Meluruskan Rambut Tanpa Rebonding? Pakai 3 Cara Alami Ini!

meluruskan rambut tanpa rebonding
Apakah mungkin meluruskan rambut tanpa rebonding? Buat kita yang sudah terbiasa melakukan hal-hal secara instan, pasti akan menjawab tidak mungkin dengan lantang. Padahal jauh sebelum alat rebonding ditemukan, nenek-nenek moyang kita sudah terbiasa merawat rambut dengan bahan-bahan alami.

Perawatan dengan bahan-bahan yang bisa didapat di dapur ini ternyata bisa memberi efek meluruskan rambut. Selain itu juga lebih aman dan sehat karena tidak mengandung bahan kimia. Namun tentu saja hasilnya tidak sekilat saat kita melakukan rebonding ataupun smoothing. Mau tahu apa sajakah cara alami tersebut?

1. Gunakan Bahan Alami di Sekitar Kita

Mungkin selama ini kita tak menyadari kalau ternyata 7 bahan alami berikut ini punya manfaat untuk menjadikan rambut lurus. Untuk melakukan perawatan alami ini, kita juga tak perlu pergi ke salon. Cukup lakukan sendiri di rumah. Selain lebih hemat, juga sesuai dengan kondisi di masa pandemi seperi sekarang kan? Yuk kita kulik satu per satu!

  • Pisang

Wah, buah kesukaanku nih. Baru tahu kalau ternyata pisang punya manfaat mengubah rambut keriting dan bergelombang menjadi lurus. Jika di rumah ada pisang yang sudah terlampau matang, jangan dibuang.

Haluskan 2 buah pisang, lalu bejek-bejek hingga halus seperti bubur bayi. Kemudian campurkan minyak zaitun hingga rata. Oleskan adonan ini dari akar sampai ujung rambut. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

Untuk mendapatkan rambut yang lurus, teknik ini harus dilakukan secara rutin. Setidaknya 1 minggu sekali. Kandungan vitamin E di dalam pisang juga mampu membuat rambut menjadi lebih halus. Sementara minyak zaitun mempercepat proses pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

  • Santan

Hasil perasan dari buah daging kelapa ini ternyata memiliki manfaat untuk melembutkan dan memperkilau rambut. Nah, jika ditelateni, santan ternyata bisa memberikan efek lurus pada rambut.

Caranya mudah, cukup oleskan santan kental ke rambut kita. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan sampo.

  • Susu Sapi Segar

Jangan hanya diminum, susu sapi segar bisa membawa perubahan besar bagi rambut! Caranya masukkan susu sapi murni yang masih segar ke dalam botol spray. Lalu semprotkan saja dari pangkal hingga ke ujung. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas dengan air dingin untuk meluruhkan sisa-sisa susu yang masih menempel di kepala.

Lakukan setidaknya satu minggu sekali secara rutin, dan lihat hasilnya. Wah, kupikir selama ini susu segar hanya bisa untuk body masker untuk memutihkan badan. Ternyata bisa bikin rambut jadi lebih lurus juga. Hmm, rambutnya jadi putih nggak ya kira-kira… hehe.
meluruskan rambut dengan bahan alami

  • Lidah Buaya

Selain bisa membuat rambut lebih tebal, gel daging lidah buaya ternyata mampu meluruskan rambut lo. Caranya mudah. Kupas kulit lidah buaya, ambil bagian gelnya saja. Panaskan gel tersebut hingga mendapatkan tekstur yang cair. Biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dioles ke bagian rambut.

Setelah dioleskan merata, biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan sampo yang tepat. Lakukan secara rutin dan dapatkan hasil memuaskan.

  • Cuka

Nggak hanya bisa dicampur di kuah bakso, cuka ternyata juga bisa meluruskan rambut keriting. Hanya saja sebelum mempraktekkannya pada rambut, cek dulu apakah rambut dan kulit kepala kita termasuk yang tipe sensitif.

Karena cuka cukup keras di rambut, untuk kulit kepala yang sensitif bisa berdampak tak oke. Namun kalau kulit kepalamu cukup kuat menghadapi si cuka, cuzz coba saja.

Selain mengecek sensitivitas rambut dan kulit, kita juga perlu waktu yang lebih lama untuk memroses rambut keriting menjadi lurus dengan cuka. Jangan lupa sediakan juga jepit rambut dan sisir untuk membantu prosesnya. Cuka yang digunakan adalah cuka yang dipakai masak ya, pals.

  • Seledri

Bahan yang ini juga pastinya sering nangkring di dalam kulkas kita kan, pals? Ambil beberapa batang dan haluskan menggunakan blender. Lalu campur dengan air secukupnya. Oleskan ke seluruh rambut dan tutup dengan shower cap semalaman. Pagi harinya baru deh bilas dengan air bersih dan sampo.

  • Pepaya

Nggak hanya pisang yang bisa membuat rambut jadi lurus, pepaya pun memiliki manfaat yang sama lo. Cara membuat masker dari pepaya tak jauh berbeda dengan proses pembuatan masker rambut berbahan dasar pisang.

