header marita’s palace

8 Seri Laptop ASUS Tiada Tandingan, Mana Incaranmu?

Konten [Tampil]
seri laptop asus
Laptop ASUS memang tidak diragukan lagi. Selain karena diproduksi oleh perusahaan IT yang namanya sudah terpercaya kredibilitasnya, laptop-laptop besutan perusahaan asal Taipei itu selalu mampu melahirkan desain-desain yang berbeda dibanding para kompetitornya.

Didirikan pada tahun 1989, ASUS adalah perusahaan multinasional. Awalnya perusahaan ini dikenal sebagai produsen motherboard terbaik dunia. Lalu perlahan berkembang menjadi produsen omputer pribadi, monitor, kartu grafis, router, dan solusi teknologi lainnya yang berkualitas tinggi.

Saat ini, ASUS sedang merancang dan membangun teknologi pintar generasi berikutnya untuk memberikan pengalaman luar biasa yang meningkatkan kehidupan orang di mana pun. Tak heran jika setiap bulan, ASUS selalu launching laptop dengan seri-seri terbaru.

8 Seri Laptop ASUS Wajib Tahu

Adakah teman-teman kongkow yang merasa bingung perbedaan antara seri laptop ASUS yang satu dengan lainnya? Kalau gitu, sini toss sama aku.

Saking hampir setiap bulan launching produk baru, aku sampai bingung jenis-jenis laptopnya. Apalagi fungsinya, tambahlah aku tak paham. Beruntung suamiku adalah karyawan IT yang cukup paham dengan perbedaan jenis-jenis laptop, jadi aku tinggal tanya saja ke doi, apa sih bedanya seri ini dan itu.

Buat teman-teman kongkow yang ada rencana untuk beli laptop baru dan bingung menentukan laptop mana yang sesuai dengan kebutuhan. Cuzz sini baca dulu daftar seri laptop ASUS.
4 seri ASUS

1. ProArt StudioBook

ProArt StudioBook adalah laptop yang terkenal dengan kemampuan kinerjanya yang ekstrem, grafis Quadro/GeForce kelas profesional, layar gamut lebar, dan akurasi warna yang luar biasa. Laptop seri ini biasanya digunakan oleh para pembuat konten profesional.

2. ZenBook

ZenBook adalah laptop yang terkenal dengan desainnya yang elegan, kompak, sangat tipis dan ringan. Laptop ASUS seri ZenBook selalu menampilkan teknologi laptop terbaik, diperkuat dnegna layar NanoEdge, pengerjaan presisi, kinerja tanpa kompromi, dan inovasi yang tanpa batas.

Memiliki 4 sub seri, yaitu:
  • ZenBook: seri terendah dari ZenBook, biasanya digunakan untuk kebutuhan rumahan dan traveler yang tidak membutuhkan spesifikasi terlalu tinggi.
  • ZenBook Pro: seri ZenBook yang khusus didedikasikan untuk para pembuat konten, dilengkapi dengan grafis dan layar yang kece.
  • ZenBook S: seri tertinggi dari ZenBook, cocok untuk para businessman dengan jam terbang tinggi.
  • ZenBook Flip: seri ZenBook yang layarnya bisa diputar 360 derajat, sehingga bisa berfungsi seperti tablet. Didukung dengan kehadiran stylus pen untuk kinerja yang maksimal.

3. ExpertBook

Dunia yang serba cepat saat ini berarti alat kerja harus bebas dari kerusakan. Itulah sebabnya laptop ASUS ExpertBook adalah laptop terbaik untuk mobilitas. Siap dibawa mengikuti sang pengguna melakukan perjalanan bisnis ke mana saja. Didesain dengan ukuran yang ringan, dirancang untuk memberikan kekuatan generasi berikutnya dan dibuat dengan ketangguhan tingkat militer. Memiliki tiga sub seri yaitu ExpertBook Premium Series, Advanced Series dan ExpertBook Essensial.

4. ROG - Republic of Gamers

ROG sengaja dibuat dengan tujuan menciptakan laptop gaming paling kuat dan serbaguna di dunia. Perangkat ini memiliki kelas premium yang akan mampu meningkatkan pengalaman bermain game dengan tampilan terbaik di kelasnya. Memiliki kinerja grafis tingkat atas, dan solusi pendinginan inovatif sehingga performanya bisa diajak melesat ke tingkat yang lebih tinggi. Memiliki 3 sub seri; ROG Zephyrus, ROG Series dan ROG Strix.
seri laptop ASUS keren

5. TUF

Dalam esports, perbedaan antara menang dan kalah bisa berbeda hanya dalam ukuran milidetik. Dari sinilah laptop gaming TUF dihadirkan ke depan para gamers. TUF hadir dengan kinerja yang unggul dan kompetitif. Cocok bagi gamer dan desainer grafis profesional.

