oleh karenanya jika punggung kita terus-menerus merasa sakit bahkan muncul gejala lain, seperti demam, kesemutan di area kaki, mati rasa dan berat badan menurun tanpa sebab, sebaiknya segera konsutasikan pada dokter.

7 Cara Atasi Sakit Punggung

Seperti telah kusampaikan di atas, pals. Beberapa sakit punggung ada yang merupakan gejala dari penyakit serius. Jika itu yang terjadi, maka konsultasi ke dokter adalah jalan terbaik agar bisa segera mendapat jalan keluar.

Namun untuk beberapa gejala sakit punggung yang ringan, kita masih bisa mengatasinya dengan 7 hal berikut ini:
cara atasi nyeri punggung

1. Kompres

Jika sakit punggung terasa sudah sangat mengganggu aktivitas harianmu, ambil saja es batu dan balut dengan lap. Kemudian kompreskan di area yang terasa sakit, apakah itu di punggung atau di area tengkuk. Mengompres bisa membantu kita mengurangi rasa sakit dan mencegah terjadinya inflamasi.

2. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika dirasa kompres tidak memberikan dampak yang lebih baik, maka konsumsilah obat pereda nyeri, misalnya paracetamol. Obat pereda nyeri sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit di punggung, jadi kita bisa beristirahat tanpa pringas-pringis.

3. Tetap Aktif

Sakit punggung jangan dijadikan alasan untuk rebahan terus-menerus. Terlalu banyak rebahan juga tidak akan membuat sakit punggung membaik. Justru kita harus tetap aktif. Buat yang sering duduk lama di depan laptop sepertiku, setidaknya ganti posisi duduk setiap 2 jam sekali dan minum air putih untuk mencegah terjadinya sakit punggung. Selain itu di sela-sela jam kerja, ambillah beberapa gerakan workout agar otot-otot tubuh tidak tegang dan kaku.
mengatasi nyeri punggung

4. Olahraga dan Tidur dengan Benar

Olahraga adalah cara efektif untuk mencegah sakit punggung. Namun pastikan untuk melakukannya dengan benar. Jangan pernah skip pemanasan sebelum masuk ke gerakan inti. Pemanasan yang benar bisa mencegah terjadinya cedera pada otot, termasuk otot-otot di wilayah punggung. Olahraga juga membantu kita menurunkan berat badan yang bisa berdampak pada sakit punggung.

Olahraga juga bisa membantu menjaga kepadatan tulang yang berdampak pada kesehatan punggung kita lo. Pastikan memilih jenis olahraga yang cocok. Jika kita mengalami stress atau kelelahan, yoga dan meditasi bisa menjadi pilihan olahraga yang paling pas.

Selain itu, pastikan juga posisi tidur kita benar. Cek apakah kasur dan bantal kita masih cukup baik untuk menopang tubuh. Jika dirasa sudah layak pakai, gantilah dengan kasur dan bantal baru.

5. Melakukan Terapi Fisik

Jika sakit punggung yang terjadi diakibatkan adanya cedera otot ataupun syaraf di dalam jaringan tubuh, ada baiknya jika kita mendapatkan terapi fisik dari ahlinya. Gerakan-gerakan dalam terapi fisik akan membantu kondisi punggung menjadi lebih baik. Selain ada latihan-latihan tertentu, biasanya terapi fisik juga menggunakan bantuan sinar dan listrik, tergantung apa yang menjadi penyebab dari sakit punggung kita.

6. Perbaiki Pola Makan

Menjaga kesehatan punggung juga bisa didukung dengan pola makan yang sehat. Makanan-makanan yang kaya akan vitamin A, C, D, K, B12, zat besi, magnesium dan kalsium bisa mencegah kerusakan pada tulang sehingga resiko terjadi sakit punggung bisa dihindari. Makanan-makanan dengan zat-zat di atas juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
anlene activit atasi sakit punggung

7. Minum Anlene

Untuk melengkapi pola makan yang sehat, jangan lupa untuk konsumsi Anlene Activit setiap dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Terutama untuk teman-teman kongkow yang sudah berusia 35 tahun ke atas sepertiku, kondisi tubuh kita jelas sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kepadatan tulang kita sudah sangat menurun, apalagi yang sudah pernah hamil dan menyusui. Biasanya kepadatan tulangnya semakin berkurang lagi. Nah, tulang yang kurang padat dan tidak sehat adalah salah satu penyebab terjadinya sakit punggung.

Mengonsumsi Anlene Activit membantu tulang kita agar tetap dalam kondisi yang sehat dan kuat hingga kakek nenek nantinya. Mengandung nutrisi-nutrisi penting yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, seperti kalsium, kolagen dan protein, Anlene Activit adalah teman terbaik dalam mencegah terjadinya sakit punggung.

Sekarang sudah nggak bertanya-tanya lagi kan kenapa sakit punggung bisa terjadi, pals? Semoga artikel di atas bisa membantu menjawab pertanyaan teman-teman kongkow, sekaligus memberikan solusi yang dibutuhkan ya. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya. Terima kasih sudah berkunjung!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment