header marita’s palace

Apa Itu Probiotik, Fungsi dan Jenis-jenisnya?

Konten [Tampil]
Apa Itu Probiotik, Fungsi dan Jenis-jenisnya?
Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin meningkat sejak pandemi Covid-19 hadir di muka bumi. Segala macam makanan dan minuman yang diklaim bisa membantu pencegahan terhadap corona banyak dicari. Probiotik adalah salah satu istilah yang makin moncer belakangan ini. Lalu sebenarnya apa itu probiotik?

Aku sendiri mengenal lebih dekat probiotik dari Kuttab Al Fatih (KAF), tempat anak sulungku bersekolah. Sejak virus Covid-19 menyerang, tim kesehatan KAF melakukan pengadaan bahan minuman yang satu ini. Nggak tanggung-tanggung, probiotik dibagikan untuk keluarga guru, karyawan dan wali santri sesuai dengan jumlah anggota keluarganya masing-masing setiap bulannya.

Pengadaan ini tidak dikenakan biaya. Namun bagi yang ingin berinfaq sangat diperbolehkan. Infaq ini akan dikumpulkan dan digunakan untuk pengadaan probiotik bulan selanjutnya.

Sebelumnya aku sering mendengar istilah tersebut dari teman-temanku yang menjadi pegiat kesehatan dari bahan-bahan alami. Namun aku tak terlalu memperhatikan detailnya. Gara-gara tiap bulan kami mendapat stok dari KAF, aku makin penasaran dengan pengertian probiotik, manfaat dan jenis-jenisnya. Kalian ada yang sama ingin tahunya denganku? Yuk, kepoin lebih lanjut!

Apa Itu Probiotik?

Secara sederhana pengertian probiotik adalah mikroorganisme hidup yang membantu dalam pencegahan dan pengobatan beberapa jenis penyakit. Orang awam biasa menyebutnya sebagai bakteri baik. Kita bisa memperoleh probiotik dari makanan, minuman dan suplemen yang mengandung bakteri sehat tersebut.
Secara istilah, probiotik sebenarnya diambil dari Yunani. Pro memiliki makna mempromosikan, sedangkan biotik berarti kehidupan. Yang kemudian ketika kedua kata itu digabungkan bermakna sesuatu yang mampu mempromosikan kehidupan.

Istilah probiotik sendiri sudah muncul sejak awal abad ke-20. Diperkenalkan pertama kali oleh Elie Metchnikoff, yang kemudian populer dengan julukan “Bapak Probiotik”. Awalnya Metchnikoff melakukan penelitian pada penduduk miskin yang hidup di pedesaan Bulgaria.
pengertian probiotik
Ia tertarik pada sebuah fakta bahwa meski tinggal pada lingkungan yang keras, mereka tetap hidup sehat dan rata-rata berumur panjang. Bahkan sebagian besar orang tua yang tinggal di sana tidak mengalami kepikunan.

Penelitian yang dilakukannya mendapat kesimpulan bahwa hal itu disebabkan oleh kebiasaan penduduk di sana yang senang mengonsumsi susu asam. Usut punya usut, susu asam itu memiliki kandungan probiotik. Bakteri baik yang ada di usus mereka membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuhnya.

Riset lanjutan tentang probiotik terus dilakukan oleh para pakar yang tergabung dalam International Scientific Association for Probiotics and Prebiotics (ISAPP). Hingga pada 2013, keseragaman atas definisi probiotik ditemukan. Singkatnya untuk menjelaskan apa itu probiotik, yaitu mikroorganisme hidup yang bisa menunjang kesehatan tubuh jika jumlahnya tercukupi.

Fungsi Probiotik

Kenapa sih probiotik disebut sebagai agen yang mampu mempromosikan kehidupan? Tak lain karena bakteri-bakteri baik ini memiliki banyak manfaat, antara lain:
manfaat probiotik

1. Menjaga Imunitas

Salah satu manfaat utama dari probiotik adalah menjaga kesehatan pencernaan. Bakteri baik di dalam usus mampu melawan bakteri jahat. Pencernaan yang sehat adalah awal dari imunitas tubuh yang terjaga.

2. Pencegahan dan Pengobatan Diare

Hampir semua orang pernah mengalami diare. Nggak enak banget kan? Perut rasanya nggak nayman dan harus bolak-balik ke kamar mandi. Nah, probiotik juga memiliki fungsi untuk mencegah dan mengatasi problem diare. Jadi, kalau lagi diare, cuzz lah konsumsi probiotik dengan jumlah yang tepat.