6. VivoBook

Laptop ini didesain sebagai laptopnya anak muda atau mereka yang memiliki jiwa muda. Hadir dalam pilihan warna yang menarik dan modern. Seri VivoBook akan mampu menampilkan pemiliknya mengeluarkan sisi berani dan berjiwa muda. Selain desainnya yang cantik, laptop seri ini juga memiliki kinerja terbaik, dan dilengkapi dengan fitur inovatif yang meningkatkan produktivitas dan memberi pengalaman terbaik bagi pengguna. Hadir dalam 4 sub seri; VivoBook, VivoBook Pro, VivoBook Flip dan VivoBook S.

7. ChromeBook

ASUS Chromebook berbeda dengan laptop seri lain. Laptop ini mampu menjalankan Chrome OS, yaitu sistem operasi yang cepat, sederhana, dan aman besutan Google. Terkenal dengan ketahanan baterainya yang mampu nyala sepanjang hari, dan dilengkapi dengna sistem keamanan terbaik di dalamnya. Laptop ASUS seri ini juga memiliki versi flip sebagaimana ZenBook.

8. Everyday Use

Laptop yang bisa mendukung kegiatan sehari-hari, biasanya memiliki harga yang terjangkau, pilihan warna eksklusif yang beragam dan spesifikasinya tak terlalu tinggi.

Pembagian Seri Laptop ASUS Sesuai Kebutuhan

Sudah ada sedikit pencerahan apa saja seri laptop yang diproduksi oleh ASUS? Sekarang saatnya untuk mencari tahu tujuan ASUS membuat seri-seri tersebut ya.
kebutuhan laptop asus

1. Untuk Kebutuhan Rumahan

ASUS membuat beberapa laptop yang pas digunakan untuk kebutuhan rumahan. Laptop yang diperuntukkan untuk kebutuhan rumahan sangat beragam, dari seri ProArt, ZenBook, VivoBook, ChromeBook dan Everyday Use. Tentunya menyesuaikan juga dengan kebutuhan penggunanya. Namun biasanya speknya tidak lebih tinggi dari laptop yang digunakan di perkantoran.

2. Untuk Kebutuhan Kantor

Tidak terlalu jauh berbeda dengan laptop rumahan, seri yang biasa digunakan untuk laptop perkantoran antara lain ProArt, ZenBook, VivoBook, ChromeBook, dan satu seri lagi yang mendukung optimalisasi bisnis, yaitu ExpertBook. Spesifikasi laptop yang khusus untuk perkantoran biasanya lebih tinggi daripada laptop rumahan.

3. Untuk Kebutuhan Kreator

Yang masuk dalam kategori kreator antara lain arsitek, desainer grafis, fotografer, videografer, YouTuber, dan profesi lainnya yang berhubungan dengan desain gambar dan video. Laptop-laptop yang digunakan untuk kebutuhan kreator biasanya memiliki spesifikasi yang tinggi, terutama dalam hal optimalisasi gambar dan video rendering. Adapun seri laptop ASUS yang masuk ke area ini yaitu ProArt Studio, ZenBook dan ROG Zephyrus.

4. Untuk Kebutuhan Sekolah

Laptop yang penggunaannya untuk kebutuhan harian anak sekolah, biasanya spesifikasinya standar. Tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu rendah. Bisa digunakan untuk operasi office sederhana. Yang masuk dalam area ini yaitu seri VivoBook, ChromeBook, Everyday Use dan TUF Gaming.

5. Untuk Kebutuhan Gaming

Terkesan sepele ya, tapi tahukah kalau laptop yang didedikasikan untuk para gamers biasanya adalah laptop dengan spesifikasi tertinggi. Harganya pun biasanya paling tinggi dibanding seri lainnya. Game online, khususnya game-game yang masuk wilayah e-sport, biasanya membutuhkan laptop yang performanya cepat dan tangkas. Selain itu juga membutuhkan grafis yang mumpuni. ROG dan TUF Gaming adalah dua seri laptop yang khusus dibuat untuk gamers.

Semoga setelah mengetahui beragam seri dan tujuan pembuatannya, teman-teman kongkow nggak bingung lagi untuk menentukan mau beli laptop ASUS yang mana ya. Kalau aku sih naksir seri ZenBook atau kalau nggak VivoBook, how about you, pals? Selamat berpikir dan pilih-pilih laptop!
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

1 comment

  1. Aku pengen vivobook seri S tapi yang bisa diupgrade RAM-nya, ada nggak ya?

    ReplyDelete

Post a Comment