Ambil 3 - 5 potong pepaya, bejek-bejek hingga halus menyerupai bubur bayi. Atau gunakan blender agar lebih mudah. Lalu campur dengan beberapa tetes madu. Oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama satu jam baru kemudian dibilas hingga bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa memberikan manfaat untuk meluruskan rambut. Namun jangan hanya sekali saja mempraktekkannya ya. Lakukan secara rutin, sekurang-kurangnya satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

2. Pakai Produk yang Tepat

Hampir semua jenis perawatan untuk menghasilkan rambut lurus di atas, pada setiap akhir sesi pasti membutuhkan proses pembilasan. Nah, untuk membilas dengan benar dan bersih, kita harus keramas menggunakan produk yang tepat.
produk Dove untuk rambut lurus
Untuk meluruskan rambut tanpa rebonding, Dove memiliki dua produk rekomendasi yang bisa merawat mahkota kita dengan sempurna. Selain produk samponya yang tentunya sudah familiar bagi masyarakat umum, lengkapi juga dengan Dove Creambath Hair Growth Ritual dan Dove Total Damage Treatment Conditioner.

Dua produk ini bisa digunakan bergantian setelah proses keramas menggunakan sampo Dove pilihanmu. Dove Creambath Hair Growth Ritual cocok bagi yang ingin memiliki rambut panjang dan kuat. Sementara Dove Total Damage Treatment Conditioner adalah perawatan yang tepat untuk rambut rusak dan mudah rontok karena sering melakukan proses rebonding dan hair styling lainnya.

Kombinasi antara perawatan rambut menggunakan bahan-bahan dapur dan produk Dove yang terpercaya akan mampu membuat rambut lurus alami tak lagi menjadi impian.

3. Kenali Teknik Meluruskan Rambut Tanpa Rebonding

Eits, tunggu dulu… belum selesai, pals. Kita harus menyempurnakan proses meluruskan rambut dengan maksimal. Setelah selesai menggunakan sampo dan dua produk Dove recommended di atas, jangan buru-buru mengeringkan rambut. Lakukan beberapa hal ini agar rambut lurus segera bisa dimiliki:
teknik meluruskan rambut keriting

  • Sisir Rambut Saat Basah

Saat kondisi rambut masih basah, sisirlah setiap lima menit sekali. Menyisir rambut dalam keadaan basah bisa membantu proses pelurusan alami cepat terwujud.

  • Blow Rambut Menggunakan Udara Dingin

Siapa yang suka mengeringkan rambut dengan blow? Terlalu sering melakukannya akan membuat rambut jadi kering dan rapuh, selain itu rambut juga jadi lebih bergelombang.

Kalau kita butuh rambut kering dalam waktu cepat, boleh kok gunakan blow. Namun pakailah blow udara dingin, selain lebih aman bagi rambut, hasilnya juga lebih lurus.

  • Gunakan Rol Rambut

Pasti teman-teman kongkow langsung berkerut nih dahinya? Biasanya rol rambut memang digunakan untuk menghasilkan rambut bergelombang. Namun ternyata kalau kita memilih jenis rol rambut yang tepat, efeknya justru membuat rambut jadi lurus lo.

Pilihlah rol rambut yang berukuran besar dengan diameter 2 inci. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian, lalu roll seperti biasa. Diamkan selama minimal 4 jam. Atau untuk hasil yang lebih baik, biarkan semalaman, pakai buat tidur juga boleh kok.

  • Bungkus Rambut Rapat-Rapat

Buat yang suka keramas malam-malam, cara ini bisa dicoba. Siapkan sisir, jepit dan handuk. Sisir rambut menjadi beberapa bagian. Sendirikan bagian atas dan jepit. Lalu pisahkan menjadi dua bagian rambut bawah, jepit secara berlawanan. Kemudian bungkus rambut dengan handuk rapat-rapat.

Biarkan kondisi itu semalaman dan lihat hasil yang kita dapat keesokan paginya? Rambut lurus alami dan indah sesuai dambaan hati.

Tak semua orang dianugerahi memiliki rambut lurus, ada yang Allah berikan rambut keriting ataupun bergelombang. Sayangnya standar kecantikan di negeri ini menempatkan si rambut lurus pada urutan pertama, dan jenis rambut lainnya di deretan berikutnya.

Padahal Allah sudah menciptakan manusia sedemikian rupa. Rambut keriting dan bergelombang yang diberikan Allah pasti jenis terbaik untuk kita. Sayang kita sering lupa tak mensyukurinya.

Berikhtiar untuk mendapatkan rambut lurus sesuai impian tentu saja boleh-boleh saja. Namun jangan sampai membuat kita lalai mensyukuri apa yang Allah berikan. Selamat mencoba aneka cara meluruskan rambut tanpa rebonding ya! Share di kolom komentar yang sudah berhasil melakukannya, pakai metode yang mana nih?

Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email