3. Melawan Bakteri, Jamur dan Virus

Jika jumlah probiotik di dalam tubuh memadai, ia mampu menjadi tameng untuk melawan bakteri dan jamur jahat, serta virus yang menyerang tubuh. Oleh karenanya sistem pencernaan menjadi sehat dan jumlah mikroorganisme baik dalam usus menjadi seimbang.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Sistem pencernaan yang baik ternyata memberikan dampak bagi kesehatan mental seseorang. Oleh karenanya rutin mengonsumsi minuman/ makanan/ suplemen probiotik bisa menurunkan tingkat kecemasan dan depresi di dalam tubuh.

4 manfaat di atas sepertinya memang sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti sekarang ya? Siapa nih yang sudah rajin mengonsumsi probiotik tiap harinya? Atau jangan-jangan malah belum tahu apa saja jenis probiotik?

Jenis-jenis Probiotik

Buat teman-teman kongkow yang masih meraba-raba apa saja sih jenis probiotik, aku akan lanjutkan beberkan informasi mengenai probiotik lebih lengkap ya. Secara umum makanan dan minuman yang memiliki kandungan probiotik biasanya mengandung adanya bakteri atau ragi.

Uniknya tiap jenis probiotik bisa memiliki efek yang berbeda-beda bagi tubuh. Ada jenis probiotik tertentu yang punya manfaat di rongga mulut, tapi tidak bisa berkembang di dalam usus. Lalu apa saja ya jenis-jenis probiotik?
jenis-jenis bakteri baik

1. Lactobacillus

Bakteri sehat ini memiliki lebih dari 50 spesies. Secara alami, di dalam tubuh bakteri ini bisa ditemukan pada sistem pencernaan, kemih, dan alat kemaluan tubuh. Namun dikarenakan pola hidup yang kurang sehat, jumlah bakteri ini bisa berkurang sehingga menyebabkan tubuh mengalami gangguan kesehatan.

Oleh karenanya dibutuhkan suplemen tambahan agar jumlah Lactobacillus di tubuh tetap memadai. Salah satu makanan yang mengandung probiotik jenis ini yaitu yoghurt.

Manfaat dari lactobacillus biasanya berhubungan dengan kesehatan kulit, seperti infeksi jamur, eksim, jerawat, dan kulit melepuh. Selain itu lactobacillus juga baik untuk mengatasi infeksi saluran kemih, bakteri vaginosis, iritasi usus dan diare. Buat teman-teman kongkow yang punya masalah dengan intoleransi laktosa dan sariawan, lactobacillus juga bisa membantu mengatasi dua hal tersebut lo.

2. Bifidobacteria

Di dalam tubuh, bakteri baik ini bisa ditemukan di usus besar. Biasanya akan muncul beberapa hari setelah bayi dilahirkan, utamanya bayi yang mendapatkan ASI.

Ada kurang lebih 30 spesies dari bakteri sehat ini. Berfungsi untuk mengatasi toleransi glukosa, meningkatkan lipid darah, kembung, iritasi saluran cerna, sakit perut dan jenis gangguan perncernaan lainnya.

3. Saccharomyces boulardii

Punya nama tenar S. boulardii. Ini adalah satu-satunya probiotik dengan jenis jamur. Memiliki manfaat dalam pencegahan dan pengobatan diare. Selain itu juga bisa menjadi obat jerawat dan mengatasi gejala tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri H. pylori.

4. Streptococcus thermophilus

Bakteri baik yang mampu menghasilkan enzim laktase dalam jumlah besar ini bisa mencegah terjadinya intoleransi laktosa.

5. Enterococcus faecium

Bakteri ini tak hanya ditemukan di saluran usus manusia, tetapi juga ditemukan pada saluran usus hewan. Fungsinya untuk menjaga saluran cerna.

6. Leuconostoc

Suka asinan dan sejenisnya? Kimchi misalnya? Nah, biasanya pada proses pengolahan makanan-makanan semacam itu dibutuhkan adanya bakteri baik ini. Mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri Leuconostoc telah dilakukan sejak lama dan terbukti baik untuk kesehatan. Pantas saja Kimchi disebut sebagai salah satu makanan tersehat di dunia ya? Duh, jadi kangen makan kimchi nih.

Merk Probiotik yang Beredar di Pasaran

Sebelum kita mencari-cari suplemen yang mengandung probiotik, ada baiknya jika kita menjatuhkan pilihan kepada makanan atau minuman yang di dalamnya terkandung bakteri-bakteri baik, misalnya:
  • Susu asam
  • Yoghurt (susu fermentasi)
  • Asinan
  • Kefir
  • Kimchi
  • Miso (saus makanan asal Jepang)
  • Kombucha
  • Acar
  • Tempe
Ternyata sebagian besar dari jenis makanan dan minuman di atas mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari kan?
merk probiotik
Jika makanan dan minuman di atas jarang kita konsumsi atau jumlahnya masih kurang memadai, baru deh boleh mengonsumsi suplemen yang mengandung probiotik. Ada banyak sekali merk suplemen probiotik yang sudah beredar, antara lain:
Merk-merk di atas adalah jenis suplemen probiotik yang sering diresepkan oleh dokter. Selain merk-merk tersebut, ada juga beberapa suplemen herbal yang mengandung probiotik, seperti Biosyafa dan Biojanna. Oh ya, siapa yang suka mengonsumsi Yakult? Minuman tersebut juga termasuk dalam kategori probiotik lo.

Umumnya suplemen probiotik yang berbentuk cair ataupun serbuk bisa dikonsumsi secara langsung, ataupun dicampur dalam makanan dan minuman. Biasanya untuk anak-anak, agar rasanya lebih nyaman, probiotik bisa dicampurkan pada air atau susu. Probiotik biasanya direkomendasikan agar dikonsumsi sebelum makan besar atau saat perut dalam kondisi kosong.

Ada baiknya untuk pemakaian suplemen, dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter agar mendapat dosis yang tepat. Selain itu, pilih suplemen yang sudah mendapatkan izin edar, artinya higienitasnya telah terjamin oleh otoritas kesehatan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, probiotik juga harus diimbangi dengan konsumsi prebiotik. Apa ya bedanya probiotik dan prebiotik? Cekidot!
probiotik vs prebiotik

Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Jika probiotik adalah mikroorganisme hidup, maka prebiotik merupakan zat yang ada di dalam makanan namun tidak dapat dicerna oleh usus. Prebiotik merupakan sumber kelangsungan hidup bagi probiotik.
Dengan mengonsumsi prebiotik, jumlah probiotik dalam usus bisa terstimulasi alias bertambah dengan signifikan. Selain bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus, prebiotik juga mampu mengubah zat-zat oligosakarida, antara lain inulin, oligofruktosa, dan galaktooligosakarida.
Prebiotik umumnya berupa karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai makanan mikroorganisme di dalam saluran usus kita. Prebiotik bisa didapat dari ASI, kacang merah dan jenis kacang-kacangan lainnya, oat, buah-buahan (berry, semangka, alpukat, pisang dan apel), asparagus, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bayam, dll.

Oh ya, ternyata ada juga lo suplemen yang mengandung probiotik sekaligus prebiotik. Disebut sebagai sinbiotik. Merk sinbiotik yang paling populer yaitu Synbio.

Semoga ulasan tentang apa itu probiotik, fungsi, jenis dan merk suplemen yang mengandung bakteri baik ini bisa memberikan manfaat ya, pals. Kini udah nggak bingung lagi kan membedakan antara prebiotik dan probiotik? Tetap jaga protokol kesehatan dan salam semangat!



Referensi:
  • https://www.halodoc.com/artikel/agar-tidak-keliru-ketahui-perbedaan-prebiotik-dan-probiotik
  • https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-manfaat-minuman-probiotik-bagi-kesehatan
  • https://health.kompas.com/read/2020/05/04/141400468/mengenal-apa-itu-probiotik-dan-jenis-jenisnya?page=all
  • https://health.kompas.com/read/2020/05/04/160400768/konsumsi-probiotik-saat-puasa-agar-pencernaan-sehat-dan-imun-kuat?page=all#page2
  • https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/alfon/rekomendasi-merek-suplemen-probiotik-untuk-anak/6
  • https://nusantics.com/blog/perlukah-konsumsi-suplemen-probiotik-untuk-kesehatan-tubuh
  • https://health.kompas.com/read/2020/09/13/121800168/9-makanan-yang-mengandung-probiotik-untuk-sehatkan-pencernaan?page=all
  • https://health.detik.com/advertorial-news-block/d-4554875/konsumsi-probiotik-optimalkan-kesehatan-pencernaan
  • https://www.alodokter.com/probiotik
Marita Ningtyas
A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

Related Posts

Post a Comment